Riau Fantasi

Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Pekanbaru – Dewasa ini tempat wisata di Pekanbaru memang berkembang secara pesat. Agar bisa menarik para wisatawan untuk datang berkunjung, pemerintah setempat secara bertahap melakukan penataan dan perbaikan untuk mempercantik kota yang terkenal sebagai pusat perdagangan dan jasa di Provinsi Riau ini.

Terlebih sekarang Pekanbaru juga sudah mempunyai bandara internasional yang makin mempermudah akses untuk ke sana. Nah, bagi anda yang berencana ingin liburan ke Pekanbaru, kota ini memang menawarkan beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner dan masih banyak lagi.

Berikut 5 tempat wisata di Pekanbaru yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda ketika ingin berlibur ke sana bersama keluarga.

1. Wisata Reliji Masjid Agung An-Nur
Masjid Agung An Nur
Masjid yang sekilas mirip dengan Tajmahal ini berada di Jalan Hangtuah Ujung, Sumahilang, Pekanbaru. Berukuran 50×50 m2, Masjid Agung An-Nur bisa dibilang merupakan ikon dan kebanggaan dari Kota Pekanbaru. Sebagai salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang sangat populer, tak mengherankan jika Masjid Agung An-Nur selalu ramai didatangi para wisatawan.

Dengan di dominasi warna hijau, masjid yang terdiri dari 3 lantai ini setidaknya bisa menampung jamaah sekitar 4500 orang. Keindahan Masjid Agung An-Nur juga akan semakin bertambah ketika malam hari, karena lampu-lampu yang tersebar di seantero sudut masjid akan memantulkan cahayanya di kolam yang berada di depan masjid.

Ketika Bulan Ramadhan tiba, area di sekitar masjid akan berubah menjadi lokasi ngabuburit. Sehingga anda bisa dengan mudah menjumpai banyak pedagang kaki lima yang menggelar dagangannya di sana. Sembari menantikan waktu berbuka puasa, anda dapat berbelanja berbagai makanan serta oleh-oleh seperti tasbih, kopiah, sajadah, dan berbagai barang menarik lainnya.

2. Riau Fantasi
Riau Fantasi
Ingin mengajak anak anda menjajal berbagai macam permainan air yang seru? Nah, datang saja ke salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang asyik ini. Ya, Riau Fantasi! Merupakan wanaha permainan air terbesar serta paling lengkap tak hanya di Riau melainkan di Pulau Sumatra.

Bagi anda yang suka dengan tantangan, Riau Fantasi menyediakan berbagai wahana asyik yang bisa menguji adrenali, seperti kora-kora, speedy coaster, sky tower, dan masih banyak lagi. Tersedia juga kereta wisata serta komedi putar bila anda ingin menjajal wahana yang lebih santai bersama buah hati tersayang.

Sebagai wahana permainan air dengan luas area tak kurang dari 6,5 Ha, di Riau Fantasi terdapat berbagai macam kolam dengan menara-menara yang dihubungkan menggunakan jembatan goyang. Selain itu, juga terdapat ember raksasa berkapasitas 3000 liter air yang digantung dan siap mengguyur tubuh anda begitu embernya terisi penuh.

Setelah puas bermain di bawah ember raksasa, anda bisa mengajak anak anda berenang di kolam yang khusus dibuat untuk anak-anak. Memiliki kedalaman dangkal, hanya sekitar 30 senti, kolam ini juga dilengkapi pancuran air agar anak anda semakin seru saat bermain.

Sementara untuk fasilitas, selain terdapat musola, restoran, dan toilet, di Riau Fantasi juga tersedia area wifi yang dapat diakses secara gratis. Ada pula gazebo yang bisa dipakai sebagai tempat beristirahat ketika anda beserta keluarga telah lelah bermain air. Seru sekali, bukan?

Sedangkan untuk tiket masuknya, jika anda berkunjung ke Riau Fantasi pada hari Senin-Jumat, cukup sediakan uang sebesar 60 ribu per orang, dan 70 ribu pada akhir pekan. Riau Fantasi yang terletak di Jalan Labersa ini juga bisa anda capai sekitar 45 menit dari pusat kota.

3. Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura
Merupakan istana peninggalan Kesultanan Siak, kerajaan Islam terbesar di Riau yang berdiri sekitar abad 16 sampai abad 20. Istana yang juga sering disebut sebagai Istana Asherayah Al Hasyimiyah ini dibangun dengan memadukan gaya arsitektur Eropa, Arab, serta Melayu.

Meski telah berdiri lebih dari 100 tahun, nyatanya istana berlantai dua ini masih tampak begitu megah dan cantik. Saat berkunjung ke sini, anda bisa menikmati keindahan berbagai koleksi kerajaan yang masih dirawat dengan baik, seperti patung Sultan Syarif Hasyim I yang dulunya dibuat dari batu pualam bertahtakan berlian.

Di lantai satu anda juga dapat menemukan patung perunggu Ratu Wilhelmina yang berasal dari Belanda, serta beberapa kamar ketika beranjak ke lantai dua. Kamar itu dulunya adalah kamar tamu serta kamar milik Raja Siak yang kini dipakai sebagai ruang penyimpanan benda-benda pusaka.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata di Riau yang bersejarah ini, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 3000 rupiah. Wisata yang sangat bermanfaat tanpa perlu merogoh uang yang besar, bukan? Dan jangan lupa agar tidak merusak lantai granit istana, lepas alas kaki anda ketika masuk ke dalam istana ya.

4. Danau Buatan Lembah Sari di Desa Limbungan
Danau Buatan Lembah Sari
Sesuai namanya, danau ini dulunya memang merupakan danau buatan yang dipakai sebagai bendungan irigasi untuk persediaan air bagi sawah-sawah masyarakat sekitar. Lalu karena keindahan dan daya tariknya, oleh pemerintah setempat danau Lembah Sari akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata di Riau.

Di kelilingi perbukitan dan berjarak sekitar 10 km dari Kota Pekanbaru, Danau Lembah Sari memang sangat cocok dipakai untuk acara piknik keluarga. Terlebih di sana masih terdapat banyak sekali pohon sehingga tak hanya memilki pemandangan yang indah, udara di Danau Lembah Sari juga terbilang masih bersih.

Selain duduk-duduk dan bercengkerama di atas tikar bersama keluarga tercinta, anda juga bisa mengajak anak anda mengelilingi salah satu tempat wisata di Pekanbaru itu dengan menyewa sepeda air ataupun perahu yang disediakan oleh pihak pengelola. Menarik sekali, bukan?

5. Berwisata Seru ke Kebun Binatang Sang Kulim di Pekanbaru
Kebun Binatang Sang Kulim
Memiliki luas sekitar 10 Ha, kebun binatang Sang Kulim memang menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan terlebih keluarga pada akhir pekan. Hal ini memang tidak mengejutkan, selain bisa berwisata, orang tua yang mengajakan anak-anaknya juga bisa mengenalkan berbagai binatang yang hidup di sana.

Selain bisa melihat koleksi hewan seperti burung, monyet, ular, singa dan masih banyak lagi, jika beruntung, anda bisa mengajak anak anda menunggangi gajah yang juga dipelihara di kebun binatang Sang Kulim. Dengan biaya yang sangat terjangkau, hanya 10 ribu saja per 10 menit.

Sebagai tempat wisata keluarga, di kebun binatang Sang Kulim juga tersedia arena bermain untuk anak-anak. Sehingga, ketika telah puas berkeliling dan melihat berbagai macam binatang menarik, anak anda dapat menghabiskan waktunya dengan bermain papan seluncur, ayunan, atau bermain air di kolam renang anak.

Kebun Binatang Sang Kulim sendiri terletak di Jalan Haji Usman, Kubang Raya, Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Dan dapat dicapai dari pusat Kota Pekanbaru dengan kisaran waktu tak lebih dari 30 menit. Sementara untuk tiket masuknya dikenakan tarif 20 ribu bagi pengunjung dewasa dan 10 ribu bagi anak-anak.