Goa Sarabadak

Tempat Wisata di Purwokerto yang Keren Abis

Diposting pada

Tempat Wisata di Purwokerto – Purwekerto merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Sekarang ini Purwekerto juga kerap dijadikan menjadi destinasi wisatawan di akhir pekan, akhir tahun, atau mungkin di libur tanggal merah. Seiring berjalannya waktu dikarenakan banyak pendatang yang melanjutkan perguruan tinggi di Purwekerto, kepopuleran spot wisata nya juga semakin berkembang pesat, apalagi adanya pengaruh media sosial yang membuat beberapa spot wisata menjadi terkenal.

Banyak sekali wisata alam yang bisa anda jelajahi di Purwekerto, misalnya Baturraden dengan gardu pandang dan pemandangan air terjun nya yang selalu menjadi andalan wisata di Purwekerto. Kuliner nya juga wajib anda cicipi, masih banyak wisata kuliner selain mendoan hangat di Purwekerto, anda juga bisa mengunjungi wisata sejarah, wisata edukasi, dan lain-lain.

Inilah Spot Wisata Purwekerto Hits Terfavorit

1. Baturraden
Baturraden
Baturraden merupakan tempat wisata alam di Purwokerto yang cukup terkenal, spot wisata ini menyuguhkan berbagai aktivitas menarik, misalnya bersepeda di adventure forest yang dikelilingi oleh hutan pinus, gardu pandang pemandangan, dan wisata air terjun nya yang terkenal. Baturraden merupakan spot wisata andalan sehingga fasilitas umum nya sudah sangat memadai, untuk masuk ke kawasan ini anda hanya akan dipungut biaya Rp 14.000,- per orang.

2. Goa Sarabadak
Goa Sarabadak
Goa Sarabadak ini merupakan goa alami berwarna cream kekuningan, terdapat air yang mengalir secara alami di goa ini sehingga memungkinkan para wisatawan untuk bermain air, berenang, dan melakukan aktivitas lainnya. Tapi, harus diingat bahwa air yang mengalir tersebut mengandung belerang sehingga disarankan tidak lama-lama ketika bermain air. Sayangnya tempat wisata ini belum dikelola dengan baik sehingga fasilitasnya sangat minim, harga tiket masuk nya pun gratis.

3. Gunung Slamet
Gunung Slamet
Bagi anda yang menyukai wisata pendakian, anda bisa berkunjung ke Gunung Slamet. Track Gunung Slamet cukup terjal jadi sebaiknya anda mempersiapkan peralatan pendakian dengan sungguh-sungguh, puncak Gunung Slamet merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise di pagi hari. Untuk biaya pendakian anda harus mengeluarkan kurang lebih Rp 5.000,- per orang nya.

4. Telaga Sunyi
Telaga Sunyi
Telaga Sunyi merupakan spot wisata terbaik untuk bermain air dengan pemandangan air terjun sangat indah. Air terjun yang berasal dari Gunung Slamet tersebut memiliki ketinggian dan arus tidak terlalu kencang sehingga kolamnya bisa digunakan untuk berenang, kolam air alami nya pun sangat bersih dan jernih. Harga tiket Telaga Sunyi dibanderol dengan harga Rp 10.000,- per orangnya, sudah terdapat fasilitas uum seperti tempat bilas, mushola, dan lain-lain.

5. Curug Telu
Curug Telu
Curug Telu merupakan wisata air terjun yang air nya sangat jernih dan bersih. Air terjun ini juga merupakan penyuplai air bagi masyarakat Purwekerto. Aktivitas yang bisa anda lakukan diantaranya berendam, berenang, bermain air, dan jangan lupa untuk mengabadikan kenangan dengan berfoto. Adapun harga tiket kawasan Curug Telu berkisar dengan harga Rp 3.000,- per orangnya, terdapat juga fasilitas paket wisata berupa canyoning, climbing, dan lain-lain.

6. Curug Gomblang
Curug Gomblang
Curug Gomblang merupakan tempat wisata yang sudah dikelola dengan baik, anda bisa melihat indahnya air terjun dari fasilitas gardu pandang yang sudah disediakan. Tempat wisata ini juga sangat romantis apalagi jika didatangi bersama pasangan. Untuk tiba di tempat wisata ini, anda harus melewati jalan berbatu yang cukup terjal. Harga tiket nya sangat terjangkau hanya Rp 3.000,- per orang.

7. Curug Cipendok
Curug Cipendok
Air terjun Cipendok atau Curug Cipendong mempunyai aliran sangat kencang dan cukup tinggi. Meskipun begitu, suara air terjun nya sangat menenangkat hati dan pemandangannya menjadi sangat eksotis lho. Karena alirannya yang deras, pengunjung tidak dibolehkan untuk melakukan aktivitas air karena hal itu akan membahayakan. Terdapat fasilitas taman bermain anak, cottage, outbond, dan lainnya. Harga tiket Curug Cipendok dibanderol sekitar Rp 10.000,- per orang.

8. Museum Wayang Sendang Mas
Museum Wayang Sendeng Mas
Merupakan tempat wisata bertemakan sejarah, seni, dan juga edukasi. Museum Wayang Sendang Mas merupakan museum asli sejak zaman dahulu, memperlihatkan berbagai koleksi wayang golek, wayang kulit, koleksi pusaka, kitab peninggalan, koleksi purbakala, dan lain-lain. Harga tiket nya sangat terjangkau, hanya dengan Rp 1.000,- saja anda sudah bisa melihat-lihat di museum ini. Fasilitasnya juga cukup lengkap, terdapat ruang tunggu, tempat parkir, toilet, musholla, dan lain-lain.

9. Masjid Saka Tunggal
Masjid Saka Tunggal
Masjid Saka Tunggal merupakan masjid yang sudah berdiri sejak tahun 1288 sebelum kerajaan Majapahit. Selain berwisata religi, anda juga bisa melakukan wisata sejarah di tempat ini. Terdapat beberapa prasasti di Masjid Saka Tunggal yang bentuknya sangat unik, masjid ini sering dikaitkan dengan tokoh penyebar islam bernama Mbah Mustolih. Anda juga bisa melihat Ritual Penjarohan yang digelar setiap tanggal 26 rajab. Harga tiket untuk masuk kawasan ini adalah gratis dengan fasilitas umum nya yang cukup lengkap.

10. Wisata Pancuran 7
Wisata Pancuran 7
Wisata Pancuran 7 menyuguhkan pemandian air panas yang langsung secara alami dari sumbernya. Aliran airnya akan membentuk endapan berwarna kuning kaya akan sulfur. Wisata Pancuran ini juga mempunyai pemandangan tebing yang sangat indah. Untuk masuk ke kawasan ini anda hanya akan dikenakan biaya Rp 10.000,- per orangnya. Tersedia fasilitas jasa pijat refleksi dengan menggunakan lumpur belerang yang dipercaya dapat berkhasiat pada kulit.

11. Bukit Tranggulasih
Bukit Tranggulasih
Jika melakukan pendakian ke Gunung Slamet dirasa sangat melelahkan namun anda ingin berwisata alam pendakian, anda bisa mengunjungi Bukit Tranggulasih. Tersedia spot camping yang bisa anda gunakan di puncak bukit. Pemandangan alam nya pun tidak jauh berbeda dengan pemandangan alam dari puncak Gunung Slamet. Harga tiket masuk nya juga sangat murah, anda bisa membayar Rp 5.000,- pada penjaga di tempat parkir sebelum pendakian. Tersedia berbagai fasilitas spot foto, penjual gorengan, minuman, dan lain-lain.

12. Bendungan Gerak Serayu
Bendungan Gerak Serayu
Ternyata yang mempunyai bendungan itu tidak hanya Purwakarta saja lho, Purwekerto juga mempunyai spot wisata Bendungan Gerak Serayu yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Spot wisata ini kerap dijadikan sebagai tempat event-event yang diadakan seperti festival musik, dan lain-lain. Bendungan yang dibangun sejak tahun 1933 ini harga tiketnya gratis namun fasilitas umumnya belum dikelola dengan baik.

13. Museum Bank Rakyat Indonesia
Museum Bank Rakyat Indonesia
Museum BRI merupakan museum yang sudah didirikan sejak tahun 1895 dengan nama asal Hulp en Spaarbank der Inlandsce Bestuurs Ambtenaren. Museum ini menyimpan berbagai koleksi uang dari zaman Belanda hingga sekarang, anda juga bisa melihat berbagai peninggalan alat keuangan seperti mesin tik, kalkulator, dan lain-lain. Harga tiket masuk nya gratis, fasilitasnya cukup memadai meskipun museum ini lebih terlihat seperti rumah.

14. Curug Ceheng
Curug Ceheng
Curug Ceheng merupakan wisata air terjun dengan kolam alami berwarna hijau namun jernih. Aliran curug ini cukup tinggi sehingga para wisatawan dihimbau untuk tidak terlalu mendekati pusat air terjun. Hanya dengan Rp 7.000,- saja anda sudah bisa masuk ke kawasan yang menawarkan pemandangan alam yang indah ini. Terdapat beberapa fasilitas gazebo dan lahan parkir yang bisa digunakan oleh wisatawan yang datang di tempat ini.