Tempat Wisata di Kabupaten Bangkalan yang Menyenangkan

Diposting pada

Mengunjungi suatu tempat dengan tujuan rekreasi dilakukan oleh banyak orang. Wisatawan menggunakan waktu berlibur untuk menyegarkan badan dan pikiran setelah banyak melakukan kegiatan di hari-hari biasa. Berwisata menjadi hal yang sangat didambakan oleh banyak orang.

Ada banyak hal yang perlu disiapkan untuk mengunjungi tempat wisata. apalagi bila destinasi yang ingin dikunjungi belum pernah didatangi sebelumnya. Bila ingin mendatangi tempat baru, sangat diperlukan riset terlebih dahulu. Riset kecil bisa dilakukan dengan mengumpulkan banyak informasi yang tersebar di internet terkait tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Ada banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dijadikan tujuan berlibur. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia ada ribuan tempat wisata yang rasanya sayang bila terlewatkan. Indonesia yang terdiri dari berbagai macam pulau, memiliki harta karun pariwisata yang rasanya tidak pernah habis walau sudah banyak dikunjungi. Salah satu pulau yang memiliki banyak tempat wisata adalah Madura.

Tempat Wisata di Kabupaten Bangkalan

Pulau Madura masih berada dalam satu provinsi dengan Provinsi Jawa Timur. Dulu untuk bisa mengakses pulau ini hanya bisa dengan transportasi laut. Namun, semenjak ada Jembatan Suramadu, akses menuju Madura semakin mudah, yaitu bisa menggunakan Transportasi Darat. Kabupaten pertama yang didatangi bila melalui Jembatan Suramadu adalah Kabupaten Bangkalan. Di kabupaten itu, terdapat banyak tempat wisata yang bisa digunakan sebagai tempat berlibur. Berikut ini ulasannya.

1. Bukit Kapur Arosbaya

Dahulu, Bukit Kapur Arosbaya merupakan situs pertambangan kapur. Namun, karena sudah tidak digunakan, bukit ini kemudian dijadikan tepat wisata. hal unik yang bisa didapat adalah bentang alam bukit kapur yang memiliki pahatan-pahatan yang apik dan menarik. Banyak orang yang mengabadikan momen berkunjung di Bukit Kapur Arosbaya dalam sebuah foto kemudian diunggah ke media sosial. Hal itulah yang menyebabkan Bukit Kapur Arosbaya mendapat banyak perhatian dari wisatawan. Harga yang harus dibayar untuk menikmati keindahan alam tersebut adalah sebesar lima ribu rupiah. Bukit kapur yang terletak di Buduran, Arisbaya, Bangkalan ini bisa didatangi sejak pukul 06.00 – 17.00 WIB.

2. Pantai Siring Kemuning

Pantai merupakan tempat wisata yang bisa banyak ditemukan di madura. Seperti yang telah dikatakan, hal tersebut dikarenakan Pulau Madura yang dikelilingi lautan. Salah satu pantai yang bisa didatangi ketika berada di Bangkalan adalah Pantai Siring Kemuning. Pantai ini menyajikan pemandangan laut yang indah. Hal itu juga dilengkapi dengan banyaknya pohon-pohon rindang yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan. Selain itu, bila rasa lapar melanda, pengunjung bisa membeli berbagai macam jajanan yang disediakan di pantai tersebut. Pantai Siring Kemuning berada di Macajah, Tanjungbumi dan hanya dibutuhkan uang senilai tiga ribu rupiah untuk menikmati keindahan pantainya.

3. Kolam Renang Goa Pote

Ada yang berbeda dari Kolam Renang Goa Pote bila dibandingkan dengan kolam renang pada umumnya. Kolam Renang Goa Pote merupakan kolam renang yang terletak di bekas galian tambang batu kapur. Sensasi yang berbeda tentu akan terasa bila memutuskan untuk berwisata di kolam renang ini. Ada banyak fasilitas umum pemandian yang bisa didapat, seperti ruang ganti, kamar mandi, penjual makanan, gazebo dan lain sebagainya. Semua fasilitas itu bisa didapat dengan membayar uang senilai dua ribu rupiah per orang. Kolam Renang Goa Pote yang terletak di Parseh, Socah bisa didatangi sejak pukul 08.00 – 16.00 WIB.

4. Mercusuar Bangkalan

Bila ingin menikmati keindahan matahari terbenam dengan cara yang berbeda, para pemburu sunset bisa mengunjungi mercusuar yang ada di Socah, Pernajuh, Bangkalan. Mercusuar ini merupakan salah satu bangunan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Meskipun sudah berumur lebih dari 100 tahun, tapi mercusuar ini masih berfungsi untuk memberikan tanda bagi kapal-kapal yang berada di laut pada malam hari. Mercusuar Bangkalan memiliki 16 lantai dan lantai ke-17 berisi lampu mercusuar. Pengunjung bisa menikmati pemandangan selat madura dan matahari terbenam melalui mercusuar ini.

5. Bukit Geger

Bukit Geger merupakan wisata alam yang tepat bila digunakan untuk tracking sederhana. Hal tersebut dikarenakan jalannya yang tidak terjal dan dikelilingi oleh pepohonan rindang yang membuat suasana terasa sejuk. Di tempat wisata alam ini juga terdapat lima goa yang bisa sekalian didatangi oleh wisatawan, yaitu Goa Potre, Goa Petapan, Goa Pancong Pote, Goa Ular dan Goa Pelanangan. Jangan khawatir akan tersesat di Bukit Geger. Pengelola sudah menyediakan jalur yang menunjukkan jalan untuk memudahkan pengunjung. Bukit Geger buka selama 24 jam dan hanya dibutuhkan uang senilai dua ribu rupiah untuk menikmati fasilitas yang telah disebutkan.

6. Makam Sultan Abdul Kadirun

Kali ini, tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah tempat wisata rohani, yaitu Makam Sultan Abdul Kadirun. Sultan Abdul Kadirun adalah Sultan Bangkalan II yang sangat berjasa bagi kemajuan daerah setempat. Makam ini banyak dikunjungi ketika bulan ramadhan. Selain berziarah, pengunjung juga bisa mempelajari jejak sejarah yang masih bisa diambil dari makam ini.

7. Pasar Ki Lemah Duwur

Seperti yang terdapat di berbagai macam daerah di Indonesia, di Bangkalan juga terdapat pasar yang menjadi salah satu pusat perputaran ekonomi masyarakat. Proses jual dan beli dilakukan oleh banyak orang di Pasar Ki Lemah Duwur setiap harinya. Ada banyak barang atau kebutuhan sehari-hari yang bisa ditemukan di pasar ini. Oleh-oleh yang ingin diberikan ke kerabat juga bisa dibeli di pasar ini. Tentu saja harga yang diberikan bisa ditawar hingga sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Pasar Ki Lemah Duwur terletak di Jalan Halim Perdana Kusuma, Mlajah.

8. Museum Cakraningrat

Bila ingin mengetahui jejak sejarah Kabupaten Bangkalan, wisatawan bisa berkunjung ke Museum Cakraningrat. Museum ini berada di Jalan Soekarno Hatta nomor 35, Mlajah. Terdapat banyak barang kuno peninggalan sejarah yang menjadi koleksi Museum Cakraningrat. Apalagi barang-barang sejarah yang menjadi barang asli peninggalan di Kabupaten bangkalan. Pengunjung cukup membayar seribu rupiah per orang bila ingin memasuki museum yang buka sejak pukul 08.00 – 16.00 WIB ini.

9. Masjid Agung Bangkalan

Tempat ibadah orang islam ini bisa dikunjungi kapan pun dan oleh siapa saja. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Bangkalan juga memiliki banyak kelebihan yang sayang bila dilewatkan. Bentuk bangunan dan arsitektur yang api menjadi hal yang sangat menarik untuk diperhatikan dari masjid ini.

10. Bangkalan Plaza

Setelah dibangunnya Jembatan Suramadu, kegiatan ekonomi masyarakat Madura menjadi lebih maju. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Bangkalan Plaza. Meskipun tidak sebesar mall atau pusat perbelanjaan yang ada di kota-kota besar, tapi Bangkalan Plaza nyatanya cukup sering digunakan oleh masyarakat setempat sebagai tempat wisata pelepas penat. Pusat perbelanjaan tiga lantai ini terletak di Jalan Perdana Kusuma, Mlajah, dekat dengan Pasar Ki Lemah Duwur.

Itulah 10 tempat wisata yang bisa dijadikan referensi ketika berkunjung di Kabupaten Bangkalan. Hal yang perlu selalu diingat adalah menjaga kebersihan dan keindahan tempat wisata yang sedang dikunjungi.