Tempat Wisata di Purworejo yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Purworejo – Purworejo? Bila mendengar nama ini anda pasti langsung terbayang oleh sebuah kota kecil di ujung selatan Jawa Tengah yang bertetanggaan langsung dengan Magelang, Wonosobo, dan Kebumen. Tak hanya memiliki tempat wisata pantai saja, Kabupaten Purworejo juga memiliki beragam obyek wisata menarik yang sangat sayang jika di lewatkan.

Nah, bila anda kebetulan datang ke kota ini, jangan lupa luangkan waktu anda ya untuk singgah ke tempat-tempat wisata yang ada di Purworejo. Selain menawarkan panorama alam yang sangat memesona, penat dan lelah anda setelah berbulan-bulan bergelut dengan perkerjaan dijamin bisa langsung hilang seketika.

Berikut daftar tempat wisata di Purworejo yang wajib anda kunjungi bila kebetulan singgah di kota ini.

Tempat Wisata di Purworejo

1. Menikmati keeksotisan Pantai Jatimalang


Sesuai dengan namanya, pantai ini memang berlokasi Desa Jatimalang. Memiliki panorama pemandangan yang tak ada duanya, Pantai Jatimalang merupakan salah satu tempat wisata di Purworejo yang wajib anda kunjungi. Tak hanya alamnya saja yang elok, masyarakat di sekitar Pantai Jatimalang juga terkenal sangat ramah terhadap para wisatawan.

Ketika berkunjung ke Pantai Jatimalang, ada berbagai aktivitas yang bisa anda lakukan. Salah satunya yang paling seru adalah anda dapat berenang di kolam air tawar. Kolam-kolam tersebut berupa terpal-terpal beraneka warna yang di bentuk menyerupai kolam, sehingga bila anda berenang di sana, anda juga bisa melihat arah pantai sekaligus. Menyenangkan, bukan?

2. Hutan Pinus Purworejo


Kota Purworejo memang memiliki potensi alam yang sangat kaya. Salah satunya yang terkenal adalah wisata Hutan Pinus Purworejo yang berlokasi di Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Tak hanya menarik untuk dikunjungi, hutan ini juga cocok dijadikan lokasi hunting foto bagi anda yang hobi fotografi.

Hutan Pinus yang dikelola oleh pemerintah setempat dengan baik ini juga merupakan bumi perkemahan yang dapat dipakai untuk mengadakan berbagai kegiatan seperti outbond dan adventure. Tak hanya menyenangkan, ketika berkunjung ke sini anda bisa merasakan hawa udara yang begitu segar dan menyejukan.

Selain itu, tempat wisata di Purwokerto yang juga sering di sebut sebagai Kusumo Asri ini juga memiliki kebun binatang mini. Semua hewan yang ada di sana dirawat dengan baik dan tentu saja sangat friendly terhadap anak-anak.

3. Curug Abang


Sesuai dengan namanya “Abang” yang dalam bahasa jawa memang memiliki arti merah, curug yang berada di Desa Wonosuko, Purworejo ini memang dikelilingi tebing-tebing batu berwarna merah. Tak hanya menawarkan air terjung dengan air yang begitu jernih, pemandangan di sekitar Curug Abang juga masih begitu hijau dan asri.

Dalam perjalanan menuju Curug Abang anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan sungai yang mengalir dari Purworejo hingga Kemiri serta perbukitan yang hijau begitu meneduhkan. Sementara akses menuju ke tempat wisata di Purworejo ini sudah terbilang cukup baik, meski ada beberapa jalan yang sedikit berlubang.

Dari kejauhan, sewaktu anda mulai mendekati lokasi, anda akan melihat air terjun yang dikelilingi bebatuan berlatar belakang hutan pinus. Perpaduan keindahan alam yang begitu sempurna.

4. Pantai Pasir Puncu


Suka dengan tempat-tempat yang tenang? Yuk, berkunjung ke Pantai Pasir Puncu yang berlokasi di Harjobinangun, Purworejo. Sama seperti Pantai Jatimalang, Pantai Pasir Puncu juga memiliki panorama alam yang begitu indah. Anda bisa berjalan di sepanjang bibir pantainya sambil mendengar deburan ombak serta semilir angin yang membawa aroma asin laut.

Sebagai pantai tradisional yang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan, maka tak heran jika suasana di Pantai Pasir Puncu terasa begitu sepi, namun juga masih sangat alami. Inilah alasan kenapa Pantai Pasir Puncu merupakan tempat wisata di Purworejo yang pas untuk melepas penat dan juga lelah.

5. Curuk Muncar


Berada pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut, Curuk Muncar, wisata di Purworejo yang terletak di Desa Brunorejo ini juga memiliki panorama alam dan keindahan yang tak kalah dari Curug Abang.

Meski pun untuk menjangkau lokasi membutuhkan perjuangan yang besar, anda harus melewati jalan yang cukup menanjak, namun semua itu akan terbayar lunas oleh panorama keindahan yang dimiliki oleh Curug Muncak.

Selain duduk-duduk di pinggir air terjun, anda juga bisa turun ke bawah untuk mandi sembari menikmati sejuknya udara di sekitar area Curug Muncar. Suasana menyenangkan yang pastinya jarang anda rasakan bila tinggal di kota besar.

6. Goa Sikantong


Salah satu tempat wisata di Purworejo yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Ya, Goa Sikantong! Memiliki pesona keindahan yang sangat memikat dan menawarkan sensasi yang berbeda, membuat Goa Sikantong sangat populer sebagai tempat berlibur.

Bagi anda yang suka akan petualangan alam bebas, Goa Sikantong bisa menjadi alternatif bagi anda lho. Namun sebelum melakukan petualangan ke Gua Sikantong, pastikan anda membawa perlengkapan keamanan yang cukup ya agar penjelajahan anda ke Goa Sikantong nanti bisa berjalan aman serta lancar.

7. Pantai Ketawang


Salah satu pantai yang menjadi tempat wisata di Purworejo ini memiliki pasir pantai berwarna hitam. Walah begitu panorama dan keindahan yang dimiliki oleh Pantai Ketawang tak kalah dengan pantai berpasir putih. Saat berkunjung ke sini anda juga dapat menjumpai Pegunungan Sewu yang terlihat dari kejauhan.

Ada juga sebuah mencusuar yang dibangun di tengah-tengah rawa yang oleh masyarakat digunakan sebagai tempat pembudidayaan ikan serta area bercocok tanam. Selain itu, pada waktu-waktu tertentu, di Pantai Ketawang juga diselenggarakan beragam lomba seperti balapan motor serta pacuan kuda.

Fasilitas di Pantai Ketawang juga terbilang cukup memadai. Mulai dari area parkir serta warung-warung penjual makanan dan minuman. Bila anda telah sampai di depan gerbang dengan papan bertuliskan “Selamat datang di Pantai Jetis” anda tinggal ikuti saja sepanjang jalan paving yang disediakan hingga sampai ke pantai.

8. Curug Purbayan Kemiri


Meskipun memiliki medan yang cukup sulit untuk ditempuh saat ingin berkunjung ke lokasi, namun karena keindahan alamnya membuat Curug Purbayan Kemiri menjadi salah satu wisata di Purworejo bernuansa alam yang sering dikunjungi oleh banyak treveling mau pun warga sekitar.

Tak hanya airnya yang jernih, Curug Purbayan Kemiri juga dikelilingi oleh pepohonan rindang hingga membuat udara di sekitar lokasi terasa sejuk dan masih begitu alami.

9. Benteng Pendem Purworejo


Terletak di Bengelen Purworejo, benteng yang merupakan peninggalan penjajah Jepang ini adalah salah satu bangunan di Purworejo yang memiliki nilain sejarah yang panjang. Karena belum dikelola dengan baik membuat tempat wisata di Purworejo ini jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Padahal jika pemerintah setempat memberi sedikit saja perhatian, Benteng Pendem Purworejo bisa menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik lho, apalagi dari lokasi ini anda juga bisa menyaksikan keindahan laut selatan.