Tempat Wisata di Kabupaten Mojokerto dengan Budaya dan Alamnya

Diposting pada

Tempat Wisata di Kabupaten Mojokerto – Siapa sih yang tidak tahu Mojokerto? Ya, sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur, Mojokerto beberapa tahun belakangan ini berhasil menaikan potensi pariwisatanya, sehingga ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru daerah. Kalau Anda belum pernah ke sana, tidak ada salahnya memasukkannya ke dalam daftar liburan Anda di liburan panjang mendatang.

Tempat Wisata di Kabupaten Mojokerto

Di Mojokerto, banyak tempat wisata yang sayang Anda lewatkan. Wisata yang banyak dimiliki Mojokerto adalah wisata budaya dan alamnya, sehingga Anda bisa belajar sekaligus bersenang-senang. Penasaran? Simak saja di bawah ini.

1. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala

Kalau Anda ingin mengenal peninggalan purbakala di Indonesia, khususnya di Mojokerto, kunjungi saja Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala yang terletak di Jl. Mojopahit nomor 141-143, Trowulan, Mojokerto. Di balai ini, Anda akan diajak mengenal peninggalan purbakala, seperti lempengan besi yang tertulis mantra-mantra zaman dulu.

Selain itu, Anda juga bisa melihat arca-arca kerajaan Hindhu, seperti arca Wisnu, patung Nanti yang menjadi lembu Dewa Siwa, dan sebagainya. Namun, kalau Anda ingin mengambil foto-fotonya, mintalah izin terlebih dahulu karena tidak semuanya boleh di foto. Tiket masuk untuk melihat peninggalan purbakala di sini hanya Rp 5.000 saja per orang.

2. Situs Kedaton

Wisata bersejarah lainnya di Mojokerto adalah Situs Kedaton yang lokasinya ada di Dusun Kedaton, tepatnya di Desa Sentonerejo, Trowulan, Mojokerto. Jika Anda ke situs ini, Anda akan melihat beberapa reruntuhan Candi Kedaton yang sudah ada dari sejak abad ke 13.

Anda pun juga akan menyaksikan galian purbakala yang luas dan di tutupi seng yang merupakan bekas rumah penduduk pada saat Kerajaan Majapahit. Terdapat pula sebuah sumur yang dinamakan Sumur Upas. Harga tiket masuknya hanya Rp 3.000 saja.

3. Candi Bajang Ratu

Kalau Anda sudah mengunjungi kedua tempat di atas, jangan lupa kunjungi juga Candi Bajang Ratu yang lokasinya berdekatan dengan tempat wisata di atas, tepatnya di Dukuh Kraton, Desa Temon, Magetan. Candi yang satu ini memang sangat terkenal di Mojokerto, sehingga di hari biasa, terutama di hari-hari libur, tempat ini selalu ramai dikunjungi, khususnya anak-anak mudanya.

Namun, dari keindahan candi ini, ternyata para ahli sejarah belum mengetahui secara pasti siapa pembuatnya, waktu pembuatnya, hingga fungsi candinya. Masih banyak spekulasi yang dibuat sendiri, tapi tidak ada yang bisa dipastikan karena kurangnya informasi dari candi ini. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkunjung ke sini dengan tiket masuk Rp 5.000 saja.

4. Candi Brahu

Selain Candi Bajang Ratu, Candi Brahu juga merupakan candi yang populer di Mojokerto. Lokasi candi ini ada di Kejagan, Trowulan, Mojokerto dan masih mudah diakses kalau dari tempat candi Bajang Tahu. Asal usul nama candi ini berasal dari wanaru yang menjadi nama bangunan suci, Prasasti Alasantan.

Kalau Anda perhatikan bentuk candinya, akan terlihat cukup unik yang berbentuk pinggang manusia. Candi ini juga memiliki kaki-kaki yang disusun 2 bagian, di mana kaki yang bawahnya mempunyai tinggi 2 meter. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Candi Brahu, hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga yang murah, yaitu Rp 3.000 saja ditambah biaya parkir seharga Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

5. Air Terjun Coban Canggu

Kalau Anda membutuhkan suasana yang lebih segar dari cuaca yang panas, datangi saja Air Terjun Coban Canggu yang berada di Desa Padusan, Pacet, Mojokerto. Wisata alam ini menyajikan air terjun dengan ketinggian 70 m yang membuatnya tergolong air terjun yang eksotis dan indah.

Di sekitar air terjun, Anda pun juga bisa menikmati pemandangan yang asri dari rimbunnya pohon-pohon yang hijau. Tidak heran tempat ini banyak dikunjungi wisatawan keluarga maupun anak-anak muda, yang ingin menenangkan pikiran dari ramainya pusat kota. Untuk harga tiket masuknya, setiap pengunjung harus membayar Rp 7.000.

6. Pemandian Ubalan

Ingin mencoba pemandian di Mojokerto? Coba saja ke Pemandian Ubalan yang berada di Made, Pacet, Mojokerto. Kalau Anda bersama anak-anak, pemandian ini sangat cocok dikunjungi karena bisa menikmati fasilitas lainnya yang sesuai dengan anak-anak, seperti taman bermainnya maupun tamannya.

Di sini juga disediakan fasilitas gazebo yang bisa menjadi tempat untuk Anda bersantai atau menikmati bekal yang dibawa. Kalau Anda ingin merasakan kesejukan, terdapat danau yang bisa Anda nikmati pemandangannya. Bagaimana harga tiketnya? Tentu saja sangat murah meriah, yakni hanya Rp 7.500 saja.

7. Pacet Mini Park

Ingin merasakan liburan yang lebih menyenangkan lagi? Kunjungi saja Pacet Mini Park di Jl. Raya Mojosari Pacet, Warugunung, Mojokerto. Anda bisa bermain-main air dengan puas karena dilengkapi dengan berbagai macam wahana air yang dapat Anda coba berkali-kali. Karena memiliki permainan air untuk anak-anak, tempat ini bisa menjadi alternatif lain untuk liburan anak-anak yang mengasyikkan.

Selain wahana airnya, terdapat pula flying fox, ATV, kereta yang mengajak Anda berkeliling Pacet Mini Park, serta terapi ikan yang ingin merilekskan kaki-kaki. Untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu membayar Rp 10.000. Namun setiap wahana memiliki harga yang berbeda-beda, yakni kolam renang Rp 20.000, flying fox Rp 20.000, ATV Rp 10.000, terapi ikan Rp 10.000, dan kereta Rp 10.000.

8. Air Terjun Dlundung

Ingin melihat air terjun lainnya di Mojokerto? Bagaimana kalau Anda mengunjungi Air Terjun Dlundung yang menyuguhkan pemandangan air terjun dan alamnya yang tidak kalah keren dari tempat lainnya. Dengan ketinggian yang mencapai 55 m, air terjunnya seperti permadani yang indah dengan airnya yang begitu jernih dan bersih.

Selain menikmati pemandangan air terjun, Anda juga bisa melakukan outbound dengan harganya yang relatif terjangkau. Anda yang sudah lelah pun bisa menginap di tempat kemah yang sudah disediakan dan harganya pun hanya Rp 10.000 setiap tenda yang bisa dipakai untuk beberapa malam. Sedangkan harga tiket masuknya pun murah, hanya Rp 10.000 per orang.

Kalau Anda penasaran dengan pemandangannya, coba saja kunjungi tempat wisata alam ini di Dusun Ketapang, tepatnya Desa Kemloko, Trawas, Mojokerto.

9. Mahavihara Patung Budha

Indonesia memang terkenal dengan beragam agama yang dimiliki penduduknya, sehingga banyak bangunan-bangunan keagamaan yang tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Mojokerto. Mahavihara Patung Budha merupakan salah satu bangunan keagamaan yang ditujukan untuk umat Budha, namun orang lain masih bisa berkunjung.

Patung ini sering kali dipakai untuk acara keagamaan umat Budha di hari raya tertentu dan menjadi objek wisata di Mojokerto yang populer. Selain melihat patung Budha-nya, Anda juga bisa menyaksikan miniatur Candi Borobudur. Harga tiketnya hanya Rp 2.500 saja per orang.

Lokasi Mahavihara Patung Budha berada di Jl. Raya Trowulan, Mojokerto yang cukup dekat dengan Candi Brahu. Jadi Anda bisa sekaligus berkunjung di 2 tempat wisata ini.

10. Candi Wringin Lawang

Wisata sejarah yang lainnya adalah Candi Wringin Lawang yang berada di Jatipasar, Trowulan, Mojokerto. Sebagai candi peninggalan Kerajaan Majapahit, terdapat arca Ganesha yang ukurannya besar dan diletakan di jalan masuk candi ini.

Anda yang masuk ke kawasan candi ini tidak akan merasakan hawa panas yang berlebih karena banyak tanaman dan pohon-pohon sehingga membuat tempat ini tampak asri dan sejuk. Ada pula kolam ikan yang membuat lingkungan candi ini semakin asri. Pengunjung tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis untuk masuknya.