Air Terjun Jumog Sebagai Tempat Wisata Di Solo

11 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Solo – Solo merupakan kota yang terletak di sebelah timur Yogyakarta. Solo atau Surakarta memang mempunyai kemiripan dengan Jogja dan di kota kelahiran presiden Jokowi tersebut ternyata menyimpan sejuta tempat yang indah. Tempat wisata di Solo itu ada banyak, mulai dari wisata belanja, kuliner, sejarah hingga wisata alam semua tersedia di kota tersebut.

Mungkin kebanyakan orang hanya tahunya Solo itu memiliki sedikit tempat wisata karena memang letak geografisnya jauh dari pantai. Namun anda jangan berkecil hati terlebih dahulu, pasalnya kota yang terkenal dengan makanan nasi timlonya tersebut menyimpan banyak tempat yang wajib untuk dikunjungi apabila anda sedang berada di sana.

Daftar Tempat Wisata di Solo

Anda memiliki agenda liburan? Mungkin kebanyakan orang langsung akan memilih destinasi wisata ke Bali atau pun Jogja. Tetapi jika anda ingin piknik ke tempat yang sedikit berbeda dan tak kalah bagusnya dengan Bali maupun Jogja, anda bisa mengunjungi kota Solo. Sebagai referensi liburan, berikut ini beberapa daftar tempat wisata di Solo yang wajib untuk dikunjungi.

1. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta Adalah Tempat Wisata Di Solo Terpopuler
Tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di Solo adalah Keraton Surakarta. Tidak hanya Yogyakarta saja yang memiliki keraton tetapi Solo ternyata juga memilikinya yang nota bene dulunya adalah salah satu kerajaan Mataram yang terbagi menjadi dua yakni Solo dan Jogja. Tiket masuk keraton pun sangat murah yakni hanya Rp 10.000 saja dan anda sudah bisa mengelilingi keraton sampai puas. Yang menjadi daya tarik di sana adalah berfoto bersama prajurit keraton dan melihat kereta kencana. Lokasi keraton Solo sendiri berada di pusat kota.

2. Grojogan Sewu Tawangmangu

Salah Satu Tempat Wisata Di Solo Yaitu Grojogan Sewu Tawangmangu
Salah satu icon dari tempat wisata di Solo adalah Tawangmangu. Kawasan Tawangmangu berada di kaki Gunung Lawu tepatnya di Kabupaten Karanganyar. Namun tak bisa dipungkiri jika Tawangmangu menjadi tempat wajib yang dikunjungi ketika sedang berada di Solo. Salah satu lokasi yang direkomendasikan adalah air terjun Grojogan Sewu. Harga tiket masuk ke sana yaitu Rp 18.000 saja dan anda bisa menikmati indahnya air terjun Grojogan Sewu. Dinamakan Grojogan Sewu karena air terjun tersebut mengalir sangat banyak seperti ribuan tetes air.

3. Pasar Klewer

Tempat Wisata Di Solo Salah Satunya Adalah Pasar Klewer
Pasar Klewer yang letaknya bersebelahan dengan alun-alun kota Solo ini juga menjadi salah satu icon wisata di kota itu. Bagi anda yang ingin berwisata belanja, Pasar Klewer merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi, utamanya bagi yang ingin berburu tekstil seperti batik. Ada sekitar 2000 pedagang yang ada di Pasar Klewer dan anda pun bisa memilih barang yang akan dibeli sepuasnya. Pandai-pandai lah menawar harga supaya bisa mendapatkan harga yang murah.

4. Pandawa Water World

Pandawa Water World Adalah Salah Satu Tempat Wisata Di Solo
Mungkin tempat wisata di Solo yang satu ini bisa dibilang sebagai tempat wisata modern. Hal ini lantaran Pandawa Water World merupakan kolam renang dengan wahana air yang bermacam-macam. Terletak di kawasan Solo Baru, di sana banyak wahana air seperti tempat luncur, ember tumpah raksasa dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke sana memang terbilang sedikit mahal, yaitu Rp 100.000 pada saat weekend dan Rp 50.000 pada hari Senin-Jumat.

5. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog Sebagai Tempat Wisata Di Solo
Air terjun Jumog merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di Solo. Lokasi dari air terjun tersebut berjarak 40 km dari kota Solo tepatnya di Kabupaten Karanganyar. Tempat wisata ini tak kalah indahnya dengan Grojogan Sewu dan anda pun bisa menikmati alam asri di sana. Harga tiket masuknya juga begitu terjangkau yaitu hanya sebesar Rp 5000 saja.

6. Taman Balekambang

Salah Satu Tempat Wisata Di Solo Adalah Taman Balekambang
Tempat wisata di Solo yang juga wajib dikunjungi adalah Taman Balekambang. Lokasi dari taman ini berada di Jalan Ahmad Yani dan termasuk tempat wisata murah meriah di Solo. Taman Balekambang sendiri memiliki luas sekitar 10 hektar dan terdapat taman edukasi, berbagai tanaman langka, taman air dan lain sebagainya. Berkunjung ke sana pun tak dipungut biaya kecuali jika anda ingin menikmati wahana seperti perahu yang ada di taman air. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk keluarga.

7. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan Merupakan Tempat Wisata Di Solo
Kampung Batik Laweyan berada di Jl. Sidoluhur, Desa Laweyan Solo. Mengapa bisa dinamakan sebagai kampung batik? Karena di sana merupakan sentra pembuatan batik yang ada di Solo. Banyak pengrajin batik yang bisa ditemui di kampung tersebut dan anda pun bisa menjadikan tempat tersebut sebagai tempat alternative dalam membeli batik. Motif batik yang ada di Kampung Laweyan tersebut terkenal indah.

8. Ngarsopuro Night Market

Salah Satu Tempat Wisata Di Solo Yaitu Ngarsopuro Night Market
Bagi anda yang ingin keluar di malam hari dan menikmati suasana malam di kota Solo bisa mengunjungi Ngarsopuro Night Market. Ngarsopuro Night Market berada di Jalan Diponegoro dan di sana banyak pedagang yang menjajakan aneka souvenir khas Solo, makanan, kerajinan tangan, batik dan masih banyak lagi. Bagi anda yang ingin nongkrong menikmati kota Solo di malam hari mungkin bisa mengunjungi tempat ini.

9. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman Sebagai Tempat Wisata Di Solo
Satu lagi kampung batik yang terkenal di Solo bahkan di seluruh dunia adalah Kampung Batik Kauman. Lokasi dari kampung batik tersebut tak jauh dari Keraton Surakarta dan telah menjadi tujuan wisata belanja bagi para wisatawan. Wisatawan yang datang pun bukan hanya wisatawan domestic saja tetapi mancanegara. Batik di Kauman terkenal dengan motif modernnya dan harga dari kain batik di sana bisa mencapai puluhan juta.

10. Galabo Solo

Tempat Wisata Di Solo Malam Hari Adalah Galabo Solo
Salah satu tempat wisata di Solo yang direkomendasikan dikunjungi saat malam hari adalah Galabo Solo. Galabo Solo merupakan kawasan wisata kuliner di Solo di malam hari yang terletak di kawasan Gladak atau tepatnya berada di depan PGS. Galabo atau Gladak Langen Bogan tersebut menyediakan banyak tempat makan yang bisa dipilih. Kuliner yang paling terkenal di sana seperti sate, angkringan, gudeg, nasi timlo, bandeng bakar dan masih banyak lagi. Harganya pun bisa disesuaikan dengan kantung masing-masing.

11. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka Adalah Tempat Wisata Di Solo
Satu lagi tempat wisata yang ada di kota Solo yang harus dikunjungi ketika berada di sana adalah museum Radya Pustaka yang berada di kawasan Taman Sriwedari Solo. Museum tersebut menyimpan berbagai macam peninggalan sejarah seperti penginggalan kerajaan Mataram dan lain sebagainya. Museum Radya Pustaka sendiri dikenal sebagai museum tertua di Indonesia.

Daftar tempat wisata di atas merupakan icon-icon dari kota Solo. Bagi yang ingin berlibur di kota tersebut tak ada salahnya jika mengunjungi salah satu tempat seperti yang disebutkan di atas. Anda bisa mengunjungi tempat wisata belanja, alam, kuliner maupun modern. Anda bisa memilih tempat wisata di Solo tersebut dan nikmati liburan anda dengan nyaman.