Tempat Wisata di Lombok Dekat Bandara

Diposting pada

Berlibur merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. apalagi bila anda merupakan salah satu orang yang memiliki kegiatan paling sibuk di dunia. Melakukan perjalanan untuk berlibur bisa digunakan sebagai sarana refreshing agar tidak jenuh melakukan pekerjaan lain yang harus diselesaikan. Ada banyak sekali pilihan liburan yang bisa anda lakukan. Mulai dari berlibur dengan mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitar tempat tinggal ataupun mengunjungi tempat wisata di daerah lain. Bila anda ingin mencoba suasana baru, ada baiknya bagi anda untuk meluangkan waktu sejenak dengan mengunjungi tempat wisata yang jauh dari rumah anda.

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Itulah keuntungan bagi anda yang tinggal di dalamnya. Kekayaan alam yang bisa dijadikan tempat wisata tersebar dari sabang hingga merauke. Salah satu daerah yang banyak mendapat sorotan karena keindahan alam yang dipunya adalah Pulau Lombok. Pulau ini memiliki harta karun yang bisa anda gunakan untuk dijadikan tempat wisata. bila anda mengunjungi Lombok menggunakan pesawat, di bawah ini ada beberapa tempat wisata di lombok dekat bandara yang wajib anda coba.

1. Desa Sade


Bila anda ingin merasakan kehidupan masyarakat Suku Sasak yang sebenarnya, anda wajib mengunjungi Desa Sade di Lombok. Desa ini masih menyimpan kekayaan nusantara karena kebudayaan yang masih dijaga hingga sekarang. Desa ini belum banyak terkena dampak teknologi sehingga semua kegiatan yang berlangsung di desa ini sangat menggunakan cara-cara konservatif. Semua itu dilakukan masyarakat setempat untuk menjaga atau melestarikan kebudayaan.

Dengan mengunjungi desa ini, anda bisa mengetahui bagaimana kehidupan masyarakat suku sasak yang sudah ada sejak 600 tahun yang lalu. Para lelaki di desa ini mencari pendapatan dengan cara bertani. Sedangkan para wanita mencari pendapatan dengan cara mengolah kain tenun. Semua proses pengolahan dari awal hingga akhir dilakukan secara mandiri dengan cara konvensional. Semua wanita dalam desa ini diwajibkan untuk mengetahui dan memahami cara atau proses menenun.

Bagi anda yang ingin mengunjungi desa ini, anda juga diperbolehkan untuk mencoba cara menenun langsung dari warganya. Selain itu, anda juga diperbolehkan untuk memasuki rumah penduduk untuk mengetahui bagaimana desain interior yang masih dijaga hingga sekarang. Desa Sade menjadi salah satu destinasi andalan yang ditawarkan oleh pemerintah NTB dan agen wisata yang menyediakan jasa perjalanan. Desa Sade terletak tidak jauh dari bandara, yaitu sekitar 9 km atau 15 menit perjalanan. Bila anda beruntung, anda akan menemukan kebudayaan lain yang dipertontonkan seperti seni tari dan lain sebagainya.

2. Desa Sukarare


Keindahan kain khas Pulau Lombok sudah sangat terkenal, bahkan sampai ke kancah internasional. Anda bisa membuktikan hal tersebut dengan mengunjungi Desa Sukarare. Desa ini terkenal karena keindahan kain songket yang dibuat secara mandiri oleh para pengrajin. Berbeda dengan pembuat kain yang ada di kota, perajin kain songket dari desa ini masih menggunakan peralatan asli daerah tersebut dengan ornamen yang lebih rumit. Pengolahan kain yang akan dijual memerlukan waktu lebih kurang 1 bulan.

Bila anda mengunjungi Desa Sukarare, anda diperbolehkan untuk melihat atau mungkin mencoba secara langsung bagaimana cara membuat kain songket. Di desa ini, anda juga akan mendapat fasilitas berupa mencoba kain songket secara langsung dan melakukan sesi foto di tempat yang sudah disediakan, yaitu rumah adat Desa Sukarare. Fasilitas ini tentu saja sangat menyenangkan untuk dilakukan, apalagi semua itu bisa anda lakukan dengan tidak membayar uang sepeser pun alias gratis. Di ujung perjalanan, anda bisa melakukan pembelian kain songket yang bisa anda jadikan oleh di toko oleh-oleh yang tersedia.

3. Bukit merese


Bila anda ingin melakukan perjalanan wisata di alam untuk mencari kesegaran, Bukit Merese adalah jawabannya. Bukit ini terletak sekitar 15 km dari bandara. Berlokasi di tepi pantai, Bukit Merese mampu menghadirkan panorama yang tidak akan anda sesali kehadirannya. Di bukit ini, hamparan rumput hijau bisa anda jadikan tempat untuk melakukan refreshing. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini untuk melakukan olah raga yoga. Selain itu, Bukit merese juga menawarkan keindahan sunset yang sayang bila anda lewatkan.

4. Pantai Tanjung Aan


Pantai merupakan destinasi yang tepat bila anda ingin merasakan kembali menyatu dengan alam. di Pulau Lombok, terdapat pantai cantik yang bisa ditempuh hanya dengan melakukan perjalanan darat selama kurang lebih setengah jam. Pantai Tanjung Aan merupakan destinasi wisata berikutnya yang layak untuk dicoba. Hal unik yang ditawarkan pantai ini adalah dua jenis pasir yang dipisahkan oleh bukit bebatuan. Di salah satu bagian, pasir pantainya memiliki tekstur yang lebih kasar seperti merica, sedangkan di bagian yang lain, pasir pantainya memiliki tekstur yang lebih lembut layaknya tepung.

Bila anda mengunjungi tempat wisata ini, jangan heran bila banyak anak kecil yang berkeliaran menawarkan jasa untuk memotret anda. Hal tersebut dilakukan agar anak-anak tersebut bisa mendapat uang jajan tambahan. Mereka tidak akan memato harga tertentu alias nominal uang yang mereka terima dibebaskan dari wisatawan. Bila wisatawan yang berkunjung merasakan haus dan ingin memakan sesuatu, anda bisa dengan mudah mengunjungi warung-warung kecil yang tersedia.

5. Batu payung


Bila anda mengunjungi Pantai Tanjung Aan, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu untuk menuju Batu Payung. Tempat wisata ini menawarkan keindahan batu yang terbentuk secara alami dan berbentuk seperti payung. Bila anda ingin menangkap banyak momen atau memotret hal unik, tempat wisata sepertinya tetap wajib untuk anda coba.

6. Pantai Selong Belanak


Pantai lain yang layak dikunjungi ketika berada di Pulau Lombok adalah pantai selong belanak. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal ataupun mancanegara karena sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat belajar surfing. Pantai ini memiliki ombak yang tidak begitu bergelombang dan lautnya pun tidak terlalu dalam. Bila anda ingin mencoba belajar surfing, anda bisa membayar uang sebesar 150 ribu rupiah untuk belajar surfing selama 2 jam.

Selain surfing, anda juga bisa menikmati panorama yang ada dengan menggunakan kursi malas yang telah disediakan oleh pemilik warung. Pantai ini juga sangat cocok dikunjungi dengan keluarga anda karena anak-anak bisa bebas bermain sepuasnya. Pantai ini berjarak kurang lebih 20 km dari bandara. Bila anda melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda empat, waktu yang dibutuhkan biasanya sekitar 35 menit.

Itulah beberapa tempat wisata di Pulau Lombok dekat bandara yang bisa anda kunjungi. Bila anda memang merencanakan untuk berlibur, ada baiknya untuk menyiapkan semua kebutuhan yang sekiranya diperlukan agar tidak terlalu repot ketika sudah berada di lokasi wisata. bila anda tidak ingin mengatur perjalanan anda sendiri, anda bisa meminta bantuan agen wisata untuk menyiapkan rencana perjalanan anda.