Tempat Wisata di Karawang yang Sayang untuk Dilewatkan

Diposting pada

Berwisata merupakan salah satu usaha yang dilakukan orang-orang untuk meringankan beban pikiran. Setelah dituntut untuk menyelesaikan banyak kegiatan, manusia juga membutuhkan pelarian agar tidak terlalu merasa penat.

Apalagi di masa digital seperti sekarang, selain digunakan sebagai sarana refreshing, berwisata juga digunakan sebagai konten media sosial. Perkembangan media sosial yang masih memungkinkan seseorang untuk menciptakan hal-hal baru yang menarik dan disukai hal banyak. Salah satu yang bisa dibuat adalah foto atau video yang diunggah di media sosial Instagram.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa berwisata bisa digunakan sebagai ladang mencari pendapatan. Di era sekarang, pekerjaan semacam pembahas atau tukang review tempat wisata menjadi tren. Dengan memberikan ulasan atas tempat wisata yang dikunjungi, mereka bisa dibayar, salah satunya menggunakan sponsor.

Hal itulah yang menjadi latar belakang mengapa tempat wisata selalu menjadi lapangan pekerjaan yang meyakinkan. Entah untuk orang yang menyediakan tempat tersebut, atau bagi orang-orang yang mengunjungi. Berkaitan dengan hal itu, ada salah satu daerah di Jawa Barat, yaitu Karawang yang sangat tepat untuk dijadikan destinasi wisata, baik dikunjungi sendiri atau dengan kerabat terdekat.

Tempat Wisata di Karawang

1. Danau Resinda


Danau Resinda sangat tepat untuk dikunjungi kala matahari mulai membenamkan dirinya. Siluet danau yang masih terjaga lingkungannya menjadi alasan yang tidak bisa dihindari. Danau Resinda akan menyuguhkan suasana tenang dan nyaman sehingga tepat untuk dikunjungi ketika kepenatan mulai datang. Danau Resinda berada di kawasan Telukjambe Timur, Karawang dan tidak dikenakan biaya masuk sepeser pun

2. Pantai Tanjung Pakis


Air laut akan menyapu segala beban pikiran yang ada. tak dipungkiri melihat ombak akan bisa menjadi sarana berwisata yang sangat memungkinkan untuk dilakukan. Harga tiket masuk Pantai Tanjung Pakis hanya senilai 25 ribu rupiah. Hal yang menguntungkan dari Pantai Tanjung Pakis adalah, tempat wisata ini bisa dikunjungi selama 24 jam.

3. Bendungan Walahar


Bila kalian ingin mengunjungi tempat wisata dengan tujuan untuk hunting foto, maka Bendungan Walahar adalah tempat yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata. bendungan ini buka selama 24 jam dan tidak ada biaya tiket masuk sama sekali. Bendungan Walahar berada di Ciampel, Karawang tepatnya di Kutapohaci.

4. Pantai Samudra Timur


Pantai Samudra Timur merupakan pantai lain di Karawang, tepatnya di Jalan Raya Sungaibuntu, Pedes, yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata. pantai ini bisa dikunjungi selama 24 jam. Pantai Samudra Timur menawarkan keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pantai ini merupakan pantai yang cukup terkenal di Karawang. Harga yang harus dibayar untuk memasuki ini berbeda antara satu kendaraan dengan kendaraan yang lain. Bila menggunakan motor, pengunjung dikenakan tarif 15 ribu rupiah, sedangkan bila menggunakan mobil pengunjung diharap membayar 30 ribu rupiah.

5. Curug Bandung


Siapa yang belum tahu apa itu curug? Curug adalah nama lain dari air terjun. Curug Bandung terletak Karawang, tepatnya di Mekarbuana, Tegalwaru. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat tepat untuk dijadikan tempat wisata. selain keindahan air terjun, kondisi alam di sekelilingnya menjadi daya tarik lain yang bisa menyihir perhatian pengunjung. Curug Bandung merupakan muara dari tujuh aliran sungai, yaitu Cigentis, Peuteuy, Cadas, Picung, Jodo, Lesug dan Bandung. Menikmati keindahan alam tersebut bisa didapat dengan membayar lima ribu rupiah bila datang secara perorangan atau 10 ribu rupiah bila datang menggunakan motor.

6. Curug Cigentis Loji


Arawang menjadi salah satu daerah dengan tempat wisata curug yang banyak. Curug-curug yang ada memiliki keindahannya masing-masing, salah satunya adalah Curug Cigentis Loji. Curug ini memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan curug lain di Karawang. Hal tersebut semakin ditunjang dengan adanya berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjung. Mulai dari gazebo, kolam renang, tempat makan, penyewaan ATV, hingga villa penginapan. Curug Cigentis Loji bertempat di Mekarbuana, Tegalwaru. Harga tiket masuk yang harus dibayar bagi pengunjung untuk menikmati tempat wisata ini sebesar 15 ribu rupiah. Sebagai tambahan informasi, biaya parkir motor yaitu lima ribu rupiah dan parkir mobil tujuh ribu rupiah.

7. Pulau Cinta dan Danau Cipule


Bila ingin mengajak keluarga untuk menghabiskan waktu bersama di akhir pekan, kamu bisa membawa mereka ke Pulau Cinta dan Danau Cipule. Pulau Cinta berada tepat di tengah Danau Cipule. Ukurannya tidak terlalu besar sehingga sangat memungkinkan untuk dikunjungi. Setelah menikmati keindahan pinggiran danau, pengunjung bisa mengunjungi Pulau Cinta dengan hanya membayar dua ribu rupiah sebagai biaya jasa perahu. Selain perahu yang digunakan untuk menyambangi Pulau Cinta, Danau Cipule juga ada fasilitas lain, seperti becak air, memancing dan lain sebagainya. Tidak lupa pepohonan rindang di sekitar danau akan menambah kehangatan keluarga.

8. Goa Dayeuh


Kali ini kita akan membahas salah satu tempat wisata alam yang berbeda dari nomor sebelumnya. Goa Dayeuh adalah salah satu goa terkenal yang ada di Karawang, tepatnya di Tamansari, Pangkalan. Goa ini dulunya digunakan sebagai tempat pertahanan dan sampai sekarang masih banyak dikunjungi oleh orang-orang salah satunya karena mitos atau kepercayaan bahwa goa tersebut berisi oleh hal-hal mistis. Namun, di balik hal itu, Goa Dayeuh juga banyak dikunjungi karena keindahan alamnya. Di sekitar goa terdapat aliran air atau sungai yang menambah keindahan alam, dan semua itu bisa dinikmati secara gratis.

9. Candi Jiwa Batujaya


Candi Jiwa Batujaya adalah destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi ketika ada di Karawang. Candi ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena adanya keunikan yang dimiliki Candi Jiwa Batujaya. Tidak seperti candi yang lain, Candi Jiwa Batujaya terbuat dari batu bata. Candi ini juga berada di tengah sawah sehingga keindahan alam semakin terasa nyata. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati keindahan alam tersebut hanya membutuhkan uang sebesar 10 ribu rupiah. Sekarang ini, selain sebagai tempat wisata, Candi Jiwa Batujaya digunakan sebagai tempat pemujaan di waktu tertentu karena masih adanya ditemukan kambing yang diikat pada area candi tersebut.

10. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok


Apakah kalian masih ingat peristiwa sejarah ketika para pemuda menculik pasangan proklamator Republik Indonesia, Soekarno-Hatta? Peristiwa tersebut diingat dengan adanya monumen yang dibangun di Jalan Raya Rengasdengklok. Monumen tersebut berbentuk bulat dengan warna putih dan kepalan tangan berwarna emas di atasnya. Di sekitar monumen tersebut terdapat pepohonan ringan yang sangat nyaman untuk dikunjungi. Selain itu, dengan mengunjungi monumen ini kita juga bisa mengajarkan salah satu kepingan sejarah yang cukup penting kepada anak atau cucu kita. Dengan begitu, peristiwa sejarah tidak akan terputus.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika berkunjung ke Karawang. Satu hal yang bisa diingat ketika mengunjungi berbagai tempat wisata adalah menjaga sikap. Jagalah kebersihan lingkungan dan kenyamanan pengunjung lain agar tidak merugikan.