Tempat Wisata di Kabupaten Minahasa Selatan, Spot Alam Menarik 2019

Diposting pada

Minahasa Selatan merupakan salah satu wilayah Indonesia yang merupakan bagian dari Pulau Sulawesi. Pariwisata kabupaten yang mempunyai Ibukota bernama Kota Amurang ini menawarkan banyak keunikan dan keindahan. Beberapa pilihan tempat wisata di Kabupaten Minahasa Selatan berikut ini layak untuk dinikmati untuk melepas kepenatan.

Pernah mendengar wisata “Negeri di Atas Awan” yang banyak menjadi perbincangan dan sempat viral di berbagai media?. Itulah salah satu contoh objek wisata unggulan yang ditawarkan Minahasa Selatan kepada para wisatawan yang berkunjung. Wisata air terjun, pemandangan alam, sejarah, sampai wisata rohani lengkap tersaji. Berikut rekomendasi lengkapnya.

1. Gunung Payung, wisata Negeri di Atas Awan


Peningkatan wisatawan yang berkunjung ke Gunung Payung biasanya terjadi pada hari sabtu. Sejak populer karena keindahannya, aset wisata milik Minahasa Selatan ini mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Tempat wisata yang ada di Kecamatan Rayopano Desa Poopo menyuguhkan panorama alam yang menawan.

Sebutan “Negeri di Atas Awan” sendiri muncul karena pemandangan indah awan yang terlihat seperti lukisan alam yang langka. Foto-foto keindahannya sudah tersebar luas di media sosial. Bahkan menurut info, tempat tersebut disambangi lebih dari seribu pengunjung tahun 2018. Tidak hanya digandrungi para remaja saja, tetapi banyak juga anak-anak dan dewasa.

Sayangnya tempat wisata di Kabupaten Minahasa Selatan ini belum memiliki akses jalan terbaik. Para wisatawan harus berjuang mencapai puncak dengan berjalan kaki. Namun, hal tersebut merupakan tantangan tersendiri untuk mendapatkan pemandangan terindah setelah berjuang dari bawah sampai puncak gunung.

Saat ini fasilitas yang ditawarkan untuk memangkas waktu perjalanan adalah menggunakan motor trail sampai perbatasan hutan saja. Medan yang harus anda lalui terbilang tidak mudah. Jarak tempuh dengan berjalan kaki sepanjang 4 kilometer membutuhkan waktu kurang lebih sampai 3 jam. Jalur pendakian mempunyai kemiringan 30-45 derajat.

2. Taman Nasional Bunaken bagian selatan


Bunaken merupakan taman laut yang berlokasi di Sulawesi utara yang berdiri sejak 1991 dengan luas mencapai 75.000 hektare. Jika melihat letak geografisnya, Taman Nasional Bunaken dibagi menjadi dua bagian yaitu Utara dan selatan. Ketika anda berkunjung ke Kabupaten Minahasa Selatan, anda bisa menikmati keindahan Bunaken bagian selatan.

Anda dapat menyusuri pesisir Tanjung Kelapa, Arakan – Wawontulap meliputi desa Poopoh dan Poperang. Keindahan bawah laut berupa terumbu karang, flora dan fauna ekosistem setempat bisa dinikmati pengunjung dengan menyelam. Harga tiketnya berkisar antara 100 ribuan saja. Ada baiknya sebelum berkunjung, anda menghubungi call center terlebih dahulu untuk harga pastinya.

Fasilitas penginapan tersedia di sekitar lokasi tempat wisata di Kabupaten Minahasa Selatan bisa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan alam Bunaken lebih lama. Apabila anda belum yakin untuk menyelam sendiri, banyak instruktur selam yang bisa membantu agar aktivitas diving lebih nyaman dan aman. Pengunjung bebas menikmati 20 titik penyelaman dengan beragam kedalaman.

Penyelam-penyelam domestik ataupun asing sering kali memilih 12 dive spot untuk menikmati indahnya ragam ikan laut daerah tropis dan terumbu karang. Ada sekitar 150 spesies ikan yang berada di sekeliling terumbu karang.

3. Spot Diving Pantai Blongko


Pantai Blongko merupakan salah satu objek wisata potensial yang masih perlu dikembangkan untuk menjadi tempat wisata di Kabupaten Minahasa Selatan terbaik. Pengunjung dapat melakukan kegiatan meyelam seperti halnya di Bunaken.

Lokasinya sendiri berada di Kecamatan Sinonsayang. Menurut penuturan Kumtua Desa Blongko, objek wisata ini dulunya adalah tempat pembelajaran laut dan konservasi yang tentunya dikunjungi banyak akademisi dalam negeri maupun mancanegara. Fasilitas jalan masih belum sempurna karena masih dalam pengembangan.

4. Menikmati panorama alam Pantai Teletabis


Lokasi pantai berada di desa Boyong Pante II, Sinonsayang yang menawarkan keindahan tersendiri. Pinggiran pantai dengan luas sekitar 200 meter, pengunjung bisa melihat Cynodon atau rumput jepang sambil menikmati waktu bersantai bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Besaran biaya tiket masuknya hanya 10 ribu saja.

Jam operasionalnya dimulai pada pukul 08.00 pagi dan diakhiri sekitar jam 18.00 sesuai dengan zona waktu setempat.

5. Pantai Moinit Tewasen


Pantai Moinit diklaim menjadi satu-satunya pantai di wilayah Sulawesi Utara yang mempunyai air laut panas. Lokasi tanah yang dikembangkan berkisar 30 hektar berada di Desa Tawaang Kecamatan tenga. Rata-rata perjalanan darat menuju objek wisata memerlukan waktu setengah jam.

Pengunjung tidak perlu kuatir tersesat karena keberadaan pantai ada di belakang bangunan sekolah Balai Diklat Pelayaran Minahasa Selatan. Akses lokasi bisa melalui PLTU Moinit. Pengunjung bisa langsung menikmati hangatnya air laut saat sedang turun. Banyak wisatawan yang memanfaatkan keindahan pantai untuk sekedar mengambil foto.

Acara reuni, kumpul bersama teman, atau menghabiskan akhir pekan bersama keluarga bisa dengan bersantai sambil membakar ikan. Untuk tiket masuknya masih sangat terjangkau yaitu sekitar 10 ribu. Pengunjung memanfaatkan air panas pantai Moinit untuk relaksasi tubuh dengan mandi ataupun sekedar merendam kaki.

6. Pantai Alar Minahasa selatan


Keindahan alam lainnya yang dapat dinikmati selama berada di Kabupaten Minahasa Selatan adalah Pantai Alar. Tempat wisata yang satu ini merupakan obyek rekreasi favorit warga sekitar karena tiket masuknya yang tidak berbayar.

Warga sekitar memilih pantai yang terletak di Amurang Timur karena aksesnya mudah, dekat dengan tempat tinggal dan gratis. Pantai Alar dipersiapkan untuk menjadi obyek rekreasi bersama keluarga dan sedang dalam pengembangan.

7. Batu Dinding di Amurang


Puas menjelajah semua wisata bahari di Minahasa Selatan, anda bisa berlanjut ke wisata alam Batu Dinding Kilo 3 di Amurang. Spot favorit berfoto yang berada di Buyungon, Amurang ini sebelumnya bukan sebuah tempat wisata. Kepopulerannya bermula dari banyaknya foto unik susunan bebatuan yang diunggah di media sosial.

Dinding batu tersebut terbentuk dari balok-balok dengan ukuran beragam di bagian permukaannya. Jika diperhatikan ukuran balok atas terlihat lebih besar, keunikan ini banyak mengundang wisatawan hanya untuk mengambil foto. Fungsi lainnya yaitu banyak digunakan untuk media olahraga adrenalin yaitu panjat tebing.

8. Air terjun Tumpaan Park Amurang


Minahasa Selatan telah banyak berbenah dengan banyaknya ikon wisata baru untuk menarik minat wisatawan. Hal itu menunjukkan hasil dengan meningkatnya antusias masyarakat mengunjungi tempat-tempat wisata. Salah satunya yaitu obyek air terjun yang ada di desa Popontolen. Lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Alar.

Wisatawan bebas menikmati sejuknya air terjun dan pemandangan alam sekitarnya. Banyak pengunjung mengabadikan panoramanya untuk mengisi beranda media sosial. Jarak yang harus ditempuh untuk mencapai lokasi berkisar 50 km jika ditempuh dari Kota Manado. Anda akan disambut oleh pohon-pohon hijau besar yang memanjakan mata.

Itulah kedelapan tempat wisata di Kabupaten Minahasa Selatan yang bisa disambangi selama berada di Sulaweri Utara. Masih banyak hal yang perlu dikembangkan dan dikelola dengan baik agar dapat meningkatkan jumlah wisatawan.