Tempat Wisata di Kabupaten Wajo Paling Hits dan Populer

Diposting pada

Apabila anda belum memiliki rencana kemanakah akan menghabiskan waktu liburan anda maka anda bisa langsung datang ke Wajo. Berbagai macam tempat menarik dan unik ternyata bisa anda temukan di tempat ini yang bisa menghilangkan rasa jenuh anda. Tak hanya itu saja, wisata sejarah hingga wisata kekinian bisa anda temukan dengan mudah. Tak heran jika banyak orang yang mencari deretan tempat wisata di Kabupaten Wajo.

Kota yang memiliki julukan Bumi Lammaddukkeleng ini ternyata juga dikenal sebagai kota Sutera. Hal ini bukan tanpa alasan karena di tempat ini anda bisa menemukan banyaknya penghasil sutra dengan kualitas yang sangat bagus terutama sutra Bugis. Kabupaten yang mempunyai luas mencapai 2.056 lebih km2 ini ternyata mempunyai deretan wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini tempat wisata di Kabupaten Wajo yang bisa anda kunjungi.

1. Danau Tempe


Tempat wisata pertama yang ada di Kabupaten Wajo adalah Danau Tempe. Wisata alam ini ternyata menjadi salah satu wisata andalan yang dimiliki oleh Wajo. Disinilah, anda akan disuguhi dengan keindahan alam yang sangat mengagumkan. Untuk anda yang ingin melihat keindahan dari tempat ini maka anda bisa menyewa perahu.

Tak hanya pemandangan cantik yang disuguhkan, bagi anda yang datang dari luar kota, anda tidak perlu khawatir karena tempat ini ternyata juga memiliki penginapan yang bisa anda sewa. Jika anda tertarik, anda bisa datang ke desa Salotengnga Kecamatan Sabbangparu.

2. Bukit Kalola Wajo


Masih ada panorama menarik lainnya yang bisa anda temukan di Wajo ini yakni Bukit Kalola Wajo. Walaupun tempat ini tidak sepopuler tempat wisata lainnya, tapi tempat ini juga wajib untuk anda kunjungi. Bukan tanpa alasan karena pemandangan yang disuguhkan di tempat ini sangat cantik. Cocok untuk mendukung kegiatan fotografi anda.

Jika anda tertarik untuk berkunjung kesini maka langsung saja datang ke Desa Sogi Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo. Segera persiapkan liburan menarik anda.

3. Air terjun Sumpang Puli


Jika anda ingin melihat pesona yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan berupa air terjun maka datanglah ke air terjun Sumpang Puli. Ini merupakan air terjun yang terletak di tengah pegunungan Keera dimana menampilan pesona alam yang sangat luar biasa cantnya.

Tempat ini sendiri sangat cocok bagi anda yang sedang mencari ketenangan dan kedamaian jauh dari pusat kota. Pemandangan asri di sekitarnya di jamin akan membuat siapapun betah berada disini. Jika anda tertarik untuk datang kesini maka anda bisa langsung menuju ke Desa Awo tepatnya di Kecamatan Keera

4. Situs Tosora Wajo


Tempat wisata di kabupaten Wajo yang satu ini merupakan wisata yang kaya akan sejarah yakni situs Tosora Wajo. Ini merupakan sebuah situs peninggalan sejarah serta benda-benda arkeologi. Berbagai macam hal pun bisa anda temukan di tempat ini mulai dari area makam hingga masjid.

Tempat ini kabarnya sudah di bangun sejak 1621 M dan masih bertahan hingga sekarang. Nah, jika anda datang kesini, anda juga harus menghormati aturan di tempat ini. Situs Tosora Wajo ini berada di Desa Tosora tepatnya di kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo.

5. Rumah Adat Atakkae


Masih ada lagi tempat wisata di Kabupaten Wajo yang akan memberikan pengalaman wisata terbaik untuk anda yakni Rumah Adat Attakkae. Di tempat ini, anda akan menemukan salah satu rumah adat terbesar yakni Rumah Adat Saoraja Tenri Bali dimana mempunyai 101 tiang. Masing-masing tiangnya sendiri mempunyai berat mencapai 2 ton.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat arena road race dimana sangat digemari oleh anak muda. Anda juga bisa melakukan kegiatan fotografi dengan latar belakang rumah adat Wajo. Tempat wisata ini sendiri berada di Kelurahan Atakkae, tepatnya di kecamatan Tempe-Wajo.

6. Saoraja Mallangga


Saoraja Mallangga awalnya merupakan sebuah rumah Raja yang telah memiliki fungsi berbeda yakni digunakan sebagai museum untuk menyimpan deretan benda-benda yang bersejarah. Sebagian dari koleksi yang ada di museum ini merupakan benda peninggalan dan benda-benda replica.

Jika anda tertarik untuk datang kesini maka anda bisa langsung meluncur ke Jalan Ahmad Yani Kota Sengkang Kabupaten Wajo.

7. Perkampungan Sutera Pakanna


Tak heran apabila kabupaten yang satu ini terkenal sebagai tempat penghasil sutera. Pasalnya anda bisa menemukan tempat pembuatan sutera terbaik di tempat ini. Salah satunya adalah di Perkampungan Sutera Pakanna.

Tempat ini sendiri menjadi tempat untuk budidaya murbei dan ulat sutera yang paling popular. Disini, anda juga bisa belajar bagaimana pemintalan kepompong hingga menjadi benang. Jika anda tertarik, anda bisa datang ke Sempangnge Desa Pakkanna.

8. Masjid Darussalam Belawa


Di Sulawesi Selatan, ternyata juga terdapat masjid yang sangat popular dan cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata religi anda. Ya, ini merupakan masjid yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Belawa dan bisa anda masukkan ke dalam agenda liburan anda.

Masjid yang sudah dibangun sejak 1947 ini memiliki desain arsitektur yang sangat indah dimana akan terdapat menara yang berbentuk unik. Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Wajo ini, datanglah ke Jalan Masjid Menge Belawa.

9. Kolam Renag Syariah NBS


Kolam renang syariah NBS merupakan tempat wisata yang berlokasi di Telaga Biru ini menjadi salah satu fasilitas yang dimiliki oleh santri di Nurmilad Boarding School da juga dibuka untuk masyarakat umum. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda ingin berenang tetapi tetap membuka aurat.

Lokasi wisata ini sendiri berada di kawasan persawahan sehingga pemandangan yang ditampilkan juga sangat cantik. Lokasinya berada di Desa Lempong kecamatan Bola Kabupaten Wajo.

10. Kolam renang Kalola


Selain kolam renang syariah NBS, masih ada lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi yakni kolam renang Kalola. Bagi anda yang sedang berkunjung ke Wajo membawa anak-anak. Maka tempat ini sangat ramah untuk anak-anak.

Tak hanya itu saja, pesona yang dimiliki oleh tempat wisata ini juga sangat cantik dan asri sehingga akan membuat siapapun betah berada disini. Jika anda tertarik, anda bisa datang ke Desa Kalola Kecamatan Maniangpajo-Wajo.

11. Allangkanangnge

Objek wisata ini mempunyai nilai yang cukup tinggi dan kabarnya menjadi istana dari We Cudai. Selain itu, tempat ini juga dikenal menjadi pusat istana kerajaan Cina hingga namanya berubah menjadi Pammana. Tempat ini juga cocok untuk kegiatan fotografi anda. Jika anda tertarik, anda bisa datang ke desa Sarepao, We Cudai Kecamatan Pammana.

Demikian 11 tempat wisata di Kabupaten Wajo yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan liburan anda. Jika anda belum merencakan kemanakah akan menghabiskan waktu liburan anda, datanglah ke Kabupaten Wajo ini.