Rawon Nguling

Tempat Wisata di Pasuruan yang Keren Abis

Diposting pada

Tempat Wisata di Pasuruan – Sebutan “City of Mountain” atau “Kota Pegunungan” lekat sekali dengan Pasuruan yang areal daerahnya tak jauh dari Surabaya ini. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar Pasuruan terdiri dari pegunungan yang kemudian turut menjadi destinasi wisata yang diunggulkan. Akan tetapi, hal itu tidak berarti Pasuruan tak memiliki sektor pariwisata lain.

Pasuruan sendiri terbagi menjadi kota dan kabupaten. Dengan masa liburan sekolah yang telah tiba dan disusul dengan liburan natal serta tahun baru, untuk mengisi waktu tersebut, tidak ada salahnya bila digunakan untuk mengeksplorasi tempat-tempat wisata di Pasuruan, terutama bagi warga lokal sendiri maupun yang berasal dari daerah sekitar.

Destinasi Tempat Wisata di Pasuruan

1. Air Terjun Kakek Bodo

Konon, air terjun ini dulunya merupakan tempat bertapa seorang kakek mantan pelayan keluarga Belanda. Sang majikan menyebut si kakek bodoh (bodo) karena meninggalkan pekerjaan demi bertapa. Lokasinya berada di Tretes, Lereng Gunung Arjuno. Pengunjung di atas 10 tahun dikenakan biaya masuk Rp. 10.000,- ke tempat dengan fasilitas penunjang lengkap ini.

2. Saygon Waterpark

Saygon Waterpark
Arena hiburan air ini berada di Desa Pucangsari. Selain bermain air, pengunjung juga bisa menikmati sensasi menonton di Bioskop 6D atau menaiki replika pesawat Boeing. Anak-anak dengan tinggi badan di bawah 90cm tidak perlu membayar tiket masuk, lainnya dikenai Rp. 35.000,- untuk hari kerja dan Rp. 50.000,- di akhir pekan.

3. Bhakti Alam

Bhakti Alam
Mungkin menjadi salah satu destinasi wisata paling favorit di Pasuruan. Berkonsep agrowisata buah yang menyediakan bermacam-macam jenis buah ini buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Harga tiket masuknya saat weekdays Rp. 30.000,- dan weekend Rp. 35.000,- saja. Tersedia juga kolam renang untuk merilekskan diri.

4. Taman Safari Indonesia 2

Taman Safari Indonesia 2
Lokasinya berada di Desa Jatiarjo No. 1 Prigen, Pasuruan. Merupakan cabang kedua dari Taman Safari dan berdiri di atas tanah seluas 350 hektare. Tempat ini menyajikan pemandangan flora dan fauna yang seakan hidup di habitat aslinya. Untuk safari atau perjalanan tur mengelilingi seluruh areal taman dikenakan biaya Rp. 75.000,- saja.

5. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi
Mirip dengan konsep Taman Bunga Wiladatika di Bandung, kebun raya ini juga memiliki beragam jenis tumbuhan yang didesain dengan cantik. Tempat ini acapkali dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding oleh pasangan yang hendak menikah. Untuk masuk, pengunjung lokal harus membayar tiket masuk seharga Rp. 10.000,- sedangkan turis asing Rp. 13.000,-.

6. Candi Jawi

Candi Jawi
Merupakan lokasi wisata edukatif yang terletak di Kaki Gunung Welirang, Desa Candi Wates. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja ketika berkunjung ke sini, tanpa dikenakan tarif tiket masuk. Candi ini sendiri merupakan peninggalan Kerajaan Singosari sebagai sebuah candi pemujaan Hindu yang menjulang tinggi serta ramping.

7. Pantai Lekok

Pantai Lekok
Menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di pantai tentu merupakan momen yang indah sekali. Di Pantai Lekok yang terletak di Jatirejo, Anda bisa menyaksikan keduanya secara bebas dengan cara berkemah dan tanpa dikenakan biaya apa pun. Selain itu, Anda bisa juga menyaksikan pertandingan Ski Lot yang unik dan digelar setahun sekali.

8. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul
Menurut pemerintah Pasuruan, pantai ini akan dijadikan fokus destinasi wisata pada tahun 2018 sejalan dengan pembangunan hutan bakau yang tengah berlangsung di sekitar. Saat ini, telah banyak fasilitas pendukung yang disediakan, seperti toilet dan tempat istirahat yang sangat memudahkan para wisatawan.

9. Bukit Flora

Bukit Flora
Berlokasi di Desa Tutur, tempat wisata ini menawarkan beragam kecantikan bunga yang ditanam di sana, mulai dari Krisan hingga Anggrek. Selain itu, disediakan pula beragam fasilitas pendukung lain, mulai dari toilet hingga penginapan. Tiket masuknya sudah termasuk makanan ringan dan minuman dibanderol Rp. 25.000,- saja.

10. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho
Masjid ini merupakan salah satu simbol multikultural masyarakat Pasuruan. Dahulu, masjid ini dibangun oleh seorang Laksamana Tiongkok muslim bernama Muhammad Cheng Ho yang kemudian juga berjasa menyebarkan Islam di wilayah Jawa Timur. Tempat yang cocok sebagai destinasi wisata religi ini tidak memungut retribusi apa pun kepada pengunjung.

11. Air Terjun Sumber Nyonya

Taman Wisata Sumber Nyonya
Air terjun yang terletak di Desa Wonosari ini memiliki tiga mata air terjun dengan ketinggian berbeda. Suasanya sejuk dan kondisi sekitar masih murni karena belum terlalu terjamah manusia. Pengunjung memang tidak dikenakan tarif apa pun untuk masuk areal air terjun, namun berimbas pada ketiadaan fasiltias penting seperti toilet umum.

12. Taman Wisata Taman Dayu

Berada di lokasi yang sangat strategis, yakni Jalan Raya Surabaya Malang, Taman Dayu merupakan sebuah taman bermain air yang cukup populer di Pasuruan. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000,- saat hari kerja atau Rp. 50.000,- di akhir pekan, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas pendukung lain, seperti pelampung, tanpa menyewa lagi.

13. Alun-alun Pasuruan

Alun Alun Pasuruan
Konsep yang diusung oleh alun-alun kota ini adalah taman terbuka hijau, sehingga tidak heran bisa di setiap sudut ada tanaman hijau yang menyambut. Berdekatan dengan Masjid Jami, alun-alun ini merupakan taman wisata gratis yang disediakan oleh pemerintah setempat. Spot-spotnya ditata sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan foto yang instagramable.

14. Coban Baung Pasuruan

Meskipun hanya menyajikan panorama air terjun, tapi destinasi wisata yang berada di Desa Cowek ini sangat terkenal dan juga memiliki beragam fasilitas pendukung yang tergolong lengkap, seperti toilet umum hingga penginapan. Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian 100 meter. Tarif tiket masuk dibanderol Rp. 2.000,- saja per orang

15. Pemandian Banyu Biru.

Pemandian Banyu Biru
Di Desa Sumberejo, terdapat sebuah pemandian yang wajib dicoba oleh wisatawan. Dengan tiket masuk hanya Rp. 10.000,- per orang, pengunjung sudah bisa berenang sepuasnya di lokasi tersebut yang diramaikan dengan arca-arca peninggalan Majapahit. Rasakan pula sensasi berenang bersama ikan-ikan dengan ukuran yang cukup besar dibandingkan standar pada umumnya.

16. Rumah Makan Cairo

Rumah Makan Cairo
Membicarakan sebuah daerah tentu saja tidak boleh melewatkan melakukan wisata kuliner juga. Di sini ada Rumah Makan Cairo tetapi tidak menyajikan menu ala Timur Tengah, namun justru masakan khas Indonesia, khususnya Jawa. Seperti Rawon. Harga yang dipatok pun sangat terjangkau. Mulai dari Rp. 7.000,- saja.

17. Kupang Keraton Hj. Qomariah

Kupang Keraton Hj. Qomariah
Di Jalan Dr. Cipto Kios No. 12, kuliner legendaris Pasuruan ini siap dinikmati hanya dengan harga Rp. 7.000,- saja. Kupang sendiri merupakan sejenis ikan laut yang akan mengeluarkan rasa khas ketika diolah. Bisa dimakan menggunakan nasi maupun lontong, baik disayur maupun disate sama-sama lezat.

18. Rawon Nguling

Rawon Nguling
Rawon yang satu ini disajikan di restoran yang berlokasi di Jalan Raya Tambakrejo No. 75. Berada tepat di perbatasan Probolinggo dengan Pasuruan membuat kuliner yang satu ini dibanggakan oleh kedua daerah sekaligus. Disebut belum sempurna kunjungan ke Pasuruan bila tidak menikmati rawon yang satu ini.