Candi Merak

Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Kamu Jelajahi

Diposting pada

Tempat Wisata di Klaten – Sebagai kawasan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Yogyakarta, Klaten ternyata memiliki koleksi obyek wisata yang tak kalah menarik. Tempat wisata di Klaten cukup bervariasi, mulai dari wahana permainan air, candi, taman, wisata religi, warung apung hingga umbul atau kolam. Bahkan kota ini sering dijuluki sebagai kota 1001 umbul.

Jika Anda bosan berlibur ke kawasan Bnatul atau Sleman, tak ada salahnya berlibur ke kawasan Klaten. Selain bervariasi, obyek wisata di Klaten juga bertarif murah. Jadi, cukup ramah di kantong walau Anda berlibur di akhir bulan sekalipun. Apa saja tempat wisata populer di kabupaten sebelah timur Yogyakarta ini? Ini ulasannya.

Tempat Wisata Populer di Klaten

1. Umbul Kemanten
Umbul Kemanten
Umbul Kemanten merupakan salah satu tempat wisata di Klaten yang cukup populer karena cerita keangkerannya. Meski terkenal angker, umbul ini memiliki air yang jernih dengan pemandangan menawan sehingga cocok untuk hunting foto. Anda bisa memasuki umbul yang berada di Dusun Janti, Polanharjo, Klaten ini dengan membayar Rp. 3.000.

2. Umbul Ponggok
Umbul Ponggok
Obyek wisata air di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten ini begitu populer hingga ke luar Klaten. Di kolam bermata air asli ini, Anda bisa melakukan snorkeling atau berfoto di dalam air dengan berbagai peralatan seperti tenda, laptop hingga motor. Anda bisa menikmati kesegaran umbul ini dengan membayar Rp. 15.000.

3. Mata Air Cokro Tulung
Mata Air Cokro Tulung
Seperti halnya Umbul Ponggok, Mata Air Cokro Tulung juga memiliki air yang begitu jernih. Mata air yang terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten ini dahulu digunakan sebagai sumber air minum Kraton Surakarta Hadiningrat. Anda bisa menikmati kesegaran tempat yang indah ini dengan membayar tiket masuk Rp. 10.000.

4. Umbul Jolotundo
Umbul Jolotundo
Tempat wisata air yang terletak di Jatinom, Jambeyan, Karanganom, Klaten ini seringkali dijadikanlokasi wisata keluarga. Kolam renang ini dibangun pada tahun 1924 dan memiliki tingkatan kedalaman yang berbeda. Di kolam ini Anda bisa berenang sambil ditemani ikan-ikan kecil dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 4.000.

5. Water Gong
Water Gong
Tak jauh dari Umbul Ponggok tepatnya di terdapat tempat wisata air Water Gong. Obyek wisata ini cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga karena memiliki beragam fasilitas permainan anak. Anda bisa menikmati bermain bersama si kecil di Water Gong dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000.

6. Rowo Jombor
Rowo Jombor
Rowo Jombor yang lebih dikenal sebagai warung apung ini terletak di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten. Rawa ini selain berfungsi sebagai wisata warung apung dan restoran, juga berfungsi sebagai saluran irigasi, memelihara ikan dan pemancingan. Untuk bisa memasuki kawasan ini, pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp. 5.000.

7. Museum Gula Gondang Winangoen
Museum Gula Gondang Winangoen
Museum yang pernah menjadi museum gula terbesar se-Asia Tenggara ini terletak di Jl. Yogyakarta – Solo Km. 25, Klaten. Dengan luas mencapai 100 hektar, museum ini terdiri dari perpustakaan, lokomotif kereta tebu, alat-alat komunikasi lama, replika peralatan pembuat gula dan diorama pabrik gula. Tiket masuk ke tempat ini seharga Rp. 5.000.

8. Candi Sewu
Candi Sewu
Candi Sewu masih satu komplek atau tepatnya berada di sebelah utara Candi Prambanan. Candi Sewu terdiri dari banyak candi dengan susunan yang cukup simetris dengan candi utama di bagian tengah dan dikelilingi dengan candi pengapit dan perwara. Pengunjung bisa memasuki Candi Sewu dengan membayar tiket seharga Rp. 30.000.

9. Candi Plaosan
Candi Plaosan
Candi kembar yang terletak sebelah timur Candi Prambanan ini dibangun pada abad ke-9 M oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan. Candi Plaosan terdiri dari dua kompleks yakni Candi Plaosan Kidul yang berukuran lebih kecil daripada Candi Plaosan Lor. Untuk bisa memasuki kawasan Candi, pengunjung dikenai biaya sebesar Rp. 3.000.

10. Candi Lumbung

Candi Lumbung
Tempat wisata di Klaten ini memang belum setenar candi lainnya, tapi Candi Lumbung cukup menarik untuk dikunjungi karena letaknya yang satu komplek dengan Candi Prambanan. Candi setinggi 8 meter ini terletak di sebelah Candi Bubrah. Jadi, Anda bisa mengunjungi dua candi sekaligus jika berlibur ke tempat ini.

11. Candi Sojiwan
Candi Sojiwan
Candi Sojiwan terletak di Desa Kebon Dalem Kidul, Prambanan, Klaten atau tepatnya di sebelah selatan Candi Prambanan. Candi yang dibangun sekitar tahun 842 Masehi ini baru saja selesai dipugar sehingga masih tampak segar dan bersih. Anda tidak perlu membayar tiket masuk ke candi ini, cukup mengisi buku tamu saja.

12. Candi Merak
Candi Merak
Candi tunggal di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Klaten ini memperoleh namanya karena zaman dahulu banyak burung merak bersarang di tempat ini. Sekilas Candi Merak tampak seperti candi di komplek Candi Arjuna, Dieng. Hanya saja letaknya di tengah pemukiman warga. Tiket masuk ke candi ini cukup murah hanya Rp. 1.000.

13. Deles Indah
Deles Indah
Desa wisata Deles Indah terletak yang terletak di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten ini menyajikan pemandangan Gunung Merapi yang gagah. Suasana alam pegunungan yang menyejukkan dan menakjubkan membuat tempat ini sangat tepat untuk menyegarkan pikiran dan menenangkan diri. Anda bisa menikmati keindahan Deles Indah dengan membayar Rp. 5.000.

14. Galuh Tirto Nirmolo
Galuh Tirto Nirmolo Water Park
Sebelah timur Candi Prambanan terdapat wahana air Galuh Tirto Nirmolo. Wahana ini dilengkapi fasilitas kolam renang laba-laba, kolam anak-anak, ATV, flying fox, pesawat putar, kolam renang seluncur dan kolam air mancur. Untuk bisa masuk ke wahana air di Jl. Manisrenggo, Km. 1, Tlogo, Prambanan, Klaten pengunjung membayar Rp. 15.000.

15. Riverboarding Kali Pasur
Riverboarding Kali Pusur Klaten
Bagi penyuka olahraga ekstrem, Anda harus mencoba wisata riverboarding Kali Pasur yang melewati 3 desa di Kecamatan Tulung dan Polanharjo. Wisata air yang terletak di Kecamatan Polanharjo, Klaten ini dijamin bikin Anda tertantang dan menguji keberanian. Untuk bisa melakukan riverboarding, Anda cukup membayar Rp. 150.000.

16. Makam Sunan Pandanaran
Makam Sunan Pandanaran
Makam Sunan Pandanaran atau Makam Tembayat merupakan salah satu wisata religi di Klaten. Peristirahatan terakhir salah satu murid Sunan Kalijaga ini terletak di Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Klaten tepatnya di perbukitan Jabalkat. Untuk bisa masuk ke lokasi makam, pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp. 1.000.

17. Taman Lampion Klaten
Taman Lampion Klaten
Taman Lampion merupakan tempat wisata terbaru di Klaten. Taman ini sering dijadikan spot nongkrong anak-anak muda terutama di malam hari. Taman Lampion terletak di Bareng Lor, Klaten Utara atau di belakang kantor PMI. Tiket masuk ke taman ini hanya sekitar Rp. 2.000.

18. Umbul Kapilaler
Umbul Kapilaler
Tempat wisata di Klaten ini merupakan salah satu tempat wisata yang tidak mematok tarif alias gratis. Wisata air yang berada di Dukuh Umbulsari yang masih sejuk Kecamatan Polanharjo, Klaten. Pengunjung bisa berenang dengan nyaman karena lokasinya di antara pepohonan yang rindang.