Kedungdowo Adventure Park

Tempat Wisata di Kebumen yang Menjadi Daya Tarik

Diposting pada

Tempat Wisata di Kebumen – Kebumen menjadi salah satu daya tarik Provinsi Jawa Tengah berkat deretan obyek wisatanya yang terkenal. Kabupaten yang berbatasan dengan Banjarnegara, Banyumas dan Purworejo ini memiliki koleksi tempat wisata yang lengkap. Tempat wisata di Kebumen cukup bervariasi mulai dari wisata pantai, hutan mangrove, wisata sejarah hingga goa.

Di musim liburan nanti, jangan ragu untuk mengunjungi Kebumen karena dijamin Anda tak akan kecewa. Selain bervariasi, obyek wisata di kawasan ini menyajikan pemandangan yang mempesona serta bertarif murah. Jadi, tunggu apa lagi, segera kunjungi beberapa obyek wisata populer di Kebumen berikut ini.

Tempat Wisata di Kebumen yang Populer

1. Pantai Menganti

Pantai Menganti
Pantai andalan Kabupaten Kebumen ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen. Pantai ini terlihat unik karena memiliki hamparan pasir putih dengan jejeran perbukitan yang tampak seperti berundak-undak serta mercusuar peninggalan Belanda berketinggian 20 meter. Harga tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp. 10.000.

2. Waduk Sempor

Waduk Sempor
Waduk yang terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen ini menyajikan pemandangan air waduk yang biru dikelilingi perbukitan hijau nan asri. Di waduk yang dibangun pada tahun 1958 sampai 1978 ini pengunjung bisa berkeliling waduk dengan menyewa perahu. Pengunjung cukup membayar Rp 4.000 untuk masuk ke waduk ini.

3. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah Di Pagi Hari
Bukit yang disebut sebagai Kalibiru-nya Kebumen ini terletak di Jl. Karangsambung, Kaligending, Karangsambung, Kebumen atau di sebelah utara Kampus Lipi Karangsambung. Dari atas bukit, pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing tampak megah. Cukup membayar Rp. 5.000 serta tarif parkir, Anda sudah bisa menikmati pemandangan indah di atas Bukit Pentulu Indah.

4. Jembatan Wisata Alam

Jembatan Wisata Alam
Tempat wisata di Kebumen ini terletak di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Kebumen. Jembatan Wisata Alam sebenarnya berupa restoran terapung di alam terbuka dengan panorama perbukitan sebagai latar belakangnya. Di sini, Anda bisa menikmati arena bermain air, kebun binatang mini dan restoran terapung dengan view layaknya di Eropa.

5. Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale
Di pantai yang terletak di komplek pantai Desa Pasir atau sebelah barat Pantai Karangbolong ini pengunjung bisa melakukan selfie di tiga spot unik yakni Rumah Pohon, Jembatan Segitiga dan Bukit Titanic. Pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp. 5.000 dan Rp. 5.000 untuk tiket foto di 3 spot foto tersebut.

6. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan
Pantai yang terletak di Desa Munggu, Kecamatan Petanahan ini memiliki air laut yang cukup jernih. Pepohonan cemara laut di tepian pantai membuat suasana pantai tampak lebih sejuk walaupun cuaca terik. Pantai yang sering dijadikan lokasi bertelurnya penyu ini menerapkan tarif tiket masuk sebesar Rp. 3.000 (dewasa) dan Rp. 2.000 (anak-anak).

7. Pantai Lampon

Pantai Lampon
Tempat wisata di Kebumen ini berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Puring, Kebumen. Di pantai ini, pengunjung bisa menyaksikan tempat pelelangan ikan, perbukitan, hamparan pasir putih, perbukitan kapur, goa serta tanjung. Hanya dengan membayar tiket masuk sekitar Rp. 5.000, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan pantai ini sepuasnya.

8. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong
Pantai Karangbolong yang terletak di Kecamatan Buayan memiliki karakteristik berpasir abu-abu berpadu dengan gugusan karang. Di sebelah timur pantai ini, terdapat Goa Karangbolong yang telah ada sejak 15 – 30 juta tahun yang lalu. Kini goa tersebut dimanfaatkan sebagai sarang burung walet. Harga tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp. 3.000.

9. Pantai Ayah

Pantai Ayah Kebumen
Pantai ini terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen atau sekitar 7 km dari Goa Jatijajar. Di pantai ini, Anda bisa membeli ikan di tempat pelelangan ikan serta langsung memasaknya di tempat. Untuk bisa menikmati pemandangan sunset menawan di pantai ini, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp. 4.000.

10. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar
Kebumen terkenal memiliki goa dengan pemandangan gugusan stalagmit dan stalagtid indah, salah satunya Goa Jatijajar. Goa ini memiliki 4 mata air di dalam goa yakni Sendang Mawar, Kantil, Jombor dan Sendang Puserbumi. Untuk bisa memasuki goa yang berjarak 42 km dari Kota Kebumen ini pengunjung harus membayar Rp 7.000.

11. Hutan Mangrove Logending

Hutan Mangrove Logending
Selain menikmati keindahan pantai Ayah, Anda juga bisa menikmati rindangnya hutan mangrove Logending yang terletak tak jauh dari pantai tersebut. Dengan membayar Rp. 5.000, Anda sudah bisa berjalan-jalan sambil berfoto di sekitar hutan mangrove. Pengunjung juga menikmati keindahan hutan mangrove dengan menyewa perahu.

12. Alian Butterfly Park

Alian Butterfly Park
Tempat wisata di Kebumen ini merupakan obyek wisata edukasi yang memiliki sekitar 60 koleksi jenis kupu-kupu hidup. Taman yang berada di Krakal, Alian, Krakal, Kebumen ini juga memiliki deretan tanaman bunga terlengkap di Pulau Jawa. Untuk bisa masuk ke tempat ini, pengunjung dikenai tarif masuk sebesar Rp. 20.000.

13. Benteng Van Der Wick

Benteng Van Der Wick
Benteng pertahanan Hindia Belanda yang dibangun pada tahun 1818 ini terletak di Jl. Sapta Marga, Sidayu, Gombong. Selain sebagai benteng pertahanan, benteng ini juga pernah menjadi kantor kongsi dagang VOC di Gombong. Untuk masuk ke benteng ini pengunjung cukup membayar Rp. 5.000/orang dan Rp. 25.000 (tiket terusan).

14. Curug Silangit

Curug Silangit
Curug yang berada di Desa Sidoagung, Sruweng, Kebumen ini menyajikan pemandangan air terjun beserta kolam dengan air yang jernih dikelilingi oleh suasana alam yang masih asri. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus trekking selama 30-45 menit melalui jalur perbukitan.

15. Goa Petruk

Goa Petruk
Selain Goa Jatijajar, Goa Petruk juga menjadi goa yang cukup populer di kawasan pegunungan karst Kebumen. Goa yang berada di Dukuh Mandayana, Candirenggo, Kecamatan Ayah ini terdiri dari 3 lantai, Goa Dasar, Goa Hindu dan Goa Petruk. Pengunjung bisa memasuki Goa Petruk dengan membayar tiket seharga Rp. 7.500.

16. Wisata Geologi Karangsambung

Wisata Geologi Karangsambung
Wisata geologi Karangsambung meliputi tiga kabupaten yakni Kebumen, Wonosobo dan Banjarnegara. Di lokasi wisata geologi Karangsambung, Anda bisa menyaksikan beragam koleksi batu mulia, batuan beku dan batuan sedimen di Lipi Karangsambung. Untuk bisa masuk ke obyek wisata yang terletak di Jl. Karangsambung Km. 19, Kebumen ini tidak dipungut biaya.

17. Kedungdowo Adventure Park

Kedungdowo Adventure Park
Tempat wisata alam terbaru di kawasan Poncowarno, Kebumen ini menyediakan fasilitas flying fox untuk menyeberang ke titik yang lain serta gazebo sebagai tempat bersantai sambil memancing ikan. Untuk bisa memasuki Kedungdowo Adventure Park, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp. 2.000/orang dan Rp. 20.000/orang untuk mencoba wahana flying fox.

18. Curug Silancur

Curug Silancur
Curug Silancur yang masih alami dan lokasinya belum begitu diketahui banyak orang menjadi tempat wisata di Kebumen yang cukup populer akhir-akhir ini. Air terjun yang masih alami dan belum tersentuh pengelolaan komersial ini belum menerapkan tiket masuk. Pengunjung hanya dikenai tarif parkir motor sekitar Rp. 5.000.