Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Anda Kunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Purwokerto – Purwokerto? Ya, anda pastinya sudah tak asing lagi kan dengan nama salah satu daerah di Jawa Tengah ini. Selain memang terkenal dengan bahasa ngapaknya, Purwokerto sebenarnya juga punya segudang tempat wisata menarik yang sayang sekali jika dilewatkan lho. Terlebih bagi anda yang punya hobi treveling dan senang dengan suasana hijau nan asri, Purwokerto sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan anda selanjutnya.

Memiliki kawasan yang luas mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi, sehingga tak mengherankan bila ibu kota dari Banyumas ini punya banyak sekali tempat wisata alam dengan panorama dan keindahan yang sangat menakjubkan.

Nah, berikut ini daftar tempat wisata di Purwokerto yang wajib masuk ke list kunjungan anda berikutnya.

Tempat Wisata di Purwokerto

1. Baturraden, salah satu tempat wisata di Purwokerto yang sangat populer


Berlokasi di lereng gunung Slamet, baturraden memang menjadi salah satu kompleks tempat wisata di Purwokerto yang tak pernah sepi didatangi para wisatawan. Selain karena jaraknya yang dekat dari pusat kota, hanya sekitar 15 menit saja, Baturraden juga memiliki panorama dan keindahan alam yang begitu memesona serta udara bersih yang sangat menyegarkan.

Di kompleks wisata Baturraden juga terdapat berbagai spot menarik seperti sepeda air, kolam renang, hingga pemandian air panas yang bisa merelaksasikan tubuh anda, dengan harga yang sangat terjangkau yakni 14 ribu.

2. Curug Gede, wisata asri nan menentramkan


Masih terletak di daerah yang sama, hanya berjarak sekitar 3 km saja dari kompleks wisata Baturraden, Curug Gede merupakan kawasan air terjun dengan keindahan alam yang tak ada duanya. Memiliki suasana yang masih asri, salah satu tempat wisata di Purwokerto yang baru di buka pada akhir 2016 ini juga wajib untuk anda kunjungi.

3. Curug Ceheng


Terletak di Desa Gandatama, Sumbang, Banyumas, Curug Ceheng juga merupakan tempat wisata di Purwokerto yang keindahannya tak kalah dari Curug Gede. Memiliki air terjun yang sangat memesona, anda pasti bakal betah berlama-lama singgah di tempat wisata ini.

4. Telaga Sunyi


Nah, ini dia satu lagi tempat wisata di Purwokerto yang tak boleh anda lewatkan. Ya, Telaga Sunyi! Lokasinya yang agak tersembunyi dan berada dibalik deretan pepohonan membuat telaga yang menjadi sumber mata air utama ini, memiliki aroma khas pepohonan pinus.

Karena airnya yang begitu jernih, anda bisa dengan mudah melihat dasar dari Telaga sunyi. Bagi anda yang punya hobi fotografi, tempat ini juga sangat cocok dipakai sebagai lokasi pengambilan gambar.

Selain itu, pada waktu-waktu tertentu, jika anda beruntung, anda bisa menjumpai ratusan kupu-kupu serta capung yang terbang dengan bebas di sekitar kawasan Telaga Sunyi. Sebuah pemandangan alam yang tentunya tak akan bisa anda lihat bila tinggal kota besar seperti Jakarta.

5. Pancuran 3 dan Pancuran 7


Pancuran 3 dan Pancuran 7 merupakan tempat wisata di Purwokerto yang berupa pemandian air panas. Selain menyehatkan, airnya yang mengandung belerang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Saat berkunjung ke pemandian air panas ini anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar yang pastinya mampu menghilangkan perasaan jenuh dan lelah.

Namun sebelum memutuskan pergi ke tempat wisata di Purwokerto yang terkenal sangat indah ini, pastikan anda menyiapkan stamina yang kuat ya. Berhubung anda perlu berjuang cukup keras mendaki ratusan anak tangga untuk bisa sampai ke pancuran 3 dan pancuran 7.

6. Curug Cipendok


Tak bisa dipungkiri Purwokerto memang memiliki banyak sekali wisata air terjun yang mampu memanjakan mata. Salah satunya yang paling terkenal adalah Curug Cipendok yang berada di Kecamatan Cilongok, Banyumas. Karena terletak di dataran tinggi maka tak heran bila Curug Cilongok memiliki pemandangan alam yang begitu indah serta udara yang menyejukkan.

Selain itu, tempat wisata di Purwokerto ini juga memiliki akses yang cukup bagus, sehingga bisa lebih mempermudah anda jika ingin berkunjung ke tempat ini.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh, sekitar 25 km dari pusat Kota Purwokerto, perjuangan panjang anda akan terbayarkan begitu tiba di Curug Cipendog. Berlatar belakang pemandangan memesona, anda bisa bermain di bawah air terjunnya yang setinggi 100 meter.

Setelah puas menikmati keindahan air terjun curug cipendok, dalam perjalanan pulang, anda bisa menjajal kuliner tempe medoan khas Purwokerto serta susu murni yang ditawarkan warung-warung sederhana pinggir jalan. Asyik sekali, bukan? Anda juga bisa menyantap tempe mendoan anda dengan ditemani kicauan burung di alam bebas.

7. Gua sarabadak


Suka tantangan? Berkunjung saja ke tempat wisata di Purwokerto yang satu ini. Ya, Gua Sarabadak! Dengan berjalan kaki, anda harus melalui jalan setapak yang lumayan panjang dan cukup menyita energi untuk bisa sampai ke lokasi.

Tapi meski pun begitu, rasa lelah anda pasti akan terlunasi setelah melihat bebatuan emas yang dialiri air segar dari dalam Goa Sarabadak. Bukan hanya air dingin saja, di tempat wisata ini anda juga bisa menikmati siraman air panas lho. Seru sekaligus unik sekali, bukan?

8. Wanawisata Baturraden


Berjarak sekitar 2 km dari wilayah Baturraden, ada sebuah hutan pinus yang keindahannya masih terjaga sampai sekarang sehingga sangat cocok dijadikan sebagai bumi perkemahan. Dapat menampung setidaknya 1000 tenda, lokasi Wanawisata Baturraden ini biasanya juga dipakai sebagai lokasi untuk mengadakan kegiatan outbound bersama dengan rekan-rekan kerja.

Selain itu di tempat wisata di Purworejo ini juga terdapat tempat pembibitan benih cemara mau pun pinus, dan juga cagar alam. Ketika berkemah di sini anda dapat menikmati sejuknya udara pegunungan yang bisa menyegarkan tubuh serta pikiran anda.

9. Berendam di Pemandian Kalibacin


Beralamat di Desa Tambak Negara, Rawolo, Pemandian Kalibacin dulunya merupakan kawasan yang dibangun pada jaman penjajahan Belanda. Jika anda datang dari pusat kota Purworejo, anda setidaknya harus menempuh jarak sekitar 15 km untuk bisa sampai ke lokasi.

Pemandian ini juga disebut sebagai Pemandian Husada karena air di Pemandian Kalibacin yang mengandung belerang tak hanya menyegarkan tapi juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, seperi kudis, jerawat, penyakit syaraf, serta tulang. Pemandian ini banyak dikunjungi para wisatawan yang ingin mencari pengobatan alternatif.

10. Menikmati Dinginnya Slamet


Suka sesuatu yang menantang? Sudah bosan dengan liburan yang itu-itu saja? Nah, mungkin anda bisa menjajal menakhlukan gunung yang ada di Purwokerto ini. Ya, Gunung Slamet! Memiliki ketinggian tak kurang dari 3,428m gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Bila anda tertarik, anda dapat mendaftarkan diri anda melalui prosedur tertentu agar bisa mendaki gunung yang masih aktif ini. Namun, karena medan pendakian di Gunung Slamet memang terkenal cukup berat untuk dicapai anda tentunya harus menyiapkan stamina yang kuat serta perlengkapan yang cukup ya.

Meski medan yang harus dilalui cukup sulit, namun perjuangan anda akan terbayarkan karena pemandangan di sepanjang jalan menuju ke tempat wisata di Purworejo ini masih begitu asri dengan hawa yang sangat sejuk.