Wisata Padang Pantai Padang

Tempat Wisata di Padang yang Bagus dan Menarik

Diposting pada

Tempat Wisata di Padang – Padang merupakan sebuah kota yang menjadi pintu gerbang sebelah barat Indonesia yang sekaligus menjadi ibukota provinsi sumatera barat. padang memiliki luas wilayah sekitar 694.96 kilometer dengan kondisi alam sebagian besar lautan yang dikelilingi dengan perbukitan. Kota Padang tak bisa dipandang sebelah mata, karena dikota ini anda bisa menemukan berbagai macam objek wisata yang cukup menarik.

Dengan banyaknya jumlah wisatawan yang datang ke kota padang setiap harinya, membuat kota ini menjadi destinasi wisata yang cukup menjanjikan. banyak tempat wisata yang bisa anda jumpai dengan mudah di setiap sudut kota padang.

Saat berkunjung ke kota Padang tak ada salahnya untuk singgah ke beberapa tempat wisata yang menarik, berikut tempat wisata yang patut untuk anda kunjungi bersama keluarga ketika berada di Padang.

1. Jembatan Siti Nurbaya

Wisata Padang Taman Siti Nurbaya
Objek wisata pertama yang bisa anda kunjungi ketika berada di Padang adalah jembatan siti nurbaya yang merupakan icon kota padang. Jembatan ini berada diatas sungai batang arau dengan panjang sekitar 600 meter. Jembatan ini merupakan sebuah penghubung antara kota tua padang dan taman siti nurbaya.

Jembatan siti nurbaya sangat cocok di kunjungi saat sore menjelang malam karena disana anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam. Di sekitar jembatan tersebut banyak terdapat penjual penganan khas kota padang seperti sate padang, pisang bakar, jagung bakar serta minuman khas kota padang yang cukup ramah dikantong.

2. Danau Singkarak

Wisata Padang Danau Singkarak
Danau singkarak merupakan sebuah danau yang terbentang diantara dua kabupaten yakni solok dan tanah datar. Danau ini memiliki luas kurang lebih 107.8 kilometer dan termasuk sebagai danau terbesar di wilayah sumatera. Danau ini merupakan hasil dari proses tektonik sesar sumatera. Danau singkarak berlokasi di kabupaten solok, tanah datar, sumatera barat.

Danau singkarak memiliki air yang cukup jernih sehingga banyak wisatawan yang terkagum-kagum saat berada di sekitar danau apalagi ditambah dengan banyaknya pepohonan disekitar danau yang menambah eksotisme tempat tersebut. di dalam danau singkarak terdapat beberapa jenis ikan yang sengaja di budidayakan.

3. Pantai Padang

Wisata Padang Pantai Padang
Padang memang terkenal sebagai kota bahari yang memiliki banyak pantai, salah satunya adalah pantai padang yang berlokasi di pusat kota padang. Pantai ini memiliki julukan lain yakni pantai taplau atau pantai tapi luik. Setiap harinya pantai ini selalu ramai dikunjungi para pengunjung baik dari kota padang sendiri atau dari luar pulau.

Di sepanjang pantai banyak terdapat warung makan dan minum yang bisa anda singgahi, selain itu disekitar pantai juga terdapat beberapa tempat bermain khusus untuk anak-anak. Nikmati keseruan diakhir pekan di padang bersama keluarga dengan mengujungi pantai padang.

4. Pantai Nirwana

Satu lagi pantai yang cukup terkenal di kota padang yakni pantai Nirwana yang berlokasi di Jln. Raya padang-painan Tlk, Bayur, padang selatan, Sumatera Barat. Di pantai ini para pengunjung dapat melihat banyak kapal yang tengah bersandar di pelabuhan teluk bayur. Pada saat sore hari suasana pantai akan semakin ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menyaksikan secara langsung keindahan pantai.

Banyak pendapat mengatakan bahwa pantai ini merupakan potongan surga karena memang keindahan pantainya yang benar-benar menakjubkan terlebih jika dilihat dari airnya yang cukup jernih membuat para wisatawan betah berlama-lama bermain air di pantai ini. di sekitar pantai terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung seperti cafe, tempat bermain anak, lokasi camping, toilet dan mushola.

5. Air Terjun Lembah Anai

Wisata Padang Air Terjun Lembah Anai
Bagi sebagian masyarakat tentu sudah tak asing lagi dengan objek wisata yang satu ini, lembah anai yang merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 35 meter. Air terjun lembah anai berlokasi di singgalang kuto, sepuluh kuto, tanah datar, Sumatera Barat. Dalam bahasa minang air terjun ini sering disebut dengan terjun aia mancua, disekitar air terjun banyak terdapat monyet-monyet yang hidup bebas berkeliaran meminta makan. Untuk bisa masuk ke kawasan air terjun lembah anai para pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp.2500/ orang.

6. Taman Siti Nurbaya

Wisata Padang Jembatan Siti Nurbaya
Taman siti nurbaya merupakan sebuah tempat wisata yang sengaja di bangun untuk mengenang legenda siti nurbaya yag cukup populer dikalangan masyarakat. Taman siti nurbaya berlokasi di Batang arau, padang selatan. Di taman ini anda akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan lengkap dengan pepohonan yang hijau nan rimbun. Disekitar taman terdapat banyak warung yang menjajakan penganan khas padang yang cukup menggugah selera.

Dari atas gunung, anda bisa menyaksikan secara langsung terbenamnya sinar matahari yang memunculkan warna kuning keemasan, disaat itulah banyak wisatawan yang sengaja datang untuk melihat keindahan sunset dari gunung padang. Untuk bisa masuk ke taman siti nurbaya anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp.2000/orang.

7. Danau Maninjau

Wisata Padang Danau Maninjau
Danau maninjau merupakan sebuah objek wisata yang cukup terkenal di padang, danau ini berlokasi di kecamatan Tanjug raya, Agam, Sumatera Barat. Danau maninjau adalah danau vulkanik yang terletak di ketinggian 460 meter dengan luas wilayah sekitar 100km. Danau maninjau menjadi daya tarik yang cukup ampuh bagi para wisatawan, pasalnya disini para pengunjung akan disuguhi dengan keindahan alam yang begitu mempesona.

Disekitar danau terdapat pula hamparan persawahan yang berjajar rapi sehingga mampu memanjakan setiap mata yang memandang. Di danau maninjau terdapat pula beberapa kelokan yang terkenal yakni kelokan 44, dengan segala keunikan yang ditawarkan di danau maninjau tersebut diharapkan dapat mendongkrak pariwisata di kota padang.

8. Miniatur Makkah

Wisata Padang Miniatur Makkah
Miniatur makkah merupakan salah satu objek wisata religi baru yang terdapat di kota padang, lokasinya berada di lubuk minturun. Di sini para wisatawan dapat melihat keunikan bangunan yang sengaja dibuat menyerupai bangunan yang ada di kota mekkah. Selain digunakan sebagai tempat wisata, miniatur makkah ini juga sering digunakan untuk berlatih sebelum berangkat ke tanah suci mekkah. Disekitar lokasi, para pengunjung juga dapat menyaksikan beberapa jenis hewan yang sengaja di pelihara seperti unta, ular dan ikan.

9. Pulau Cubadak Padang

Wisata Padang Pulau Cubadak
Pulau cubadak padang merupakan salah satu objek wisata andalan kota padang. Pulai ini menjadi surga para pecinta dunia bawah laut pasalnya keindahan bawah laut yang ada di pulau ini terbilang sangat mengagumkan. Selain wisata bawah laut, para wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam pulau cubadak dengan meggunakan motor boat atau perahu.

Pulau cubadak berlokasi di kawasan wisata mandeh sekitar 40 km dari pantai padang. Di pantai ini para wisatawan bisa bebas melakukan snorkeling karena di bawah laut banyak terumbu karang serta biota laut yang sangat mempesona. Bila anda menginginkan untuk menginap di pulau tersebut, telah disediakan cottage dengan tarif Rp.900.000/malam untuk wisatawan lokal dan Rp.1.900.000/ malam untuk wisatawan mancanegara.

bagi anda yang ingin berkelilimg pulau cubadak bisa menyewa speedboat dengan tarif sebesar Rp.150.000 dengan jangka waktu 20 menit saja.