Tempat Wisata di Malaysia yang Sayang Bila Anda Lewatkan

Diposting pada

Merencanakan liburan ke suatu tempat setelah berpeluh dengan kerjaan atau tugas kuliah yang menumpuk memang merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Sebab hidup bukan hanya persoalan mencari uang dan ilmu, namun juga mencari kebahagiaan batin. Apabila Anda penat dan bosan dengan destinasi liburan di Indonesia, Anda bisa memilih untuk berkunjung ke negara tetangga seperti Malaysia.

Selain karena letaknya yang cukup dekat dengan Indonesia, Malaysia yang merupakan tempat hidup bunga Raflesia ini juga menyimpan berbagai destinasi wisata menarik yang dapat Anda kunjungi. Jika Anda belum memiliki rekomendasi apapun, maka berikut adalah beberapa tempat wisata di Malaysia yang sebaiknya Anda jelajahi.

1. Mulailah dengan Berwisata Gratis di Royal Selangor Visitor Center


Tips untuk berwisata di negara lain adalah Anda harus pandai-pandai dalam menemukan tempat wisata yang gratis untuk menghemat budget. Salah satu tempat wisata gratis di Malaysia bernama Royal Selangor Visitor Center. Anda bisa mengunjungi tempat ini yang berada di Jalan Usahawan 6, Setapak Jaya.

Apa yang bisa Anda dapatkan di sini adalah Anda bisa melihat bagaimana proses pembuatan kerajinan pewter hingga jadi dan berbagai pajangan pewter tentu saja. Mungkin kata pewter ini belum terlalu sering kita dengar. Jadi pewter adalah kerajinan seperti gelas atau guci yang dibuat dari campuran timah hitam dan putih.

Nah, Malaysia adalah satu dari banyak negara yang menjadi penghasil kerajinan pewter di dunia. Di Indonesia sendiri mungkin masih jarang ditemukan pewter seperti di Malaysia. Jadi kenapa harus tunggu lama? Yuk segera berangkat!

2. Jangan Lewatkan Kesempatan Untuk Sholat di Masjid Jamek


Setelah lelah berjalan-jalan di Royal Selangor Visitor Center, Anda bisa istirahat dan sholat di salah satu masjid yang fenomenal di Malaysia, yaitu Masjid Jamek. Masjid Jamek selalu menjadi destinasi wisata bagi para umat Muslim yang berada di Malaysia. Sebab masjid ini merupakan bangunan yang penuh dengan sejarah.

Terletak di pertemuan Sungai Klang dan Sungai Gombak yang menjadi asal muasal kota Kuala Lumpur, Masjid Jamek tidak pernah sepi oleh pengunjung yang ingin melihat langsung masjid kebanggaan orang Malaysia ini. Dibangun pada tahun 1909, masjid ini banyak dikagumi karena seni dalam bangunannya yang luar biasa.

Diketahui bahwa inspirasinya berasal dari bangunan Mogul, yaitu bagian utara India. Maka dari itu bisa dikatakan bahwa masjid yang menjadi Masjid Negara di tahun 1965 ini sungguh berbeda dengan masjid-masjid yang lain. Belum lagi letaknya yang sangat strategis di tengah kota Kuala Lumpur, membuat para pengunjung lebih mudah menjangkaunya.

3. Dapatkan Sejarah Lengkap Malaysia di Kuala Lumpur City Gallery


Puas berwisata religi di Masjid Jamek, Anda bisa melanjutkan petualangan selanjutnya ke Kuala Lumpur City Gallery. Di sini Anda akan disuguhkan berbagai macam informasi menarik terkait dengan sejarah Kuala Lumpur. Selain menambah pengetahuan baru, bagi Anda yang membawa keluarga tempat ini tentu sangat cocok sebagai pembelajaran.

Ketika masuk ke Kuala Lumpur City Gallery ini, Anda akan melihat beragam benda bersejarah yang berkaitan dengan perkembangan Kuala Lumpur pada masa-masa perjuangannya hingga proses yang dilewati hingga menjadi sebuah negara yang berpengaruh di Asia. Tentu saja berbagai potret perjalanan tersebut juga akan Anda dapatkan di sana.

Anda tidak perlu takut bosan ketika masuk ke sini. Tidak seperti kebanyakan museum yang menata isinya begitu saja, Gallery ini akan membuat Anda terkesima dengan berbagai potret yang diatur secara rapi dan menarik. Hal ini dilakukan untuk mematahkan stigma bahwa berlibur ke museum itu adalah hal yang membosankan.

4. Jangan Lupa Berfoto di Menara Kembar Petronas


Jika Indonesia memiliki Monas, maka Malaysia memiliki Menara Kembar Petronas yang sudah menjadi buah bibir di kalangan para pelancong. Menara ini terletak di tengah kota Kuala Lumpur, jadi Anda tidak akan sulit untuk menjangkaunya. Di dalam menara ini Anda bisa menemukan bangunan megah seperti mall yang memiliki gedung bioskop.

Selain sebagai mall, Menara Kembar Petronas Malaysia ini juga sering dikunjungi oleh orang-orang untuk masuk dan berfoto di atas menara. Disarankan untuk datang lebih pagi sebelum pukul 7 jika Anda malas mengantre. Tetapi jika Anda tidak bisa bangun pagi, Anda tetap bisa berfoto di malam hari dengan lautan cahaya yang memukau.

5. Menghabiskan Malam di The Golden Triangle


The Golden Triangle atau dikenal juga sebagai Bukit Bintang Walkway adalah sebuah tempat wisata di mana Anda bisa berwisata kuliner besama keluarga. Berlokasi di Jalan Alor, The Golden Triangle ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berjalan-jalan santai di Malaysia sambil mencuci mata.

Sebab jangan salah, selain sebagai tempat wisata kuliner, di The Golden Triangle juga bisa ditemukan banyak toko yang menjual barang-barang bermerk. Meskipun toko-toko di sana mematok harga yang cukup mahal untuk produknya, namun tidak jarang pula mereka memberikan diskon besar-besaran. Bila Anda beruntung, Anda akan menemukannya.

6. Mencoba Kudapan di Chinatown


Mungkin istilah Chinatown sudah sering Anda dengar sebelumnya. Di beberapa daerah di Indonesia juga memiliki Chinatownnya sendiri-sendiri. Namun jika Anda ingin mencoba mengunjungi Chinatown yang berbeda, datanglah ke Chinatown Malaysia ini. Berlokasi di Jalan Petaling, Anda bisa menghabiskan waktu dengan icip-cip beragam kudapan yang ditawarkan di Chinatown Malaysia ini.

Beragam kudapan seperti kacang dan cokelat tentu saja ada di sini. Selain untuk di icip-icip sendiri, Anda juga bisa membungkusnya sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di Indonesia. Selain kudapan, di Chinatown ini juga ada toko aksesoris dan souvenir yang bisa menjadi pilihan Anda dalam berbelanja.

7. Berkunjung ke Thean Hou Temple


Selain terkenal dengan nasi lemak yang enak dan penyanyinya yang bersuara merdu seperti Siti Nurhaliza, Malaysia juga dikenal denganThean Hou Templenya yang sangat indah. Kuil ini merupakan kuil tua di Kuala Lumpur. Meskipun begitu, animo pengunjung untuk masuk dan berfoto juga tidak kalah tinggi.

Jika Anda sudah lelah berfoto di dalam, maka Anda bisa mencari makanan di bagian basement kuil. Bagi Anda yang vegetarian, maka basement tersebut adalah surga. Pasalnya makanan di sana khusus untuk vegetarian. Selesai makan, Anda juga bisa melihat jejeran toko yang menawarkan beragam peralatan sembahyang dan berbagai souvenir menarik yang bisa Anda bawa pulang.

8. Bermandikan Cahaya di Lake Symphony


Apabila Anda pernah berkunjung ke Alun-Alun Magelang, maka Anda akan menemukan pertunjukan yang sama di Lake Symphony ini. Bedanya, Anda sedang berada di Malaysia yang sebagian masyarakatnya senang dengan lagu-lagu melayu.

Lake Syphony adalah sebuah tempat yang bisa Anda datangi ketika petang atau malam hari. Sebab di tempat ini menyajikan atraksi air mancur dengan berbagai warna yang bergerak sesuai dengan irama lagu yang diputarkan. Menatap air yang seakan-akan bergoyang tersebut akan membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks.

Udara yang sejuk akan menemani Anda menyaksikan atraksi tersebut. Jika Anda datang lebih cepat, maka Anda bisa mendapatkan tempat duduk paling depan. Tontonan Anda juga akan semakin jelas dan nyaman.

Jadi itulah tadi berbagai tempat wisata di Malaysia yang bisa Anda masukkan ke dalam list jalan-jalan Anda di Negeri Jiran ini. Jangan khawatir kehabisan uang, sebab ada banyak sekali tempat-tempat yang bisa Anda datangi untuk sekadar berfoto tanpa mengeluarkan sepeser pun. Mari berkemas, liburan menunggu!