Tempat Wisata di Kabupaten Parigi Moutong Paling Menarik untuk Dikunjungi

Diposting pada

Pernah dengar Kabupaten Parigi Moutong? Kabupaten ini merupakan salah satu wilayah atau juga sebuah Daerah Tingkat II di Sulawesi Tengah. Wilayahnya sendiri sebagian besar adalah daerah-daerah di pantai timur Sulawesi Tengah dan Teluk Tomini. Bisa dibilang, Pairigi Moutong adalah sebuah kabupaten baru yang memang baru dibentuk pada tahun 2002 lalu. Berarti sekitar 17 tahun sudah Parigi Moutong berdiri sendiri sebagai sebuah kabupaten. Disebabkan oleh letak wilayahnya yang berada di sekitar teluk dan pantai, wisata di Parigi Moutong pun banyak yang berhubungan dengan bahari.

Meskipun tempat wisata di Kabupaten Parigi Moutong belum begitu dikenal masyarakat secara luas, tetapi beberapa orang yang tahu biasanya selalu terpikat. Bahkan banyak turis asing sangat menyukai wisata bahari Parigi Moutong yang dianggap masih asri dan indah. Kalau kamu ke Parigi Moutong, mungkin beberapa tempat wisata ini dapat menjadi pilihan terbaik untukmu.

1. Pantai Nalera


Pantai Nalera menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Parigi Moutong yang cukup terkenal. Pantai ini berada di Desa Marantale, Kecamatan Ampibabo, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Pantainya memiliki pasir putih yang indah, dan karang warna-warni akan terlihat setiap air laut surut. Selain pemandangan bawah laut yang luar biasa, pantai ini juga berhadapan dengan gunung sehingga bisa menjadi spot foto yang sangat bagus. Harga tiket masuknya pun terjangkau, hanya Rp. 10.000. Lokasinya pun dekat jalan raya, dan disekitar pantai sudah ada penginapan juga rumah makan.

2. Air Terjun Ogomojolo


Parigi Moutong juga memiliki wisata air terjun bernama Ogomojolo. Sayangnya, wisata ini kurang begitu dilirik sehingga tidak banyak wisatawan yang datang. Padahal, air terjun ini memiliki pemandangan yang cukup bagus dengan bebatuan yang besar yang mengelilinginya. Nama Ogomojolo sendiri berarti ‘air yang dingin’ berasal dari bahasa Tialo. Sedangkan lokasi wisata ini berada di Desa Ogomojolo, Kecamatan Palasa, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Untuk tiket masuknya sendiri sekitar Rp. 10.000, atau bisa juga gratis.

3. Pantai Kucing


Ke tempat wisata di Kabupaten Parigi Moutong, tepatnya di sekitar Teluk Tomini, jangan lupa untuk ke Pantai Kucing. Lokasi tepatnya berada di Tandaigi, Siniu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Selain terumbu karang dan pasir putihnya, Pantai Kucing terkenal juga dengan resort di sekitarnya. Harga resort per malamnya mulai dari Rp. 750 ribuan, dan menyediakan juga tempat diving bagi yang ingin menyelam.

4. Pantai Tumpapa


Satu lagi pantai indah di Parigi Moutong, yaitu Pantai Tumpapa. Letaknya ada di Desa Malakosa, Kecamatan Balinggi, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Jika dari Palu, kamu butuh sekitar 2.5 jam untuk ke pantai ini. Pantai ini memiliki vegetasi bakau yang cukup subur, dan di dalamnya terdapat banyak satwa liar seperti bangau, elang pantai, hingga biawak. Pasirnya pun putih bersih dengan banyak pepohonan di sekitar. Air lautnya pun biru dan sangat menawan. Di sekitar pantai sudah ada fasilitas yang cukup memadai, seperti warung, kamar mandi, dan tempat untuk duduk santai.

5. Ampibabo


Ampibabo sebenarnya adalah nama sebuah kecamatan di Parigi Moutong. Namun, kecamatan ini memiliki berbagai wisata yang sangat menawan. Salah satunya adalah di Teluk Tomini. Pengunjung dapat melakukan diving maupun snorkeling di sini untuk melihat terumbu karang yang masih alami. Arus yang tenang dan cahaya yang cukup membuat pengalaman menyelam akan lebih berkesan. Dari kota Parigi, kamu hanya perlu menempuh jarak 44km untuk sampai di Ampibabo.

6. Puncak Pompausea Gunung Labuan Sory


Salah satu tempat wisata di Kabupaten Parigi Moutong yang akan memberikan pemandangan menakjubkan untukmu adalah Puncak Pompausea Gunung Labuan Sory. Puncak ini berada di Desa Toboli, Parigi Moutong. Pengunjung bisa naik ke atasnya dan melihat pemandangan laut yang biru dan hijaunya lokasi di sekitar. Apalagi, di puncak ini juga terdapat Tarsius Spektrum, yaitu kera terkecil di dunia yang langka.

7. Pantai Purwosari


Satu lagi destinasi wisata pantai di Parigi Moutong, yaitu Panti Purwosari. Pantai ini berlokasi di Desa Purwosari, Parigi Moutong. Apabila dari Parigi, kamu cukup menempuh jarak 24km atau sekitar seperempat jam dengan kendaraan bermotor. Pantai Purwosari juga cukup menjadi primadona warga sekitar, sehingga kerap ramai dikunjungi. Selain itu, Pantai Purwosari juga kerap digunakan sebagai lokasi Melasti yaitu salah satu kegiatan sakral untuk umat Hindu. Di pantai ini juga cukup bagus baik dari pantai atau lautnya.

8. Pulau Kelelawar


Apabila kamu ingin ke tempat wisata di Kabupaten Parigi Moutong yang cukup berbeda dan unik, cobalah datang ke Pulau Kelelawar. Kamu dapat menempuh perjalanan sepanjang 60 km dari Kota Parigi pantai terdekat, yaitu sekitar 3 jama perjalanan. Setelah itu, dilanjutkan naik perahu motor ke Pulau Kelelawar selama 10 menit. Di pulau ini, kamu bisa menyaksikan ribuan kelelawar yang memang hidup dan berkembang biak. Kelelawar yang ada pun beraneka ragam, ada kelelawar hitam, kuning, dan juga coklat. Selain banyaknya kelelawar, pantai di pulau ini juga sangat putih. Pemandangan di senja hari juga sangat menakjubkan karena akan melihat banyak kelelawar beterbangan menutupi langit. Kalau kamu ingin ke pulau ini, bisa naik perahu motor dari nelayan sekitar dengan biaya Rp. 10.000.

9. Tugu Katulistiwa


Satu hal yang tidak boleh terlewatkan ketika datang ke Parigi Moutong adalah mengunjungi Tugu Khatulistiwa. Tentu saja, karena di desa Sinei, Tinombo Selatan, adalah salah satu wilayah yang dilalui garis khatulistiwa, sehingga dibangun pula tugu di sana. Ada hal menarik yang bisa kamu rasakan jika datang saat tanggal 21 Maret dan 23 September, yaitu peristiwa jarum di botol yang bisa melayang pada titik nol. Apabila kamu datang dari Palu, perlu menempuh perjalanan sekitar 157km untuk sampai ke tugu ini.

10. Cagar Budaya Peninggalan Raja Kuti Tombolotutu


Masih di Tinombo, kamu juga jangan lupa untuk berkunjung ke salah satu cagar budaya yang merupakan Peninggalan Raja Kuti Tombolotutu. Raja ini berkuasa dari tahun 1929 sampai kemudian wafat pada tahun 1965. Selama pemerintahannya, Raja Kuti Tombolotutu menguasai Kerajaan Tomini dan juga Moutong. Lokasi cagar budaya ini sangat mudah dijangkau karena masih ada di sekitar lintasan jl. Trans Sulawesi. Di dalam cagar budaya ini, kamu dapat melihat 2 buah meriam peninggalan raja, pakaian-pakaian kerajaan yang masih terjaga, alat-alat rumah tangga, dan banyak juga foto masa dulu. Kamu juga bisa sekalian mendatangi makam Raja Kuti Tombolotutu beserta keluarga beliau.

11. Puncak Santigi


Puncak Santigi juga masih ada di sekitar jl. Trans Sulawesi. Di atas puncak, kamu dapat melihat pemandangan laut dan perpaduan pegunungan yang memukau mata. Hanya saja, untuk sampai ke atas memerlukan cukup banyak effort, tanjakannya cukup tinggi dan hanya bisa dilalui dengan berjalan.

Bagaimana? langsung ingin segera ke tempat wisata di Kabupaten Parigi Moutong sekarang juga kan?