Kunjungi Lokasi Tempat Wisata di Sampang yang Indah

Diposting pada

Sampang adalah salah satu kabupaten yang terletak di Pulau Madura yang saat ini cukup banyak menarik perhatian wisatawan. Pasalnya Sampang sendiri memiliki pemandangan dan terkenal dengan daerahnya yang cantik. Kabupaten Sampang sendiri berjarak sekitar 100 KM dari Surabaya. Anda dapat menempuh perjalanan via jembatan Suramadu yang mana hanya menempuh sekitar 1,5 jam atau juga berlayar menggunakan perahu yang banyak disediakan.

Pasti akan menambah ke seruan dalam perjalanan bukan untuk menempuh kota Sampan menggunakan perahu. Sampan sendiri menyimpan berbagai wisata yang asyik dan juga sayang untuk dilewatkan untuk anda yang berkunjung ke Sampan. Bahkan bukan hanya memiliki wisata yang asyik, wisata di Sampang juga dikenal dengan harganya yang murah meriah. Berikut ini adalah beberapa referensi lokasi wisata di Sampang yang indah dan wajib untuk di kunjungi.

Tempat Wisata di Sampang

1. Air terjun Toroan

Apakah anda pernah bermimpi atau ingin dan bahkan sudah pernah mengunjungi air terjun Jogan yang berada di Gunung Kidul, Jogjakarta? Sampang juga memiliki air terjun yang mana memiliki pemandangan yang indah sama seperti air terjun Jogan di Jogja. Air terjun yang berada di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang ini merupakan air terjun yang mengalir ke laut. Air terjun ini masih berada dalam kawasan yang sama dengan Pantai Nepa dan juga Hutan Kera Neba.

Jarak untuk menempuh pantai dan Hutan tersebut hanya berkisar 5 KM saja. Jarak tempuhnya juga terbilang mudah, anda dapat menggunakan kapal saja. Untuk mengunjungi lokasi yang satu ini, anda akan hanya dikenakan biaya parkir sebesar 5 ribu untuk anda yang membawa kendaraan roda dua, dan juga 10 ribu untuk anda yang membawa kendaraan roda empat. Cukup murah bukan?

2. Pantai Nepa

Banyak yang berkata bahwa Madura hanya memiliki kota saja, namun jangan salah. Madura terutama Sampang sendiri memiliki pantai yang sangat indah dan wajib untuk di kunjungi. Pantai Nepa ini berada di Desa Batioh yang terletak di kecamatan Sampang. Di pantai ini anda dapat berfoto karena pemandangan yang cantik sekali. Tidak sedikit wisatawan yang menyempatkan untuk berfoto di pantai yang satu ini.

Akses menuju pantai ini juga tidak sulit, untuk anda yang berada di luar pulau Madura hanya menempuh sekitar 90 KM atau dua jam perjalanan saja. Namun untuk anda yang masih bingung dengan rute yang ada, dapat mencoba angkutan umum yang langsung menuju pantai Nepa dengan membayar 15 ribu. Untuk tiket masuk ke Pantai Nepa, anda hanya diharuskan membayar 3 ribu saja loh.

3. Pulau Mandangin

Untuk anda yang menginginkan ketenangan, bagaimana dengan mengunjungi pulau yang memiliki keindahan seperti layaknya negeri dongeng? Pulau mandangin adalah salah satu pulau yang masih sepi yang berada di Sampang. Pulau ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan dan cocok untuk anda yang ingin menikmati keindahan dan ketenangan di pulau yang satu ini.

Untuk anda yang ingin berkunjung ke Pulau Mandangin dapat menggunakan perahu motor hanya dengan 10 ribu saja. Anda dapat berlayar dari pelabuhan Tanglok, Sampang hanya dengan waktu 30 menit saja. Pulau ini sangat indah terutama saat matahari terbit dan juga tenggelam.

4. Goa Lebar

Memang Goa adalah salah satu lokasi wisata yang selalu menarik untuk semua wisatawan dan membuat mereka selalu ingin berpetualang menyusuri keindahan goa yang selalu berbeda-beda. Dalam hal ii, Goa Lebar sendiri adalah salah satu goa yang terkenal di daerah Sampang. Untuk mencapai lokasi goa ini juga sangat mudah yaitu berada di tengah kota, Jalan pahlawan kelurahan Rongtengah, Kecamatan Sampang kota.

Dengan goa yang memiliki lebar sekitar 200 meter dan juga kedalaman sekitar 300 meter ini, anda juga dapat menikmati gazebo yang disediakan. Tiket masuk ke goa ini juga gratis. Menarik bukan?

5. Waduk Klampis

Sampang memiliki Waduk loh yang bahkan dijadikan lokasi wisata. Waduk ini terletak di dusun kramat, desa Komis, Kecamatan kedungdung Kabupaten Sampang. Waduk ini adalah lokasi wisata yang memiliki udara yang sejuk dan juga tempat asyik yang sayang untuk dilewatkan untuk berkunpul bersama keluarga atau kerabat.

Waduk Klampis ini semakin indah dengan pohon yang berjajar dan udara yang sejuk sambil melihat sawag yang membentang. Untuk anda yang ingin berkunjung ke Waduk ini, jangan khawatir akan mahal karena gratis alias tidak dipungut biaya apapun.

6. Bukit Masegit

Bukit adalah salah satu hal yang mungkin sering ditemukan di berbagai daerah. Namun, bukit yang satu ini cukup menarik dengan bebatuan yang ada dan juga menghiasi banyak foto para wisatawan. Bukit ini adalah salah satu bukit yang menarik untuk dikunjungi. bukit Masegit ini terletak di Omben Kabupaten Sampang, Pulau Madura.

Bukit masegit adalah salah satu bukit yang semakin indah untuk disaksikan saat matahari terbit atau tenggelam. Bukit ini merupakan bukit batu yang seringkali dijadikan sebagai salah satu spot foto yang favorit. Untuk anda yang berada di Sampang, wajib untuk mengunjungi bukit Masegit yang satu ini.

7. Pantai Camplong

Saat anda berkunjung ke Madura, jangan lewatkan untuk mampir ke Sampang dan mengunjungi Desa Dharma Camplong untuk datang ke Pantai Camplong yang terkenal. Pantai Camplong sendiri terkenal dengan pantai dengan pasir putih yang cantik dan juga keindahan pantai yang ada. Keindahannya juga ditambah dengan pohon cemara yang rimbun dan juga hijau yang semakin membuat pantai ini semakin eksotis.

Pantai Camplong ini bahkan tidak kalah dengan keindahan pantai kuta yang ada di Bali. Untuk data mengunjungi Pantai Camplong ini, anda dikenakan tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah.

8. Kuburan Madegan

Memang seram jika dilihat dari namanya, namun makam yang satu ini hanya makam yang digunakan untuk lahan kuburan para bangsawan di Sampang Madura. Lokasi makam ini berada di Desa Polangan, Kabupaten Sampang Madura yang mana sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keindahannya. Lokasi untuk menuju makam ini juga sangat mudah, dan juga tiket masuk yang harus anda keluarkan yaitu tidak dikenakan biaya apapun.

9. Wisata Rimba Monyet Nepah Raden Segoro

Desa Nepa adalah salah satu desa yang terletak di kabupaten Sampang yang mana hanya berjarak sekitar 50 KM dari kota Sampang sendiri. Desa Nepa memiliki salah satu tempat wisata yang wajib untuk anda kunjungi di akhir pekan atau liburan panjang yaitu wisata rimba Nepah Raden Segoro. Lokasi hutan kera Nepa ini terletak di pesisir utara Pulau Madura yang memiliki luas sekitar 1 KM persegi.

Bukan hanya melihat monyet, disini anda dapat menikmati cantiknya hutan mangrove di hutan rimba ini. Tiket masuk untuk mengunjungi lokasi ini adalah 3 ribu saja.

10. Reruntuhan Pababaran

Reruntuhan Pababaran ini adalah salah satu tempat wisata bersejarah yang juga seru untuk di kunjungi. Tempat ini menceritakan bagaimana perkembangan kota Sampang dari masa lalu hingga saat ini. Tempat ini juga merupakan tempat kelahiran dari Raden Trunojoyo. Untuk mengunjungi lokasi ini pun juga tidak sulit, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Untuk dapat mengunjungi Reruntuhan Pababaran ini anda dikenakan tiket masuk gratis alias tidak ada biaya yang harus anda keluarkan.