Wisata Palembang Benteng Kuto Besak

Tempat Wisata Di Palembang yang Wajib Kamu Kunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata Di Palembang – Kota palembang tak hanya terkenal dengan penganan pempeknya saja, namun juga terkenal sebagai kota yang memiliki banyak objek wisata menarik. Palembang merupakan kota terbesar kedua yang ada di sumatera. Sejak zaman dahulu palembang cukup terkenal akan keberadaan kerajaan srwiwijaya yang merupakan kerajaan Budha terbesar se asia tenggara.

Banyak wisatawan yang datang ke kota pempek ini tak hanya sekedar mencicipi penganan khas kota palembang saja, namun juga mengunjungi berbagai tempat wisata yag cukup terkenal di palembang.

Rekomendasi Tempat Wisata Palembang

Kota palembang ternyata juga menyimpan potensi wisata yang luar biasa indah, berikut beberapa objek wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di kota Palembang.

1. Pulau Kemaro
Wisata Palembang Pulau Kemaro
Pulau kemaro merupakan sebuah pulau kecil yang berlokasi tak jauh dari jembatan ampera. Masyarakat sekita memberi nama pulau kemaro karena pulau tersebut terlalu kering. Di pulau ini terdapat beberapa vihara serta pagoda yang memiliki 9 lantai. Selain dijadikan sebagai tempat untuk berwisata pulau ini juga dijadikan sebagai tempat berziarah bagi pemeluk agama budha.

Untuk menuju pulau kemaro anda harus menggunakan perahu motor dengan tarif Rp.150.000. satu perahu motor dapat digunakan untuk memuat 10 orang. Di pulau ini terdapat pohon cinta yang konon katanya merupakan simbol cinta sejati antara dua bangsa.

2. Jembatan Ampera
Wisata Palembang Jembatan Ampera
Jembatan ampera merupakan icon dai kota palembang, ke palembang tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi dan menyusuri jembatan ampera yang cukup terkenal tersebut. Jembatan ampera merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan antara seberang hulu dan seberang ilir. Kedua daerah tersebut dipisahkan oleh sungai musi.

Saat malam tiba suasana jembatan terasa begitu syahdu dengan gemerlap lampu warna warni yang berada di sepanjang jalan menjadikan lokasi ini lebih romantis. Tak jauh dari jembatan ampera terdapat pasar khusus souvenir serta oleh-oleh khas kota palembang yang dijual dengan harga yang cukup murah.

3. Taman Hutan Wisata Punti Kayu
Wisata Palembang Taman Hutan Punti Kayu
Objek wisata taman hutan punti kayu berlokasi di Jln. Kol. Burlian, karya baryu, alang-alang lebar, palembang. Hutan wisata ini memiliki luas lahan sekitar 39 hektar, karena lokasinya yang berada di tengah kota palembang, hutan ini dijadikan sebagai paru-paru kota. Setiap hari banyak wisatawan yang berkunjung ke hutan ini untuk mengenal jenis-jenis flora serta fauna yang terdapat di hutan punti kayu.

Selain mengenal jenis flora dan fauna, para pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan wisata di tempat ini. berbagai fasilitas penunjang pun telah disediakan seperti perahu bebek, jembatan gantung, flying fox, kids water park, outbond training dan masih banyak lainnya. hutan wisata punti kayu buka setiap ahri mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00. untuk tarif masuk kawasan ini para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000/orang.

4. Bukit Siguntang
Wisata Palembang Bukit Siguntang
Bukit siguntang menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat palembang dan sekitarnya. Bukit siguntang berlokasi bukit lama, ilir bar, palembang. Dulunya bukit ini dianggap suci oleh sebagai besar masyarakat pada abad ke 14, maka tak heran jika sampai saat ini bukit siguntang menjadi salah satu objek wisata sejarah yang banyak di kunjungi.

Dengan luas lahan sekitar 12,8 hektar para pengunjung bebas berkeliling bukit untuk menikmati keindahan alam kota pelambang. Di salah satu sudut bukit terdapat sebuah menara pandang yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk melihat pemandangan di sekitar bukit. Di sekitar bukit juga terdapat beberapa relief yang menggambarkan tentang budaya agama budha.

5. Benteng Kuto Besak
Wisata Palembang Benteng Kuto Besak
Berjalan-jalan di kota Palembang tak lengkap rasanya jika tak singgah beberapa saat ke benteng kuto besak yang berlokasi di Jln. Sultan Mahmud Badarudin, 19ilir, Bukit kecil, Palembang. Benteng kuto besak sebenarnya adalah sebuah keraton kesultanan palembang, namun saat ini benteng tersebut telah dialih fungsikan sebagai salah satu tempat wisata dan sebagai tempat terselenggaranya berbagai macam acara dan festival dengan latar sungai musi. saat malam tiba, banyak pedagang yang menjajakan dagangannya bak pasar malam. di sini para pengunjung bisa mencoba beberapa penganan khas kota pelambang seperti pempek dan lainnya.

6. Kembang Iwak Family Park
Wisata Palembang Kembang Iwak Family Park
kembang iwak family park merupakan salah satu objek wisata yang patut untuk anda kunjungi bersama keluarga ketika berada di kota pelambang. kembang iwak family park menjadi sebuah laternatif wisata keluarga yang cukup menyenangkan, pasalnya disini tersedia taman serta fasilitas permainan yang dapat digunakan oleh anak-anak sebagai sarana bermain. di tengah danau terdapat pula air mancur yang akan memancarkan cahaya lampu ketika malam tiba.

Objek wisata ini berlokasi tak jauh dari kediaman walikota pelambang, setiap harinya lokasi ini tak pernah sepi dikunjungi baik untuk berekreasi ataupun berolah raga. Untuk bisa menikmati kesegaran udara di kembang iwak family park para pengunjung tidak dikenakan biaya masuk.

7. Kampung Kapitan
Wisata Palembang Kampung Kapitan
Singgah di kota pelembang tentu tak hanya sekedar singgah, para wisatawan tentu ingin berwisata serta mencicipi berbagai masakan khas kota pelambang yang cukup terkenal. Di palembang terdapat sebuah tempat yang biasa dijadikan sebagai tempat wisata kuliner yakni di kampung kapitan.

Tempat makan ini berlokasi di Jln. KH Azhari-dermaga 7 ulu, Palembang. Selain dijadikan sebagai tempat wisata kuliner, lokasi ini juga sering dijadikan sebagai salah satu objek wisata terkenal di palembang.

Di kampung kapitan terdapat sejarah kebudayaan etnis tionghoa yang hingga kini masih berdiri kokoh. Untuk menuju ke kampung kapitan, para wisatawan harus menyewa perahu motor dengan tarif Rp.25.000.

8. Wisata Gunung Dempo
Wisata Gunung Dempo
Potensi wisata provinsi sumatera selatan tak bisa dianggap remeh karena terbukti banyak lokasi wisata alam yang cukup menarik, salah satunya adalah wisata gunung Dempo. gunung dempo berlokasi di jln. Alamsyah Ratu Prawiranegara, Pagar Wangi, Dempo Utara, Sumatera selatan. Jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan prbadi akan emmakan waktu sekitar 6 jam perjalanan dari pusat kota.

Di lereng gunung dempo terdapat perkebunan teh yang terhampar luas dan indah. dari kaki gunung terlihat pemandangan nan hijau yang sangat memanjakan mata. Dipagi hari nampak begitu jelas matahari yang terbit berwarna keemasan nampak menerpa dedaunan teh, ditambah dengan kabut tipis yang menyelimuti perkebunan teh menjadikan lokasi ini cukup eksotis.

Disekitar gunung dempo tersedia beberapa vila serta penginapan yang bisa anda pilih dengar tarif mulai Rp.300.000 hingga Rp.3000.000/ malam. Dagi para pecinta fofografi, bisa mendapatkan banyak spot menarik disekitar kaki gunung dempo.

9. Air terjun Lematang Indah
Satu lagi objek wisata Palembang yang wajib anda coba yakni air terjun lematang indah yang berlokasi di Dempo selatan, Prahu Dipo, kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. air terjun ini berada di pinggir jalan sehingga memudahkan para wisatawan menjangkau objek wisata tersebut, disekitar kanan kiri air terjun terdapat pemandangan yang begitu mengagumkan.

Untuk para wisatawan yang akan memasuki kawasan air terjun lematang indah akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp.4000/ orang.