Tempat Wisata di Kabupaten Minahasa Utara Bertema Alam & Sejarah Terbaik

Diposting pada

Berbicara tentang pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Minahasa Utara (Minut), hal pertama yang terlintas adalah keindahan lukisan alamnya seperti gambaran surga. Meskipun sama-sama objek rekreasi bertema alam, setiap tempat wisata di Kabupaten Minahasa Utara mempunyai ciri khasnya tersendiri. Daftar terbaik objek wisata yang tidak boleh terlewatkan bisa anda simak berikut.

Tidak hanya wisata alamnya saja yang perlu disambangi ketika berkesempatan berkunjung ke Minahasa Utara. Wisata sejarah cukup populer yaitu Waruga juga layak masuk dalam daftar kunjungan perjalanan ke Sulawesi Utara. Seperti apa Waruga? Peninggalan berharga yang tersisa dari Zaman Megalitikum. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Aset Sejarah Minahasa Utara Waruga


Situs sejarah yang langka ini dapat anda temui di Minahasa Utara tepatnya di sekitar perumahan & lahan penduduk setempat. Situs peninggalan Waruga Sawangan adalah kuburan kuno yang dibuat pada era megalitikum orang-orang Minahasa. Perkembangannya diperkirakan terjadi pada abad ke-13. Bangunan Waruga pertama ditemukan di wilayah Bukit Klewer, Treman & Tumaluntung.

Biaya masuk yang dikenakan kepada para wisatawan hanya Rp. 3.000,- untuk satu orang. Wisata sejarah yang ekonomis untuk menghabiskan akhir pekan bersama anak-anak, tidak hanya rekreasi saja tetapi juga belajar sejarah. Sementara jam operasional tempat wisata ini dimulai pukul 8 pagi sampai 5 sore waktu Minahasa.

Taman Purbakala Waruga Sawangan berlokasi di sebuah desa yang bernama serupa yaitu Sawangan, Kecamatan Airmadidi. Pengunjung dapat melihat kuburan tua suku Minahasa yang jumlahnya mencapai 144 buah. Anda juga dapat melihat relief yang ada di sebelah kanan dan kiri komplek taman. Meskipun berjumlah ratusan, hanya 31 kuburan yang sudah teridentifikasi.

Biasanya pengunjung yang datang berfoto sepuas hati kemudian masuk ke museum kecil dalam satu kawasan Taman Purbakala ini. akses mencapai lokasi cukup mudah. Apabila anda mulai perjalanan dari Kota Manado, lama waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam. Selain kendaraan pribadi, pengunjung juga dapat memanfaatkan angkutan umum yang ada.

2. Raewaya Hills Airmadidi


Setelah mengunjungi situs sejarah, anda bisa berpindah tempat wisata ke Raewaya Hills yang letaknya masih di sekitar Kecamatan Airmadidi. Objek liburan yang baru dibuka 2 tahun lalu ini sudah dikunjungi ribuan pengunjung terutama saat hari libur. Kafe & restoran sudah tersedia sehingga pengunjung bisa melepas lelah sambil mengisi tenaga.

Raewaya Hills berdiri di bawah Gunung Klabat yang dilengkapi sejumlah wahana permainan menarik seperti flying fox, sky bike atau sepeda langit, serta extreme swing. Cocok untuk anda yang menyukai aktivitas menantang di ketinggian. Biaya tiket untuk setiap permainan berkisar 20 ribu rupiah per pengunjung.

Wisatawan bisa mulai berkunjung pada pukul 15.00 WITA di hari selasa sampai kamis. Sementara hari jum’at, sabtu, dan minggu bisa datang lebih awal yaitu jam 11.00 WITA. Wahana Raewaya Hills akan tutup setiap hari senin. Pengunjung antusias mencoba semua wahana, salah satu yang banyak diminati adalah sepeda langit.

Uji nyali ketinggian sambil mengayuh sepeda sepanjang 200 meter. Pemandangan 1000 meter di atas permukaan laut bisa anda nikmati ketika mencoba sky bike. Jarak tempuh dari pusat Kota Manado sampai Kelurahan Airmadidi hanya butuh 20 menit menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

3. Destinasi pantai-pantai berpasir putih di Minahasa Utara

Tempat wisata di Kabupaten Minahasa Utara didominasi oleh pantai dan alam. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pasir pantai dan laut berwarna biru, berkunjung ke Minahasa adalah pilihan terbaik. Pantai apa saja yang dimiliki alam Minahasa Utara?

– Pantai Likupang


Pantai yang satu ini masuk dalam objek wisata populer di Minahasa Utara, terlebih lagi beberapa waktu lalu pernah ada berita ditemukannya hewan chelonian mydas atau penyu hijau sangat langka. Pengunjung dapat bersantai di atas pasir putih yang memiliki butiran halus & bersih.

Tempat wisata di Kabupaten Minahasa Utara ini pengunjung dapat melakukan kegiatan snorkling dan diving untuk menikmati keindahan alam bawah laut Likupang. Wilayah Pantai Likupang berjarak 48 km dari Manado yaitu di Kecamatan paling utara bernama Likupang.

– Pantai Paal di Minahasa Utara


Minahasa menyimpan keindahan pantai-pantai di negeri ini, salah satunya Pantai Paal yang letaknya di Desa Marinsow masih masuk ke Kecamatan Likupang Timur. Warga sekitar ataupun wisatawan yang datang dari berbagai daerah biasanya memilih hari libur untuk menikmati suasana pantai ini. Fasilitas untuk pengunjung yaitu rumah-rumah panggung tempat ibadah.

Selain itu banyak kamar mandi atau toilet, serta area parkir kendaraan yang memadai. Hamparan pasir putih sepanjang 100 meter yang ada di pinggiran pantai dan udara sejuk dari pepohonan rindang akan langsung menyapa wisatawan. Aktivitas lain yang dapat dicoba yaitu wahana olahraga air seperti banana boat dan UFO boat.

Tiket masuk pantai, setiap pengunjung harus membayar 10 ribu rupiah per orang. Sementara permainan airnya bisa dinikmati dengan membeli tiket mulai 25 ribu rupiah. Gazebo, tempat ganti & mandi, lapak pedagang makanan dan minuman yang tersedia. Jarak tempuh dari Kota Manado kurang lebih 2 jam untuk sampai ke Pantai Paal.

4. Spot Menyelam Populer Pulau Bangka


Sebelumnya Pulau Bangka yang terdapat di Minahasa Utara merupakan sebuah kawasan pertambangan, tetapi kini berubah menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Minahasa Utara. Meskipun hanya pulau kecil yang berada di bagian timur laut Pulau Sulawesi, Pulau Bangka menyimpan keindahan bawah laut luar biasa mempesona.

Keindahannya dimulai dari ekosistem laut berupa terumbu karang beraneka ragam dan ikan-ikan penghuninya yang berwarna-warni. Tidak salah jika pulau ini menjadi salah satu spot menyelam paling dicari para penyelam. Letaknya yang ada di episentrum segitiga membuat aktivitas diving lebih menarik. Titik penyelaman berjumlah 25 spot dengan topografi unik bawah laut.

Penyelam akan disambut oleh ikan karang, karang berwarna-warni, kehidupan kipas laut, dan jenis-jenis karang lain seperti karang lunak, karang meja, dan karang pohon. Anda bisa mengambil gambar hiu karang, fusilter, tuna, serta mackeler yang berjaga di puncak batu. Ada harlequin, kuda laut, dan udang harimau yang dapat menjadi objek foto.

5. Menjelajah Pulau Manterawu


Pulau Mantewaru merupakan wilayah terluar Indonesia yang berbatasan dengan negara tetangga yaitu Filipina. Kini, namanya telah diverifikasi menjadi Pulau Mantehage. Wisatawan bisa langsung menuju tempat ekoweisata ini dari Pulau Bunaken dengan durasi 1,5 jam. Perkembangan ekowisatanya dapat anda lihat dari luasnya kawasan bakau yang hampir sama dengan luar daratannya.

Dari daftar Tempat wisata di Kabupaten Minahasa Utara tersebut, anda bisa mulai menyusun rencana lebih matang agar liburan ke Sulawesi Utara bisa lebih maksimal. Pantai-pantai yang ada di Minahasa Utara terletak berdekatan. Lebih baik mengunjunginya sekaligus untuk menyingkat waktu perjalanan.