Tempat Wisata di Yogyakarta yang Paling Favorit

Diposting pada

Tempat Wisata di Yogyakarta – Kota Gudeg adalah salah satu sebutan untuk Kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta termasuk ke dalam provinsi D.I Yogyakarta yang memiliki sejutan bangunan bersejarah karena dulunya ibukota Negara Indonesia berada di Yogyakarta. Kota yang secara geografis ini terletak di Jawa Tengah memiliki kekhas-an, dari mulai bahasa, makanan, dan tempat wisata.

Kota Yogyakarta juga disebut sebagai kota pelajar, tak heran banyak para mahasiswa dari luar kota yang ada di kota ini, banyak universitas negeri maupun swasta yang didirikan di Yogyakarta. Karena banyaknya pendatang dari luar kota, tentu sektor pariwisata Yogyakarta dari dulu sampai sekarang berkembang pesat, banyak sekali tempat wisata alam, kuliner, sejarah, religi, yang bisa anda jumpai di Yogyakarta.

Tempat Wisata di Yogyakarta

1. Jalan Malioboro


Jalan Malioboro bisa dibilang sebagai tempat yang wajib anda kunjungi ketika berlibur di Yogyakarta. Berbagai kuliner khas, pertokoan, pusat oleh-oleh, perhotelan, bisa anda temui di Jalan Malioboro. Suasana orang-orang dan lingkungan yang ada di destinasi ini, Yogyakarta banget deh! Anda bisa nongkrong di angkringan atau sekedar makan wedang ronde di pinggir jalan, dan lain-lain.

2. Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta merupakan istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, keraton ini masih dihuni oleh keluarga kerajaan sampai sekarang. Anda bisa berkeliling kawasan keraton dengan menggunakan becak, kemudian masuk ke keraton untuk melihat-lihat saja. Tempat wisata ini dibuka pada pagi hari sekitar pukul 9 hingga siang hari pukul 2. Arsitektur keraton Yogyakarta ini sangat khas adat Jawa Tengah lho!

3. Taman Sari


Taman Sari merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang konon katanya merupakan tempat pemandian putri raja. Taman Sari ini mempunyai arsitektur yang sangat unik dan merupakan tempat yang pas untuk hunting foto, tak heran jika banyak kawula muda yang mengunjungi Taman Sari hanya untuk berfoto saja, bahkan di Taman Sari ini banyak terlihat para pasangan yang sedang melakukan prewedding lho! jangan baper ya!

4. Taman Pintar


Taman Pintar merupakan salah satu wisata edukasi untuk anak-anak yang berada di Yogyakarta, lokasi nya tidak terlalu jauh dari keraton dan Maliboro, oleh karena itu spot wisata ini termasuk spot wisata yang letaknya strategis. Wisata edukasi bertemakan sains ini sangat diminati oleh anak-anak, karena dikonsep sedemikian rupa menjadi taman bermain yang dikaitkan dengan sains dan edukasi. Di kawasan Taman Pintar ini juga terdapat pusat penjualan buku yang cukup lengkap harga nya pun dapat ditawar lho!

5. Kebun Binatang Gembiraloka


Apabila Jakarta memiliki Ragunan, Yogyakarta juga punya Kebun Binatang lho. Kebun Binatang Gembiraloka ini dihuni oleh berbagai spesies satwa dan tumbuhan yang unik, anda juga bisa memberi makan kepada para satwa yang ada. Bahkan, di hari-hari tertentu terdapat atraksi pertunjukan yang langsung dilakukan oleh hewan dan pelatihnya. Malas untuk berjalan-jalan di kawasan kebun binatang nya? Anda juga bisa memanfaatkan kereta mini di kawasan kebun binatang lho!

6. Jogja Bay Waterpark


Berlibur di kawasan wisata waterpark juga bukan hal yang membosankan lho! apalagi jika anda berlibur bersama keluarga yang didominasi oleh anak-anak. Jogja Bay ini termasuk ke dalam tempat wisata yang cukup baru di Yogyakarta, tempat nya sangat luas sekali dan wahana permainan air nya pun sangat lengkap. Bahkan, kebanyakan wahana air nya diperuntukkan untuk remaja hingga orang tua lho!

7. Kalibiru


Kalibiru merupakan destinasi wisata alam yang banyak menjadi pilihan anak-anak muda, sayangnya tempat ini agak jauh dari Pusat Kota. Tempat ini menawarkan berbagai pemandangan indah langsung dari alam, anda bisa melihat berbagai pemandangan dari gardu pandang yang dibuat dengan ketinggian tertentu pada pohon pinus. Anda juga bisa melihat sunrise dan sunset di tempat ini dengan indah.

8. Gunung Api Purba Nglanggeran


Gunung Nglanggeran merupakan salah satu wisata alam yang termasuk juga kedalam warisan geologi yang ada di Yogyakarta. Untuk dapat tiba di puncak gunung nya, anda diharuskan untuk mendaki terlebih dahulu. Waktu terbaik untuk tiba di tempat ini adalah di pagi hari, dari ketinggian jika cuacanya bagus anda akan disuguhi sunrise yang sangat indah dan menenangkan hati. Anda juga bisa melihat pemandangan embung Nglanggeran yang tak kalah indahnya.

9. Gua Pindul


Gua Pindul merupakan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisaawan luar negeri atau pun wisatawan lokal. Disini anda tidak hanya melihat gua saja, namun anda juga bisa melakukan tubing menyusuri sungai di dalam gua dengan bermodalkan ban dan pelampung saja. Anda bisa melihat stalagtit dan stalagmite di dalam gua, akan banyak juga kelelawar yang bisa anda temui.

10. Pantai Parangtritis


Yogyakarta yang letaknya di selatan pulau Jawa, dekat dengan spot wisata Pantai Parangtritis. Banyak objek wisata yang bisa anda kunjungi disini, salah satunya adalah Gumuk pasir Parangkusumo, merupakan gumuk pasir alami yang se-asia tenggara hanya ada di Indonesia, jadi kegiatan anda tidak hanya mengunjungi pantai dan menikmati air laut saja, anda juga bisa melakukan hal-hal lainnya.

11. Bukit Bintang


Tempat wisata alam yang satu ini sangat pas untuk dikunjungi di malam hari. Bukit Bintang yang letaknya berada di dataran tinggi, merupakan spot terbaik untuk melihat city lights di malam hari. Banyak warung-warung makan dan penginapan yang bisa anda gunakan untuk melihat pemandangan yang indah. Bukit Bintang ini kerap didatangi oleh para pasangan di malam minggu.

12. Tebing Breksi


Salah satu tempat wisata yang cukup baru di Yogyakarta ini selalu ramai pengunjungnya lho, apalagi biaya masuk kawasan ini adalah seikhlasnya, bahkan tidak bayar pun tidak apa-apa. Batu breksi yang akan anda lihat di tempat ini sangat lah tinggi-tinggi, batuan tersebut juga sudah ada yang dipahat sedemikian rupa sehingga bentuknya sangat artistik dan bisa dijadikan spot foto yang menarik.

13. Kebun Buah Mangunan


Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam, anda akan melihat bukit-bukit yang dilewati sungai yang sangat besar, dari tempat ini lekukan sungai nya sangat terlihat jelas. Para pengunjung bisa melihat pemandangan tersebut dari gardu pandang yang sudah disediakan seperti di rumah pohon, dan lain-lain. Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini juga terdiri dari kebun buah dimana wisatawan dapat melihat berbagai pohon yang bervariasi.

14. Sindu Kusuma Edupark


Sindu Kusuma Edupark merupakan wisata yang menawarkan berbagai wahana bermain bagi pengunjugnya. Anda akan disuguhi dengan bianglala raksasa, zipline, segway, roller coaster, dan lain-lain. Tempat wisata ini kerap juga digunakan untuk acara-acara konser. Tidak hanya wahana untuk orang dewasa saja, namun di Sindu Kusuma Edupark juga tersedia berbagai wahana untuk anak-anak. Bahkan, sesuai namanya ‘Edupark’ wisata ini juga akan menyuguhkan berbagai wahana yang berkaitan dengan edukasi untuk anak-anak lho!