Tempat Wisata di Situbondo Terbaik dan Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Situbondo – Saat ini sudah banyak orang yang mengunjungi Situbondo. Situbondo sendiri merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terletak di Pesisir Utara di kepulauan Jawa yang berada di kawasan Tapal Kuda. Situbondo juga merupakan salah satu daerah yang mana menjadi jalur transportasi antara Jawa dan Bali.

Situbondo juga memiliki beberapa hal yang cukup terkenal antara lain pelabuhan panarukan yang menjadi ujung Timur antara Anyer dengan Panarukan. Situbondo terkenal dengan beberapa lokasi yang terkenal, dalam hal ini juga banyak tempat wisata yang terkenal dan wajib untuk di kunjungi jika berkunjung ke Situbondo.

Beberapa wisatawan baik lokal maupun domestik juga sudah banyak mengunjungi beberapa lokasi wisata yang terkenal di Situbondo. Berikut ini adalah beberapa referensi tempat wisata terbaik di Situbondo yang wajib untuk anda kunjungi.

Tempat Wisata di Situbondo

1. Puncak Rengganis Argopuro


Situbondo juga terkenal dengan wisata alamnya, salah satunya yaitu puncak Rengganis Argopuro yang menyimpan banyak keindahan alam. Wisata yang satu ini sangat cocok untuk anda yang ingin melihat keindahan alam Situbondo. Gunung ini memiliki ketinggian 3.088 Meter. Untuk dapat menuju lokasi puncak Rengganis Argopuro ini anda data menggunakan ojek dengan biaya 150 ribu perorangnya.

2. Padang rumput sikasur


Untuk anda yang menginginkan ketenangan sambil menikmati keindahan Situbondo, wajib untuk mengunjungi padang rumput sikasur. Padang rumput sikasur ini terletak di desa Baderan, kecamatan Sumbermalang yang hanya berjarak sekitar 18 KM dari Besuki. Untuk dapat mengunjungi padang rumput sikasur ini, anda dikenakan biaya sebesar 0 rupiah alias gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Wisata ini seru dan dapat anda nikmati bersama keluarga dan terlebih lagi tidak membuat anda mengeluarkan uang sepeserpun.

3. Taman nasional Baluran


Taman nasional ini adalah salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Situbondo. Taman yang terletak di ujung Timur kabupaten Situbondo ini sudah masuk ke dalam wilayah kecamatan Bayuputih. Lokasinya juga cukup mudah ditemukan yang mana hanya berada di pinggir jalan raya untuk menuju Banyuwangi.

Di taman ini anda dapat menyaksikan bagaimana konversi suaka fauna dan juga flora yang melindungi banteng, kerbau liar, rusa hingga merak. Untuk anda yang ingin mengunjungi taman nasional Baluran ini, dikenakan 15 ribu untuk wisatawan lokal, dan juga kenaikan 10 kali lipat yaitu 150 ribu untuk wisatawan domestik.

4. Padang Savana


Saat ini anda tidak perlu lagi jauh-jauh untuk mengunjungi Afrika untuk melihat padang Savana, karena Situbondo memiliki padang Savananya sendiri bahkan tidak kalah cantiknya. Padang Savana ini memiliki penampilan yang cantik dan juga eksotis dimana anda dapat melihat berbagai binatang bebas berkeliaran seperti hewan rusa, banteng, merak ataupun kera.

5. Bekol Savannah


Lokasi wisata yang satu ini cukup unik karena disini anda dapat melihat berbagi satwa yang diamati seperti ayam hutan, rusa, merak, kerbau liar, banteng, dan juga burung yang cantik. Untuk mengunjungi bekol savannah, anda akan dikenakan 10 ribu untuk perorangnya dan juga 15.000 untuk tarif masuk kendaraan roda empat.

Pantai ini adalah salah satu referensi pantai yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal, maupun wisatawan domestik. Keindahan Bekol savannah membuat banyak orang ingin mengabadikan keindahan pantai tersebut.

6. Pantai pasir putih


Pantai pasir putih yang berada di Situbondo ini merupakan salah satu lokasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun domestik. Bukan hanya keindahan pantainya saja, melainkan memiliki laut yang memiliki panorama yang cantik dan juga pinggir pantai yang memiliki hutan sendiri yang cantik. Untuk dapat mengunjungi pasir putih, tiket masuk yang harus anda bayarkan adalah Mikro Bus Rp. 500.000 , Elf Rp. 400.000, Motor 2 Orang Rp. 30.000 maximal 2 orang dan juga parkir mobil pribadi Rp. 30.000.

7. Pantai Bilik Situbondo


Jika anda berkunjung ke taman nasional Baluran, jangan lupa untuk mampir ke pantai bilik Situbndo. Pantai yang satu ini adalah salah satu pantai tercantik yang ada di Situbondo dengan pasir putih yang melengkapinya. Pantai ini memiliki 4 karakter yang mana memiliki warna yang berbeda untuk kejernihan air dan juga ombaknya.

Pantai ini memiliki keindahan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya. Dalam hal ini, pantai bilik situbondo juga menawarkan keindahan dan juga ketenangan untuk anda yang ingin menyegarkan pikiran selama berada di hiruk pikuk ibu kota.

8. Pantai Lempuyang


Situbondo memang terkenal dengan beragam pantai yang dimilikinya, salah satunya pantai Lempuyang. Dalam hal ini pantai ini memiliki keunikan sendiri yaitu bentuknya yang jika dilihat menyerupai huruf U dan juga pasir putih yang cantik.

Di sisi kanan dan juga sisi kirinya juga terdapat hutan atau pohon mangrove yang menambah kecantikan pantai ini. Untuk mengunjungi pantai ini, anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar 5000 untuk parkir kendaraan roda empat dan juga 2000 untuk parkir kendaraan roda dua.

9. Pantai Tangsi


Pantai yang terletak di desa semiring Situbondo ini merupakan salah satu pantai yang cantik dan juga bersih dari sampah. Pantai ini memiliki kecantikan yang memanjakan mata kita degan keindahannya, ditambah dengan pohon bakau yang berada di dekat pantai.

Di sekitar pantai, anda juga dapat mencoba ikan bakar yang nikmat, yang dijual di sekitaran pantai. Untuk dapat mengunjungi pantai tangsi ini, anda akan dikenakan biaya sebesar 20 ribu per orangnya. Anda dapat menikmati keindahan pantai tangsi ini dengan biaya yang murah dan pastinya dapat dinikmati oleh semua orang.

10. Pantai keperan


Pantai keperan ini berada di desa semiring, kecamatan Stubondo. Pantai ini memiliki luas yang cukup besar yang mana disana akan anda temukan berbagai nelayan yang menjual hasil tangkapannya. Dalam hal ini, pemandangan yang disajikan oleh pantai keperan juga sangat indah dan membuat banyak orang ingin mengabadikan pantai yang satu ini. Untuk anda yang ingin mengunjungi pantai ini, anda tidak akan diminta biaya tiket masuk karena tiket masuk ke pantai ini adalah gratis alias tidak dipungut biaya apapun.

11. Pantai Tampora


Pantai yang satu ini adalah salah satu pantai terletak di kecamatan Banyuglugur yang mana hanya berjarak sekitar 1 jam kearah barat dari pusat kabupaten Situbondo. Suasana yang ada disini cukup tenang sehingga anda dapat merasakan ketenangan dari hiruk pikuk ibu kota.

Pantai ini memiliki keindahan tersendiri dibandingkan pantai yang lainnya. pantai tampora memiliki keindahannya tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya. Keindahan pantai tampora ini hanya dapat ditemukan di Situbondo dikarenakan memiliki keunikan tersendiri. Udara dan juga pemandangan sekitar yang membuat pantai ini banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun domestik.