Mata Air Senjoyo

Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik

Diposting pada

Tempat Wisata di Salatiga – Secara topografi, Salatika merupakan daerah dengan topografi berupa dataran tinggi. Kota Salatiga ini secara administrative termasuk provinsi Jawa Tengah yang hanya mempunyai empat kecamatan saja. Meskipun begitu, kota ini juga sering didatangi oleh para wisatawan luar Jawa lho! banyak objek wisata menarik yang bisa menjadi tujuan ketika liburan. Bahkan, sebelum tiba di beberapa objek wisata di Salatiga, anda akan disuguhi view pegunungan yang sangat indah.

Destinasi wisata Kota Salatiga yang bisa anda kunjungi diantaranya Atlantic Dreamland, Kopeng, beragam Air Terjun yang indah, dan lain-lain. Kebanyakan wisata alam di Salatiga tidak begitu ramai sehingga wisatanya banyak yang dijuluki surga tersebunyi, justru hal tersebut lah yang menjadi daya tarik untuk para wisatawan yang datang. Penasaran kan apa saja tempat wisata yang ada di Salatiga? Yuk kita simak saja informasi dibawah ini!

Destinasi Wisata Salatiga untuk Berlibur

1. Kopeng Treetop Adventure Park
Kopeng Treetop Adventure Park
Kopeng Treetop merupakan temapt wisata yang terletak di lereng Gunung Merbabu, merupakan spot wisata outbond dengan fasilitas outbond untuk anak-anak hingga dewasa. Tempat ini banyak digunakan untuk acara-acara rombongan kantor, keluarga, sekolah, dan lain-lain. Terdapat setidaknya delapan sirkuit dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda dan bisa diselesaikan dengan waktu 2 jam 30 menit. Harga tiket masuk Kopeng Treetop Adventure Park adalah Rp 110.000,- untuk anak dan Rp 160.000,- untuk dewasa.

2. Bukit Cinta
Bukit Cinta Salatiga
Bukit Cinta merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai pemandangan indah dari ketinggian. Bukit ini disebut Cinta karena pemandangannya yang romantis, meskipun begitu tidak hanya pasangan saja yang datang ke spot ini. Tempat ini mempunyai spot foto yang bagus, fasilitasnya juga cukup lengkap, terdapat spot perainan anak, tempat duduk, dan gazebo. Adapun harga tiket untuk masuk ke kawasan Bukit Cinta adalah Rp 7.500,-.

3. Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti merupakan kolam renang yang letaknya berada di puncak bukit. Jumlah kolam renang nya juga tidak hanya satu, terdapat empat kolam renang dengan kedalaman yang berbeda. Tidak hanya dimanjakan dengan kolam air saja, anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam dari ketinggian dengan pemandangan yang sejuk. Terdapat juga fasilitas outbond seperti flying fox dan persewaan kuda. Harga tiket masuk nya berkisar Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,-.

4. Gunung Merbabu
Gunung Merbabu
Bagi anda pecinta hiking, sangat cocok sekali apabila pergi berwisata di Gunung Merbabu! Gunung Merbabu merupakan gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 mdpl sehingga dalam pendakiannya cukup membutuhkan tenaga yang besar. Selama pendakian, anda akan banyak mengunjungi spot alam yang menarik seperti rawa pening, pemandangan lahar yang sudah membatu, dan lain-lain. Untuk masuk ke jalur pendakian Gunung Merbabu, anda akan dikenakan biaya Rp 10.000,- per orangnya.

5. Agrowisata Salib Putih
Wisata Salib Putih
Agrowisata Salib Putih merupakan spot agrowisata yang menarik, di kawasan kompleks agrowisata ini terdapat camping ground, hotel, kolam renang, dan outbond untuk berbagai umur. Kawasan agrowisata ini sangat asri dan sejuk, banyak bunga-bunga berwarna warni yang bisa digunakan sebagai spot foto menarik. Fasilitas Agrowisata Salib Putih ini cukup lengkap dan mendukung. Untuk masuk kawasan ini, anda tidak akan dikenakan biaya, namun untuk menikmati fasilitas seperti outbond, berenang, akan dikenakan biaya tersendiri.

6. Kolam Renang Kalitaman
Kolam Renang Kalitaman
Berolahraga di pagi hari tidak harus jogging saja lho! anda bisa mengunjungi Kolam Renang Kalitaman. Kolam renang ini mempunyai tempat yang unik dan termasuk kolam renang yang paling tua di Salatiga. Meskipun yang paling tua, fasilitas nya juga sudah lengkap, terdapat ruang tunggu, kantin, ruang ganti, ruang bilas, dan lain-lain. Untuk masuk ke kawasan wisata Kolam Renang Kalitaman, anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per orang.

7. Mata Air Senjoyo
Mata Air Senjoyo
Mata Air Senjoyo merupakan salah satu sumber pengairan untuk masyarakat Salatiga. Mata Air Senjoyo mempunyai kolam alami yang jernih dan berwarna biru, pengunjung dapat bermain air dan menikmati pemindangan alam yang asri di tempat ini. Tempat wisata ini terletak di kawasan wisata Gunung Merbabu bahkan sering dijadikan tempat peristirahatan para pendaki. Mata air senjoyo sudah dikelola dengan baik sehingga fasilitasnya sudah cukup lengkap, untuk masuk ke kawasan wisata ini anda akan dikenakan biaya Rp 8.000,- per orang nya.

8. Prasasti Plumpungan
Prasasti Plumpungan
Salah satu wisata edukasi dan sejarah yang ada di Salatiga ini merupakan batu tulis dengan bahasa sanksekerta. Prasasti in menceritakan mengenai keberadaan Kota Salatiga sejak zaman dahulu kala. Wisata sejarah ini mempunyai luas sekitar 2800 meter persegi, terdapat beberapa fasilitas seperti tempat duduk, tempat parkir, WC umum, dan lainnya. Prasasti nya yang unik dan berbentuk khas dapat dijadikan sebagai spot foto para pengunjung. Harga tiket masuk kawasan ini berkisar Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,-

9. Taman Kota Tingkir
Taman Kota Tingkir
Taman Kota di Salatiga yang satu ini selalu ramai dengan aktivits masyarakatnya, anda akan melihat banyak orang bermain sepeda, sepatu roda, bersantai sambil mengobrol, olahraga pagi, dan lain-lain. Bahkan di Taman Kota Tingkir ini tersedia fasilitas layar tancap lho! Tempat ini sangat cocok apabila dikunjungi bersama keluarga. Untuk masuk ke kawasan ini, anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

10. Desa Wisata Tingkir Lor
Processed With Vscocam With C1 Preset
Wisata Tingkir Lor disebut Tingkir karena sejarahnya dahulu tempat wisata ini merupakan tempat tinggaal Jaka Tingkir, seorang Sultan Kesultanan Pajang pada zaman dahulu. Banyak aktivitas wisata yang anda lakukan di Tingkir Lor, misalnya melihat berbagai atraksi kesenian, menikmati indahnya pemandangan, dan berbelanja oleh-oleh khas Salatiga. Untuk masuk kawasan wisata ini anda tidak akan dikenakan biaya.

11. Arrowhead Park
Arrowhead Park
Arrowhead Park merupakan spot wisata dengan keindahan alam yang wajib dikunjungi, terdapat penyewaan penunggangan kuda yang bisa digunakan untuk berkeliling di kawasan wisata ini. Bahkan, tempat ini juga merupakan spot pelatihan untuk olahraga berkuda di Salatiga. Arrowhead park memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti area parkir, mushola, kamar mandi, penginapan gazebo, dan lain-lain. Harga tiket wisata nya pun terjangkau.

12. Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa merupakan wisata sejarah dan wisata edukasi berupa benda-benda lokomotif sejarah dari mulai peninggalan zaman penjajahan Belanda. Terdapat lokomotif uap yang sampai sekarang mesin nya masih kokoh. Kawasan wisata edukasi ini dibanderol dengan harga Rp 10.000,- per orangnya. Terdapat fasilitas berupa toilet, tempat parkir, mushola, warung makan, toko souvenir, dan pusat informasi yang memadai.

13. Air Terjun Umbul Songo
Air Terjun Umbul Songo
Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter dengan arus air yang cukup cepat. Letak air terjun ini cukup terpencil, anda harus berjalan beberapa ratus meter dari tempat parkir yang telah disediakan, uniknya lagi anda juga bisa menyewa kuda untuk ditunggangi dan mengantar ke spot wisata ini. Adapun biaya tiket masuk nya adalah Rp 5.000,- per orang.

14. Atlantic Dreamland
Atlantic Dreamland
Atlantic Dreamland merupakan spot wisata yang berisi wahana anak hingga dewasa seperti di kawasan Ancol. Terdapat berbagai wahana seperti flying fox, game center, bombom car, waterboom, balon loncat, dan bioskop 4D. Kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena fasilitas umum nya pun sudah cukup lengkap. Untuk masuk ke Atlantic Dreamland, anda akan dikenakan biaya Rp 20.000,- per orang.