Tempat Wisata di Subang, Surga Wisata Dari Jalur Pantura

Diposting pada

Tempat Wisata di Subang – Subang merupakan daerah berupa kabupaten yang berada dalam teritorial Provinsi Jawa Barat. Lokasinya sangat strategis karena termasuk dalam salah satu titik tersibuk jalur pantura. etapi tidak hanya sekedar daerah perlintasan, Subang sebenarnya memiliki banyak destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, modern, hingga sejarah dan budaya.

Kekayaan wisata Subang tidak terlepas dari letak geografisnya yang memiliki keseimbangan dalam pembagian struktur wilayah, yakni daratan, dataran tinggi, hingga perairan. Artikel berikut ini akan membahas secara lengkap kekayaan pariwisata Subang yang dapat dijadikan sebagai referensi ketika mengunjungi daerah yang sangat kental akan pengaruh budaya Sunda tersebut.

Tempat Wisata di Subang

Gunung Tangkuban Perahu

Kepopuleran destinasi wisata ini tidak terlepas dari legenda yang menyertainya, tentang Sangkuriang yang ingin mempersunting ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Ia diberi syarat membuat perahu dan telaga dalam semalam dengan tujuan supaya gagal. Saat mengetahui fakta tersebut, Sangkuriang mengamuk dan melemparkan perahu buatannya hingga terbalik dan kini menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Panorama Gunung Tangkuban Perahu sendiri sangat indah. Wisatawan dapat menyaksikan kawah gunung yang masih berstatus aktif tersebut dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang dan asri. Tiket masuknya dipatok Rp. 10.000,- per orang. Untuk fasilitas penunjang sendiri terdapat kafetaria, toilet umum, toko cinderamata, camping ground, dan area khusus berkuda.

Wisata Air Panas Ciater

Nama aslinya sebenarnya Sari Ater Spring Resort, yakni penginapan yang memiliki areal pemandian air panas yang bersumber langsung dari Gunung Tangkuban Perahu. Untuk pemandian sendiri berbentuk kolam layaknya pemandian modern tetapi dikelilingi panorama alam pegunungan yang indah. Pengunjung dapat berendam sepuasnya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000,- per orang.

Capolaga Adventure Camp

Di Desa Cicadas Panaruban, terdapat sebuah kawasan camping groud yang juga dijuluki sebagai surga objek fotografi. Wisatawan yang berkemah akan tersegarkan dengan panorama berupa aliran sungai dengan tiga air terjun sekaligus. Banyak fasilitas outbond yang tersedia untuk menunjang aktivitas para wisatawan dengan tiket terusan sebesar Rp. 75.000,- per peserta.

Penangkaran Buaya Blanakan

Buaya identik sebagai satwa yang menyeramkan, tetapi di penangkaran yang berada di daerah Blanakan ini, wisatawan dapat berinteraksi dengan buaya dari jarak dekat—tentunya dengan pendampingan pawang. Selain menyaksikan dan mempelajari tentang buaya, wisatawan juga dapat mengelilingi hutan mangrove dan berkemah di tempat wisata dengan luas 1.5 ha ini.

Air Terjun Cileat

Jika ingin menikmati wisata air terjun yang unik, maka dapat mengunjungi Air Terjun Cileat yang berada di Kecamatan Cisalak. Di tempat wisata yang dapat diakses gratis ini, air terjunnya memercik dengan warna-warni pelangi yang begitu cantik. Ketinggian curug ini sendiri mencapai 100 meter dengan debit air cukup deras.

Air Terjun Cibareubeuy

Dengan ketinggian hanya 40 meter dan debit air relatif pelan, air terjun yang berada di Desa Cibeusi ini dapat dijadikan tempat untuk bermain-main air sepuas hati dikelilingi panorama alam yang sangat indah. Di sekeliling juga telah dibangun saung-saung untuk para wisatawan, tersedia camping ground, serta lokasi trekking cantik hutan pinus.

Pantai Pondok Bali

Desa Mayangan memiliki kawasan pantai yang tenang sehingga aman untuk dieksplorasi bersama keluarga, termasuk anak-anak. Di pantai berpasir putih ini, wisatawan dapat berenang, memancing, serta berwisata kuliner laut yang diolah sebagai menu khas Sunda. Pengunjung tidak dikenakan retribusi berupa tiket, hanya perlu membayar biaya parkir mulai Rp. 2.000,- saja.

Pantai Kalapa Patimban

Terbentang sebuah jembatan yang kokoh membelah laut dari Pantai Patimban ini di mana wisatawan dapat menikmati panorama laut, terutama saat momen matahari tenggelam. Selain itu, pengunjung juga dapat berkeliling dengan menaiki perahu dengan tarif jasa Rp. 10.000,- per orang, atau menjajal sky boat dan mencicipi kuliner olahan laut yang lezat.

Desa Wisata Wangunharja

Desa Wangunharja merupakan destinasi yang tepat untuk mengenal kebudayaan Sunda lebih dalam. Areal perkampungan ini secara rutin menggelar pesta rakyat bertajuk Ruatan Bumi yang terbuka untuk umum, di mana sangat kental dengan adat istiadat. Wisatawan dapat menginap di homestay yang mematok tarif mulai Rp. 85.000,- per malam serta berwisata kuliner.

Desa Wisata Cibuluh

Pesona utama desa wisata ini adalah saung mulan, yakni saung di dataran tinggi dengan pemandangan kampung dan persawahan menghampar di bawahnya. Biasanya saung mulan ramai pada malam hari, terutama ketika bulan purnama. Warga sekitar akan menyambut wisatawan dengan ramah dan menjamu mereka dengan hidangan tradisional sederhana seperti pisang dan singkong.

Kebun Teh Ciater

Kawasan perkebunan teh ini merupakan destinasi wisata murah meriah di Subang karena dapat dikunjungi secara bebas tanpa dipungut biaya. Selain berkeliling areal kebun teh dan melihat serta mempelajari proses pengolahan daun teh pilihan, Kebun Teh Ciater juga populer sebagai spot sunrise terbaik di Subang sehingga banyak wisatawan datang menjelang fajar.

Pemandian Tirta Alam

Desa Sagalaherang tidak ketinggalan sebagai salah satu potensi wisata dari Subang melalui keberadaan Pemandian Tirta Alam, sebuah kolam renang yang memadukan konsep modern dan alam dengan harga tiket yang murah meriah, cukup Rp. 20.000,- saja untuk sekeluarga. Fasilitasnya lengkap seperti toilet, tempat ibadah, arena bermain, hingga kolam khusus terapi ikan.

Sungai Cipunagara
Selain pantai, Subang juga memiliki Sungai Cipunagara yang tidak boleh terlewatkan. Sungai terpanjang di Subang ini menawarkan trek menantang untuk olahraga arung jeram. Debit airnya cukup deras dan bebatuan lumayan terjal, tetapi airnya sangat jernih. Pengunjung yang ingin menjajal olahraga pemacu adrenalin ini cukup membayar Rp. 15.000,- saja per orang.

Mata Air Cipondok

Subang juga memiliki mata air dangkal dengan air super jernih di Desa Pesanggrahan yang disebut Mata Air Cipondok. Meski tanpa fasilitas penunjang, berfoto di dalam air di sini sudah sangat instagramable. Tempat wisata ini masih gratis, tetapi mungkin akan diberlakukan retribusi di masa mendatang untuk keperluan penyediaan fasilitas penunjang.

Taman Burung Sukamandi

Daerah utara Subang, tepatnya Kecamatan Sukamandi, tidak ingin ketinggalan dalam berkontribusi untuk pariwisata daerahnya melalui keberadaan sebuah taman burung sebagai taman terbuka publik. Wisatawan bebas berkunjung tanpa dipungut retribusi dan duduk-duduk di rerumputan hijau sambil mendengarkan kicauan aneka ragam burung yang berkeliaran bebas di taman tersebut.

Ciater Highland Resort

Untuk destinasi yang terakhir ini lebih direkomendasikan untuk para pecinta kuda, karena di dalamnya terdapat arena pacuan kuda yang luas. Untuk aktivitas berkuda sendiri diharuskan mengurus kartu anggota untuk mempermudah administrasi. Tetapi tidak hanya itu, Ciater Highland Resort juga menawarkan pilihan hiburan selain berkuda.

Daerah Wisata Subang Bukan Sekedar Perlintasan

Subang memiliki aneka ragam destinasi wisata menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun asing. Terlebih, tarif tiket masuk yang ditawarkan di masing-masing tempat pun terjangkau, bahkan dapat diakses secara cuma-cuma, mengukuhkan Subang sebagai surga wisata dari Jawa Barat.