Tempat Wisata di Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah yang Sayang Bila Anda Lewatkan

Diposting pada

Jika Anda sedang berkunjung ke tanah Sulawesi, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menjelajahi banyak tempat yang mungkin bisa membekas saat Anda pulang nanti. Salah satunya adalah Kabupaten Tolitoli. Kabupaten ini merupakan satu dari banyak provinsi di Sulawesi Tengah yang memiliki banyak objek wisata yang menarik.

Berbagai tempat wisata di Kabupaten Tolitoli sebenarnya bisa dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu wisata bahari, budaya, dan alam. Karena memiliki wisata yang lengkap, Anda dapat membawa keluarga atau kolega Anda untuk mempelajari banyak hal di Kabupaten Tolitoli ini. Tidak perlu berlama-lama, berikut adalah objek wisata yang bisa Anda nikmati.

1. Sabang Tende


Sabang Tende akrab dikenal sebagai satu dari banyak tempat wisata di Kabupaten Tolitoli yang menjadi objek andalan. Bagaimana tidak, sebagai destinasi wisata bahari, Sabang Tende memiliki pasir putih dan air laut yang bersih untuk diselami. Lokasinya berada di Kota Tolitoli, maka untuk menjangkaunya Anda cukup menggunakan transportasi darat sekitar 15 menit. Selain menyelam, Anda bisa duduk bercengkrama dengan keluarga Anda di gaezobo atau dengan 5 ribu rupiah Anda bisa mencoba outbound bersama anak-anak.

2. Udang Merah Tanjung Sanjangan


Tolitoli dikenal dengan udang merah yang melimpah. Sejarahnya, dahulu ada suku yang merebus udang dan tanpa sengaja, belanganya pecah dan udang tersebut hidup kembali dengan warna merah. Objek wisata ini akhirnya menjadi rumah bagi udang merah, yang tiap sabtu dan minggu ada wisata terapi udang. Ada juga pesona alam lain seperti goa-goa alam dan danau alami di sekitar sana. Lokasinya ada di Tanjung Sanjangan Desa Salumbia, Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli, berjarak 330 km dari Kota Palu.

3. Air Terjun Sigelang


Kini bergeraklah sekitar 15 km dari pusat kota Tolitoli dan, maka Anda akan menemukan satu lagi tempat wisata di Kabupaten Tolitoli yang menarik di Desa Oyom. Namanya air terjun Sigelang. Air terjun ini bisa dimasuki secara gratis, tapi ingat sebaiknya jangan berkunjung di akhir pekan kalau tidak ingin mendapatkan suasana yang sangat ramai.

4. Pekan Budaya dan Pariwisata di Tolitoli


Jika Anda beruntung, Anda bisa menghadiri pekan budaya Tolitoli yang diadakan sekali dalam setahun dengan tema yang berbeda. Seperti di tahun sebelumnya, tema yang diangkat adalah “Perkembangan Masyarakat Pesisir” yang menampilkan banyak seniman. Dari tema tersebut misalnya, Anda bisa menambah pengetahuan baru tentang ritual di Tolitoli saat masyarakat akan mencari kayu pohon untuk membuat perahu. Menariknya lagi, pertunjukan tersebut dibuat berdasar dari hasil observasi senimannya.

5. Tanjung Matop Tolitoli


Jika Anda merasa penat dengan suasana yang begitu-begitu saja, Anda bisa mencoba berkunjung ke Desa Pinjan, Pulau Matop, Tanjug Matop. Di sana Anda akan menemukan Tanjung Matop yang menjadi rumah bagi banyak fauna langka seperti Maleo, penyu sisik hijau, kepiting kenari, hingga ikan napoleon. Banyaknya fauna langka menjadikan tanjung ini sebagai bagian dari hutan lindung yang memiliki udara asri dan menyegarkan.

6. Pantai Bajungan Tolitoli


Sedikit ke arah utara kota, Anda akan menemukan tempat wisata di Kabupaten Tolitoli yang juga sangat menarik. Orang sana mengenalnya dengan nama Pantai Bajungan. Jangan khawatir, di sini Anda juga tidak akan menemukan sampah yang berserakan sebab lautnya memang sangat bersih dengan pasir putih sebagai pasangannya. Anda bisa berkunjung ke sini dengan gratis sambil menikmati matahari terbenam.

7. Wisata Bahari Ratu Empat


Bukan hanya Raja Ampat, Kabupaten Tolitoli juga memiliki wisata bahari yang indah seperti Ratu Empat. Terletak di Desa Malala Kecamatan Dondo, Ratu Empat menyajikan pemandangan sunrise dan sunset yang sangat elok jika diabadikan dalam sebuah potret. Jika beruntung, Anda akan menyaksikan mamalia laut seperti paus, hiu, bahkan ikan duyung yang bermain di perairan Dondo ini. Untuk mengunjunginya, Anda cukup menggunakan perahu nelayan dari dermaga Desa Malala dengan waktu tempuh 15 menit dan biaya yang terjangkau. Begitu sampai di sini, semuanya gratis!

8. Kampung Wisata Desa Malangga


Kalau Ada bosan menikmati tempat wisata di Kabupaten Tolitoli yang sudah biasa, Anda dapat berkunjung ke kampung wisata Desa Malangga. Desa yang sama dengan Tanjung Matop ini menjadi menarik karena Anda dapat memeroleh pelajaran berharga dari budaya dan kondisi kehidupan serta lingkungan sosial di desa ini. Aksesnya juga sangat mudah dijangkau. Ada beberapa titik air terjun dan beberapa lokasi pendakian. Datang dan mari belajar budaya Tolitoli!

9. Berkunjung ke Pulau Kapas


Wisata bahari yang tidak bisa Anda lewatkan saat berada di Tolitoli salah satunya adalah Pulau Kapas. Pulau ini menjangkau dua pulau terluarnya seperti Salando, Dolangan, serta Desa Santigi. Di sini Anda dapat belajar banyak tentang suku Bajao yang unik. Banyak sekali batu karang yang tersusun rapi dan tentu pasir putih yang lembut. Di sini Anda bisa melakukan aktivitas diving atau snorkeling. Dengan jarak tempuh sekitar 10 menit dari pelabuhan Desa Kapas, perahu katinting siap mengantarkan Anda ke pulau ini hanya dengan 15 ribu rupiah saja.

10. Ekowisata Mangrove Teluk Pulias


Terletak di kelurahan dan Kecamatan Ogo Dide, Kabupaten Tolitoli, ekowisata mangrove ini bisa ditemukan dengan sangat mudah. Meskipun masih sementara dikembangkan oleh pihak dinas setempat, Anda sudah dapat mengunjungi lokasi ini untuk sekadar naik perahu mengelilingi kawasan hutan bakau atau menanam mangrove Anda sendiri. Jika sedikit lebih sabar, Anda bisa memancing atau berwisata kuliner khas di hutan Mangrove ini.

11. Pantai Pijar


Pantai ini berlokasi di Lalos, Galang, Kabupaten Tolitoli. Pemandangannya yang eksotis dengan gugusan karang yang cantik dan menarik bisa Anda nikmati hanya dengan 1 jam perjalanan. Anda bisa berkunjung ke sini jika sudah merasa penat dengan kota atau pekerjaan kantor. Untuk penginapan, Anda dapat menemukan dan memilih harga yang cukup beragam sesuai budget. Pantai ini juga tetap buka selama 24 jam.

12. Bukit Keles


Bukit ini berupa gundukan-gundukan kecil yang berada dalam hamparan rumput yang hijau bersih. Dikenal juga sebagai bukit teletubis, bukit ini telah menjadi sasaran para wisatawan yang datang ke Kabupaten Tolitoli. Lokasi yang tidak jauh dari pusat kota, membuat bukit ini menjadi terkenal di kalangan muda-mudi yang senang berwisata di malam hari. Sebab malam hari di Bukit Keles adalah sesuatu yang menakjubkan, melihat kerlap-kerlip lampu dari kejauhan dan suasana yang romantik dan tenang.

13. Goa Pamona


Nama goa ini diambil dari suku asli dari Desa Sangele, Kecamatan Pamona Utara. Menurut sejarah yang berkembang, goa pamona dulunya adalah tempat menyimpan jenazah raja dan kaum bangsawan dari suku Pamona. Begitu masuk ke sini, Anda akan dibuat takjub dengan berbagai kamar-kamar yang katanya besarannya menunjukkan status sosial dari pemilik kamar semasa hidupnya.

Itulah tadi berbagai tempat wisata di Kabupaten Tolitoli yang menjadi rekomendasi terbaik untuk waktu libur Anda. Ingat, jangan hanya menikmati keindahan alamnya saja ya. Nikmati juga wisata budaya dan wisata baharinya yang luar biasa. Selamat berlibur!