Tempat Wisata Malam di Makassar Paling Favorit

Diposting pada

Indonesia memiliki banyak kota-kota yang cantik dan menarik untuk dikunjungi. Meskipun wisatawan luar negeri lebih banyak datang berlibur ke Bali, ternyata Kota Makassar juga tidak kalah menyajikan segudang aktivitas yang seru untuk Anda jelajahi. Ketika Anda sudah lelah mengeksplor pemandangan indahnya, jangan lupa kota yang terkenal dengan pisang epe ini juga memiliki wisata malamnya yang menarik.

Tidak ada salahnya Anda berjalan-jalan ke tempat wisata malamnya, karena malam harinya pun tidak kalah ramainya dari pagi, siang, ataupun sore harinya. Keuntungan lain yang bisa dapatkan saat malam hari yaitu lebih banyak kuliner yang bisa Anda cicipi karena sebagiannya buka saat menjelang sore atau malamnya.

Penasaran apa saja? Ini dia daftar beberapa tempat wisata malam hari di Kota Makassar.

1. Pantai Losari

Belum lengkap Anda berlibur ke Makassar kalau belum ke Pantai Losari yang berada di Jl. Penghibur ini. Saat menjelang sore hingga malam hari, Pantai Losari ini memiliki keindahan yang semakin cantik untuk dinikmati. Identik dengan tulisannya yang sangat besar dan terang saat malam hari, tidak ketinggalan aneka jajanan maupun kuliner berkeliaran di sekitar Pantai Losari.

Jika Anda datang ke sini saat malam hari, Anda akan disuguhkan dengan tempat tongkrongan yang buka sampai subuh, bahkan Anda pun juga bisa menikmati alunan lagu dari live music di jam-jam tertentu. Untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu membayar tiket parkirnya saja, sekitar Rp 2.000 motor dan Rp 4.000 mobil.

2. Jalan Sungai Cerekang Makassar


Bagi Anda yang sedang lapar tiba-tiba atau hanya sekedar mencari cemilan malam, kunjungi saja Jalan Sungai Cerekang Makassar yang menyediakan aneka jajan dan kuliner khas Kota Makassar. Jalanan yang satu ini memang tidak pernah sepi dari penduduk lokal maupun wisatawan, karena memberikan suasana yang seru untuk dieksplor.

Anda akan menemukan banyak warung-warung di pinggiran Sungai Cerekang mulai dari jajanan pasarnya, makanan-makanan berat, hingga warung kopi. Cobalah untuk mencicipi minuman khas Sulawesi, yakni Sarraba yang populer di masyarakat sana. Minuman maupun makanan di jalanan ini sangatlah terjangkau, mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 25.000.

3. Taman Kota Benteng Rotterdam


Benteng Rotterdam merupakan benteng peninggalan Kerajaan Gowa yang dibangun saat abad ke 16. Sebagai awal mula berdirinya Kota Makassar dan saksi penting dalam mempertahankan tanah air dari penjajah, pemerintah setempat tetap merawat bangunan bersejarah tersebut hingga sekarang agar masyarakat mengenal perjuangan penduduk Makassar dalam melawan penjajah.

Ketika Anda memasuki kawasannya, di sekitar benteng terdapat taman yang indah dan asyik untuk tempat bersantai di malam hari. Taman Kota Benteng Rotterdam ini bisa Anda masuki hingga larut malam. Untuk memasuki kawasan benteng yang terletak di Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading ini, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 5.000 saja baik itu weekdays dan weekends.

4. Societeit De Harmonie Makassar


Selain dikenal sebagai Societeit De Harmonie Makassar, masyarakat lokal juga mengenalnya dengan nama Gedung Kesenian Kota Makassar. Mulai dari pagi hingga sore hari, gedung ini dipenuhi dengan para seniman dan berbagai bidang, mahasiswa, hingga aktivitas seni budaya. Di waktu-waktu tertentu, diselenggarakan event seni maupun budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Begitu menjelang sore, jalanan yang berada di depan gedung seni ini sudah mulai dipenuhi dengan jajanan kaki lima yang membuat Anda tertarik untuk mencobanya. Mulai dari makanan ringan, berat, sampai minuman dingin dan panas bisa Anda cicipi dengan harganya yang terjangkau, sekitar Rp 5.000 sampai Rp 20.000.

5. Jalan Nusantara Makassar


Masyarakat Makassar pasti tidak asing lagi dengan keramaian Jalan Nusantara Makassar. Setiap malamnya, hiruk pikuknya tidak pernah sepi karena setiap pinggiran jalannya terdapat tempat nongkrong yang seru untuk dijelajahi. Mulai dari pub, bar, restoran, serta karaoke menjadi tempat asyik Anda bersama dengan teman-teman.

Sebagai tempat wisata malam yang populer di Makassar dan dekat dengan pelabuhan, tidak heran kalau banyak pelaut yang datang berkunjung ke sana untuk beristirahat. Harga-harga yang ditawarkan di sana tentu berbeda-beda di setiap tempatnya. Tapi tenang saja dengan harganya yang cukup terjangkau, Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih saat malam hari.

6. Pantai Akkarena


Sebelum dikenal sebagai Pantai Akkarena seperti sekarang, dulu tempat wisata ini disebut dengan Tanjung Bunga. Sebagian besar wilayahnya saat itu masih berupa rawa-rawa dan tidak terawat. Tapi, ketika perusahaan kontraktor dari Sulawesi Selatan merombaknya, jadilah menjadi tempat wisata yang lebih ramah dan indah.

Seiring berjalannya waktu, karena ingin objek wisata ini semakin dikenal oleh masyarakat luas, diberilah nama Pantai Akkarena hingga sekarang. Di sepanjang jalanan pantainya terdapat berbagai macam restoran seafood yang lezat, begitu juga dengan cafe, serta resort yang nyaman sebagai tempat menginap Anda.

Untuk tiket masuknya, orang dewasa perlu membayar Rp 10.000 dan anak-anak Rp 5.000. Sedangkan biaya parkirnya Rp 5.000 motor dan Rp 10.000 mobil. Anda yang ingin mencoba wahana permainannya harus membayar sekitar Rp 20.000 hingga Rp 25.000.

7. Trans Studio Makassar


Masih bersaudara dengan Trans Studio Bandung, theme park terbesar di Indonesia Timur ini menjadi objek wisata yang tepat untuk Anda kunjungi saat malam hari. Setelah seharian lelah bermain di wahana permainannya, malam harinya Anda masih bisa tetap menikmati restoran dan pusat perbelanjaan yang tentunya seru Anda kunjungi.

Objek wisata yang dibuka pada tahun 2009 lalu ini memiliki jam buka dari hari Senin hingga Minggu. Mulai dari jam 10 pagi sampai 8 malam dengan harga tiket masuknya Rp 150.000 di weekdays dan Rp 200.000 di weekends. Langsung saja datang ke Jl. Metro Tj. Bunga nomor 28, Tamala.

8. Danau Tempe


Danau Tempe merupakan objek wisata yang berada di kawasan Wajo yang menyajikan pemandangan sekitar yang menakjubkan. Kalau Anda datang saat siang hari, Anda bisa menyewa perahu dengan harganya yang cukup terjangkau. Tapi, usahakan untuk menawarnya, ya karena terkadang diberikan harga yang lebih mahal dari biasanya, sekitar Rp 50.000 hingga Rp 75.000.

Ketika menjelang sore, jangan lupa siapkan kamera Anda karena pemandangan sunsetnya yang sangat indah, apalagi dengan latar belakang Danau Tempe yang cantik. Saat malam hari pun juga menjadi waktu yang tepat untuk memancing. Maka dari itulah, siapkan alat pancing Anda agar bisa menangkap banyak ikan untuk dibawa pulang, ya.

9. Jalan Somba Opu


Kalau di Jogja terkenal dengan wisata malamnya Malioboro, di Makassar terkenal dengan Jalan Somba Opu. Kawasan tersebut mirip dengan yang ada di Malioboro dengan jalanan kanan kirinya terdapat toko-toko menjual cinderamata. Saat malam hari tiba, terdapat aneka kuliner yang bisa Anda cicipi untuk memanjakan lidah Anda.

Mulai dari makanan khas Makassar hingga minuman yang hangat maupun dingin disediakan untuk menemani waktu malam hari Anda untuk bersantai. Harganya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 45.000.