Goa Giri Putri

Tempat Wisata di Nusa Penida yang Wajib Kamu Jelajahi

Diposting pada

Tempat Wisata di Nusa Penida – Nusa Penida merupakan sebuah pulau yang terletak di dekat Pulau Bali. Sebagaimana kita ketahui banyak sekali pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Bali yang selalu menjadi incaran para wisatawan, begitu pun dengan Pulau Nusa Penida. Secara geografis, Nusa Penida terletak di bagian tenggara Pulau Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung. Wisata alam di Pulau Nusa Penida terkenal hingga mancanegara dengan wisata bawah lautnya yang sangat eksotis.

Menjelang hari libur, akhir tahun, dan akhir pekan, pasti banyak orang yang mencari referensi mengenai tempat wisata di Nusa Penida. Beberapa tempat wisata yang terkenal di Nusa Penida diantaranya adalah Pantai Atuh, Crystal Bay Beach, Goa Giri Putri, dan lain-lain. Penasaran apa saja tempat wisata di Nusa Penida yang bisa dikunjungi dan direkomendasikan selama berlibur? Yuk langsung saja simak ulasannya dibawah ini!

14 Tempat Wisata di Nusa Penida

1. Goa Giri Putri

Goa Giri Putri
Goa Giri Putri dulunya hingga sekarang merupakan goa yang berisi pura persembahan Dewa Siwa. Goa ini memiliki panjang kurang lebih 262 meter dengan ketinggian 150 meter diatas permukaan laut. Goa ini memiliki pemandangan stalagmit dan stalagtit yang indah, terdapat sarang kelelawar dengan bentuk yang unik juga. Karena sebagai tempat beribadah, tersedia fasilitas pura untuk bersemedi bagi pengunjung, untuk masuk ke Goa Giri Putri anda akan dikenakan biaya Rp 10.000,- per orang nya.

2. Pantai Atuh

Pantai Atuh
Pantai Atuh memiliki karakter pantai yang dikelilingi tebing bebatuan yang sangat indah, tidak hanya tebingnya saja yang menjadi daya tarik, namun hamparan pasir putih yang halus dan luas nya juga menjadi primadona wisata ini. Banyak spot di Pantai Atuh yang menyediakan fasilitas berkemah, memancing, tempat makan, senorkeling, berjemur, dan lain-lain. Untuk masuk ke Pantai Atuh, anda hanya akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per orang, tersedia juga fasilitas toilet umum, penyewaan alat senorkeling, dan lain-lain.

3. Crystal Bay Beach

Crystal Bay Beach
Crystal Beach merupakan tempat yang sangat direkomendasikan untuk melihat sunset dan sunrise. Keindahan bawah laut nya tidak usah dipertanyakan lagi, fasilitas nya juga sudah mendukung dan disesuaikan dengan kegiatan wisata disana. Menariknya lagi, untuk masuk ke kawasan Crystal Bay Beach, anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

4. Broken Beach

Broken Beach
Broken Beach atau sering dikenal juga dnegan Pasih Uug merupakan spot wisata pemandangan alam berupa tebing yang dibagian tengahnya terdapat lubang dan menjadi jalan masuknya perairan laut. Sejarahnya, karena tebing tersebut terdapat lubang, pantai ini disebut Broken Beach. Lubang tersebut membentuk seperti terowongan dengan pemandangan yang indah. Fasilitas yang terdapat di Broken Beach tidak terlalu lengkap mengingat kawasan wisatanya yang tidak begitu luas. Harga tiket masuk nya pun gratis.

5. Mata Air Tembiling

Mata Air Tembiling
Mata Air Tembiling merupakan sebuah mata air alami yang nantinya akan mengalir ke laut. Mata air ini embentuk kolam dengan air jernih dan dapat digunakan untuk berenang oleh para wisatawan. Tersedia fasilitas kolam mata air yang diperuntukkan khusus wanita juga di tempat ini, sayangnya untuk mencapai Mata Air Tembiling anda harus berjalan kaki karena letaknya yang cukup terpencil. Untuk masuk ke tempat ini anda akan dikenakan biaya Rp 10.000,- per orang nya.

6. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies
Tempat wisata yang ada di Nusa Penida yang satu ini disebut Teletubbies karena bukit nya yang banyak terdiri dari bentukkan lahan membulat seperti dalam serial anak-anak Teletubbies. Bukit Teletubbies ini memiliki kawasan yang segar dan hijau. Untuk masuk kawasan Bukit Teletubbies, anda akan dikenakan biaya Rp 10.000,- per mobil nya. Fasilitas di tempat wisata ini belum terlalu lengkap, namun sudah tersedia tempat pakir motor dan mobil.

7. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking
Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Nusa Penida, pemandangan alam di Pantai Kelingking bisa dinikmati melalui tebing dari ketinggian tertentu. Untuk masuk ke kawasan wisata ini anda diharuskan untuk menaiki tebing terlebih dahulu, namun dibalik lelah berjalan mendaki tebing, ketika tiba di puncak anda akan disuguhi berbagai pemandangan yang tidak ada duanya. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, tidak dikenakan biaya namun anda harus menyeberang laut dengan menyewa kapal.

8. Pura Paluang

Pura Paluang
Pura Paluang merupakan tempat wisata sejarah dan wisata religi yang bisa anda kunjungi di Nusa Penida. Untuk masuk ke kawasa wisata ini anda diharuskan untuk memakai ikat pinggang berupa kemben dan sunteng atau rambet. Menurut cerita warga setempat, pada malam hari warge pernah menedengar suara klakson mobil dengan kecepatan tinggi, sehingga terdapat mobil VW yang katanya telah beumur 300 tahun. Untuk masuk kawasan ini anda tidak akan dikenakan biaya.

9. Angel’s Billabong

Angels Billabong
Angel’s Billabong merupakan tempat wisata berupa muara sungai dengan pemandangan yang sangat indah, disini anda bisa melihat air sungai yang langsung menuju laut dari tebing dengan ketinggian tertentu. Muara sungai ini memiliki perairan yang sangat jernih dan arus yang tenang. Para wisatawan juga bisa berenang di tempat ini ketika gelombang air laut nya tidak besar. Harga tiket masuknya gratis dan tersedia fasilitas guest house bagi para wisatawan yang datang.

10. Gala-gala Underground House

Gala Gala Underground House
Sesuai dengan namanya, rumah dibawah tanah ini dibuat oleh manusia. Pada awalnya, rumah ini dibangun padatahun 1961 oleh Mangku Byasa, yaitu sorang petani dan pertapa. Ia membuat rumah dibawah tanah ini dengan menggunakan peralatan tradisional seperti linggis, batu kapur, dan lain-lain. Kini sebagai penghormatan atas kerja keras atas pencapaiannya di masa lalu, tempat ini dijadikan tempat wisata yang favorit di Nusa Penida. Harga masuk tempat wisata ini adalah Rp 20.000,- per orangnya.

11. Raja Lima

Raja Lima
Jika papua memiliki spot wisata yang bernama Raja Ampat, Nusa Penida juga memiliki spot wisata yang tak kalah indahnya berupa Raja Lima. Anda dapat melihat berbagai pemandangan pulau-pulau kecil yang tak berpenghuni. Fasilitas di Raja Lima sudah cukup lengkap ditambah dengan adanya fasilitas penunjang wisata berupa gardu pandang berbentuk rumah pohon. Untuk masuk ke kawasan ini anda hanya diharuskan membayar parkir.

12. Pantai Banah

Pantai Banah
Pantai Banah merupakan spot pantai dengan pemandangan yang indah, anda bisa melihat pemandangan tebing yang mencolok di tengah-tengah perairan laut. Tebing tersebut mempunyai keunikan berua lubang dengan tumbuhan hijau yang tumbuh diatas tebing nya. Untuk masuk ke kawasan Pantai Banah ini anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun, fasilitas nya pun sudah cukup memadai.

13. Pantai Andus

Pantai Andus
Pantai Andus dikenal juga sebagai Smoke Beach. Pantai ini memiliki karakteristik ombak yang besar sehingga disebut Smoke Beach, terkadang ombak yang menghantam tebing tersebut terlihat seperti asap. Pemandangan deburan ombak tersebut selalu menjadi hal yang unik bagi para wisatawan di Pantai Andus. Harga tiket masuk ke Pantai Andus adalah gratis dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

14. Mata Air Guyangan

Mata Air Guyangan
Mata Air Guyangan adalah mata air yang air nya sering digunakan warga untuk kebutuhan perairan. Mata air ini memiliki perairan yang jernih dan pemandangan yang sangat eksotis. Untuk masuk ke kawasan wisata ini anda diharuskan untuk menaiki tangga yang cukup banyak dengan ketinggian sekitar 450 meter. Sayangnya fasilitas wisata di tempat ini belum terlalu memadai, namun anda tidak akan dikenakan biaya masuk.