Tempat Wisata di Trenggalek, Raja Wisata Bahari Dari Jawa Timur

Diposting pada

Tempat Wisata di Trenggalek – Selain di kawasan Jawa Timur sendiri, gaung Kabupaten Trenggalek sebelumnya sangat jarang terdengar. Hingga kemudian salah seorang selebritis papan atas menjadi istri Bupati Trenggalek yang masih menjabat hingga kini, perlahan nama Trenggalek pun mulai diperhitungkan. Tidak lagi sebagai salah satu kabupaten penghasil komoditas laut terbanyak, tetapi sebagai destinasi wisata.

Trenggalek merupakan daerah pesisir, di mana sebagian masyarakat berprofesi sebagai nelayan karena memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia. Beberapa tahun terakhir, Trenggalek tidak hanya mengembangkan potensi laut yang dimiliki untuk menaikkan taraf perekonomian daerah, tetapi juga membenahi sektor pariwisata. Berikut adalah tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kabupaten Trenggalek.

Tempat Wisata di Trenggalek

Pantai Prigi


Tidak dapat disangkal bahwa Pantai Prigi merupakan destinasi wisata terpopuler dari Kabupaten Trenggalek. Biasanya, masyarakat Jawa Timur yang ingin berwisata ke pantai memilih Prigi sebagai opsi utama. Lokasi tepatnya berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo. Pantai ini memang merupakan kebanggaan warga Trenggalek di mana biasanya diadakan pula tradisi larung laut.

Di Pantai Prigi, wisatawan dapat membeli hasil laut segar tangkapan nelayan atau yang sudah diolah menjadi ikan asap maupun menu-menu seafood lain dengan harga terjangkau. Bagi yang ingin bermain pasir dan air pun boleh, asal tidak berenang karena ombak terlalu besar. Tiket masuk Pantai Prigi dibanderol Rp. 6.000,- per orang.

Pantai Ngadipuro


Keramaian pengunjung Pantai Prigi, terutama ketika musim liburan dan akhir pekan kerap membuat wisatawan memilih alternatif pantai lain. Pantai Ngadipuro merupakan salah satu yang paling direkomendasikan. Selain bebas retribusi, pantai ini juga tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan Pantai Prigi. Sayang, fasilitas penunjang sangat kurang, bahkan tidak terdapat toilet umum.

Pantai Kili Kili


Menikmati panorama pantai yang cantik sekaligus menyaksikan penangkaran penyu merupakan hiburan yang ditawarkan oleh Pantai Kili-Kili. Tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau, hanya Rp. 10.000,- per orang di mana pengunjung sudah boleh bermain dekat dengan penyu meskipun disertai sederet aturan yang wajib dipatuhi karena satwa tersebut mulai punah.

Pantai Cangkrong


Kaum milenial yang gemar membagikan foto di akun jejaring sosial tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan foto-foto yang instagrammable di Trenggalek. Pantai Cangkrong dapat memenuhi kebutuhan tersebut secara gratis melalui panorama cantik yang ditawarkan dari lebatnya areal hutan mangrove serta laut berpasir putih dari jembatan kayu yang disebut jembatan galau.

Pantai Damas


Trenggalek membuktikan keunggulan dalam sektor pariwisata bahari melalui Pantai Damas yang menjadi spot pilihan untuk aktivitas surfing di Jawa Timur. Hanya dengan membayar Rp. 2.000,- saja untuk tiket masuk, pengunjung sudah bebas mengeksplorasi pantai tersebut. Berenang, bermain pasir, surfing, hingga menikmati sunset, seluruhnya dapat dilakukan di Pantai Damas.

Goa Lowo


Lowo merupakan Kelelawar dalam Bahasa Jawa. Goa ini dinamakan demikian karena dahulu memang dipenuhi binatang nocturnal tersebut, tetapi kini tidak lagi sehingga dapat difungsikan sebagai tempat wisata tanpa membuat pengunjung merasa ketakutan atau jijik. Goa Lowo ini tercatat sebagai gua terindah dan terpanjang di Asia Tenggara. Spot populer dan membanggakan.

Wisatawan yang datang harus didampingi pemandu, baik masyarakat setempat maupun perwakilan biro perjalanan agar tidak tersesat. Goa Lowo memiliki stalagmite dan stalagtit yang indah serta berfungsi dengan baik dalam menghasilkan gema berirama. Untuk tur Goa Lowo biasanya dibanderol per rombongan berjumlah sepuluh orang dengan tarif Rp. 300.000,- per kuota.

Air Terjun Songgolangit


Songgolangit memiliki arti penyangga langit yang mendeskripsikan air terjun dengan empat tingkatan ini. Lokasinya berada di Desa Sukokidul dan wisatawan yang hendak masuk ke areal air terjun akan dikenakan retribusi berupa tiket masuk dan biaya parkir kendaraan. Di sekeliling air terjun terdapat pepohonan hijau yang asri. Sangat instagrammable.

Puncak Jaas


Penggemar hiking tentu tidak akan melewatkan kesempatan mendaki Puncak Jaas yang berada di wilayah Tamanan ini. Ketinggian Puncak Jaas hanya 303 mdpl sehingga dapat dicapai oleh para pendaki pemula. Menikmati pemandangan Trenggalek pada malam hari dihiasi lampu kota yang menyala atau menanti sunrise merupakan aktivitas menarik sesampainya di Puncak Jaas.

Hutan Kota


Jika tidak ingin mendaki untuk sampai di Puncak Jaas, maka beberapa waktu lalu pemerintah Trenggalek telah memberikan opsi hiburan lain bagi yang ingin menikmati pesona Gunung Jaas tanpa perlu mendaki, yakni dengan meresmikan areal hutannya sebagai sebagai taman terbuka publik. Tersedia banyak spot instagrammable untuk berfoto secara gratis.

Alun Alun Trenggalek


Alun-alun kabupaten juga menjadi taman terbuka publik lainnya dari Trenggalek. Saat weekdays, tempat ini akan selalu ramai mulai sore hingga malam hari, sedangkan ketika weekend hampir tidak pernah sepi pengunjung sejak pagi. Sebagaimana alun-alun daerah lain, objek wisata ini juga menjadi sentra kuliner kaki lima di Kabupaten Trenggalek.

Gunung Prongos Kampak


Meskipun namanya terasa janggal dan sulit diucapkan, tetapi Gunung Prongos Kampak menyimpan keindahan hutan pinus yang cantik. Keindahan panoramanya membuat gunung ini kerap dijadikan sebagai lokasi pre-wedding, objek fotografi favorit, maupun sekedar spot swafoto. Selain hutan pinus, pemandangan di puncak pun tidak kalah memukau. Tiket masuknya dibanderol hanya Rp. 3.000,-.

Gunung Gembes


Untuk tempat wisata yang satu ini masih tergolong baru karena belum lama diresmikan. Gunung Gembes diplot menarik kaum milenial, sehingga dibangun beberapa gardu pandang yang menyajikan panorama Kabupaten Trenggalek dari ketinggian dengan sempurna. Wisatawan dikenakan biaya parkir mulai Rp. 2.000,- dan nominal yang sama untuk mengeksplorasi tiap gardu pandang.

Bukit Bayon


Desa Widoro juga memiliki Bukit Bayon yang dijuluki sebagai negeri di atas awan Trenggalek. Ketinggian puncak bukit mencapai 1300mdpl sehingga untuk mencapainya memang memerlukan tekad dan usaha yang kuat. Meski begitu, panorama yang ditawarkan Bukit Bayon dijamin tidak akan mengecewakan dan begitu sampai maka rasa lelah akan terbayar lunas.

Sepikul Via Verrata


Berburu pemandangan indah atau mengejar sunset dan sunrise di dataran tinggi merupakan aktivitas yang cukup mainstream. Bagi yang ingin menjajal hal berbeda, dapat berkunjung ke Gunung Sepikul di mana terdapat spot Via Verrata, yakni panjat tebing dengan memanfaatkan tebing sesungguhnya sebagai media. Biaya yang dibebankan adalah Rp. 50.000,- per orang.

Banyu Nget


Spot wisata terakhir yang direkomendasikan dari Kabupaten Trenggalek adalah Banyu Nget yang termasuk kawasan outbond terlengkap di Jawa Timur. Ada camping ground, berbagai wahana menantang seperti sky bike, bahkan memiliki air terjun yang segar dan indah dengan debit air relatif rendah sehingga aman.

Untuk tiket masuk saja ke Banyu Nget dibanderol Rp. 10.000,- sedangkan aktivitas lain seperti berkemah dan menjajal wahana akan dikenakan tambahan biaya sesuai pilihan wisatawan bersangkutan, mulai Rp. 5.000,- saja. Fasilitasnya pun cukup lengkap seperti toilet umum dan taman bermain anak.