Tempat Wisata di Kuningan, Jawa Barat yang Menarik untuk Dikunjungi

Diposting pada

Mengunjungi berbagai tempat atau biasa disebut dengan berwisata merupakan sarana yang digunakan orang-orang untuk melepas penat. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan ketika seseorang mendapat hari libur dari tugas yang dikerjakan sehari. Bila anak sekolah, berwisata biasanya dilakukan ketika hari libur nasional atau ketika liburan semester.

Begitu pula yang dilakukan oleh orang-orang yang telah memiliki kewajiban untuk mencari uang. Berwisata menjadi salah satu hal yang harus dilakukan agar pikiran tidak terlalu penat dan stres bisa hilang. Berwisata bisa dilakukan di mana saja. Apalagi kita sebagai penduduk Indonesia sangat diuntungkan dengan keadaan geografisnya.

Indonesia merupakan negara kepulauan. Hal tersebut melatarbelakangi banyaknya tempat wisata alam yang bisa dikunjungi. Selain menjadi sarana refreshing, berwisata juga bisa digunakan untuk menambah pengalaman. Kegiatan berwisata semakin meningkat juga disebabkan oleh perkembangan teknologi.

Teknologi sekarang ini memungkinkan orang-orang untuk membagikan kegiatan sehari-harinya di media sosial. Media sosial menyebabkan banyak orang yang menjadikan berwisata sebagai kebutuhan. Berbagai macam unggahan dipajang di media sosial agar banyak orang tertarik dengan unggahan tersebut.

Hal menarik dari keberadaan media sosial adalah, berwisata juga bisa digunakan sebagai lahan mencari penghasilan. Banyak sekali orang-orang yang memilih menjadi seorang pengulas tempat wisata agar mendapat bayaran. Hal itulah yang menjadikan kegiatan berwisata semakin berkembang.

Kembali membahas daerah Indonesia yang beragam, salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki potensi wisata yang baik adalah Jawa Barat. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di sana, salah satunya yang ada di daerah Kuningan. Berikut ini daftar tempat wisata yang bisa didatangi ketika berada di Jawa Barat.

Tempat Wisata di Kuningan

1. Bukit Panembongan


Bila kalian ingin menikmati suasana sejuk yang nyaman, Bukit Panembongan adalah jawaban. Di bukit ini, kalian bisa menikmati keindahan kota Kuningan dari ketinggian. Foto apik bisa didapatkan dan bisa langsung diunggah di media sosial. Selain menikmati pemandangan yang indah, kalian juga bisa menjajal berbagai macam jenis permainan outbound di Bukit Panembongan. Hal seru lain yang juga bisa dilakukan di sini adalah melakukan camping. Bukit Panembongan terletak di Kecamatan Garawangi, tepatnya di Tembong, Kadatuan. Harga tiket masuk yang harus dibayar hanya sebesar lima ribu rupiah per orang. Sangat terjangkau bukan?

2. Kebun Raya Kuningan


Mata kalian akan kembali dimanjakan dengan keindahan yang disuguhkan oleh Kebun Raya Kuningan. Kebun raya ini memiliki berbagai macam jenis koleksi tumbuhan yang berasal dari dalam atau pun luar negeri. Terdapat beberapa zona yang bisa dilihat dalam kebun raya ini, seperti zona buah-buahan, zona tumbuhan lokal dan zona tumbuhan luar negeri.

Kebun Raya Kuningan berada di Padaherang, Kecamatan Sindangwangi. Namun, kebun raya ini tidak buka selama 24 jam, kalian bisa mengunjungi Kebun Raya Kuning di antara pukul delapan pagi hingga setengah lima sore. Harga tiket masuk yang harus dikeluarkan berbeda, tergantung dari kendaraan yang dibawa, yaitu motor sebesar 10 ribu rupiah dan mobil 20 ribu rupiah.

3. Taman Kreasi Salsabila


Taman rekreasi ini sangat tepat bila dikunjungi bersama dengan keluarga. Hal tersebut dikarenakan berbagai fasilitas yang ada, yaitu kolam renang beserta seluncurannya, tempat makan dan berbagai macam spot foto. Hal uni yang disuguhkan adalah adanya bungalow dengan konsep eropa yang sangat apik sebagai latar foto. Harga yang harus dibayar untuk menikmati itu semua sangatlah terjangkau, yaitu sembilan ribu rupiah untuk orang dewasa, dan lima ribu rupiah untuk anak-anak. Taman Rekreasi Salsabila berada di kecamatan Cigandamekar dan beroperasi pukul 08.00 – 21.00 WIB.

4. Curug Putri Palutungan


Bermain air di alam terbuka merupakan kegiatan yang sangat seru untuk dilakukan. Hal tersebut bisa kalian temukan di Curug Putri Palutungan. Jernih dan segarnya air mengalir akan menghilangkan segala penat yang ada. selain itu, pemandangan alam di sekitar juga akan menambah keindahan yang dimiliki. Curug ini berada di Kecamatan Cigugur dan hanya diperlukan uang tujuh ribu rupiah per orang untuk menikmati semua keindahannya.

5. Kolam Terapi Ikan


Kolam terapi ikan yang berada di Kecamatan Cigugur adalah tempat wisata yang bisa digunakan sebagai tempat refleksi badan dan pikiran. Pasalnya, di tempat rekreasi ini pengunjung bisa merasakan sensasi pijatan ikan kecil. Selain itu, pemandangan alam yang menakjubkan juga akan menemani waktu liburan. Kolam terapi ikan ini buka pukul 09.00 – 17.00 WIB. harga tiket masuk yang harus dibayar cukup terjangkau, yaitu 10 ribu rupiah per orang. Sangat tepat untuk dikunjungi bersama keluarga, kan?

6. Paseban Tri Panca Tunggal


Masih di Kecamatan Cigugur, ada satu tempat wisata yang bisa digunakan sekaligus sebagai tempat belajar sejarah. Paseban Tri Panca Tunggal adalah museum yang juga merangkap sebagai cagar budaya. Selain museum, di samping bangunan utama terdapat pendopo yang berisi banyak payung sehingga menambah keunikan yang dimiliki. Di Paseban Tri Panca Tunggal juga terdapat patung garuda yang dengan gagah mengembangkan sayapnya. Pengunjung bisa datang saat jam operasioanal, yaitu 09.00 – 17.00 WIB dengan tidak membayar tiket masuk sepeser pun.

7. Taman Purbakala Cipari


Tempat wisata bersejarah lain yang ada di Kecamatan Cigugur adalah Taman Purbakala Cipari. Taman purbakala ini menyimpan banyak barang peninggalan sejarah sejak zaman manusia purba hingga zaman penajajahan. Ada banyak ditemukan alat-alat yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti gerabah dan barang lain. Pengunjung tidak perlu membayar biaya apapun untuk bisa masuk. Namun, Taman Purbakala Cipari hanya bisa dikunjungi tiap Senin – Jumat tiap pukul 08.00 – 15.00 WIB, sedangkan Sabtu – Minggu libur.

8. Hutan Kota Mayasih


Hutan Kota Mayasih menjadi salah satu tempat wisata sederhana yang bisa langsung dikunjungi ketika penat menerpa. Hal unik yang bisa didapat dari tempat wisata yang berada di Jalan Lumbu, Kecamatan Cigugur ini adalah pemandangannya yang indah. Selain itu, adanya batu alam menambah keeksotisan Hutan Kota Mayasari. Pengunjung cukup membayar lima ribu rupiah untuk menikmati keindahan pemandangan alam.

9. Waduk Darma


Dikisahkan pada masa penjajahan Belanda, ada lebih dari 5 desa ditenggelamkan untuk membangun Waduk Darma. Pengorbanan tersebut sekarang dijadikan tempat wisata yang bisa dinikmati. Selain keindahan waduknya, pengunjung bisa berkeliling danau menggunakan perahu yang disewakan oleh orang setempat. Beberapa ikan tawar yang dimiliki nelayan juga bisa dinikmati sebagai hiburan. Hal unik yang dijadikan daya tarik Waduk Darma adalah ketika musim kemarau, air di waduk akan sedikit surut sehingga bisa terlihat keadaan desa yang dulu sudah ditenggelamkan.

10. Telaga Remis


Jika ingin menikmati keindahan dan asrinya pohon pinus yang mengelilingi telaga, Telaga Remis adalah jawabannya. Pengunjungan bisa menikmati kesunyian yang menenangkan dengan mendatangi telaga ini. Telaga Remis diangkat menjadi nama karena banyaknya kerang kuning (remis) yang berada di dasar telaga. Kegemaran memancing juga bisa dilakukan di telaga yang tidak dibutuhkan biaya tiket untuk bisa masuk.

Beberapa tempat wisata di Kabupaten Kuningan yang telah dijelaskan di atas hendaknya terus dilestarikan dengan menjaga lingkungannya agar tetap bersih sehingga terasa selalu nyaman.