Tempat Wisata di Sidoarjo dengan Beragam Wisatanya

Diposting pada

Jawa Timur memang memiliki banyak kota yang memiliki ke unikan dan keindahannya tersendiri, salah satunya yaitu Sidoarjo. Kota Sidoarjo sendiri adalah salah satu kota yang berkembang di Jawa Timur. Banyak potensi dimulai dari industrinya, perdagangan, berbagai usaha kecil hingga salah satu hal yang banyak diperbincangkan adalah pariwisata yang dimilikinya. Sidoarjo adalah salah satu kota yang memiliki nama terkenal yaitu lumpur lapindo.

Hal ini juga dikarenakan suatu kasus yang menyebabkan kota lumpur menjadi salah satu sebutan yang cocok untuk Sidoarjo. Namun bukan hanya itu, Sidoarjo sendiri memiliki berbagai keindahan dan juga tempat wisata yang asik untuk anda kunjungi terutama saat berkunjung ke Sidoarjo.

Banyak tempat wisata yang indah dan juga menarik pastinya seru untuk dinikmati bersama keluarga atau kerabat dekat anda. Berikut ini adalah referensi untuk anda yang ingin mengunjungi berbagai tempat wisata di Sidoarjo.

Tempat Wisata di Sidoarjo

1. Pulau Sarinah dan wisata bahari Tlocor


Indonesia sendiri adalah sebuah kepulauan, maka dari itu Indonesia memiliki pulau yang sangat banyak dengan berbagai kecantikannya begitu juga dengan Sidoarjo yang memiliki pulau Sarinah. Pulau ini adalah salah satu pulau yang muncul di tengah-tengah kepungan lumpur. Ini adalah salah satu ke unikan Pulau Sarinah yang terletak di desa locor, Sidoarjo.

Banyak paket wisata yang disediakan untuk anda yang ingin menikmati wisata yang satu ini seperti paket wisata bahari Tlocor yang mana akan menggunakan perahu yang disewakan. Anda dapat mengeluarkan biaya 150 ribu atau 200 ribu untuk menyewakan perahu untuk menikmati pulau yang satu ini.

2. Wisata Lumpur lapindo

Sidoarjo sendiri adalah salah satu kota yang lekat dengan sebutan lumpur lapindo. Dalam hal ini memang masyarakat sidoarjo sendiri sudah mengalami bencana lumpur lapindo sejak 11 tahun silam. Bencana ini diakibatkan oleh kegiatan atau aktivitas yang disebabkan oleh perusahaan lapindo yang melakukan pengeboran dan membuat sebagian areanya berubah menjadi hamparan lumpur.

Namun lokasi ini akhirnya dapat dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata, bahkan anda juga dapat menyaksikan wisata patung lumpur yang unik layaknya orang yang tenggelam karena lumpur. Untuk dapat mencoba wisata lumpur lapindo ini anda dapat mengunjungi kecamatan porong, Sidoarjo. Tiket masuk ke wisata ini adalah hanya dengan 10 ribu perorangnya, anda sudah dapat menikmati keindahan yang ada di wisata lumpur lapindo ini.

3. Pantai kepetingan


untuk anda yang ingin menikmati suasana alam yang dimiliki Sidoarjo, dapat mengunjungi pantai kepetingan. Dalam hal ini, pantai kepetingan terletak di desa sawohan. Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu pantai yang terkenal di Sidoarjo. Untuk mengunjungi pantai yang satu ini, anda dapat menuju sebuah dusun atau kampong dimana juga semakin indah karena di kelilingi oleh bakau ataupun hutan bakau.

Salah satu ke unikan dari pantai ini adalah anda juga dapat menikmati wisata budaya dan juga religi bukan hanya keindahan alam yang ada. Kampung yang satu ini juga merupakan kampong terpencil karena tidak memiliki tetangga terdekat. Untuk mengunjungi pantai ini anda dikenakan 20 ribu hingga 50 ribu yang digunakan untuk perahu yang anda sewa untuk menuju pantai ini.

4. Museum Mpu Tantular

Wisata yang satu ini cukup menarik yaitu wisata Mpu Tantular. Untuk anda yang ingin menikmati berwisata sambil mengetahui sejarah tentang Mpu Tantular, wajib untuk mengunjungi museum yang merupakan museum paling tua di Jawa Timur ini. Lokasi museum ini berada di Jl.Pemuda Surabaya dan akhirnya pindah ke tempat yang lebih luas di Jl. Buduran Sidoarjo.

Museum ini dapat anda nikmati dengan membayar hanya dengan 3 ribu hingga 5 ribu setiap harinya di jam 8 hingga jam 5 sore. Untuk menuju lokasi museum Mpu Tantular ini juga tidak sulit karena hanya berjarak sekitar 3,5 KM dari alun-alun kota Sidoarjo.

5. Alun-alun dan monumen Sidoarjo

Alun-alun memang selalu menjadi pilihan tepat untuk warga sekitar, salah satunya juga masyarakat Sidoarjo yang bangga memperkenalkan bahwa alun-alun yang dimilikinya wajib dikunjungi jika berkunjung ke kota udang ini. Alun-alun ini sangat pas untuk anda kunjungi seperti berolahraga, jogging, atau hanya duduk-duduk santai hingga mencicipi berbagai wisata kuliner yang diperjualkan.

Salah satu ke unikan lainnya yaitu anda dapat menggunakan kereta kuda, dan juga berfoto dengan keindahan yang ada di alun-alun sidoarjo sendiri sambil melihat monumen yang ada. Anda juga tidak akan dikenakan biaya apapun, namun untuk anda yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir. Taman kota ini dapat anda nikmati di jantung kota Sidoarjo ini.

6. Candi Pari


Siapa bilang jika Sidoarjo tidak memiliki candi? Tidak jauh dari wisata lumpur lapindo, anda akan menemukan salah satu tempat wisata yang sayang untuk di lewatkan yaitu Candi Pari. Candi pari ini adalah salah satu candi yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Candi ini juga memiliki perbedaan dibandingkan dengan candi lainnya yaitu perpadaun candi khamer dengan candi champa. Anda dapat mengunjungi candi ini hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah saja mulai jam 7 pagi hingga 4 sore. Lokasi Candi ini juga berada sekitar 15 KM dari pusat kota Sidoarjo.

7. Delta Fishing

Untuk anda yang memiliki hobi memancing, jangan lewatkan untuk mencoba sensasi memancing di Delta Fishing. Tempat pemancingan yang satu ini sangat nyaman dan juga memiliki arena wisata keluarga yang terbilang lengkap. Kolam yang disediakan terpisah sehingga anda dapat memilih untuk memancing di kolam ikan gurame, patin, mujair atau bawal hingga ikan tombro.

Bukan hanya tempat memancing, namun anda juga dapat mencoba sepeda air, kolam renang anak dan dewasa, area flying fox, playground dan juga aktivitas lainnya. Untuk dapat mengunjungi Delta Fishing ini anda dapat menuju desa prasung, Buduran, Sidoarjo. Untuk dapat mengunjungi lokasi yang satu ini anda dapat mengeluarkan 10 hingga 20 ribu untuk tiket terusan.

8. Suncity Waterpark


Air merupakan salah satu hal yang banyak disenangi oleh banyak orang. Sidoarjo juga memiliki wisata air yang wajib untuk di kunjungi, salah satunya yaitu Suncity waterpark. Wisata air ini terletak di Jl. Pahlawan No.2 Sidoarjo yang mana sangat mudah untuk di kunjungi. Wahana yang dimiliki juga berbagai macam, seperti anda dapat menikmati berbagai macam perosotan atau seluncur yang menarik, mandi busa, air mancur, lazy river, dan memiliki kolam bayi yang cocok untuk anda yang masih memiliki bayi.

Bukan hanya itu, disini juga anda dapat membuat acara seperti gathering untuk keluarga atau perusahaan. Tiket masuk yang harus anda keluarkan untuk tempat wisata ini adalah 25 ribu untuk di hari Senin hingga Jumat, dan juga 30 ribu untuk di akhir pekan.