Tempat Wisata di Probolinggo yang Paling Asik

Diposting pada

Tempat Wisata di Probolinggo – Kawasan Jawa Timur memiliki deretan tempat wisata terlengkap yang layak Anda kunjungi. Sebagian tempat wisata tersebut bisa Anda temukan di kawasan Probolinggo. Kabupaten Probolinggo yang dijuluki sebagai “Kota Seribu Taman” ini memiliki beberapa destinasi wisata yang direkomendasikan terutama bagi Anda yang suka berpetualang.

Probolinggo memang bukan destinasi wisata utama di Jawa Timur. Namun, kawasan ini memiliki beragam wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, taman bermain serta spot foto yang instagramable dan gak bosenin. Beberapa tempat wisata di Probolinggo berikut ini menjadi bukti bahwa Probolinggo jauh dari julukan kota yang membosankan.

Tempat Wisata di Probolinggo

1. BeeJay Bakau Resort (BJBR)


BeeJay Bakau Resort di Pelabuhan PPP Mayangan merupakan obyek wisata favorit di Probolinggo. Anda bisa menikmati fasilitas resort, kolam air asin hingga spot foto seperti gembok cinta, kebun bunga matahari, foto booth, Lorong Seribu Payung dan mushola di Atas laut. Harga tiket ke resort ini sekitar Rp 20.000 – Rp. 50.000.

2. Pantai Bentar


Salah satu pantai andalan probolinggo, Pantai Bentar menyajikan pemandangan pantai yang indah serta hutan mangrove dan Gunung Argopuro di kejauhan. Di pantai yang terletak di Kecamatan Gending ini Anda juga bisa menyaksikan penampakan hiu paus yang bermigrasi ke perairan Australia. Harga tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp. 4.000.

3. Gunung Bromo


Keindahan Gunung Bromo tak hanya bisa disaksikan di Malang saja, tapi juga bisa dilihat dari Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang. Jadi, Anda tetap bisa menyaksikan keindahan matahari terbit yang ikonik dari kawasan Bukit Pananjakan.

4. Patung Kuda Cipta Wilaha


Tak jauh dari BJBR, Mayangan, Probolinggo, Anda bisa menyaksikan pemandangan patung kuda terbesar kedua di dunia yakni Patung Kuda Cipta Wilaha. Di tempat ini Anda tak hanya bisa berfoto dengan latar belakang patung kuda, tapi juga berfoto dengan latar belakang pantai utara dan hutan bakau yang eksotis.

5. Air Terjun Madakaripura


Terletak di Branggah, Sapih, Lumbang, air terjun Madakaripura menjadi air terjun yang layak disambangi. Air terjun yang disebut air terjun abadi ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan kedua di Indonesia dengan ketinggian sekitar 200 mdpl. Untuk bisa memasuki kawasan air terjun, Anda cukup membayar tiket Rp. 11.000.

6. Pantai Duta Probolinggo


Pantai Duta yang terletak di Randutatah, Paiton, Probolinggo ini merupakan kawasan yang dipromosikan sebagai mangrove center. Kawasan ini cukup ramai di musim liburan terutama dipenuhi pengunjung yang ingin melihat ubur-ubur, fenomena hiu tutul dan kawasan pantai yang asri. Harga tiket masuk ke ini cukup murah hanya Rp. 5.000.

7. Pelabuhan Tanjung Tembaga II


Dari tepian Pelabuhan Tanjung Tembaga II yang terletak di Mayangan, Anda bisa menyaksikan keindahan Gili Ketapang di seberang laut. Di sini, Anda juga bisa menyaksikan pembuatan kapal, membeli ikan, memancing, mencicipi kuliner khas pelabuhan atau menjelajahi hutan mangrove. Untuk memasuki kawasan Pelabuhan Tanjung Tembaga II tak dikenakan biaya alias gratis.

8. Danau Ronggojalu


Danau Ronggojalu terletak di Kecamatan Tegalsiwalan sekitar 30 menit dari pusat Kota Probolinggo. Danau alami ini memiliki kapasitas 3.000 liter/hari dan merupakan sumber air bersih bagi warga sekitar serta memiliki fasilitas kolam yang bisa dipakai untuk berenang. Untuk memasuki kawasan danau ini, Anda cukup membayar tiket Rp. 5.000.

9. Gili Ketapang


Gili Ketapang yang terletak di Kecamatan Sumberasih memiliki keindahan alam yang tak perlu diragukan. Anda bisa menikmati keindahan alam Gili Ketapang dengan berperahu, camping atau snorkeling untuk menyaksikan pemandangan bawah laut yang eksotis. Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini gratis, Anda hanya perlu membayar biaya penyeberangan seharga Rp. 10.000.

10. Kolam Renang Banyuangga


Kolam renang Banyuangga yang terletak di Jalan Hayam Wuruk, Mangunharjo, Mayangan merupakan kolam renang pertama yang dibangun di Kota Probolinggo. Di sini disediakan kolam renang anak dan dewasa serta mushola, kamar mandi dan rumah makan. Untuk kolam renang dewasa berkedalaman 180 cm sedangkan kolam renang anak berkedalaman 50 – 100 cm.

11. Kebun Teh Tiris


Kebun teh Tiris atau kebun teh Andung Biru ada sejak tahun 1925. Perkebunan teh yang berada di Kecamatan Tiris ini masih tergolong baru sehingga belum begitu banyak pengunjung. Suasana di sekitar kebun teh seluas 300 hektar ini juga masih alami bahkan masih minim fasilitas sehingga Anda harus membawa perbekalan sendiri.

12. Museum Probolinggo


Museum Probolinggo yang terletak di Jalan Suroyo, Tisnonegaran, Kanigaran merupakan ikon Kota Probolinggo. Dengan mengunjungi museum ini, Anda bisa menambah wawasan mengenai sejarah, budaya dan keistimewaan Probolinggo. Harga tiket masuk ke museum ini cukup murah hanya sekitar Rp. 3.000 saja.

13. Taman Maramis


Taman Maramis yang terletak di Jalan A.A. Maramis No. 11, Kanigaran ini cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga di akhir pekan. Di taman ini disediakan arena bermain anak dan fasilitas pendukung lainnya guna mendukung kenyamanan pengunjung Anda bisa menikmati fasilitas di taman ini

14. Benteng Mayangan


Benteng Mayangan yang terletak di Kecamatan Mayangan merupakan benteng peninggalan Inggris dan Belanda. Benteng ini menjadi saksi sejarah perjuangan rakyat Probolinggo dalam perang kemerdekaan. Tak hanya bisa belajar sejarah, di sini Anda juga bisa berfoto di spot foto instagramable di kedai kopi dekat benteng.

15. Pantai Majengan


Pantai Majengan terletak sekitar 2 km dari pusat kota Probolinggo. Di pantai ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam terbaik di Probolinggo. Kawasan Pantai Majengan juga tergolong ramai pengunjung terutama di musim liburan. Anda tak perlu membayar tiket masuk ke pantai ini cukup membayar parkir Rp. 1.000 – Rp. 5.000.

16. Arung Jeram Sungai Pekalen


Sungai Pekalen yang mengaliri tiga kecamatan, yaitu Tiris, Maron dan Gading sering dijadikan spot wisata adrenalin arung jeram. Anda bisa menyusuri sungai dengan sepanjang 29 km menggunakan perahu karet. Pemandangan rute arung jeram berupa ngarai, air terjun dan gua membuat wisata mendebarkan inilayak dicoba.

17. Candi Jabung


Candi Jabung yang berada di Desa Jabung, Kecamatan Paiton merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Candi ini tergolong unik karena terbuat dari batu bata merah bukan dari batu kali yang keras. Meski terbuat dari batu bata, Candi Jabung tetap berdiri kokoh hingga saat ini. Keindahan Candi Jabung bisa Anda nikmati secara gratis.

18. Air Terjun Umbulan


Air terjun Umbulan terletak di Desa Sukapura, Probolinggo tak jauh dari air terjun Madakaripura. Air terjun Umbulan termasuk salah satu air terjun tercantik di Indonesia dengan kondisi alam sekitar yang masih alami. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini Anda cukup membayar Rp. 2.000 – Rp. 5.000.

Probolinggo tak hanya dikenal sebagai kota pelabuhan, tapi juga memiliki banyak tempat wisata potensial yang bisa Anda kunjungi di musim liburan. Beberapa tempat wisata di atas dijamin tak bikin kecewa karena keindahan tempat wisata di Probolinggo sama bagusnya dengan tempat lain di Indonesia.