Tempat Wisata di Kota Palu yang Layak untuk Kamu Tahu

Diposting pada

Melakukan perjalanan wisata adalah suatu hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. selama melakukan perjalanan, anda bisa menemukan banyak hal yang mungkin selama ini terlewat untuk anda nikmati. Melakukan kegiatan wisata juga bisa dijadikan suatu cara untuk mencari kembali udara segar setelah banyak melakukan pekerjaan sehari-hari. kegiatan yang menumpuk untuk dikerjakan sedikit demi sedikit bisa teratasi bila pikiran dan kondisi badan dalam keadaan segar. Melakukan perjalanan wisata bisa menjadi salah satu hal yang menyenangkan, apalagi bila dilakukan dengan orang-orang terdekat yang bisa menambah tingkat kebahagiaan yang dirasakan.

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi untuk mengisi waktu kosong yang anda miliki. Anda bisa bepergian ke luar negeri untuk merasakan suasana yang berbeda. Atau mungkin, anda juga bisa mengunjungi berbagai macam tempat wisata menarik yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan menjadikan negara ini memiliki banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Salah satu daerah yang memiliki banyak potensi adalah Pulau Sulawesi, termasuk di antaranya adalah Kota Palu. Ada banyak tempat wisata di Kota Palu yang sebaiknya anda kunjungi. Apa saja? Berikut ini penjelasannya.

1. Pantai Talise


Siapa yang tidak mengenal tempat wisata alam berupa pantai. Hampir seluruh bagian Indonesia memiliki tempat wisata alam berupa pantai. Hamparan pasir pantai yang memukau menjadikan objek wisata ini sangat diminati. apalagi bagi keluarga, deburan ombak pantai juga sangat menyenangkan untuk dinikmati. Hal serupa juga bisa anda temukan di Kota Palu. Tempat wisata di Kota Palu memiliki Pantai Talise sebagai destinasi wisata andalan.

Pantai Talise terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbenamnya tiap sore. Ada banyak orang yang datang ke tempat wisata ini untuk merasakan suasana pantai yang nyaman. Lokasi yang berada di jantung Kota Palu menjadikan lebih banyak pengunjung berdatangan. Akses yang perlu dilalui pun tidak terlalu sulit karena jalurnya sudah disediakan secara apik oleh pengelola. Di Pantai Talise, selain bisa memandangi panorama matahari terbenam, anda juga bisa menjelajahi dunia bawah laut dengan cara diving atau snorkeling.

Namun, sayangnya keindahan dan fasilitas yang ditawarkan Pantai Talise mengalami kerusakan. Hal tersebut diakibatkan adanya gempa yang sempat melanda Kota Palu beberapa waktu lalu.

2. Tugu Gerhana Matahari


Tempat wisata di Kota Palu selanjutnya yang layak untuk anda coba adalah Tugu Gerhana Matahari. Hal menarik yang anda dapat adalah mungkin di daerah lain anda tidak bisa menemukan tempat wisata yang sama. Tugu Gerhana Matahari pertama kali didirikan di Kota Palu saat terjadinya fenomena gerhana matahari pada tahun 2016 yang lalu. Fenomena alam yang jarang terjadi tersebut menginisiasi terbangunnya tugu oleh pihak setempat.

Banyak orang yang mengunjungi tempat wisata ini untuk dijadikan latar foto. Tugu Gerhana Matahari di Kota Palu sangat menarik untuk diabadikan dalam sebuah momen untuk akhirnya dibagikan kepada orang lain melalui media sosial yang ada. tugu Gerhana Matahari berada di Anjungan Nusantara yang ada di Pantai Teluk Palu. Setelah selesai dibangun, Tugu Gerhana Matahari menjadi ikon kota tersebut.

3. Pantai Taipa


Selain Pantai Talise, Kota Palu juga memiliki destinasi wisata lain yang bisa anda kunjungi. Tempat wisata di Kota Palu selanjutnya yang bisa anda datangi adalah Pantai Taipa. Hal menarik yang bisa anda dapat dari mengunjungi Pantai Taipa adalah anda bisa melihat pemandangan Gunung Gawalise. Pengunjung yang datang ke pantai ini biasanya menikmati pemandangan itu sembari menikmati jajan yang telah dijual di warung-warung sepanjang pantai tersebut.

Sama dengan Pantai Talise, di Pantai Taipa juga bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut. Berbagai macam keindahan koral bisa anda lihat dengan menggunakan fasilitas snorkeling dan diving yang telah disediakan di sana. Namun, sayangnya kondisi Pantai Taipa juga sama dengan Pantai Talise yang sekarang. Efek gempa mengakibatkan banyak fasilitas di objek wisata tersebut mengalami kerusakan.

4. Bukit Bulu Tanda


Perkembangan zaman menyebabkan banyak sekali bermunculan tempat wisata baru yang ditemukan. Termasuk salah satunya adalah adanya tempat wisata di Kota Palu yang bernama Bukit Bulu Tanda. Bukit Bulu Tanda menjadi salah satu destinasi wisata selanjutnya yang cukup digemari oleh penduduk Sulawesi Tengah. Bukit Bulu Tanda berada di Desa Sibegi yang ada di Sigi. Jarak yang harus anda tempuh untuk mengunjungi tempat ini, yaitu sejauh 13 km atau sekitar 20 menit dari pusat Kota Palu menggunakan kendaraan bermotor.

Salah satu spot menarik yang banyak digunakan oleh pengunjung sebagai latar foto adalah Pohon Jomblo. Pohon ini dinamakan demikian karena keberadaannya yang sendiri tanpa ada benda lain yang menemani.

5. Air Terjun Parapa


Bagi anda yang ingin menikmati kesegaran alam tanpa adanya campuran polusi yang menyesakkan, anda bisa mengunjungi Air Terjun Parapa. Air terjun ini berada di tengah hutan yang ada di Taman Nasional Lore Lindu. Kesegaran udara yang masih terkandung di sana serta suasana alam yang menyejukkan menjadikan tempat wisata di Kota Palu ini memiliki banyak penggemar. Meski terletak di dalam hutan, tapi anda tidak perlu khawatir. Akses atau jalan menuju air terjun cukup mudah dan tidak memiliki banyak hambatan. Justru dengan kondisi jalur yang anda lewati, anda bisa menjadikan perjalanan menuju Air Terjun Parapa sebagai sarana berolah raga.

6. Pusat Laut Donggala


Donggala merupakan salah satu daerah di Kota Palu yang terkena dampak gempa beberapa waktu lalu. Kondisi tempat wisata setelah bencana alam ini terjadi juga cukup memilukan. Namun, hal tersebut tidak mampu menutup kenangan akan hadirnya tempat wisata di Kota Palu yang cukup digemari oleh wisatawan, yaitu Pusat Laut Donggala. Tempat wisata ini merupakan sumur yang berada di bawah sebuah desa bernama Dusun Simbe. Bila anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, anda bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan bermotor selama 45 sampai 60 menit dari pusat Kota Palu.

Hal menarik yang bisa anda lihat dari Pusat Laut Donggala adalah air dalam sumur yang tidak pernah berubah atau tidak pernah keruh. Selain itu, meski jauh dari lautan, Pusat Laut Donggala memiliki rasa yang asin seperti rasa air laut. Bila air laut sedang pasang ataupun surut air di sumur pusat laut donggala juga mengalami kondisi yang sama.

Banyaknya tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Kota Palu yang telah disebutkan di atas bisa menjadi referensi yang mungkin suatu hari bisa anda coba. Hal penting yang perlu diingat dari mengunjungi tempat wisata adalah menjaga fasilitas yang telah disediakan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara tidak merusaknya, menjaga kebersihan dan hal lain.