Tempat Wisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang Menawan dan Eksotis

Diposting pada

Sulawesi Utara memiliki beberapa pulau menarik yang jarang diketahui orang-orang. Salah satu pulau di sana yang jarang didatangi wisatawan yaitu Kepulauan Sangihe. Kepulauan tersebut termasuk yang unik dari pulau-pulau di Indonesia karena berbatasan langsung dengan Filipina.

Meskipun jarang dikunjungi wisatawan, Kepulauan Sangihe ternyata menyimpan banyak objek wisata yang sangat menarik untuk dieksplor. Bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata di kabupaten Kepulauan Sangihe, berikut rekomendasi terbaiknya.

1. Pantai Pananualeng


Tempat wisata di kabupaten Kepulauan Sangihe pertama yaitu Pantai Pananualeng yang berada di Tariangbaru, Tabukan Tengah. Pantai yang satu ini selalu tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat akhir pekan hari Sabtu dan Minggu. Pasirnya yang putih terhampar luas bisa menjadi tempat bersantai Anda di tepi pantainya.

Pikiran dan perasaan Anda akan semakin rileks karena ditemani deru ombak yang cukup tenang dan anginnya yang sepoi-sepoi. Untuk menuju ke sini ternyata tidaklah sulit karena Anda bisa memanfaatkan armada transportasi umum yang mudah ditemukan. Tiket masuknya pun sangat murah, yakni hanya Rp 10.000 per orang.

2. Gunung Kawio


Jika Anda ingin menikmati keindahan bawah lautnya Indonesia, cobalah untuk menyelam ke bawah laut Sangihe yang terkenal dengan gunung api bawah lautnya, Kawio, yang letaknya berada di Kepulauan Sangihe Talaud, Sulawesi Utara. Tingginya yang mencapai 3.200 m dan puncaknya di sekitar 1.900 m yang terhitung dari bawah laut.

Ketika Anda menyelam di dekatnya, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan cantik terumbu karang yang berwarna menawan. Anda pun juga akan ditemani oleh berbagai macam hewan lautnya, seperti ikan, lobster, cumi-cumi, bintang laut, dan sebagainya. Biaya untuk menikmati pesona itu semua tergantung dari jasa paket yang Anda gunakan. Biasanya sekitar Rp 1.000.000 hingga Rp 2.500.000.

3. Gunung Api Bawah Laut Mahangetang


Selain Gunung Kawio, tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang menyajikan pesona bawah lautnya yaitu Gunung Mahangetang. Gunung tersebut berada di area perairan Pulau Mahangetang. Untuk menuju ke sana, Anda memerlukan waktu kurang lebih 1 jam dari Kota Tahuna.

Mirip dengan Gunung Kawio, terumbu karang di sini juga terlihat cantik dan padat. Tapi uniknya, hampir semua terumbu karangnya dapat mengeluarkan gelembung udara yang membuatnya semakin menarik untuk dilihat. Anda pun juga akan menemukan banyak sekali ikan atau hewan laut lain yang berenang di sekitar karang. Anda memerlukan budget sekitar Rp 1.000.000 hingga Rp 2.500.000 untuk menyelam ke sini.

4. Puncak Pusunge

Kalau Anda ingin mencari tempat di atas gunung, Anda bisa kunjungi Puncak Pusung yang terletak di Kampung Pusunge Lenganeng, Tabukan Utara. Untuk menuju ke sini caranya sangat mudah, karena Anda bisa berangkat dari Kota Tahuna yang membutuhkan waktu hanya 20 menit saja sampai ke puncak ini.

Tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe ini sering dijadikan lokasi untuk melihat sunset yang cantik, apalagi berlatarbelakang Kota Tahuna, Pulau Tinakareng, dan Gunung Awu. Kalau lapar, ada warung makanan yang menyediakan pisang dabu-dabu yang lezat dan minuman hangat lainnya. Tidak membutuhkan tiket masuk untuk menikmati pemandangan di sini.

5. Pulau Mendaku


Anda yang ingin melepas lelah dan jauh dari suara bising kota, bisa berkunjung ke Pulau Mendaku yang terletak di Kecamatan Manganitu Selatan. Pantainya yang cantik memberikan hamparan pasir putih yang sangat luas, apalagi permukaannya yang dangkal membuat Anda bisa mengajak buah hati untuk bermain air di sini.

Terumbu karangnya pun juga tidak kalah indahnya, sehingga semakin banyak saja spot foto yang cantik untuk diabadikan. Untuk menuju ke sini, Anda harus membutuhkan waktu 3 jam dari Kota Tahuna. Jangan lupa juga bawalah bekal makan dan minum karena tidak tersedia warung makanan. Biaya ke pulau ini tergantung jenis transportasi apa yang Anda gunakan, ya.

6. Air Terjun Sura Kakewang


Berwisata ke air terjun juga bisa menjadi pengalaman yang mengasyikan. Coba saja kunjungi Air Terjun Sura Kakewang yang terletak di Kecamatan Kendahe dan hanya 30 menit dari Kota Tahuna. Tinggi air terjunnya mencapai 30 m, sehingga airnya yang turun pun akan terasa sangat sejuk saat berada di sekitarnya.

Tapi sayangnya, Anda belum bisa menikmati fasilitas mendukung liburan Anda di sini, sehingga Anda harus menyiapkan bekal sendiri saat ingin ke sini. Siapkan juga banyak air minum karena Anda harus berjalan kaki sejauh 2 km atau sekitar 1 jam. Tidak ada tiket masuk saat memasuki tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe ini.

7. Maselihe


Sulawesi Utara memang terkenal dengan keindahan bawah lautnya, seperti di Maselihe. Terumbu-terumbu karang yang cantik, ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di sela karangnya, maupun hewan laut yang bisa Anda temukan di sekitar karangnya.

Selain bawah lautnya, masih ada juga hutan tropisnya yang menyejukkan di sekitar pantai yang dilengkapi dengan tebing kokoh di tepiannya. Ada juga air terjun unik yang airnya langsung turun ke laut, sehingga Anda bisa bermain-main air di bawahnya sambil menikmati lautnya. Untuk masuk ke kawasan ini, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk apapun alias gratis.

8. Pantai Embuhanga


Masih tidak jauh-jauh dari pantai, Pantai Embuhanga merupakan salah satu dari sekian banyaknya pantai di Sulawesi Utara yang memiliki keindahan yang menawan dan eksotis. Berlokasi di Petta, Tabukan Utaran, membuatnya tidak jauh dari Kota Tahuna dan membutuhkan waktu 30 menit saja untuk sampai.

Hamparan pasirnya sangat luas bisa Anda nikmati untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain layang-layang atau sekedar duduk santai saja sambil menikmati pesona lautnya yang indah. Tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya karena Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

9. Air Terjun Nguralao


Tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe berikutnya yaitu Air Terjun Nguralao yang terletak di Desa Binala Kecamatan Tamako. Anda yang berangkat dari Kota Tahuna perlu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan memakai kendaraan yang mudah ditemukan.

Ketika Anda memasuki kawasan ini, Anda akan langsung merasakan hawa sejuk dan segar dari pepohonan yang rindang. Anda pun juga bisa duduk-duduk santai sambil menyantap bekal yang dibawa dan menikmati suara gemericik airnya yang turun. Tidak ada warung makan di sini, sehingga Anda harus membawanya sendiri.

10. Boulevard Tahuna


Bagi Anda yang ingin berwisata kuliner, coba saja berjalan-jalan di sektiar Boulevard Tahuna sepanjang Pantai Tidore Atas hingga Tanjung Kota Tahuna. Terdapat berjejer warung-warung makan dan kopi yang bisa Anda cicipi, apalagi kebanyakan dari mereka ada yang buka sampai tengah malam ataupun subuh.

Saat menjelang sore hari, tempat ini memang sudah mulai banyak dibuka berbagai macam kuliner lezat yang harus Anda coba. Tidak heran juga banyak kaula muda nongkrong di sekitar sini karena dapat menyantap kuliner lezatnya sekaligus melihat pemandangan kota yang menawan.