Tempat Wisata di Kabupaten Mamuju Yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Berbicara mengenai destinasi tempat wisata yang berada di Indonesia, memang tidak ada habisnya. Indonesia sudah terkenal secara de facto, memiliki kawasan yang menawarkan keanekaragaman destinasi wisata. Tentu saja hal ini kerap menjadi harta karun yang tidak berbentuk materi saja. Salah satu keindahan dan harta karun tersebut, berada di kawasan Kabupaten Mamuju. beberapa tempat wisata di kabupaten Mamuju ini, terbukti memiliki kisah dan juga sejarahnya sendiri.

Selain Mamuju, memang banyak sekali destinasi atau tempat wisata yang berada di Sulawesi Barat. Namun, tidak ada salahnya bila kita memulai agenda perwisataan ini, dengan memilih kota Mamuju, sebagai salah satu tempat wisata favorit. Tidak usah repot- repot pergi ke luar Negeri, tempat wisata di Kabupaten Mamuju ini, malah menjadi sasaran para turis asing. Apa sajakah tempat tersebut? Simak ulasan dibawah ini!

Pantai Lombang-Lombang


Tempat wisata di Kabupaten Mamuju, memang sudah terkenal oleh setiap orang yang berada di Sulawesi Tengah. Bahkan, mereka yang hendak datang ke pantai untuk menikmati seluruh keindahan alamnya, berasal dari luar daerah. Pantai yang terletak di Kelurahan Sinyonyoi ini, tepatnya berada di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, masih Provinsi Sulawesi Barat.

Tempat ini memang memiliki jarak kurang lebih 30 km bila anda berangkat dari pusat kota mamuju. Kita pun dapat menempuh ke pantai, dengan menggunakan kendaraan pribadi. Pantai lombang-lombang tersebut, memang merupakan destinasi yang cocok untuk anda yang baru menginjakan kaki di Mamuju. Apalagi Pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang, kurang lebih 5 km, yang membuat kita akan berbetah- betah tinggal di sini.

Pulau Karampuang


Menuju Tempat wisata di Kabupaten Mamuju yang satu ini, sangatlah di rekomendasikan. Nama Karampuang memiliki arti yang indah. Dalam bahasa, karampuang adalah Rembulan atau bisa disebut Bulan Purnama. Tentu saja sebuah nama tidaklah dapat membohongi kita. Penamaan itu sudah sangat sesuai untuk menggambarkan seluruh keindahan dan juga kecantikan yang ada di pulau yang satu ini.

Tempat wisata ini, sering digunakan untuk scuba diving. Terutama kawasan wisata pulau karampuang, memang terkenal memiliki pemandangan bawah laut yang indah dan sangat Menakjubkan. Menuju tempat tersebut, anda harus menuju Kecamatan Simboro Kepulauan, masih wilayah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Wisata Mangrove Bebanga


Kabupaten Mamuju, memiliki tempat wisata hutan mangrove yang tidak kalah dengan wisata hutan Mangrove lainnya yang ada di Indonesia. perawatan yang apik dari bantuan warga dan juga pemerintah, membuat Tempat wisata di Kabupaten Mamuju ini, menjadi tempat yang favorit. Anda pun dapat mengunjungi dan berwisata ke hutan mangrove yang terletak di daerah Bebanga, Kalukku, masih kawasan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Pesona alam yang ada di sini, tentu akan di iringi oleh suasana yang tenang dan juga damai. Banyaknya kawasan peristirahatan, membuat tempat ini cukup cocok, bila dijadikan sebagai salah satu destinasi peristirahatan ditengah- tengah perjalanan wisata kita.

Pantai Manakarra


Pantai Manakarra, merupakan Tempat wisata di Kabupaten Mamuju yang wajib kita kunjungi. Sudah pasti adanya pantai ini, membuat Mamuju menjadi sebuah kota yang dapat dikatakan, memiliki banyak sekali destinasi yang berjenis wisata pantai.

Bila anda ingin bertamasya ke Pantai Manakarra ini, maka anda cukup datang ke Jl. Yos Sudarso, Kabupaten Mamuju, masih kawasan Sulawesi Barat. Keindahan tempat ini, selalu ramai di kunjungi warga lokal maupun warga luar. Terutama bila ingin menikmati sunet, anak muda disini selalu mengunjunginya dikala sore atau malam.

Pantai Tapandullu


Dengan Pesona keindahan pantai yang satu ini, maka sangat salah bila di lewatkan. Tentu saja bila kita orang kota, maka yang selalu di rindukan adalah mengunjung Sebuah pantai berpasir putih. Dan Tempat wisata di Kabupaten Mamuju yang satu ini, adalah obat penawar, untuk mengobati kerinduan terhadap pantai putih. Terutama keindahan pasir tersebut, dipadupadankan dengan gradasi air laut yang hijau, ditambah pepohonan hijau membentang mengelilinginya.

Mengunjungi kawasan Pantai Tapandullu, adalah pilihan yang tepat, karena Tempat wisata di Kabupaten Mamuju yang satu ini, menawarkan fasilitas lengkap. Beberapa hotel tersedia untuk menemani liburan anda.

Disamping hotel, beberapa gazebo untuk bersantai, adalah salah satu fasilitas yang cocok, saat menikmati senja sebagai tempat peristirahatan. Bila ingin menuju ke sini, maka cukup datang ke Desa Sumare, yang berada di Kecamatan Simboro.

Air Terjun Tammasapi


Suasana alam yang asri, membuat Air terjun tammasapi ini, menjadi salah satu pesona Alam yang mengagumkan. Anda pun akan merasakan sebuah kesejukan dari udara dan airnya yang tentunya sangat menggoda untuk segera terjun menikmatinya. Air terjun ini, cukup tinggi, karena memiliki ketinggian sekitar 75 m. Air terjun tammasapi ini berasal dari aliran Sungai Tammasapi. Bila anda ingin kesini, maka anda harus datang ke Dusun Tammasapi, yang masih berada di kabupaten Mamuju.

Anda pun dapat berangkat dari pusat kota Mamuju, dengan menggunakan mobil, sepeda motor. Sesampainya di perkampungan, maka anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri sebuah jalan setapak yang cukup menanjak dan juga menurun. Mungkin sekitar 1 Km atau kurang lebih waktu tempuhnya selama 30 Menit.

Taman Wisata Bukit Jati Gentungan


Tempat wisata di Kabupaten Mamuju yang satu ini, memang terkenal dengan berbagai macam fasilitas dengan lengkap. Tentu saja kita akan dimanjakan dengan fasilitas yang ada, contohnya terdapat kolam renang yang cukup besar, terdapat pula lapangan futsal, lapangan bulu tangkis, tempat karaoke keluarga, dan fasilitas lainnya.

Menikmati keindahan panorama perbukitan, tentu saja menjadi hal yang dilakukan oleh anak- anak muda disini. Bila anda mempunyai hobi memancing, disini terdapat fasilitas kolam ikan untuk memancing. Bila anda ingin menuju ke sini, maka harus datang ke daerah Bebanga, Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Pantai Ujung Bulo


Pantai Ujung Bulo, merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Pulau Karampuang. Tentu saja dengan keindahan yang di tawarkan, tempat ini kerap menjadi tempat yang sangat cocok untuk rekreasi, terutama ketika long weekend. Tentunya bila didatangi bersama rekan atau pasangan hidup, adalah hal yang tepat untuk mengunjungi pulau yang terbilang cukup eksotis ini.

Bila anda ingin menuju Pantai Ujung Bulo, maka harus menggunakan angkutan umum katinting atau bisa disebut dengan taxi lokal. Berangkat dari dermaga rakyat Lingkungan Kasiwa Mamuju, anda harus menyeberang pulau ini, kurang lebih sekitar 15 sampai 20 menit, maka jarak tempuh tersebut kira- kira 2 mil.

Tanjung Ngalo


Tempat wisata di Kabupaten Mamuju yang satu ini, memang sudah dilakukan pengelolaan yang cukup baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Dengan program Mamuju mengexplore, tentu saja wisata pantai tanjung Ngalo ini akan sangat sayang, bila kita lewati. Beberapa waktu lalu pemerintah mengkampanyekan dengan memakai tagar atau hastag #AyokeTanjungNgaloMamuju.

Bila anda ingin berlibur ke pantai yang indah dengan pasir putihnya tersebut, maka harus menuju Desa Dungkait, Kecamatan Tapalang Barat. Selain berpasir putih, Tanjung Ngalo menyuguhkan keindahan yang sangat banyak. Salah satunya dengan hamparan hutan mangrove, yang terlihat eksotis.