Tempat Wisata di Nagan Raya Kota Kelapa Sawit Paling Asik dan Seru

Diposting pada

Tempat Wisata di Nagan Raya – Ada banyak kabupaten di Aceh yang mengalami perkembangan cukup pesat, salah satunya adalah Kabupaten Nagan Raya. Wilayah ini sendiri awalnya berada di Kabupaten Aceh Barat, tetapi kemudian mengalami pemekaran dan akhirnya menjadi daerah otonom sendiri dengan ibu kota bernama Suka Makmue.

Hampir sama dengan beberapa wilayah Aceh yang lain, Nagan Raya juga punya kondisi alam yang mendukung dan subur, sehingga selain potensi pertanian yang maju, potensi wisatanya pun patut untuk terus dikembangkan.

Untuk saat ini, mungkin kamu hanya mengenal sedikit destinasi wisata di Nagan Raya, tetapi karena daerahnya berpotensi tinggi, tampaknya pemerintah terus berusaha mengembangkannya dan menciptakan obyek wisata lainnya. Apabila kamu penasaran dan ingin berkeliling di wilayah yang dikenal dengan komoditi kelapa sawitnya ini, berikut adalah beberapa lokasi wisata yang sangat direkomendasikan untukmu.

Tempat Wisata di Nagan Raya

Pegunungan Singgah Mata Beutong


Destinasi wisata paling terkenal dan umum di Nagan Raya adalah Gunung Singgah Mata. Letaknya ada di Kecamatan Beutong, Nagan Raya. Mulai dari kaki gunung sampai ke puncaknya, kamu akan menemukan banyak hal menarik dan istimewa. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 6000 Mdpl ini pun dijaga sangat dijaga oleh masyarakat sekitar.

Terutama para pendaki, yang dihimbau untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai syariat Islam dengan tidak merusak dan mengotori gunung. Menariknya, berjarak 1km dari kaki gunung, sudah menjadi wilayah hutan lindung sehingga para wisatawan diharapkan berhati-hati dan menjaga kelestarian lingkungan. Di gunung yang memiliki hutan sangat alami ini, kamu bisa melihat pemandangan Nagan Raya dari ketinggian.

Bendungan Irigasi Jeuram


Dari beberapa bendungan yang dibangun di Nagan Raya, Bendungan Irigasi Jeuram adalah yang paling terkenal, dan paling sering didatangi masyarakat untuk rekreasi. Selain dari fungsinya sebagai fasilitas irigasi persawahan Nagan Raya, bendungan ini juga dikenal sebagai tempat dengan pemandangan menakjubkan.

Biasanya lokasi di pintu bendungan adalah yang paling disukai wisatawan, sebab kamu akan melihat air yang mengalir dan terjun dari tingkat yang lebih tinggi ke bagian bendungan yang lebih rendah, mirip air terjun tetapi dengan panjang mencapai sekitar 50m.

Bendungan ini sendiri sudah dibangun sejak tahun 1991 sampai 1993, dan masih berfungsi sampai sekarang. Jika ingin berkunjung, langsung saja ke Kecamatan Beutong, Nagan Raya. Disebabkan tempat ini merupakan fasilitas umum, pengunjung yang datang sama sekali tidak dikenakan tarif, alias gratis.

Sungai Krueng Isep


Ke Nagan Raya rasanya kurang lengkap jika tidak ke Sungai Krueng Isep. Sungai yang masih asri dan alami ini, kerap dijadikan wahana rekreasi oleh masyarakat sekitar atau dari kota lain. Tidak heran jika fasilitas di lokasi wisata ini cukup lengkap, mulai dari toilet sampai mushola. Bahkan pedagang makanan pun mudah dijumpai. Bagi kamu yang membawa kendaraan pun terdapat tempat parkir yang memadai.

Selain berenang, kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah bermain kayak maupun arung jeram, sebab sungai Krueng Isep ini pun memiliki titik ekstrem untuk kegiatan tersebut. Namun, kamu harus membawa alat-alatnya sendiri karena belum ada penyewaan peralatan atau pemandu arus jeram. Jika ingin menikmati Sungai Krueng Isep, langsung saja ke Kecamatan Beutong di Nagan Raya, Aceh.

Masjid Gudang Buloh


Masjid Gudang Buloh memiliki nama asli Masjid Jamik Syaikhunna. Hanya saja, masyarakat sekitar lebih akrab dengan sebutan Masjid Gudang Buloh. Sejarahnya, lokasi yang dijadikan sebagai masjid dulunya merupakan tempat berdirinya gudang-gudang buloh, alias gudang yang terbuat dari bambu. Usai pembongkaran bangunan, Masjid Jamik Syikhunna pun didirikan.

Masjid ini pun sukses menjadi ikon tersendiri di Nagan Raya, sebab bukan hanya warga sekitar yang tampak ingin beribadah di sini, masyarakat dari kota lain pun kerap ke sini. Selain beribadah, biasanya juga untuk melepas nazar, mengaji Al-Quran dan lain-lain. Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin berwisata religi, coba datang ke masjid ini, letaknya di kampung Ujong Pasi, Kecamatan Kuala, Nagan Raya.

Pantai Seunagan


Nagan Raya juga memiliki pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Seunagan, yang berada di Gamping Kubang Gajah, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya. Pantai Seunagan memiliki daratan pasir yang luas. Meskipun pasirnya hitam, tetapi pantainya indah dan cocok untuk dijadikan lokasi bermain anak-anak sampai orang dewasa.

Pantai ini akan semakin ramai saat libur-libur hari besar, contohnya libur hari raya Idul Adha atau Idul Fitri. Pengunjungnya bisa sampai ribuan. Terlebih lagi pantai ini berada tepat di belakang Bandara Cut Nyak Dhien, sehingga bisa dijadikan lokasi pertama untuk dikunjungi ketika ke Nagan Raya.

Pantai Indah Naga Permai


Pantai Indah Naga Permai menjadi satu dari sekian pantai hits di Nagan Raya. Hal ini karena pantai ini memiliki pasir kecoklatan yang bersih, serta terdapat jejeran pohon cemara yang membuat suasana tidak terlalu panas, malah cenderung sejuk. Selain itu banyak pula pondok-pondok untuk wisatawan berteduh, serta memiliki halaman berumput yang cocok untuk lokasi bermain anak.

Fasilitas umum seperti toilet pun bisa kamu temukan di pantai ini. Selain itu, beberapa sudut juga terdapat fasilitas untuk foto-foto kekinian yang instagramable, cocok untuk kamu yang suka jepret-jepret. Lokasi pantai ini sendiri ada di Desa Suak Puntong, Kuala Pesisir, Nagan Raya. Dekat sekali dengan PLTU Nagan Raya.

Pantai Suak Dama


Meskipun tidak seterkenal Pantai Indah Naga Permai, tapi Pantai Suak Dama sangat patut untuk dikunjungi. Pantai ini masih sangat alami dan asri. Pepohonan di sudut-sudut pantai membuat suasana menjadi adem dan damai. Belum lagi kamu akan menemukan sungai di dekat pantai ini, sangat menarik. Untuk membuat pengunjung nyaman, di bawah pepohonan juga dibangun pondok-pondok supaya wisatawan bisa beristirahat. Apabila kamu penasaran, lokasi pantai ini ada di Gampong Babah Lueng, Kecamatan Tripa Makmur, Nagan Raya.

Danau Laut Tadu


Wisata yang satu ini juga perlu dikenalkan pada masyarakat luas. Danau Laut Tadu berada di Gampong Laut Tadu, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya. Suasana danau yang asri dan indah akan membuat kamu nyaman berada di sana.

Masjid Giok dan Pusat Perkantoran Suka Makmue


Nagan Raya memiliki komplek perkantoran pemerintahan yang diberi nama Pusat Perkantoran Suka Makmue. Letaknya ada di Suka Makmue, ibu kota Nagan Raya. Di perkomplekan ini tengah dibangun sebuah masjid bernama Masjid Baitul A’la, tetapi sebelum masjid ini benar-benar selesai pun, masyarakat sudah menjulukinya sebagai Masjid Giok. Hal ini karena pada bagian tertentu masjid, akan dipasangi giok yang menjadi ikon baru Nagan Raya usai ditemukannya giok seberat 20 ton.

Taman Ratu Balqis


Taman Ratu Balqis terkenal dengan tugunya yang berbentuk buah naga. Inilah mengapa taman ini juga sering disebut sebagai taman perkebunan buah naga, atau masyarakat sekitar suka menyebutnya sebagai boh naga. Letaknya ada di Nagan Raya, dan memang kerap dijadikan lokasi masyarakat untuk bermain, bersantai, atau sekadar melihat senja. Kamu juga bisa foto-foto di dekat tugu buah naga yang ikonik.