Tempat Wisata di Kota Palopo yang Populer di Kalangan Wisatawan

Diposting pada

Tempat wisata di kota Palopo banyak diburu oleh para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka. Jika anda sudah bosan dengan deretan tempat wisata yang ada di pulau Jawa, cobalah untuk mengunjungi Sulawesi tepatnya di Sulawesi Selatan. Di tempat ini ternyata terdapat banyak kawasan wisata menarik yang bisa anda kunjungi terutama di kota Palopo

Walaupun tempat wisata yang ada di kota Palopo ini tidak terlalu sepopuler dengan tempat wisata lainnya seperti Pare-pare atau Makassar, ternyata disini terdapat deretan tempat wisata yang seru dan menarik yang bisa anda pilih. Mulai dari tempat wisata bersejarah hingg cagar budaya. Jika anda tertarik untuk berwisata ke tempat ini maka bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini mengenai tempat wisata di kota Palopo yang popular

1. Bukit Kambo


Bukit kambo menjadi salah satu destinasi wisata yang terbaru di Palopo. Kendati demikian, pesona yang dimiliki ternyata sudah berhasil memikat para wisatawan untuk tidak melewatkannya. Bukit Kambo sendiri merupakan pemandian yang mempunyai nuansa alami yang cukup kental.

Pemandian ini sendiri memiliki desain yang cukup unik sehingga menarik minat para wisatawan untuk datang kesini. Dengan tampilan yang cukup instagrammable.

2. Bukit 513


Jika anda ingin melihat pesona alam yang cantik disini, maka berkunjunglah ke Bukit 513. Di tempat ini anda dijamin akan merasa betah karena pesona alam yang dimilikinya. Anda akan disuguhi dengan pemandangan dari atas ketinggian. Tidak heran jika tempat ini menjadi tempat favorit bagi para fotografer.

Selain itu, suasananya yang sejuk membuat siapapun betah untuk berada di tempat ini. Selain itu, fasilitas di tempat ini juga sudah cukup memadai.

3. Pemandian alam batu Papan


Berbeda dengan pemandian yang sebelumnya, pemandian alam batu Papan ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Jika anda tertaik untuk mengunjungi tempat ini maka bisa langsung menuju ke Kelurahan Sumarambu tepatnya kecamatan Telluwanua. Ini merupakan objek wisata yang hanya berjarak sekitar 15 km dari kawasan kota.

Disini, anda bisa menemukan pemandian dengan air yang cukup jernih dengan adanya undak-undakan jeram yang kecil. Tempat ini sangat cocok untuk menjadi wisata keluarga anda.

4. Masjid Jami Tua Palopo


Palopo ternyata juga memiliki masjid kebanggaan tersendiri yakni masjid Jami Tua Palopo. Masjin ini sendiri menyimpan jejak sejarah yang cukup panjang. Tempat ini biasanya dijadikan sebagai destinasi wisata favorit bagi para wisatawan.

Kabarnya masjid ini sendiri sudah ada sejak masa Kesultanan Luwu dimana dibangun oleh Datu Puyung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi pada tahun 1604 silam.

5. Air terjun Latupa


Masih belum puas dengan tempat wistaa di kabupaten Palopo, maka tempat wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan yang terbaik yakni air terjun Latupa. Air terjun ini sendiri bisa menjadi andalan anda untuk menghabiskan waktu di Palopo Di tempat ini anda akan menjumpai air terjun dengan keindahan tersendiri.

Air terjun ini ternyata juga digunakan sebagai sumber mata air bersih bagi warga sekitar. Anda bisa menikmati pesona air terjun yang dipadukan dengan pemandangan alam sekitar yang masih asri sehingga membuat anda betah.

6. Istana Kedatuan Luwu


Jika anda ingin mengunjungi tempat wisaa di kabupaten Palopo yang lainnya, mampirlah ke Istana Kedatuan Luwu. Ini merupakan destinasi wsata yang kaya akansejarah. Kendati demikian, hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata ini.

Ini menjadi salah satu peninggalan istana kerajaan yang tertua di Sulawesi Selatan dimana menghadirkan arsitektur yang sangat unik dan menarik. Sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata yang kaya akan nilai-nilai sejarah.

7. Gua Kallo Dewata


Masih ada referensi tempat wisata menarik di kabupaten Palopo yang bisa anda kunjungi yakni Gua Kallo Dewata. Tempat wisata yang berlokasi di Desa Lebang ini ternyata menyimpan keindahan tersendiri. Awalnya, tempat ini dijadikan sebagai benteng pertahanan oleh para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia dan dari pusat kota sendiri, tempat ini berjarak 9 km.

Objek wisata ini juga sangat popular di kalangan para wisatawan. Di dalam gua ini sendiri, anda akan menemukan berbagai macam perabotan peninggalan masa kuno yang terbuat dari batu. Anda juga bisa menyusuri lorong-lorng yang cukup panjang di tempat ini.

8. Pantai Labombo


Ingin berwisata pantai di Palop, maka datanglah ke Pantai Labombo. Pantai ini ternyata juga menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Palopo yang sangat popular dan banyak diincar oleh wisatawan. Jika anda sedang mencari tempat wisata keluarga maka anda bisa datang ke sini.

Ada berbagai macam aktivitas seru yang bisa anda temukan disini seperti flying fox, outbond, banana boat hingga kegiatan seru lainnya. Tak hanya itu saja, fasilitas di pantai ini juga sudah mendukung seperti adanya gazebo untuk bersantai.

9. Bukit Sampoddo


Bukit Sampoddo bisa menjadi alternative wisata seru ketika anda sedang berkunjung ke Palopo. Ini merupakan tempat wisata yang sedang hits bagi kalangan masyarakat. Sampai di tempat wisata ini, anda akan disuguhi dengan bentangan pegunungan yang sangat cantik dan akan menyegarkan pikiran anda.

Nuansa yang sejuk dengan hadirnya pepohonan yang rindah dijamin akan membuat anda semakin betah untuk berada disini.

10. Museum Batara Guru


Museum batara Guru ini juga menjadi destinasi wisata menarik di Palopo. Di tempat ini, anda bisa mendalami sejarah Kesultanan Luwu. Nah, Objek wisata ini sendiri merupakan sebuah istana raja yang telah dibangun sejak 1920 silam.

Tetapi sekarang dialihfungsikan untuk menjadi museum dimana menyimpan berbagai macam benda-benda peninggalan seperti dokumentasi foto, etnografi, seni keramik hingga naskah-naskah bersejarah.

11. Pulau likubang


Apakah anda seorang penggemar kegiatan snorkeling atau diving, jika demikian maka ada tempat yang pas untuk anda datangi di Palopo ini yakni Pulau Likubang. Ini merupakan tempat wisata yang terkenal mempunyai pesona alam bawah laut yang tidak boleh diragukan lagi.

Jika anda melakukan kegiatan snorkeling atau diving, ada baiknya untuk menggunakan perlengkapan melakukan kegiatan tersebut. Dan jangan lupa bawa kamera anti air untuk mengabadikan pemandangan bawah lautnya.

12. Kambo Highland


Kambo highland menjadi tempat wisata primadona yang dimiliki oleh Palopo. Tempat ini ternyata tergolong sebagai destinasi wisata baru di Sulawesi Selatan. Panorama alam yang ditawarkannya lah yang menjadi daya tarik di tempat ini. Bagi anda yang ingin merasakan sensai menginap yang seru, tempat ini menyediakan villa yang memiliki bentuk lumbung.

Selain itu, masih ada fasilitas menarik dan seru di tempat ini. Jika anda tertarik, anda bisa membayar tiket masuk 35 ribu per orang.

Demikian 12 tempat wisata di kabupaten Palopo yang bisa anda kunjungi. Informasi diatas, bisa membantu anda bagi yang sedang bingung mencari referensi wisata di Palopo.