Tempat Wisata di Kabupaten Bulukumba, Tempat Asik untuk Menikmati Waktu Bersantai

Diposting pada

Memiliki waktu untuk berwisata merupakan salah satu waktu yang wajib untuk anda miliki. Dengan melakukan perjalanan wisata, ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan. Bila anda merupakan salah seorang pekerja, waktu liburan bisa anda gunakan untuk melepas penat. Mengunjungi tempat wisata bersama dengan keluarga juga bisa digunakan untuk memiliki waktu berkualitas yang selama ini rasanya cukup sulit untuk anda dapatkan. Anak-anak yang masih sekolah pun rasanya wajib memiliki waktu liburan. Waktu berlibur bisa digunakan untuk mengembalikan semangat setelah lama digunakan untuk mempelajari ilmu sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing. Tak perlu tempat wisata yang terlalu mewah, tempat wisata di sekitar tempat tinggal juga bisa digunakan sebagai tujuan wisata.

Salah satu tempat atau daerah di Indonesia yang bisa anda kunjungi sebagai destinasi liburan adalah Kabupaten Bulukumba. Di Kabupaten ini, anda diberikan banyak pilihan untuk menghabiskan waktu liburan. Baik sendiri atau bersama dengan keluarga, semua tempat wisata yang tersedia rasanya tepat untuk didatangi. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa tempat wisata di Kabupaten Bulukumba yang wajib untuk anda datangi sebagai tujuan berwisata.

1. Pantai Bira


Apakah anda sedang membayangkan untuk menghabiskan waktu liburan dengan menikmati birunya laut Indonesia? Hal tersebut bisa anda dapatkan dengan mengunjungi Pantai Bira. Pantai Bira menyediakan keindahan laut yang rasanya sangat sayang bila anda lewatkan. Keindahan tersebut terletak pada biota laut yang masih terjaga keasliannya. Hamparan pasir putih yang terletak di pantai dan birunya laut yang terletak di sana menjadikan Pantai Bira menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam ataupun luar negeri.

2. Bakung-Bakung View Sunrise


Menikmati keindahan alam yang ada di Kabupaten Bulukumba bisa anda dapatkan dengan mengunjungi tempat wisata bernama Bakung-Bakung View Sunrise. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini sangat tepat bila anda gunakan untuk menikmati keindahan alam berupa matahari terbit. Beberapa spot yang disediakan oleh pengelola bisa anda manfaatkan untuk mengabadikan momen ketika anda berkunjung ke sana. Selain menikmati keindahan alam berupa matahari terbit, anda juga bisa menikmati hijaunya alam Kabupaten Bulukumba dan indahnya laut biru yang terhampar di sana. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dengan menuju Desa Lembanna yang terletak di Kecamatan Bontobahari.

3. Pantai Bara


Keuntungan yang dimiliki oleh Negara Indonesia adalah banyaknya tempat wisata alam yang berbentuk pantai. Pantai lain yang bisa anda kunjungi ketika berada di Kabupaten Bulukumba adalah Pantai Bara. Pantai Bara memiliki keelokan yang tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan pantai lain yang berada di Indonesia. Karena masih sedikit orang yang mengetahui tempat wisata alam ini, anda bisa merasakan liburan pribadi karena belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut. Pohon kelapa yang tersedia di pantai tersebut bisa anda gunakan untuk menikmati pasir putih yang menawan dan indahnya lautan yang berwarna biru.

4. Bukit Donggia


Tempat wisata di Kabupaten Bulukumba selanjutnya yang bisa anda kunjungi bersama teman atau keluarga adalah Bukit Donggia yang terletak di Dusun Lorayya. Di bukit ini, anda bisa menikmati keindahan alam berupa pepohonan hijau yang menawan dan panorama alam berupa pegunungan yang terhampar di sekelilingnya. Salah satu hal menarik yang menjadi daya pikat tempat wisata ini adalah semua wisatawan yang berkunjung di desa ini diperbolehkan untuk ikut melakukan berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh penduduk setempat. Anda bisa memilih aktivitas yang menarik minat anda dan selanjutnya mempraktikkan langsung dengan warga di sana. Cara ini cukup menarik untuk menanamkan nilai-nila yang bermanfaat kepada anak anda yang sedang belajar.

5. Tebing Apparalang


Waktu liburan anda tidak akan terasa lengkap bila anda melewatkan untuk mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Bulukumba, yaitu Tebing Appalarang. Di tebing ini ada beberapa kegiatan menarik yang bisa anda lakukan. Pertama, tentu saja anda bisa melakukan kegiatan snorkeling. Keindahan alam bawah laut di tebing ini sangat menawan untuk anda nikmati. Namun, sayangnya anda tidak akan menemukan pasir layaknya di pantai pada umumnya, tapi anda akan melihat berbagai macam tebing yang mengitari pantai. Inilah yang menjadi daya tariknya. Banyak orang yang mencoba kegiatan cliff jumping atau loncat dari tebing menuju kedalaman laut yang mengasikkan.

6. Puncak Pua Janggo


Bila anda mengunjungi Pantai Bira, jangan lewatkan untuk juga mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Bulukumba yang bernama Puncak Pua Janggo. Tempat wisata ini akan membuat anda menikmati keindahan alam di sekitar Pantai Bira, tentu saja pantai tersebut juga bisa anda saksikan dari ketinggian di atas rata-rata. Puncak Pua Janggo terhitung menjadi tempat wisata yang terkenal sejak Tahun 2016. Nama tempat wisata ini didapat dari nama penyiar agama islam yang terkenal di daerah tersebut bernama Pua Janggo.

7. Pantai Ujung Tiro


Bila anda ingin mengunjungi Tanah Lot yang ada di Bali, tapi merasa tempat wisata tersebut terlalu jauh sehingga membutuhkan banyak biaya, anda bisa mengunjungi Pantai Ujung Tiro yang menjadi salah satu andalan tempat wisata di Kabupaten Bulukumba. Tempat wisata ini menyediakan indahnya laut Indonesia yang masih berwarna biru dan terjaga keasliannya. Alam bawah laut di tempat wisata ini bisa dinikmati dengan cara snorkeling. Selain itu, anda juga bisa menikmati waktu liburan anda di tempat wisata ini dengan kegiatan memancing atau sekadar melakukan swafoto.

8. Tebing Panaikan Birayya


Bila anda merupakan salah satu wisatawan yang tidak terlalu mahir berenang, tempat wisata bernama Tebing Panaikan Birayya menjadi salah satu tempat wisata yang bisa anda jadikan tujuan. Laut di sekitar tebing ini hanya memiliki kedalaman sejauh 1.5 meter. Dengan kedalaman tersebut, anda tidak perlu terlalu khawatir bila kemampuan berenang anda belum terlalu mumpuni. Kekhawatiran untuk melakukan cliff jumping juga tidak perlu terlalu anda rasakan.

9. Pulau Kambing


Kabupaten Bulukumba rasanya seperti tidak pernah kehabisan objek wisata alam berupa lautan. Salah satu daerah di Kabupaten Bulukumba yang bisa anda nikmati keindahan alam lautnya adalah Pulau Kambing. Anda bisa mengunjungi pulau ini dengan menaiki perahu dari Pantai Bira. Di pulau ini, anda bisa menikmati berbagai macam biota laut yang masih terjaga keindahannya.

Mengunjungi berbagai macam tempat wisata juga harus dibarengi dengan kewajiban untuk menjaga. Jangan sampai kunjungan anda justru membuat kondisi di tempat wisata tersebut menjadi lebih buruk. Salah satu sikap yang harus anda lakukan selalu adalah dengan membuang sampah pada tempatnya, menjaga berbagai macam fasilitas yang disediakan dan mematuhi semua peraturan yang telah diberlakukan oleh pengelola.