Tempat Wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang Menyimpan Keindahan Alam Eksotis

Diposting pada

Indonesia terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang cantik dan menakjubkan. Mulai dari Sabang hingga Marauke, berjajar destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pantai, pegunungan, perbukitannya, sampai danau-danaunya memiliki keindahan tersendiri yang sayang banget kalau Anda lewatkan.

Bolaang Mongondow Utara atau Bolmut merupakan salah satu dari sekian banyaknya daerah di Sulawesi Utara yang memiliki pesona wisatanya yang cantik. Buat Anda yang belum pernah ke sana, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bisa Anda kunjungi.

1. Pulau Bongkil

Pulau Bongkil atau Pulau Bangkit merupakan pulau kecil yang berada di Kecamatan Pinogaluman, Bolaang Mongondow Utara. Dengan memakai perahu motor untuk sampai ke sini, nantinya Anda akan melihat pemandangan pantai di pulau ini yang putih bersih. Di kelilingi karang yang luas, air lautnya juga sangat jernih, sehingga kehidupan bawah lautnya jelas terlihat secara langsung dari atas perahu.

Di sini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti diving, snorkeling, atau sekedar berenang saja, mau pun berlayar sekaligus memancing. Untuk bisa ke sini, Anda harus menyewa kapal seharga kurang lebih Rp 400.000. Sedangkan masuk pantainya gratis.

2. Pantai Tanjung Buaya

Pantai Tanjung Buaya merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang berada di Iyok, Bolang Itang Bar, Bolaang Mongondow Utara dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Namanya yang unik berasal dari sebutan masyarakat setempat yang melihat salah satu sisi pantainya mirip dengan bentuk buaya.

Di sini Anda dapat menenangkan pikiran sambil duduk bersantai di pinggiran pantainya. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat Anda bisa bermain air atau berenang di pinggirannya. Untuk masuk ke Pantai Tanjung Buaya, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk apapun.

3. Pantai Tanjung Dulang

Tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara selanjutnya yaitu Pantai Tanjung Dulang yang berada di Desa Solo, Kaidipang. Jauh dari keramaian kota, tentu saja membuat pantai ini sangat bersih dan suasananya yang tenang. Anda hanya akan ditemani suara deburan ombak dan anginnya semilir yang membuat Anda lebih relax dari hiruk pikuk kepadatan kota.

Ombaknya yang tidak terlalu besar bisa menjadi kesempatan Anda untuk berenang atau snorkeling melihat keindahan alam di bawahnya. Kalau Anda beruntung, Anda pun juga dapat melihat penyu yang keluar dari sarangnya. Untuk masuk ke sini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp 10.000 per orang.

4. Pantai Batu Pinagut


Pantai Batu Pinagut adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang populer dan berada di Kuala, Kaidipang, Bolaang Mongondow Utara. Masyarakat setempat menamakannya Batu Pinagut karena makam raja yang dulu menjabat di Kerajaan Kaidipang dibuat dari batu yang berasal dari pantai ini.

Terdapat banyak aktivitas yang bisa Anda nikmati di sini, yakni jet ski, banana boat, snorkeling, dan sebagainya. Terdapat juga gazebo untuk Anda yang lelah menyelam atau bermain wahana airnya. Untuk menikmati suasana pantainya yang indah, Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 per orangnya.

5. Pantai Air Belanda

Pantai Air Belanda bisa menjadi destinasi wisata Anda saat sedang berlibur ke Sulawesi Utara yang berlokasi di Desa Boroko, Kaidipang, Bolaang Mongondow Utara. Saat Anda menginjakan kaki di pantai ini, Anda akan merasakan kelembutan pasirnya yang berwarna sedikit cokelat. Lautnya yang cantik ditambah dengan pepohonan hijau di sekelilingnya membuat Pantai Air Belanda semakin asri dan menakjubkan.

Anda bisa bersantai di pinggiran pantainya atau bermain-main di tepi pantainya. Ombaknya yang tidak besar sangat cocok untuk Anda yang ingin mengeksplor bawah lautnya. Untuk masuk ke sini Anda tidak perlu lagi membayar biaya apapun.

6. Puncak Indah Kaliandra

Selain pantai masih ada tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang menyajikan pemandangan alam yang asri, seperti di Puncak Indah Kaliandra. Meskipun pengembangan wisatanya belum maksimal, tetap saja Anda dapat menikmati keindahan alamnya yang begitu menakjubkan. Dari puncak ini, Anda dapat melihat pemandangan Bolmut yang cantik dengan jelas.

Tidak hanya itu saja, Anda pun juga bisa menikmati pesona perbukitan yang berjejer menyerupai Bukit Teletubbies yang hijau. Di sepanjang jalannya, Anda akan menemukan banyak rumah makan dan penginapan yang menyuguhkan pemandangan alam yang keren. Tidak perlu biaya apapun untuk menikmati pesona Bolmut yang cantik dari Puncak ini.

7. Air Terjun Pontak

Anda yang ingin bermain-main air, bisa mengunjungi Air Terjun Pontak yang berlokasi di Desa Gihang, Kaidipang, Bolamut. Meskipun hanya berupa air terjun saja, tempat ini menjadi salah satu potensi wisata yang menakjubkan untuk Anda kunjungi.

Disebut juga dengan Pemandian Hutuhung, air terjunnya memiliki ketinggian hingga 7 meter di mana bagian bawahnya terdapat kolam alami untuk permandian. Airnya yang jernih, apalagi sejuk, membuat Anda relax melepas lelah dan stres yang menumpuk. Untuk masuk ke sini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

8. Air Terjun Batunangan

Air terjun lainnya yang menjadi tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menarik adalah Air Terjun Batunangan, tepatnya berlokasi di Desa Sidodadi, Sangkub. Terdapat 2 air terjun di sini dan konon, dulu ada pasangan yang mati bersama di sini, sehingga masyarakat setempat pun menamainya dengan pacaran atau batunangan.

Untuk ke sini, Anda perlu masuk ke dalam hutan terlebih dahulu dan melewati jalanan yang cukup curam. Jangan lupa bawalah bekal dan minuman karena belum ada warung untuk menjualnya. Anda tidak perlu membayar apapun untuk masuk ke lokasi ini alias gratis.

9. Bendungan Pangkusa

Meskipun hanya sekedar bendungan, Bendungan Pangkusa termasuk objek wisata di Bolaang Mongondow Utara yang berada di 2 kecamatan, yakni Bintauna serta Sangkub. Bendungan ini dibangun untuk mengairi sawah-sawah yang ada di 2 kecamatan tersebut dengan luas sekitar 3.600 Ha. Selain mengairi sawah, bendungan ini juga dipakai untuk mengendalikan banjir.

Bendungan ini termasuk yang paling besar di Sulawesi Utara dan sangat akrab disebut sebagai Bendungan Tinolipu. Anda yang suka memancing, bendungan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memancing ikan. Kalau sore, Anda akan ditemani indahnya matahari terbenam yang cantik. Tidak perlu membayar biaya apapun untuk memasuki lokasi ini.

10. Pulau Keramat

Pulau Keramat merupakan salah satu pulau kecil di Bolmut yang tidak dihuni oleh siapapun. Dari sejarahnya saja, tidak ada yang tahu kenapa dinamakan Pulau Keramat. Tapi, saat Anda mengunjungi tempat ini, lelah dan kepenatan Anda akan berangsur-angsur hilang.

Pemandangannya sangat indah dengan lautnya yang membentang luas. Di latar belakangnya pun terlihat jelas perbukitan yang berjejer, membuat Anda seperti ingin pindah ke pulau ini. Untuk ke pulau ini, Anda perlu membayar jasa perahu sewanya saja, sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

Bagaimana? Begitu banyak tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang indah dan menakjubkan, bukan?