Tempat Wisata di Semarang yang Paling Favorit

Diposting pada

Tempat Wisata di Semarang – Jika Bandung dikenal sebagai Paris van Java karena merupakan kota Fashion yang ada di Pulau Jawa. Berbeda dengan Semarang yang dijuluki Venetie van Java karena secara geografis banyak sungai yang terdapat di tengah kota seperti di Kota Venice, Italia. Semarang merupakan ibukota Jawa Tengah yang juga dijuluki sebagai Kota Lumpia.

Semarang juga terkenal dengan beberapa tempat bersejarah nya yang sekarang sudah banyak dijadikan sebagai tempat wisata, memiliki berbagai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Salah satu tempat wisata yang terkenal bahkan pernah dijadikan film adalah Lawang Sewu, bangunan bersejarah peninggalan penjajahan Belanda itu terkenal mengenai misterinya. Meskipun begitu, tidak mengurangi jumlah wisatawannya yang berkunjung lho.

Tempat Wisata di Semarang

1. Lawang Sewu


Pastinya anda sudah tidak asing lagi apabila mendengar bangunan bernama Lawang Sewu. Ya, bangunan ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang terkenal angker sampai sekarang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin menguji adrenalin karena anda diperbolehkan untuk melihat-lihat pada waktu tertentu. Bangunan peninggalan ini banyak terdiri dari jendela dan pintu, itulah asal-usul mengapa tempat ini dijuluki sebagai Lawang Sewu.

2. Pantai Maron


Siapa bilang wisata di Semarang itu tidak ada wisata alam yang berbau-bau Pantai? Tentu saja ada lho! Pantai Maron merupakan pantai yang ada di bagian barat Kota Semarang. Pantai ini merupakan spot terbaik untuk melihat sunset di sore hari. Ketika musim liburan dan akhir pekan tempat ini selalu ramai oleh pengunjungnya, bahkan warga lokal juga banyak yang mengunjungi Pantai Maron. Tidak ramai oleh pendatang saja, namun suasana di pinggir-pinggir pantai ini juga ramai oleh para pedagang setempat.

3. Masjid Agung Jawa Tengah


Khusus untuk yang beragama islam, anda bisa melakukan wisata religi dengan mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah atau disingkat juga MAJT. Masjid ini mempunyai arsitektur yang unik dan bangunannya yang sangat luas. Tidak hanya beribadah saja yang bisa anda lakukan disini, namun anda juga bisa mengunjungi Museum Perkembangan Islam di Jawa Tengah untuk melihat koleksi saksi bisu sejarah islam di Jawa Tengah.

4. Pantai Tirang


Ingin bermalam di pinggir pantai? Anda bisa melakukan camp di Pantai Tirang. Banyak kawula muda yang melakukan wisata pantai di tempat ini. Pantai Tirang merupakan pantai yang bisa dibilang sepi pengunjungnya, tidak banyak warung-warung yang ada disekitarnya sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat camp di pinggir pantai. Pantai Tirang ini juga dikelilingi oleh pohon Mangrove yang cukup lebat lho!

5. Air Terjun Kali Pancur


Air Terjun Kali Pancur yang terletak di Semarang ini memiliki ketinggian hingga 150 meter. Jenis morfologi air terjun ini lebih mirip seperti tangga-tangga sehingga debit airnya terlihat tidak terlalu kencang. Untuk dapat tiba di tempat wisata ini, para wisatawan diharuskan untuk mendaki tangga dengan jumlah kurang lebih 900 anak tangga. Meskipun melelahkan, namun ketika anda sudah tiba di puncak, dijamin deh keindahannya akan menghilangkan rasa lelah!

6. Pagoda Buddhagaya Watugong


Pagoda Buddhagaya Watugong merupakan salah satu tempat wisata yang sangat hits di Semarang, apalagi jika anda ingin mencari spot foto yang menarik dan seperti berada di China. Vihara Pagoda Buddhagaya Watugong ini dilengkapi dengan patung-patung khas yang sangat unik. Bahkan, para wisatawan pun bisa menyewa penginapan disini lho. Vihara dengan arsitektur khas tiongkok ini ditata sangat rapi dan terkesan sangat memperhatikan lingkungan.

7. Air Terjun Curug Lawe


Air Terjun Curug Lawe bisa menjadi salah satu spot menarik untuk dikunjungi ketika berlibur ke Semarang, anda bisa berendam dan bermain air di tempat ini. Kawasan wisata air terjun ini juga kerap dijadikan sebagai spot bumi perkemahan dan outbond. Tidak hanya itu, terdapat juga fasilitas perendaman air panas yang bisa anda kunjungi sejenak untuk menghilangkan penat dan lelah.

8. Taman Lele Semarang


Taman Lele merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan kolam lele dan wisata rekreasi dengan luas kawasan hingga dua hektar. Tidak hanya kolam saja, Taman Lele juga menyuguhi berbagai permainan air dan permainan darat yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak, ada juga kebun binatang mini yang bisa dikunjungi. Mencari penginapan? Kawasan wisata Taman Lele ini juga menawarkan berbagai akomodasi seperti penginapan di dalam kawasan wisata lho!

9. Old City Trick 3D Museum


Museum 3D Old City ini merupakan tempat wisata baru di Semarang, anda akan diajak untuk melihat berbagai koleksi ilusi mata yang bermacam-macam. Jika mendatangi tempat ini, jangan lupa untuk membawa kamera dan bersikap senarsis-narsis nya ya! Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di siang hari dan jangan di hari libur atau akhir pekan untuk mengantisipasi banyaknya pawa wisatawan yang datang.

10. Setiya Aji Flower Farm


Perkebunan yang berisi banyak bunga ini merupakan destinasi wisata alam yang bisa anda kunjungi. Anda akan disuguhi berbagai spesies bunga yang beragam. Pemandangan alam yang hijau dikombinasikan dengan warna warni bunga tentunya merupakan pemandangan sangat indah ketika waktu libur. Banyak orang yang menghabiskan liburan ke tempat ini bersama pasangannya. Bahkan, Setiya Aji Flower Farm juga kerap dijadikan sebagai tempat pra wedding lho!

11. Lereng Kelir


Sesuai dengan namanya Lereng, tempat wisata ini terdapat di morfologi yang cukup tinggi, merupakan wisata lereng Gunung Kelir yang mempunyai udara sangat sejuk, anda akan disuguhi berbagai panorama alam yang sangat indah. Untuk dapat tiba di tempat wisata ini, sayangnya anda harus mendaki terlebih dahulu.

12. Hutan Pinus Kayon


Mencari tempat wisata yang anti mainstream? Hutan Pinus Kayon tentu bisa menjadi solusinya. Hamparan pohon pinus yang menjulang tinggi akan anda temukan disini. Jangan lupa untuk mengabadikan foto ketika mengunjungi tempat wisata ini ya! Tempat wisata ini juga dijuluki sebagai pemandangan twilight nya Semarang lho!

13. Bukit VW


Bukit VW merupakan salah satu tempat wisata semarang yang terbaru. Di bukit ini anda akan melihat berbagai mobil bekas VW yang sengaja dipamerkan. Tempat ini kerap dijadikan tempat wisata yang dikhususkan untuk para fotografer. Karena letak nya yang berada di bukit, dari sini juga anda bisa melihat pemandangan kota Semarang dari ketinggian, destinasi Bukit VW ini juga kerap dijadikan spot yang cocok untuk melihat sunset dan sunrise.

14. Museum Kereta Ambarawa


Museum Kereta Ambarawa merupakan objek wisata yang memperlihatkan berbagai kereta api kuno peninggalan Belanda, museum ini sangat unik dan memiliki spot foto menarik. Tidak hanya replika kereta api saja yang akan anda temukan di tempat ini, namun kereta peningalan zaman penjajahan pun masih ada yang bertahan dengan kokoh di tempat ini.