Tempat Wisata di Kabupaten Banggai Kepulauan

Diposting pada

Banggai dengan sistem otonom ini, ternyata sebuah kabupaten yang menawarkan beberapa keindahan alam yang sangat berkelas. Kabupaten banggai terlihat sebagai sebuah negara kecil yang lengkap dengan wisata alamnya. Apalagi di kabupaten ini, terdapat pulau-pulau yang menghiasi daerah kabupaten tersebut. Di daerah ini banyak Tempat Wisata di Kabupaten Banggai Kepulauan yang terfavorit.

Banggai Kepulauan sendiri, merupakan kabupaten maritim. Oleh karena itu, anda dapat mengunjungi Banggai kepulauan dan mencoba menjelajah ke Tempat Wisata di Kabupaten Banggai Kepulauan tersebut. Banyak turis asing yang menganggap, bahwa wisata yang ada di kabupaten Banggai Kepulauan ini adalah surga yang tersembunyi. Pasalnya di kawasan kabupaten Banggai, menawarkan tempat wisata alam yang sangat komplit dengan keindahannya. Maka apasajakah yang sangat terkenal dan sangat di rekomendasikan di Banggai Kepulauan ini? Simak ulasan dibawah ini!

Pulau Bakakan


Salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Banggai Kepulauan pulauan yang pertama bisa anda kunjungi, yaitu Pulau Bakakan. Anda dapat menyewa perahu yang dimiliki oleh warga sekitar. Rata- rata perahu yang dimiliki warga adalah jenis perahu katinting atau jenis perahu kayu kecil. Biayanya bisa di antara 150 ribu sampai 200 ribu rupiah.

5 atau 7 orang, dapat diantarkan ke perahu ini. Pulau Bakakan memang pulau tidak berpenghuni. Dan jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Banggai. Anda pun hanya menempuh 20 sampai 30 menit saja untuk kesini.

Keindahan Kepulauan Bokan


Kepulauan Bokan, merupakan sebuah kecamatan yang termasuk di wilayah Kabupaten Banggai juga. Anda dapat mengunjungi desa terpencil yang bernama Mbuang- Mbuang. Anda pun bisa menggunakan kapal motor reguler yang disewakan di kota Banggai. Untuk ke daerah sini, anda harus menuju desa Bolokut sekitar 4- 5 jam. Hal tersebut memang akan tergantung cuaca. Berdasarkan informasi tarif per orang akan dikenakan biaya sebesar 55.000.

Dikepulauan indah ini, terdapat beberapa destinasi wisata yang cukup bagus dan indah, terutama pantainya. Maka tidak akan menyesal bila anda harus menyiapkan beberapa anggaran ke. Tempat Wisata di Kabupaten Banggai Kepulauan ini.

Destinasi Pulau Peleng


Bila anda ingin berlibur ke kepulauan Banggai, pastikan anda mengunjungi Pulau Peleng. Pulau ini memang masih kategori pulau di kawasan Kabupaten Banggai Kepulauan. Tentu saja destinasi wisata yang ada di tempat ini sangatlah menjanjikan. Dan juga bila beruntung, anda akan melihat beberapa fauna khas provinsi Sulawesi tengah ini.

Danau Alani


Danau Alani salah satu kawasan wisata di kepulauan Banggai, yang cukup populer. Oleh karena itu tidak jarang untuk dijadikan tempat nongkrong bagi sebagian anak muda zaman sekarang. Lokasi dari Danau Alani ini, memang tidak terlalu begitu jauh, dari tempat pusat kota Kabupaten Banggai Kepulauan. Anda pun bisa menempuh jarak sekitar 3 jam, untuk sampai di Kecamatan Bulagi Selatan.

Danau Tendetung


Salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Banggai Kepulauan yang menarik, adalah Danau Tendetung yang menyuguhkan pemandangan sangat indah dan keren. Danau yang luas dan pepohonan di sekitar Semakin menjadikan Danau Tendetung ini terpampang keindahannya. Anda dapat mengunjungi Kecamatan Totikum untuk menuju kesini.

Namun kewaspadaan pada musim penghujan, sebaiknya di tingkatkan, karena jalanan dapat semakin licin dan banyak genangan juga ada di mana-mana. Pemandangan alam dengan keindahan persawahan tentu saja akan menjadi obat ampuh, untuk mengatasi kebosanan serta rasa lelahmu.

Pantai Pasir Putih


Yang paling favorit dari sebuah kepulauan, tentu saja dengan pulaunya. Anda pun dapat melihat melihat Pantai pasir putih yang bersih di Desa Palam, Kecamatan Tinangkung Utara, yang masih termasuk Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Pemandangan eksotis yang membentang luas dengan pasir putih mencapai 3 Kilometer (km), tentu akan memanjakan kita. Bagi yang gemar diving atau menyelam, tentu saja anda harus datang ke Kecamatan Bulagi. Teluk jernih, tentu saja sangat cocok bagi anda yang menyukai bawah laut.

Danau Pai Supok


Tempat Wisata di Kabupaten Banggai Kepulauan yang satu ini, tidak boleh di lewatkan. Danau paisupok sendiri berada di kawasan desa lukpanenteng, daerah Kecamatan Bulagi Utara, yang masih dalam kawasan kabupaten banggai kepulauan, sulawesi tengah.

Danau ini memang terlihat sangat jernih, dan tentu akan memanjakan suasana hati kita. Untuk sampai kesini, anda harus mengunjungi Desa Lukpanenteng, dan berjalan sekitar 5-10 menit. Dengan kejernihannya, ketika anda menaiki perahu, maka akan terasa sensasi melayang, karena bisa melihat dasar danau tanpa menyelam.

Pantai Bakalan


Pantai Bakalan merupakan destinasi wisata yang memang masih jarang terjamah. Oleh karena itu, sangat memungkinkan mendapatkan keheningan yang membuat hati tenang. Tentu anda akan bisa merasakan bahwa daerah ini akan lebih menarik dari Bali Selatan.

Menuju tempat ini, tentu saja harus dibutuhkan beberapa waktu, bila anda pergi dari kota Luwuk. Anda harus memakai kapal besar, yang biasanya memarkir di Pulau Pelling. Jarak ketempat ini pun cukup lama, sekitar 6 jam.

Pesona Pantai Teduang


Pantai Teduang terkenal memiliki arus laut yang sangat tenang dan lebih mirip seperti sebuah danau. Hal tersebut dikarenakan, bahwa pantai ini berada didalam daerah teluk. Ketenangan pantai, di dukung dengan Air laut yang sangat bening dan juga sangat jernih. Tempat ini merupakan salah satu Ikon di kepulauan Banggai.

Karena tempat ini menawarkan keindahan yang komplit, maka kreativitas dari pengelola Pantai Teduang memberikan sebuah hiasan kecil berupa bebatuan yang di susun dengan bentuk “Love” dan bentuk “Bunga”. Suasana romantis, tentu saja akan sangat terasa, bila anda mengajak pasangan anda ke sini.

Wisata ke Pantai Mandel


Dengan nuansa pantai yang masih sangat alami, tentu saja tempat ini sering disebut sebagai surga yang tersembunyi. Hal tersebut memang kerap di utarakan oleh wisatawan asing. Merogok kocek yang lumayan, memang tidak akan terasa bila anda menuangkan anggaran untuk mencapai keindahan pantai ini.

Dengan tekstur pasir putih yang akan terasa sangat lembut, tentu saja hal tersebut akan menjadi momen yang tak akan terlupakan oleh anda. Bila anda ingin merasakan keajaiban di pantai ini, Anda dapat mengunjungi di desa Kombutokan Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan.

Wisata Paisu Botongan


Bila anda ingin melihat, Ubur- ubur, maka anda harus pergi ke daerah Mbung- Mbung di daerah Paisu Botongan ini. Di daerah sini terdapat sebuah danau yang indah, yang bernama Paisu Pok. Danau ini memang sangat- sangat indah. Dan terkadang dihuni ribuan ubur-ubur yang mengekspansi pada saat musim hujan. Ubur- ubur akan terlihat dan tentu akan menutupi permukaan danau yang mempunyai kedalaman 12 meter ini.

Menurut warga daerah setempat Ubur-ubur yang kerap berada di danau ini, memang tipe ubur- ubur yang sangat jinak, dan bila anda berani, maka dapat berenang dengannya. Maka tidak ada salahnya menjadikan Paisu Botongan sebagai Tempat Wisata di Kabupaten Banggai Kepulauan yang terfavorit bagi anda.