Tempat Wisata di Kota Langsa yang Menarik dan Asik

Diposting pada

Tempat Wisata di Kota Langsa – Mendengar nama Kota Langsa, pasti akan terpikirkan kota di Aceh yang cukup ketat dalam menerapkan syariat Islam. Segala aspek kehidupan dilakukan berdasarkan aturan Islam, termasuk dalam penerapan tempat-tempat wisata. Kota Langsa sendiri memiliki cukup banyak destinasi wisata menarik. Mulai dari wisata di dalam kota, sampai wisata di alam terbuka seperti pantai dan sejenisnya.

Apabila kamu datang dari jauh untuk mengunjungi Aceh, jangan lupa datangi juga Kota Langsa. Banyak wisata menarik yang patut masuk ke dalam daftar tujuan wisatamu. Berikut ini adalah beberapa wisata yang bisa kamu datangi di Kota Langsa.

Tempat Wisata di Kota Langsa

Hutan Mangrove Langsa


Di beberapa kota di Indonesia, hutan mangrove tampak dikembangkan menjadi tempat wisata. Mulai dari Jakarta hingga Surabaya, masing-masing memiliki hutan mangrove yang rimbun dan teduh. Kota Langsa pun memiliki hutan mangrove andalannya.

Terletak di Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, ada sebuah hutan mangrove yang ditata sedemikian rupa dengan jembatan-jembatan kayu dan beberapa spot untuk berfoto-foto. Suasana yang asri inilah yang dicari pengunjung. Tiket masuknya pun sangat terjangkau yaitu Rp. 3000 saja, dan biaya parkir kendaraan bermotor Rp. 2000. Tempat ini pun memiliki fasilitas cukup lengkap, sehingga tidak perlu khawatir dengan toilet maupun tempat ibadah. Kamu bisa datang ke sini mulai pukul 8 pagi, dan akan tutup pukul 6 sore.

Pulau Teulaga Tujoh


Pulau Teulaga Tujoh juga terkenal dengan nama Pulau Pusong. Pulau ini adalah pulau kecil yang hanya dihuni satu desa dan memiliki pemandangan alam sangat memukau. Pantainya indah, dan tumbuhan di sekitar tumbuh dengan baik. Kamu dapat ke pulau ini dengan menaiki perahu milik nelayan dari Pelabuhan Kuala Langsa. Waktu tempuhnya bisa dua sampai tiga jam dari pelabuhan, tergantung pada cuaca saat itu.

Sebagai pulau kecil yang bisa didatangi siapa saja, memang fasilitas di pulau ini tidak begitu lengkap. Namun, kamu bisa pergi ke desa untuk mencari toilet, masjid, puskesmas dan lain-lain. Tidak ada biaya khusus untuk datang ke Pulau Teulaga Tujoh ini, kamu hanya harus menyiapkan uang menyewa perahu dan membawa perbekalan yang cukup. Letak geografis pulau ini sendiri berada di Telaga Tujuh, Langsa Barat, Kota Langsa, Aceh.

Hutan Lindung Langsa


Salah satu destinasi paling menarik ketika ke Kota Langsa bersama keluarga adalah pergi ke Hutan Lindung Kota Langsa. Letaknya ada di Desa Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh. Di sini, selain pengunjung menikmati rindangnya hutan, bisa juga berkeliling untuk melihat hewan-hewan yang ditangkarkan. Mulai dari buaya, rusa, ular, kuda, landak, berbagai macam burung, dan masih banyak lagi.

Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp. 20.000, kamu bisa menjelajah seluruh kawasan hutan ini. Pengunjung juga dapat bermain perahu bebek di sungai, atau naik ke jembatan keren yang jadi favorit wisatawan. Jika beruntung, kamu bisa menemukan bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar. Fasilitas di tempat ini pun lengkap, mulai dari toilet hingga rumah ibadah. Paling penting, Hutan Lindung Langsa bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Mutiara Waterpark


Ketika bingung ingin pergi ke mana saat liburan di Langsa, maka pilihan paling mudah adalah mengunjungi waterpark, terutama Mutiara Waterpark yang berada di Desa Pay Bujok Seuleumak, Langsa Baro, Kota Langsa. Waterpark satu ini sangat strategis dan dapat dijangkau berbagai kendaraan, hanya butuh 15 menit dari pusat Kota Langsa. Seperti waterpark pada umumnya, banyak permainan air dan wahana-wahana seru di Mutiara Waterpark. Fasilitas pendukungnya juga terbilang lengkap, mulai dari toilet, ruang ganti, dan bahkan tempat wi-fi ada semua. Bagi pengunjung yang ingin wahana tantangan, bisa naik flying fox. Harga tiketnya pun tidak begitu mahal, yaitu Rp. 25.000 saja untuk tiap orang.

Pelabuhan Kuala Langsa


Seperti fungsi pelabuhan pada umumnya, Pelabuhan Kuala Langsa juga menjadi titik berlabuh kapal-kapal yang berlayar di lautan Indonesia, bahkan sampai mancanegara. Namun, sudah lama Pelabuhan Kuala Langsa sepi peminat, karena kapal-kapal besar lebih memilih pelabuhan lain atau masyarakat lebih suka naik pesawat. Meskipun begitu, masyarakat sekitar masih banyak yang datang ke tempat ini, biasanya untuk memancing, berwisata kuliner, dan melihat matahari terbenam di sore hari. Kapal-kapal kecil juga masih bolak-balik di sekitar Pelabuhan Kuala Langsa, menjadi pemandangan indah tersendiri. Selain itu, pelabuhan ini pun punya pantai dengan pasir putih, dan laut yang tidak begitu ganas. Lokasi pelabuhan ini sendiri ada di Desa Kuala, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa. Dekat dengan hutan mangrove yang sekarang populer.

Taman Bambu Runcing Kota Langsa


Wisata murah meriah, santai, dan kece di Kota Langsa, tentu ada di Taman Bambu Runcing. Selain lokasinya yang sangat strategis, yaitu ada di Jl. Ahmad Yani, Kota Langsa, taman ini juga menjadi simbol tersendiri untuk perjuangan para pahlawan Aceh dalam memerangi penjajah. Terlihat dari simbol bambu runcing di tengah taman yang berdiri gagah. Taman ini sendiri cukup tua, karena sudah dibangun sejak 1948.

Tidak heran jika fasilitas umum seperti toilet, Mushola, tempat sampah dan lain-lain cukup lengkap. Selain itu, karena akses ke taman ini mudah dan gratis, banyak masyarakat yang suka ke sini untuk sekadar jalan-jalan, foto-foto, atau menikmati sore sembari mengobrol santai bersama teman. Deretan warung pun banyak tersedia di sekeliling taman, sehingga dapat memuaskan rasa lapar pengunjung.

Gedung Balee Juang


Kurang afdol rasanya jika ke Kota Langsa tanpa berfoto di depan Gedung Balee Juang. Gedung ini merupakan tempat bersejarah karena dibangun pada masa kolonial Belanda di tahun 1920. Sewaktu pemerintahan Belanda, gedung ini digunakan untuk mencetak uang, kemudian setelah diduduki Jepang, gedung ini alih fungsi sebagai markas Jepang. Nilai sejarahnya yang tinggi membuat Gedung Balee Juang terus dirawat oleh pemerintah dan diusulkan sebagai cagar budaya. Sekarang, gedung ini bisa dikunjungi semua masyarakat yang ingin melihat peninggalan Belanda. Inilah mengapa berbagai fasilitas pun disediakan untuk mendukung kenyamanan pengunjung. Lokasi gedung ini sangat strategis, yaitu berada di persimpangan lampu merah Jalan Ahmad Yani, Kota Langsa.

Kolam Renang Keumuning Selembat


Selain waterpark, Kota Langsa juga memiliki kolam renang umum yang berada di Desa Kemuning, Langsa Baru, Kota Langsa. Kolam renang ini memiliki pemandangan yang cukup memukau mata karena letaknya berada di antara pegunungan. Biasanya, di sekitaran kolam dijadikan tempat berkemah pramuka. Tidak jauh dari lokasi juga ada tempat pemancingan untuk mereka yang hobi memancing.

Kolam Renang Vitra Tirta Raya


Satu lagi kolam renang di Kota Langsa, yaitu Kolam Renang Vitra Tirta Raya. Lokasinya ada di Jln TM Bahrum, Kota Langsa. Biasanya warga sekitar dan luar kota sering berkunjung ke tempat ini untuk melepas penat. Terlebih kolam ini dilengkapi fasilitas pendukung memadai seperti Mushola dan toilet, sehingga pengunjung pun betah berlama-lama di sini.