Gunung Galunggung

Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Paling Asik

Diposting pada

Tempat Wisata di Tasikmalaya – Liburan tidak harus ke kota-kota besar di Indonesia, tidak harus ke ibukota provinsi, atau tidak harus keluar pulau jauh-jauh. Berlibur di kota kecil juga menyenangkan lho! berburu kuliner, berburu wisata, berburu alam yang masih asri karena belum banyak polusi seperti di kota-kota besar. Salah satu kota kecil di Jawa Barat yang bisa dikunjungi untuk berlibur adalah Tasikmalaya.

Tasikmalaya disebut juga kota santri yang khas akan kerajinan anyaman, bordir, dan kuliner bakso juga bubur lho! Banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi dari mulai wisata alam, wisata sejarah, wisata religi pun sangat banyak sekali mengingat tasikmalaya ini dikenal banyak pesantren dan kabupatennya mencetak berbagai ulama-ulama terkenal di Indonesia.

Inilah Tempat Wisata yang Ada di Tasikmalaya

1. Alun-alun Tasikmalaya
Alun Alun Tasikmalaya
Alun-alun tasikmalaya berada di pusat kota, merupakan tempat yang cocok dikunjungi bersama teman-teman atau keluarga di pagi hari. Jika anda mendatanginya pada hari minggu pagi, banyak sekali orang-orang yang berolahraga di tempat ini.

Meskipun alun-alunnya tidak terlalu luas, namun banyak tanaman, bunga, dan sangat asri. Mengenai fasilitas umum, hanya ada kursi untuk para pengunjung saja. Enaknya lagi, untuk masuk ke alun-alun ini anda tidak dikenakan biaya sepeserpun.

2. Taman Kota Tasikmalaya
Jpeg
Taman ini letaknya berada di pusat kota dan taman nya terinspirasi dari taman-taman yang ada di Bandung dan Surabaya. Banyak pedagang kaki lima dan pedagang cemilan yang ada disini, tidak hanya itu saja, namun di sore hari juga biasanya ada badut-badut yang menghibur anak-anak yang berkunjung. Fasilitas di taman kota ini cukup memadai, kursi-kursi ditata dengan baik sehingga pengunjung juga nyaman. Tidak dipungut biaya sepeserpun ketika mengunjungi tempat ini.

3. Masjid Agung Manonjaya
Masjid Agung Manonjaya
Masjid Agung Manonjaya bisa menjadi pilihannya. Masjid Agung ini kerap ramai dikunjungi setelah kejadian gempa Tasikmalaya beberapa tahun silam. Masjid agung ini sudah dibangun sejak tahun 1832 ketika Kerajaan Sukapura dan erat kaitannya dengan berdirinya kota Tasikmalaya. Masjid ini mempunyai halaman yang luas dan fasilitasnya cukup memadai. Tidak dipungut biaya sepeserpun untuk mengunjungi masjid ini.

4. Teejay Waterpark
Teejay Waterpark
Waterpark yang berada di kawasan Mall di Tasikmalaya ini banyak dikunjungi di hari libur atau akhir pekan, tidak hanya anak-anak saja, namun orang dewasa dan orang tua pun sering mengunjungi tempat ini sekedar untuk rekreasi.

Banyak wahana air yang bisa digunakan dengan fasilitas umum cukup mempuni, ada banyak toilet, warung makan, pendopo, gazebo untuk rekreasi, dan lain-lain. Penugunjung akan dikenakan biaya Rp 35.000,- untuk dewasa dan Rp 20.000,- untuk anak-anak.

5. Jembatan Cirahong
Jembatan Cirahong
Jembatan Cirahong merupakan suatu jembatan unik yang menghubungkan suatu tebing terpisahkan oleh sungai. Jembatan ini merupakan jembatan sejak peninggalan zaman Belanda di Tasikmalaya. Uniknya, di atas jembatan ini adalah rel kereta, Jembatan Cirahong hanya bermodalkan baja/besi dan kayu ketika melewatinya, siap-siap deg-degan deh ketika melewati jembatan ini! Biasanya orang-orang melihat pemandangan sungai dan sawah di tempat ini, biasanya pengunjung akan dikenakan biaya Rp 1.000,- hingga Rp 2.000,- ketika melewati jembatan ini.

6. Situ Gede
Situ Gede
Situ gede merupakan tempat rekreasi danau yang terbentuk akibat aktifitas tektonik dan vulkanis sejak dahulu kala. Tempat rekreasi ini juga kerap dijadikan spot jogging oleh warga Tasikmalaya di hari minggu. Tidak hanya itu, banyak juga warung-warung makan yang menjual makanan seperti ikan, jagung, ayam, dan lain-lain. Biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke tempat ini sekitar Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- per kendaraan.

7. Gunung Galunggung
Gunung Galunggung
Letusannya gunung ini pernah menjadi trending topic di dunia pada tahun 1982. Banyak tempat wisata di kawasan Gunung Galunggung, seperti kawah, jalur pendakian, dan gardu pandang. Fasilitas nya juga sudah memadai, di sekitar gunung anda akan banyak menemukan penginapan di rumah warga, toilet, dan warung-warung makan. Untuk masuk ke kawasan Gunung Galunggung, pengunjung hanya dikenakan biaya berkisar Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- untuk setiap kendaraan.

8. Pemandian Air Panas Galunggung
Pemandian Air Panas Galunggung
Sebagai gunung yang masih aktif hingga sekarang, tak heran jika di sekitar kawah dan lerengnya terdapat air panas dengan kandungan sulfur cukup untuk dijadikan pemandian. Pemandian Air Panas Galunggung dipercaya mempunyai khasiat alami untuk membersihkan kulit dan terapi kulit. Di kawasan pemandian, toilet nya cukup banyak, terdapat juga warung-warung makan dan spot tempat tunggu untuk pengunjung. Harga tiket untuk masuk kawasan ini hanyalah Rp 10.000,-

9. Pemandian Air Panas Ciawi
Pemandian Air Panas Ciawi
Pemandian air panas juga terdapat di Ciawi, salah satu Kabupaten Tasikmalaya yang termasuk ke dalam jalur Tasikmalaya-Bandung. Anda bisa berendam dengan tenang di pemandian air panas ini. Sayangnya, kawasan wisata air panas Ciawi ini tidak sebesar wisata yang ada di Galunggung, meskipun begitu fasilitasnya sudah cukup memadai ditambah dengan banyaknya restoran-restoran besar di sekitar pemandian ini, harga tiket nya pun tergolong murah, hanya Rp 5.000,- per orang saja.

10. Pantai Karangtawulan
Pantai Karangtawulan
Pantai Karangtawulan ini terletak di selatan Tasikmalaya, dekat dengan pantai Cipatujah, untuk dapat tiba di tempat ini anda memerlukan waktu kurang lebih 4 jam dari pusat kota. Pantai ini memberikan pemandangan alam yang sangat indah lho! anda akan melihat batu karang raksasa yang bisa dijadikan untuk spot foto menarik. Fasilitasnya sudah memadai, banyak warung makan, toilet umum, dan tempat parkir. Harga tiket masuk wisata nya hanya Rp 2.000,- hingga Rp 5.000,- per kendaraan.

11. Curug Deng Deng
Curug Deng Deng
Curug Deng Deng merupakan tempat wisata berupa air terjun yang terbentuk akibat kikisan air, uniknya curug ini memiliki morfologi bertingkat-tingkat. Keindahannya membuat banyak wisatawan yang berkunjung, ditambah lagi dengan pepohonan yang hijau. Untuk masuk ke kawasan ini, anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun, namun sayangnya fasilitasnya masih sangat minim.

12. Kebun Teh Taraju
Kebun Teh Taraju
Taraju merupakan kabupaten di Tasikmalaya yang terletak di dataran tinggi, kawasannya sangat cocok untuk bertanam teh, tak heran jika kawasan ini kerap disebut sebagai kebun teh. Banyak hal yang bisa anda lakukan disini, melihat ibu-ibu yang menanam teh, menikmati indahnya pemandangan, dan lain-lain. Jika ingin bermalam, anda bisa menginap di rumah warga yang disewa. Untuk masuk ke kawasan kebun teh anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

13. Wisata Karang Resik
Wisata Karang Resik
Wisata karang resik dahulunya adalah wisata waterpark, namun kemudian sekarang sudah direnovasi menjadi wisata outbond dan bertemakan alam. Tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari kota, banyak spot-spot foto menarik yang bisa anda pilih di tempat ini. Untuk masuk ke tempat wisata ini, anda hanya akan dikenakan biaya berkisar Rp 15.000,- hingga Rp 25.000,- untuk setiap orang nya.

14. Pantai Cipatujah
Pantai Cipatujah
Pantai yang satu ini mempunyai karakteristik pasir berwarna kecoklatan, ombak di pantai ini cukup besar sehingga tidak dimungkinkan untuk berenang. Pantai Cipatujah juga merupakan tipa pantai yang banyak batukarangnya, anda bisa melihat pemandangan batukarang yang terhempas ombak di tempat ini. Kawasan pantai nya luas ditambah fasilitasnya juga cukup mumpuni, untuk masuk ke kawasan ini anda hanya akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan saja.