Tempat Wisata di Madiun, Kota Brem yang Menyimpan Destinasi yang Indah

Diposting pada

Tempat Wisata di Madiun – Madiun merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak julukan, mulai dari Kota Kereta Api, Kota Gadis, dan yang paling terkenal adalah Kota Brem. Namun, julukan Kota Kereta Api juga sangat cocok untuk Madiun karena memiliki pusat INKA atau Industri Kereta Api yang banyak dipakai oleh negara lain, seperti Bangladesh, Australia, Thailand, Filipina, Malaysia, serta Pakistan.

Tempat Wisata di Madiun

Dari sekian banyaknya julukan-julukan tersebut, Madiun tidak kalah terkenalnya dengan destinasi-destinasi wisata yang keren dan indah. Kalau Anda baru pertama kali datang ke Madiun, lihat saja beberapa referensi tempat liburan di bawah ini yang tidak kalah serunya dari tempat lain.

1. Air Terjun Krecekan Denu

Kalau Anda sedang mencari destinasi wisata di luar pusat kota Madiun, Air Terjun Krecekan Denu bisa menjadi jawabannya. Lokasi air terjun ini berada di Dusun Gilingan, tepatnya di Desa Kepel, Kare, Madiun.

Namun, bagi Anda yang ingin berkunjung ke air terjun ini harus bersiap-siap dengan perjalanan yang cukup sulit untuk mencapai titik air terjunnya. Setelah sampai di pintu masuk dan memparkirkan kendaraan, Anda diharuskan berjalan kaki sekitar 15 menit. Belum lagi, selama perjalanan tersebut Anda akan mendapatkan jalur-jalur yang cukup ekstrim.

Tapi, begitu sampai di titik air terjunnya, pemandangan dan suasananya pastinya tidak akan mengecewakan Anda. Untuk tiket masuknya, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 2.000 saja, sedangkan biaya parkirnya Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

2. Air Terjun Seweru

Masih berada di Desa Kare, Anda juga bisa sekaligus berkunjung ke Air Terjun Seweru yang tepatnya di Dusun Seweru, lereng Gunung Wilis. Ait terjun ini juga dikenal sebagai destinasi wisata alam yang indah, sehingga tidak heran tempat ini memiliki banyak nama, seperti Air Terjun Serondo serta Air Terjun Kedung Malam.

Untuk menarik minat wisatawan, pengelola setempat membuatkan kolam di bagian bawahnya, sehingga siapapun bisa bermain-main air ataupun berenang. Namun, untuk menikmati pemandangan dan fasilitas di lokasi air terjunnya, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu dari tempat parkir sejauh 1 km.

Kalau membicarakan biaya masuknya, cukup membayar Rp 2.000 saja. Tapi, di saat-saat tertentu, pengunjung tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

3. Wisata alam Agape Madiun

Jika Anda tidak ingin ke air terjun, mungkin Anda bisa mencoba aktivitas menantang di Agape Madiun. Wisata alam yang berada di Desa Kresek, Wungu, Madiun ini memiliki banyak aktivitas ekstrim yang cukup menantang adrenalin Anda.

Di tempat ini, pengunjung bisa bersepeda melewati hutan-hutan, lintas alam, bahkan panjat tebing. Tapi, kalau Anda sudah lelah beraktivitas atau hanya sekedar menginap saja, di sini juga disediakan tempat perkemahan yang luas. Anda bisa menyewa tenda atau membawanya sendiri.

Tiket masuk ke tempat wisata ini sangat murah, yaitu hanya Rp 1.000 saja. Namun, Anda harus membayar lagi untuk masing-masing aktivitas yang Anda pilih.

4. Gunung Kendil

Selain menikmati air terjun, wisatawan yang datang ke Madiun juga bisa menikmati keindahan gunungnya, seperti di Gunung Kendil yang berlokasi di Pilangrejo, Wungu. Selain melihat indahnya pemandangan alam dari atas gunung, Anda juga bisa menikmati wahana-wahana yang tersedia di sini.

Wahana-wahana tersebut ada kolam pemancingan, arena balap motor maupun mobil. Pengunjung pun juga bisa berkemah di tempat yang sudah disediakan dan harganya pun sangat terjangkau. Tapi jangan lupa, coba juga gazebonya dengan latar belakang pemandangan indah yang membentang luas.

Kalau Anda penasaran, datang saja ke Gunung Kendil yang setiap hari dibuka dari pukul 8 pagi sampai 5 sore. Tiket masuknya? Gratis. Tapi Anda masih tetap harus membayar sesuai dengan wahana yang Anda pilih, ya.

5. Brumbun Tubing Adventure

Jika Anda ingin mencoba pengalaman adrenalin yang menyenangkan, datangi saja Brumbun Tubing Adventure yang berada di Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Madiun. Sebagai salah satu tempat wisata baru di madiun, ternyata anak-anak muda banyak yang meminatinya, sehingga hampir setiap hari tidak pernah sepi pengunjung.

Di sini, Anda akan diajak melakukan arung jeram di sungai yang aliran airnya cukup deras dari lereng Gunung Wilis. Selain bisa bermain-main arung jeram, Anda juga bisa menikmati sejuknya hawa pedesaan dan asrinya pemandangan alamnya. Tempat wisata ini dibuka setiap hari, namun hanya pada kondisi cerah saja. Jadi saat sedang musim hujan, tidak bisa setiap hari dibuka.

Untuk jam bukanya dari pukul 8 pagi sampai 4 sore, sedangkan biaya tiketnya sebesar Rp 15.000 saja.

6. Tirtonirmolo Madiun

Berbeda kalau Anda ingin bermain-main di tempat yang tenang, Anda bisa mengunjugi Waterpark Tirtonirmolo Madiun yang berlokasi di Jl. Raya Ngawi Km 7, Tempuran, Madiun. Di waterpark ini, Anda bisa menikmati berbagai wahana air yang sudah disediakan, seperti seluncuran serta kolam renang dewasa.

Pengunjung yang membawa anak-anak pun tidak perlu khawatir karena mereka bisa bermain di kolam air mancur, berenang di kolam anak-anak, dan masih banyak lagi. Untuk harga masuknya, pada weekdays dikenakan biaya Rp 12.500 dan weekends maupun libur nasional Rp 15.000.

7. Air Terjun Kucur

Siapa sangka Madiun terkenal dengan air terjunnya, salah satunya Air Terjun Kucur. Wisata alam ini berada di Dusun Pucang Sawit, tepatnya di Desa Padas, Kecamatan Dagangan, Madiun. Kalau biasanya air terjun terjadi secara alami, di sini air terjunnya termasuk yang buatan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kekeringan di daerah sekitar Dusun Pucang Sawit.

Meskipun hanya buatan saja, ternyata Air Terjun Kucur ini masih tetap memiliki pemandangan yang indah, begitu pula dengan bentuk air terjunnya di mana terdapat 4 lapis dengan ketinggian yang masing-masing berbeda. Untuk masuknya, tempat wisata alam ini masih gratis.

8. Air Terjun Banyulawe Dong

Kalau sebelumnya Anda ke Air Terjun Krecekan Denu, jangan lupa singgah di Air Terjun Banyulawe Dong karena lokasinya berdekatan, yaitu di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Madiun. Sama seperti Air Terjun Krecekan Denu, Anda pun tidak akan mudah mencapai titik air terjunnya.

Tapi tenang saja, dengan jalurnya yang asri, Anda tidak akan mudah merasa lelah dan tetap santai saat berjalan. Untuk masuk ke sini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya masuknya karena masih gratis.

9. Hutan Pinus Nongko Ijo

Kalau di Bandung dan Yogya memiliki tempat wisata hutan pinus, di Madiun pun juga begitu yang dikenal dengan Hutan Pinus Nongko Ijo yang berlokasi di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun. Sama seperti hutan pinus lainnya, di sini Anda juga bisa menikmati sejuknya udara hutan dan pemandangan pohon-pohon pinus yang rindang.

Untuk tiket masuknya, sampai saat ini masih gratis, sedangkan jam operasionalnya setiap hari buka dari pukul 6 pagi sampai 6 malam.

10. Situs Nglambangan

Kalau membicarakan wisata sejarah Kota Madiun, terdapat Situs Nglambangan yang letaknya di Desa Nglambangan, Wungu, Madiun. Di tempat ini, Anda bisa melihat berbagai macam benda bersejarah, misalnya saja watu dakon, Pura Lembangsari, Lumbung Selayur, serta punden lambing kuning.

Selain dijadikan tempat bersejarah, situs ini juga dipakai untuk upacara adat tertentu, yang biasanya dipakai pada saat tanggal 1 suro. Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Kerajaan Majapahit di Madiun, kunjungi saja situs ini yang dibuka setiap hari dengan biaya tiketnya yang gratis.