Museum Kambang Putih

Tempat Wisata di Tuban Harus Kamu Jelajahi

Diposting pada

Tempat Wisata di Tuban – Bosan berwisata ke Selatan Jawa? Kini saat nya menjelajahi tempat wisata di dekat pantai utara pulau Jawa. Kabupaten Tuban bisa menjadi salah satu destinasi ketika berlibur, letaknya yang dekat dengan pantai utara jawa. Akan sangat menguntungkan apabila berlibur di Tuban, mengingat pantai di bagian utara Pulau Jawa itu bisa dibilang stabil karena tidak akan ada tsunami.

Selain pantai, banyak juga wisata alam tersembunyi yang bisa anda kunjungi, entah itu bersama keluarga, bersama pasangan, bersama rombongan teman-teman, rekan kerja, atau pun backpacker. Akomodasinya juga sudah cukup lengkap, dinas pariwisata sendiri sudah dengan matang mengelola spot-spot yang menarik di Kabupaten Tuban. Langsung aja deh yuk kita bahasa mengenai wisata yang ada di Tuban!

Tempat Wisata Tuban Hits Terfavorit

1. Pantai Cemara
Pantai Cemara Tuban
Kawasan pantai ini banyak ditumbuhi pohon-pohon cemara. Selain pemandangan pohon cemara yang akan anda saksikan, anda juga akan disuguhi pemandangan alam pasir pantai dan laut yang indah. Biasanya para anak muda berburu spot foto di tempat ini. Selain cemara, di spot wisata ini juga terdapat fasilitas Mangrove Center bagi para pengunjung. Harga tiket untuk masuk ke Pantai Cemara pun gratis, pengunjung hanya diharuskan membayar parkir saja.

2. Air Terjun Nglirip
Air Terjun Nglirip
Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Karena topografinya yang menguntungkan, untuk menikmati pemandangan air terjun ini tidak hanya dari bawah saja, namun dari kejauhan dengan ketinggian tertentu juga akan terlihat sangat indah, pemandangannya sangat hijau dan suaranya menenangkan. Tempat nya cukup terpencil sehingga biaya masuk nya pun masih gratis lho!

3. Pantai Sowan Tuban
Pantai Sowan Tuban
Pantai Sowan Tuban merupakan kawasan pantai dengan luas sekitar 32 hektar, pantai ini sangat asri ditumbuhi oleh pohon-pohon berkayu seperti pohon mahoni dan pohon kampis. Fasilitas yang ada di spot pantai ini banyak digunakan untuk berkemah, berenang, outbond, dan mencari ikan. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, per orang nya akan dipatok dengan harga Rp 5.000,-, namun jika anda membawa kendaraan, akan dikenakan biaya Rp 7.000,- hingga Rp 15.000,-

4. Pantai Remen Tuban
Pantai Remen Tuban
Pantai ini mempunyai keesotisan pasir berwarna putih sangat bersi. Akan banyak sekali fasilitas seperti warung makan di sekitar pantai ini yang khusus berjualan seafood. Pantai Remen Tuban bisa dikategorikan sebagai pantai yang selalu ramai pengunjungnya, meskipun begitu tata kelola pantai ini sangat bersih dan baik. Adapun untuk dapat masuk ke kawasan wisata ini, anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- saja per kendaraan.

5. Goa Ngerong
Goa Ngarong
Wisata Goa di Tuban yang satu ini letaknya cukup terpencil dan tidak begitu luas. Meskipun begitu wisata Goa ini cukup banyak peminatnya, anda secara langsung akan melihat ribuan kelelawar yang bergelantungan di bagian atas, kolam alami yang terdapat di Goa ini juga ditinggali oleh ikan-ikan kecil yang lucu, anda juga akan melihat habitat kura-kura. Selain itu, untuk masuk ke tempat ini juga tidak dikenakan biaya sepeserpun.

6. Goa Akbar
Goa Akbar
Goa Akbar menurut sejarah nya adalah tempat kediaman Sunan Kalijogo. Goa ini tidak hanya menjadi objek wisata alam saja, namun juga menjadi objek wisata religi lho. Lokasinya juga dekat dengan pusat kota dan pasar, anda bisa melakukan penjelajahan goa, menemukan stalaktit dan stalagmite yang sangat indah. Kawasan wisata ini tidak memungut biaya sepeserpun dari pengunjungnya.

7. Goa Putri Asih
Goa Putri Asih
Goa Putri Asih merupakan kawasan wisata yang sudah dikelola sangat baik, terdapat setidaknya sembilan ruangan berbeda yang bisa dikunjungi. Setiap ruangannya memiliki koleksi ornament batuan yang berbeda-beda, anda juga akan menemukan berbagai stalaktit, calcite, stalakmit, pilar, gordyn, dan lain-lain. Fasilitas umum nya pun sudah lengkap, ada rest area, toilet, dan lain-lain. Dikenakan biaya Rp 5.000,- untuk anak-anak dan Rp 10.000,- untuk orang dewasa jika ingin mengunjungi tempat ini.

8. Pemandian Air Panas Prataan
Pemandian Air Panas Prataan
Ternyata di Tuban ini terdapat pemandian air panas alami yang mengandung sulfur. Dipercaya air panas ini dapat mengobati berbagai penyakit kulit, encok, dan rematik. Tempat wisata ini biasanya selalu ramai di akhir pekan pada pagi hari. Spot wisata ini juga mempunyai fasilitas yang menarik apalagi untuk foto-foto lho! Hanya dengan Rp 6.000,- rupiah saja, anda sudah bisa merasakan nikmatnya berendam di pemandian air panas.

9. Watu Ondo
Watu Ondo
Merupakan spot wisata yang diminati oleh para kawula muda. Watu Ondo merupakan tempat wisata yang mnampilkan batuan yang bentuknya seperti tangga. Wisata Watu Ondo ini sebenarnya hanya jalan yang digunakan oleh warga ketika akan menuju ladang, namun karena bentuknya unik, banyak para wisatawan yang menyempatkan diri untuk berfoto di tempat ini. Karena hanya berupa jalan saja, untuk dapat berfoto dan menikmati pemandangan pun tidak dikenakan biaya.

10. Makam Sunan Bonang
Makam Sunan Bonang
Wisata religi yang satu ini adalah mengunjungi Makam Sunan Bonang. Tuban yang juga disebut sebagai kota para wali sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata religi. Di Makam ini anda bisa berziarah, berdoa mendoakan sunan, dan lain-lain. Makam Sunan Bonang juga dikemas dengan arsitektur adat jawa timur yang unik, anda bisa hanya sekedar melihat-lihat juga lho. Untuk dapat masuk ke kawasan wisata ini, anda hanya diharuskan membayar parkir saja.

11. Masjid Agung Tuban
Masjid Agung Tuban
Masjid Agung Tuban merupakan masjid yang dibangun oleh Adipati Raden Ario pada abad ke-15. Bangunan ini terus di renovasi hingga sekarang, arsitekturnya sangat unik dan terlihat sangat kokoh sekali. Masjid Agung Tuban juga memiliki luas yang cukup besar sekitar 5.246 meter persegi. Masjid ini letaknya tidak jauh dengan Makam Sunan Bonang, sehingga anda juga bisa mampir ke makam tersebut.

12. Museum Kambang Putih
Museum Kambang Putih
Ingin melihat ornamen-ornamen dan peninggalan nenek moyang di Tuban? Anda bisa mengunjungi Museum Kambang Putih. Museum ini sudah ada sejak tahun 1984, didalamnya anda bia melihat berbagai fosil peninggalan, senjata tradisional, wayang golek, naskah kuno, wayang kulit, barongsai, dan lain-lain. Museum Kambang Putih merupakan wisata edukasi yang cocok dikunjungi oleh para wisatawan.

13. Ponpes Perut Bumi Al Maghribi
Ponpes Perut Bumi Al Maghribi
Pondok Pesantren ini letaknya sangat unik, yaitu ada di dalam Ga lho. Pondok Pesantren Al Maghribi dibuat oleh Kyai Subchan Mubarok. Tempat yang unik ini kembali pada fungsi awalnya, yaitu untuk berziarah dan merupakan wisata religi bagi umat islam yang mengunjungi Tuban. Anda juga bisa melihat kemegahan yang ada di dalam goa. Untuk masuk ke tempat ini anda hanya akan dikenakan biaya parkir saja.

14. Pantai Kelapa Tuban
Pantai Kelapa Tuban
Pantai Kelapa Tuban merupakan bekas pelabuhan kuno yang sudah digunakan pada masa Kerajaan Majapahit. Pemandangan yang indah bisa anda saksikan dari pantai Kelapa Tuban. Karena letaknya yang dekat dengan pusat pemerintahan dan kota, Pantai ini juga sudah dikelola dengan baik. Untuk dapat berkunjung ke tempat ini, anda akan dikenakan biaya Rp 3.000,- per orang nya.