Pantai Losari Makasar

Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Kamu Jelajahi

Diposting pada

Tempat Wisata di Makassar – Kota Makassar merupakan salah satu kota yang cukup ramai di kunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun internasional. Berbagai potensi pariwisata berhasil di kembangkan di kota Daeng ini. selain terkenal dengan pariwisatanya, kota Makassar juga cukup terkenal dengan berbagai penganan khas seperti pisang epe, coto Makassar, konro dan lain sebagainya.

Meskipun banyak wisatawan yang mengenal Makassar dengan pantai loasarinya, namun jika di telisik lebih dalam, Kota Makassar juga memiliki banyak tempat wisata yang tak bisa dipandang sebelah mata. Saat berkunjung ke kota Makassar jangan lupa singgah terlebih dahulu ke beberapa tempat wisata yang cukup terkenal di kota Daeng ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Makassar

Selain pantai losari, kota Makassar masih memiliki banyak tempat wisata yang cukup bisa diandalkan, selain wisata alam juga masih tersedia wisata buatan yang wajib untuk anda kunjungi saat berada di kota ini. Berikut beberapa tempat wisata yang cukup populer di Makassar.

1. Benteng Rotterdam
Benteng Rotterdam Makasar
Objek wisata pertama yang bisa anda kunjungi saat berada di kota Makassar adalah Benteng Rotterdam yang berlokasi di Jln. Ujung Panang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar. Di sini para pengunjung melihat beberapa peninggalan kerajaan gowa tallo. Benteng ini dulunya di bangun oleh raja gowa yang ke-9 pada tahun 1545. Namun pada masa penjajahan belanda, benteng tersebut diserahkan kepada Belanda kemudian berganti nama dengan Fort rotterdam.

Pada waktu pertama kali di bangun, benteng ini hanya berbahan tanah liat. Seiring berkembangnya waktu, benteng tersebut kemudian di renovasi dan diganti dengan batu padas. Untuk dapat melihat berbagai peninggalan kerajaan gowa, para pengunjung tidak dikenakan tarif masuk.

2. Pantai Losari
Pantai Losari Makasar
Bagi sebagai besar masyarakat tentu sudah tak asing lagi dengan pantai yang satu ini bukan? Ya Pantai losari yang hanya ada di Makassar memang cukup terkenal bahkan hingga mancanegara, pantai ini berlokasi di sebelah barat kota Makassar. Pantai ini digadang-gadang menjadi icon kita Makassar yang cukup populer. Pantai losari cukup terkenal dengan keindahan sunsetnya, maka tak heran jika setiap hari pantai ini tak pernah sepi di kunjungi oleh para wisatawan.

Dengan banyaknya wisatawan yang datang ke pantai ini, tentu membawa berkah tersendiri bagi para pedangang, maka di buatkan warung-warung tenda pinggir pantai yang berjajar rapi sekitar 1 Km. Di sekitar pantai terdapat beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan seperti toilet, mushola, wifi gratis dan lain sebagainya. Untuk menikmati keindahan pantai losari para pengunjung tidak di pungut biaya sepeser pun.

3. Taman Laut Taka Bonerate
Taman Laut Taka Bonerate Makasar
Taman laut taka bonerate merupakan sebuah taman laut yang berlokasi di kepulauan selayar, sulawesi selatan. Meskipun lokasi taman laut ini terbilang cukup jauh dari pusat kota namun tak menyurutkan niat para wisatawan untuk datang menikmati keindahan taman bawah laut yang cukup terkenal tersebut. dulunya takabonerate merupakan sebuah gunung api yang meletus, kemudian sisa-sisa letusan tersebut mengendap di laut dengan kedalaman sekitar 2000 meter lalu terbentuklah terumbu karang.

Di takabonerate terdapat sekitar 244 jenis moluska seperti lala, batulaga dan nautilus berongga. Selain moluska terdapat juga 295 jenis ikan karang beraneka warna hidup dengan damai di takabonerate, selain habitat yang baik berbagai jenis ikan dan moluska terdapat pula rumah untuk biota penyu di takabonerate. Untuk bisa menikmati keindahan bawah laut taman takabonerate para pengunjung bisa datang menggunakan pesawat terbang ataupun dengan bus.

4. Trans Studio Makassar
Trans Studio Makasar
Satu lagi tempat wisata yang patut untuk anda kunjungi bersama keluarga saat berada di Makassar adalah trans studio Makassar yang berlokasi di Jln. H.M Dg. Patompo-Metro Tanjung Bunga, Makassar. Di sini para pengunjung bebas menikmati beberapa wahana permainan yang telah disediakan, terdapat kurang lebih 21 permainan yang bisa di coba seluruh anggota keluarga. untuk harga tiket yang ditawarkan pada hari biasa adalah Rp.100.000 sedangkan pada hari libur atau akhir pekan Rp.150.000. dengan harga tiket tersebut para pengunjng bisa menikmati sekitar 15 wahana permainan dan ditambah dengan 6 wahana utama yang ada di trans studio Makassar.

5. Danau Tempe
Danau Tempe Makasar
Danau tempe merupakan salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Makassar, objek wisata ini berlokasi di kelurahan laelo, kecamatan Tempe, kabupaten wajo, sulwesi selatan. Danau tempe merupakan salah satu danau purba yang terbentuk akibat proses geologis. Danau ini terhubung dengan danau lainnya yakni danau taparang lapompaka, danau diendreng dan danau labulang.

Untuk mencapai bagian tengah danau anda akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 35 menit, ditengah danau terdapat banyak tanaman enceng gondok sehingga menyerupai pulau bergerak. Jika anda berminat untuk menyeberang ke tengah danau, sebaiknya menyewa perahu dengan tarif sebesar Rp.100.000 sedangkan untuk para wisatawan asing akan dikenakan tarif sebesar Rp.150.000. bila hendak menginap untuk bisa melihat sunrise anda akan dikenakan biaya penginapan sebesar Rp.250.000/malam.

6. Pantai Tanjung Bira Bulukumba
Pantai Tanjung Biru Makasar
Singgah di kota Makassar tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi salah satu objek wisata pantai yang cukup terkenal yakni pantai Tanjung bira bulukumba, selain pantai losari, Makassar juga memiliki pantai yang cukup indah dengan air laut yang berwarna biru. Objek wisata ini berlokasi di kabupaten bulukumba sekitar 200km dari pusat kota Makassar, bahkan pantai ini lebih dekat dengan pulau papua.

Keindahan pantai tanjung biru memang tak terbantahkan lagi, mulai dari pasir putih yang terhampar luas di sepanjang pantai ditambah dengan birunya air laut yang membuat siapa saja yang memandang akan merasa takjub. Terlebih jika anda berada di sore hari pesona sunset yang begitu cantik menambah eksotisme pantai tersebut.

bila menginginkan untuk berkeliling pantai dengan menggunakan perahu, para wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp. 300.000/perahu. Dalam setiap perahu bisa di isi oleh beberapa orang atau rombongan. Untuk tiket masuk kawasan pantai para wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp.10.000/orang. Dan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp.20.000/orang.

7. Pantai Akkarena
Pantai Akkadana
Pantai akkarena merupakan salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Makassar, objek wisata ini berlokasi di pusat kota Makassar, sulawesi selatan. Karena lokasinya yang berada di kota, memungkinkan semua orang untuk menjangkau pantai tersebut. pantai akkarena kini difungsikan sebagai tempat rekreasi yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. di pantai ini, anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Di sekitar pantai akkarena terdapat berbagai fasilitas yang bisa anda gunakan seperti cafe, wahana permainan air, arena MPV, taman bermain untuk anak-anak, restoran, masjid,hotel dan lounge. Untuk tiket masuk ke pantai ini para wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000/orang dan untuk anak-anak yang masih dibawah umur tidak dikenakan biaya masuk, sedangkan untuk tarif parkir kendaraan seebsar Rp.5000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp.10.000 untuk kendaraan roda 4.