Tempat Wisata Di Sukabumi Yaitu Geopark Ciletuh

Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Kamu Kunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Sukabumi – Sukabumi merupakan daerah di Jawa Barat yang memiliki pesona alam indah. Tempat wisata di Sukabumi pun banyak jumlahnya dan kebanyakan adalah wisata alam. Kota yang memiliki hawa sejuk tersebut memiliki alam yang unik. Ada pantai, sungai, goa, bukit atau pegunungan yang mempunyai keunikan masing-masing.

Mungkin kebanyakan orang akan memilih berlibur di puncak ketika waktu akhir pekan tiba. Tetapi bagi anda yang bosan dengan pemandangan atau tempat wisata di puncak, mungkin daerah Sukabumi bisa direkomendasikan. Bagi masyarakat kota seperti Jakarta sangat perlu untuk meluangkan waktu sejenak melihat pemandangan alam supaya pikiran kembali fresh. Jika pada umumnya mereka memilih puncak, mungkin sekarang Sukabumi bisa dijadikan pilihan.

Tempat Wisata di Sukabumi yang Menarik

Anda bosan berlibur di tempat yang itu-itu saja? Sudah saatnya anda mengeksplor banyak tempat di Indonesia dan salah satunya adalah Sukabumi. Kota yang ada di Provinsi Jawa Barat tersebut menyimpan banyak potensi wisata yang tak kalah menariknya dengan daerah wisata lainnya. Di mana saja tempat wisata di Sukabumi yang menarik dan wajib untuk dikunjungi itu?

1. Geopark Ciletuh

Tempat Wisata Di Sukabumi Yaitu Geopark Ciletuh
Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Sukabumi adalah geopark Ciletuh. Ini merupakan kawasan wisata yang sering kali diserbu oleh wisatawan. Kawasan geopark Ciletuh sendiri terdiri dari beberapa tempat wisata seperti Pantai Ciletuh, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, Puncak Darma dan Curug Awang. Apabila anda mengunjungi kawasan geopark tersebut, anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang disebutkan di atas karena masih dalam satu kawasan.

2. Danau Bacan

Tempat Wisata Di Sukabumi Yaitu Danau Bacan
Danau Bacan adalah salah satu tempat wisata yang masih baru di Sukabumi. Sebenarnya ini bukanlah danau alami melainkan danau yang terbentuk akibat galian tambang. Meskipun danaunya kecil namun warna airnya yang hijau membuat tampilan Danau Bacan menjadi menarik. Selain itu pemandangan sekitar juga bagus karena danau tersebut dikelilingi bebatuan. Lokasi dari Danau Bacan berada di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Sukabumi. Tiket masuk di sana gratis dan pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5000 saja.

3. Situ Sukarame

Tempat Wisata Di Sukabumi Yaitu Situ Sukarame
Tempat wisata di Sukabumi yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Situ Sukarame. Situ Sukarame termasuk tempat wisata yang popular di Sukabumi dan lokasinya berada di Parakansalak, Kecamatan Parakansalak, Sukabumi. Yang menjadikan Situ Sukarame menawan adalah dikelilingi oleh kebun teh dan memiliki latar pegunungan serta didukung dengan hawa yang sejuk. Di sana juga terdapat arena outbond dan ada juga flying fox. Tempat wisata yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga.

4. Situ Gunung

Tempat Wisata Di Sukabumi Yaitu Situ Gunung
Sukabumi memang kaya akan potensi wisata alam dan selain Situ Sukarame, Situ Gunung juga merupakan tempat wisata yang menarik di Sukabumi. Situ Gunung terletak di kaki gunung kawasan Taman Nasional Gunung Pangrango yang memiliki ketinggian 850 mdpl. Situ Gunung sangat cantik karena pemandangannya dikelilingi oleh pohon pinus dan di sana juga didukung dengan fasilitas lengkap seperti villa, losmen, camping ground dan arena outbond. Di dekat Situ Gunung juga dekat dengan tempat wisata Curug Sawer.

5. Bukit Karang Para

Tempat Wisata Di Sukabumi Yaitu Bukit Karang Para
Tempat wisata yang kekinian atau hits di Sukabumi adalah Bukit Karang Para. Lokasi wisata hits tersebut berada di Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Sukabumi. Di sana anda bisa melihat pemandangan dari atas bukit dan di sana juga disediakan spot foto yang dijamin Instagramable. Anda juga bisa melihat sunset dan yang paling menyenangkan di sini adalah tidak dipungut harga tiket masuk. Pengunjung hanya akan dipungut biaya Rp 5000 untuk biaya parkir saja.

6. Kampung Ciptagelar

Tempat Wisata Di Sukabumi Yaitu Kampung Ciptagelar
Kampung Ciptagelar merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang wajib untuk dikunjungi. Bagi anda yang ingin mendapatkan pengalaman baru dengan melihat perkampungan tradisional di Sukabumi, di sinilah tempat yang paling tepat. Kampung Ciptagelar berada di kaki Gunung Halimun tepatnya di Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok. Lokasi dari kampung ini memang terbilang terpencil dan di pelosok namun anda bisa merasakan sensasi yang berbeda menginap di Kampung Ciptagelar. Masuk ke kampung tersebut pengunjung tidak dipungut biaya kecuali jika ingin menginap.

7. Goa Buniayu

Tempat Wisata Di Sukabumi Yaitu Goa Binayu
Sukabumi ternyata juga memiliki keunikan lainnya yang bisa ditemukan yaitu goa. Goa wisata yang bisa dikunjungi adalah Goa Buniayu yang terletak di Cipinang, Kerta Angsana, Nyalindung, Sukabumi. Goa tersebut bisa disusuri dan anda bisa melihat stalaktit dan stalakmit di dalamnya. Bagi yang ingin menyusuri goa diharap untuk bersama dengan pemandu karena nanti akan membutuhkan waktu selama 5 jam. Tetapi pada saat musim hujan Goa Buniayu tidak bisa disusuri. Penyuka adrenalin sangat direkomendasikan untuk masuk ke goa tersebut.

8. Pantai Cikembang

Tempat Wisata Di Sukabumi Yaitu Pantai Cikembang
Sukabumi juga memiliki pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Cikembang. Pantai yang berada di Cisolok, Sukabumi tersebut direkomendasikan bagi keluarga yang ingin berlibur karena pantai ini sangat teduh dikarenakan banyak pepohonan di sekelilingnya. Selain itu, ombak di Pantai Cikembang termasuk kecil jadi sangat aman untuk bermain air. Di sana anda bisa melihat aktifitas nelayan dan anda pun bisa menikmati hidangan seafood.

9. Curug Cigangsa

Tempat Wisata Di Sukabumi Yaitu Curug Cigangsa
Tempat wisata yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi saat berada di Sukabumi adalah Curug Cigangsa. Curug yang berada di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade tersebut terbentuk akibat adanya gempa bumi. Curug tersebut memiliki tiga tingkatan dan yang menjadikan curug tersebut unik adalah dindingnya dari bebatuan hitam. Kemudian daya tarik dari Curug Cigangsa adalah pengunjung harus menaiki perahu bagi yang ingin melihat dari dekat.

10. Santa Sea Waterpark

Tempat Wisata Di Sukabumi Yaitu Santa Sea Waterpark
Santa Sea Waterpark merupakan tempat wisata di Sukabumi yang terbaru karena baru dibuka pada tahun 2016 lalu. Ini merupakan wahana air dengan pemandian air panas dan ditambahi dengan taman rekreasi yang menambah keindahan. Apa saja wahana air di Santa Sea Waterpark?

Di sana ada kolam arus Amazon River, kolam ombak, Niagara Waterfall, kebun binatang mini dan masih banyak lagi. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Lokasi dari Santa Sea Waterpark berada di Jl. Pramuka Gedongpanjang, Citamiang, Sukabumi. Untuk harga tiket masuknya adalah Rp 40.000 saat weekdays dan Rp 70.000 pada weekend dan hari libur.

Membahas tentang Sukabumi memang tidak ada matinya. Pasalnya kota tersebut ternyata menyimpan banyak tempat wisata yang mengagumkan. Yang paling banyak ditemukan adalah tempat wisata bertemakan alam. Sukabumi termasuk memiliki tempat wisata yang lengkap ada pantai, goa, curug, gunung serta bukit. Bagi anda yang bosan dengan suasana kota yang bising, mungkin pergi ke Sukabumi sangat direkomendasikan. Daftar tempat wisata di Sukabumi tersebut bisa dijadikan pilihan.