Tempat Wisata di Kabupaten Polewali Mandar

Diposting pada

Mengulas potensi tempat wisata di Kabupaten Polewali Mandar, memang sangatlah banyak. Kota tersebut memang tidak ada habisnya, untuk memiliki potensi wisata alam atau wisata untuk umum yang sudah di fasilitasi. Bila melihat kekayaan yang ada di Polewali Mandar, maka destinasi wisata didominasi oleh wisata pantai yang mampu bersaing dengan 6 kabupaten lainnya yang ada di Sulawesi Barat (Sulbar) ini. Memang Kabupaten ini cukup luas, sehingga tidak heran, bila menjadi rekomendasi destinasi liburan.

Tempat wisata di Kabupaten Polewali Mandar ini menawarkan beberapa wisata menakjubkan. Maka dari itu apasajakah, destinasi wisata yang paling di rekomendasikan di tempat ini? Simak ulasan di bawah!

Tempat Wisata Kali Biru


Untuk memanjakan wisatawan, tempat wisata di Kabupaten Polewali Mandar yang satu ini, sangat terawat. Pengelola Wisata Alam Kali Biru menyiapkan beberapa fasilitas, seperti gazebo juga beberapa kolam renang dengan beraneka ukuran. Hal tersebut sangat menarik ketika kolam renang yang berada tepat di bawah pepohonan.

Anda dapat menempuh Jaraknya hanya 15 menit, bila berangkat dari Jalan Trans Sulawesi Pinrang-Polman. Untuk sekali kunjungan, baik roda empat atau roda dua, hanya mentarif Rp 5.000 saja. Hal tersebut tentu sangat murah meriah.

Mengunjungi Air terjun Limbong Kamandang


Berkunjung ke Air Terjun Limbong Kamandang, memang sangat tepat untuk mengisi liburan anda. Air Terjun berada di Desa Kurrak, tepatnya Kecamatan Tapango, yang masih satu kawasan Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Daerah Limbong Kamandang ini, cukup berjarak 4 km dari pusat ibu kota, maka sudah pasti tidak begitu jauh.

Anda akan melihat keindahan alam, dengan terjun yang menjulang tinggi 100 meter. Anda pun dapat berjalan untuk memasuki kawasan air terjun, dan sampai ke dasar air terjun.

Wisata Salupajaan


Salupajaan yang berada di Desa Batetangnga, tepatnya Kecamatan Binuang, Polewali Mandar ini, selalu menjadi salah salah satu wisata alam yang favorit dan menjadi primadona bagi warga disini. Oleh karena itu, tempat ini selalu penuh oleh para pengunjung, terutama di waktu libur.

Tempat ini memiliki wahana outbound, flying fox dan Bersepeda di atas air, yang kerap menjadi sebuah wahana yang di cari oleh anak- anak muda. Dengan beberapa keseruan yang di suguhkan, maka sangat tepat bila anda datang bersama keluarga atau rombongan teman.

Wisata Pantai Gonda Hutan Mangrove Park


Gonda Mangrove Park memang sebuah tempat wisata di Kabupaten Polewali Mandar yang sangat luas dan juga terbilang sangat tertata rapi. Wisata ini memang sudah pasti paling layak untuk di Kunjungi. Kawasan Hutan yang masih asri terjaga, pantai ini dulunya di sebut Pantai Palippis. Bila anda ingin ke sini, maka harus menuju desa Mampie, tepatnya di desa Galeso kecamatan Wonomulyo, masih satu kawasan Polewali Mandar.

Karena selalu ramai, maka tarif untuk berkunjung ke sini lumayan besar, yaitu Rp. 50.000/ orang. Namun, dengan keindahan pantai yang sangat indah, hal tersebut akan terasa kecil.

Mengunjungi Bekas Pulau Kucing Dea- Dea

Ternyata, selain pulau kucing di jepang, di Indonesia pun dahulu memiliki suatu pulau yang banyak kucingnya. Sayangnya Tempat wisata di Kabupaten Polewali Mandar yang satu ini, sudah tidak terdapat kucing- kucing yang tinggal disini. Namun, bila anda ingin menjelajah ke pulau ini, bukanlah ide yang buruk.

Tetapi berbeda dengan pulau kucing di jepang, tampaknya pulau disini bukanlah pulau yang berpenghuni Manusia. Pulu Kucing mempunyai nama asli, yaitu Pulau Dea-dea. Dengan waktu kurang lebih 15 menit, anda harus berangkat dari dermaga Belang-belang, yang terletak di desa Tonyaman.

Konon, dahulu terdapat seseorang yang membuang kucing di pulau ini. Seiring waktu yang panjang, maka kucing- kucing tersebut berkembang biak dengan banyak.

Pantai Binuang Polman


Menikmati wisata pantai yang tidak seperti biasanya, maka akan dirasakan ketika anda datang kesini. Keunikan tersebut, akan terlihat karena di tempat ini memiliki wahana sepeda pantai, alias bisa mengendarai sepeda laut. Wisata sepeda laut merupakan wahana yang termasuk baru. Untuk menambah keseruan, tampaknya wisata ini sangat sayang bila kita lewatkan.

Untuk merasakan keunikan tempat wisata di Kabupaten Polewali Mandar yang satu ini, Anda dapat mengunjungi Kecamatan Binuang, masih kawasan Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Tarif untuk memakai sepeda laut ini, berkisar Rp 10.000 saja.

Pantai Mampie


Berbicara tempat wisata ini, tentu sudah sangat populer bagi warga Polewali Mandar. Karena saking ramainya, maka pemerintah disini menawarkan beberapa fasilitas untuk bersantai ria, seperti gazebo- gazemo yang terdapat di pinggir pantai. Dengan keindahan alam yang sangat asri, maka tempat ini merupakan tempat yang pantas untuk direkomendasikan.

Pulau Pasir Putih

Salah satu destinasi wisata yang pantas di rekomendasikan lagi, adalah Pulau Pasir Putih. Sulawesi memang sudah terkenal dengan destinasi pantai putih yang menakjubkan. Maka dari itu Pulau Pasir putih ini sangat tidak kalah menarik, dari pantai- pantai lainnya. Pantai disini mempunyai air yang jernih dan sangat indah bila menikmati matahari terbit atau tenggelam. Masyarakat disini menyebutnya “Gusung Toraja”. Untuk datang ke tempat ini, perjalanannya pun cukup panjang, sekitar 1 jam, anda mungkin sudah sampai di tempat ini. Konon tempat ini adalah tempat persembunyian Raja, saat menghadapi para penjajah.

Pemandian Tangga Seribu


Bila ingin mengunjungi suasana alam dengan udara yang sejuk, maka Obyek wisata yang satu ini tepat berada di Kanan, dari Dusun Galung, daerah Kecamatan Binuang, masih di Poliwali Mandar. Pemerintah Polewali mandar, memang akan melakukan revalitasi tempat ini, karena memiliki potensi alam yang cukup menakjubkan dan juga lengkap. Beberapa orang pun mengatakan, bahwa objek wisata yang tergolong baru ini, sangat menarik bila dikunjungi. Oleh karena itu, tampaknya pemerintah akan melakukan penataan dan pemantauan kembali.

Memiliki fasilitas seperti kolam mandi, wisata air terjun dan kondisi alam yang tergolong masih perawan, akan menjadi pelengkap yang baik untuk menemani liburan anda.

Wisata Mangrove Jembatan Pelangi


Jembatan Pelangi adalah hasil kreativitas dari pengelola tempat ini. Sebenarnya Jembatan Pelangi, hanyalah sebuah jembatan kayu yang di cat dengan banyak warna. Namun, lokasi jembatan yang tepat berada ditengah hutan mangrove, selalu ramai dikunjungi, terutama oleh anak- anak muda. Mungkin tempatnya yang instagramable, membuat magnet tersendiri untuk datang ke destinasi wisata yang tergolong baru ini.

Anda dapat mengunjungi Kecamatan Binuang, yang hanya membutuhkan waktu 15 menit saja, bila ditempuh dari Kota Polewali. Jembatan pelangi ini terletak disamping jalan poros, maka membuat kita tak akan kesulitan untuk mencari wisata tersebut.

Keindahan Pantai Tanjong Buku

Bila anda hendak kesini, maka bisa di tempuh dengan memakan waktu sekitar 30 menit. Memakai rute di pinggir kantor camat Campalagian, merupakan jalur yang sama bila ingin menuju desa Katumbangan kecamatan Campalagian. Sayangnya dengan keindahan tersembunyi, tempat ini tidak ramai pengunjung.

Tetapi keindahan tempat ini, sangat cocok bila anda ingin berlibur, tanpa di iringi keramaian orang. Bagi sebagian orang, melakukan kemping sangatlah cocok di daerah ini. Terlebih didaerah ini mempunyai beberapa tambak ikan untuk para pemancing.