Waktu Liburan akan Cepat Terasa ketika Mengunjungi Tempat Wisata di Jember

Diposting pada

Tempat Wisata di Jember – Memiliki waktu liburan adalah keinginan semua orang. Bagaimana tidak, semua beban pikiran akan terasa hilang beberapa saat. Lelah melakukan kegiatan sehari-hari akan hilang dengan melakukan liburan. Liburan atau mengunjungi tempat wisata juga bisa dikatakan sebagai pengisi energi agar lebih siap menghadapi berbagai macam tantangan kehidupan keesokan hari.

Tempat Wisata di Jember

Banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di Indonesia. Mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata buatan semuanya ada di negara kepulauan ini. Tidak hanya terkumpul di suatu daerah, tempat wisata tersebut tersebar di berbagai macam lokasi. Salah satu kota yang memiliki puluhan tempat wisata adalah Jember. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Pantai Pasir Putih Malikan

Keindahan putih pasir pantai dan birunya laut akan menyapa pengunjung ketika mengunjungi Pantai Pasir Putih Malikan. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Papuma. Selain itudaya tarik lainnya dari pantai ini adalah adanya batu karang yang menambah kecantikan pantai yang terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan. Pantai Pasir Putih Malikan memiliki jam operasional selama 24 jam. Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai hanya diwajibkan membayar 17 ribu rupiah per orang.

2. Teluk Love
Jember memiliki banyak pantai yang memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Salah satu yang memiliki ciri khas yang paling apik adalah Pantai Payangan. Pantai Payangan memiliki keindahan panorama yang sangat cantik. apalagi bila digunakan untuk menikmati keindahan matahari terbit dan matahari tenggelam. Selain itu, bila menaiki bukit hijau yang ada di sana, akan terlihat sebuah teluk yang memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk hati. Teluk ini terbuat secara alami sehingga menambah kekaguman pengunjung yang datang. Teluk Love bisa didatangi sekaligus dengan mengunjungi Pantai Payangan yang ada di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu. Pengunjung bisa datang sejak pukul 06.00 – 23.00 WIB dan hanya diwajibkan membayar uang senilai lima ribu rupiah per orang.

3. Pulau Nusa Barong

Pulau Nusa Barong merupakan cagar budaya yang dimiliki Kabupaten Jember. Secara teritorial, Pulau Nusa Barong berada dalam satu kecamatan dengan Kecamatan Puger. Ada banyak koleksi flora dan fauna yang dilindungi dalam cagar budaya ini. Beberapa di antaranya adalah rusa jawa, ketapang, lutung, walet sapi, pandan laut, babi hutan dan masih banyak lagi. Cagar budaya ini buka selama 24 jam setiap harinya. Untuk mengunjungi cagar budaya ini tidak bisa per orangan atau sendiri-sendiri. Kapal milik warga yang disewakan akan membawa 8 orang sekali angkut. Harga yang harus dikeluarkan untuk menikmati keindahan cagar budaya adalah 1.500.000 rupiah, sepadan dengan pengalaman yang akan didapat. Pengunjung yang tertarik untuk datang ke Pulau Nusa Barong bisa memulai perjalanan dari Pantai Puger atau Pantai Getem.

4. Pusat Penelitian Kopi dan Cokelat

Jember patut berbangga, bahwasannya kabupaten ini adalah satu-satunya daerah yang memiliki pusat penelitian kopi dan cokelat di Indonesia. Maka dari itu, akan terasa sia-sia bila tidak berkunjung di puslit ini ketika datang di Jember. Puslit ini memiliki hasil kebun berupa kopi dan cokelat terbaik yang sudah terbukti dari banyaknya jumlah ekspor ke luar negeri. Selain itu, kopi dan cokelat juga disebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain menikmati keindahan perkebunan kopi dan cokelat, di sana juga disediakan paket keliling atau tur bagi pengunjung yang ingin melihat secara langsung cara pengolahan dan proses apapun yang berkaitan dengan kopi dan cokelat. Harga yang harus dibayar setiap orang yang ingin melakukan tur sangatlah murah, yaitu 25 ribu rupiah. Di sana juga disediakan outlet yang menjual makana dan berbagai macam suvenir yang bisa dijadikan buah tangan. Puslit kopi dan cokelat berada di Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji. Puslit ini buka setiap hari sejak pukul 07.00 – 16.00 WIB. namun di Hari Sabtu & Minggu puslit hanya dibuka sampai pukul 14.00 WIB.

5. Taman Edukasi Botani

Taman edukasi yang berada di Jalan Mujahir, Kecamatan Sukorambi ini merupakan tempat wisata alam alternatif yang bisa dikunjungi bersama dengan keluarga. Berbagai macam flora dan fauna yang menjadi koleksi bisa dinikmati oleh pengunjung. Selain itu, taman ini juga bisa digunakan sebagai tempat bersantai karena adanya gazebo yang disediakan. Selain itu, ada pula kolam renang dan lapangan futsal yang bisa digunakan oleh pengunjung. Taman Edukasi Botani buka setiap hari sejak pukul 07.00 – 16.00 WIB dan hanya dibutuhkan uang senilai tujuh ribu rupiah sebagai biaya masuk.

6. Perkebunan Teh Gunung Gambir

Bila sebelumnya sudah ada tempat wisata berbasis kopi dan cokelat, kali ini ada Perkebunan Teh Gunung Gambir yang bisa dikunjungi dengan dantang ke Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru. Selain menikmati keindahan kebun teh, ada pula fasilitas lain berupa hammock, sepeda, jogging track, villa yang bisa digunakan oleh pengunjung. Kebun teh ini beroperasi sejak pukul 07.00 – 17.00 WIB dan hanya dibutuhkan uang senilai lima ribu rupiah sebagai biaya parkir.

7. Taman Galaxy

Bila ingin mengunjungi tempat wisata yang sesuai dengan anak-anak di Jember, tentu saja Taman Galaxy adalah pilihan yang tepat. Setiap hari banyak rombongan anak kecil yang dibawa berekreasi ke tempat ini. Hal tersebut dikarenakan uniknya Taman Galaxy. Taman ini memiliki koleksi tumbuhan yang tidak terlalu tinggi sehingga sangat menarik perhatian anak kecil. Selain itu, Taman Galaxy juga memiliki beberapa koleksi satwa sehingga bisa dikatakan sebagai taman binatang mini. Taman Galaxy beroperasi sejak pukul 08.00 – 17.00 WIB setiap harinya. Harga yang harus dibayar pengunjung hanya 10 ribu rupiah per orang.

8. Wisata Agro Glantangan

Bagi pecinta permainan olah raga golf, Wisata Agro Glantangan adalah jawaban. Di sana sebagian besar luas lahan memang diperuntukkan untuk bermain golf. Namun, kendati demikian ada pula fasilitas lain yang menjadi penunjang. Seperti kolam renang, ATV, flying fox, arena berkuda dan lain sebagainya. Wisata Agro Glantangan berjarak sekitar 10 kilometer dari Taman Galaxy. Harga yang harus dibayar berbeda-beda tergantung dari fasilitas apa yang ingin digunakan.

9. Wisata Loko Lori

Beberapa rekam jejak sejarah Jember bisa ditemukan di Wisata Loko Lori. Di sana akan ditemukan lori yang sudah tidak lagi digunakan di bekas pabrik gula Semboro. Pengunjung bisa bebas mengetahui alat-alat apa saja yang biasa digunakan untuk menghasilkan bahan dapur yang memiliki rasa manis tersebut. Menurut sumber tidak dikenakan biaya apapun untuk menikmati wisata ini alias gratis.

10. Museum dan Perpustakaan Tembakau

Beberapa daerah di Indonesia memang terkenal sebagai penghasil tembakau yang telah terkenal hingga ke luar negeri. Salah satunya adalah Kabupaten Jember. Karena itu, terdapat museum dan perpustakaan Tembakau yang berada di Jalan Kalimantan, Jember. Di sana pengunjung bisa bebas mengakses pengetahuan mengenai tembakau tanpa harus membayar tiket masuk. Museum dan Perpustakaan Tembakau buka setiap Senin – Jumat sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB.