Tempat Wisata di Jombang untuk Menambah Kenangan Manis saat Berlibur

Diposting pada

Tempat Wisata di Jombang – Kegiatan berwisata menjadi sangat populer sekarang ini. Apalagi dengan kemunculan media sosial. Semua kegiatan yang kita lakukan sehari-hari menjadi lebih menarik bila diunggah ke media sosial. Ada banyak jenis dan bentuk media sosial yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya yang menjadi favorit adalah Instagram. Instagram merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya berbagai foto dan video.

Mengunjungi tempat wisata bisa diabadikan di Instagram. Banyaknya likes dan komentar seringkali menjadi tolok ukur apik atau tidaknya foto atau video yang diunggah. Kegiatan berwisata menjadi lebih menarik bila dibagikan dengan orang lain.

Tempat Wisata di Jombang

Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Indonesia. Negara kepulauan ini memiliki banyak tempat wisata, baik yang sudah tersohor atau pun tempat yang masih kurang dilirik oleh pengguna. Daerah yang memiliki banyak tempat wisata salah satunya adalah Kabupaten Jombang yang ada di Jawa Timur. di sana pengunjung bisa bebas mengunjungi tempat wisata alam atau pun tempat wisata buatan. Berikut ulasannya.

1. Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes merupakan air terjun tertinggi yang berada di Jawa Timur. ketinggian aliran air sekitar 156 meter. Air terjun ini berada di dataran tinggi, sehingga udara sejuk akan langsung menyapa ketika pengunjung datang. air Terjun Tretes terletak di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam. Air terjun ini memiliki keindahan panorama alam yang menakjubkan. Rimbunnya pepohonan dan tanaman yang mengelilingi air terjun semakin menambah keelokan air terjun. Selain menikmati keindahan alam, ada beberapa fasilitas yang disediakan untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Beberapa di antaranya adalah gazebo, anak tangga untuk mempermudah langkah pengunjung menyusuri kawasan air terjun, warung makan, toilet dan tempat parkir.

2. Candi Ngrimbi

Candi Ngrimbi adalah salah satu bangunan peninggalan bersejarah. Candi Ngrimbi merupakan gerbang masuk ke area salah satu kerajaan yang memiliki tingkat kemakmuran yang cukup tinggi, yaitu Majapahit. Candi Ngrimbi terletak di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng. Namun, hal yang disayangkan adalah pemeliharaan Candi Ngrimbi dirasa kurang. Hal tersebut terlihat dari bentuk bangunan yang tidak lagi utuh. Meski begitu, bukan berarti Candi Ngrimbi menjadi tempat wisata yang tidak dikunjungi. Candi ini justru bisa mengajarkan bagi pengunjung untuk mengetahui lebih banyak pengetahuan sejarah di Indonesia.

3. Goa Sigolo-Golo
Masih berkaitan dengan Kerajaan Majapahit, Goa Sigolo-Golo adalah wisata alam selanjutnya yang bisa dijadikan tempat wisata ketika berkunjung ke Kabupaten Jombang. Dahulu, goa ini digunakan sebagai tempat pertapaan salah satu petinggi Kerajaan Majapahit, Ayah Damar Wulan. Sampai sekarang pun goa ini masih digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat meditasi dan berdiam diri. Pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi goa ini terlebih dahulu harus melalui jalan setapak yang sedikit menanjak. Pengorbanan tersebut akan terbayar bila sudah sampai di goa. Pemandangan hutan yang indah akan menjadi hasil jerih payah yang sudah dikeluarkan.

4. Kedung Cinet

Bila anda ingin mengunjungi tempat wisata yang sedikit menantang adrenalin di Kabupaten Jombang, Kedung Cinet adalah jawabannya. Kedung ini berada di tengah hutan, tepatnya di Desa Pojok Klitih, Kecamatan Plandaan. Di sana pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang eksotis. Ada aliran sungai yang diapit oleh batu besar sehingga menambah kecantikan Kedung Cinet. Pengunjung harus melakukan tracking terlebih dahulu untuk sampai di lokasi ini. Beberapa perlengkapan wisata yang sekiranya dibutuhkan diharap sudah disiapkan terlebih dahulu karena memang tidak ada fasilitas yang lengkap di lokasi wisata alam ini.

5. Klenteng Hong San Kiong

Indonesia memang terkenal dengan keanekaragamannya, termasuk dengan kenaekaragaman suku dan agama. Hal tersebut bisa terlihat dengan Klenteng Hong San Kiong yang ada di Desa Gudo, Kecamatan Gudo. Banyak kegiatan di klenteng ini yang menarik perhatian banyak wisatawan. Apalagi saat perayaan hari imlek, klenteng akan dipenuhi dengan agenda kebudayaan. Hal unik yang bisa ditemukan di klenteng ini adalah kemudahan orang-orang untuk mendapatkan pengobatan darurat. Sebelum mengunjungi rumah sakit setempat, orang-orang bisa dengan mudah mendapat pengobatan.

6. Sendang Made

Sendang Made adalah sebuah sendang yang layak untuk dijadikan objek wisata alam selanjutnya. Sendang ini terletak di Desa Made, Kecamatan Kudu. Keindahan yang ditawarkan akan semakin meningkat karena adanya pepohonan rindang yang mengelilinginya. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa Sendang Made sangat tepat digunakan sebagai tempat wisata pelepas penat. Pengunjung bisa duduk dan menikmati suasana yang tenang dan sejuk di sana. Menurut keterangan sumber setempat, sendang ini tidak pernah surut meskipun musim kemarau sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

7. Sumber Penganten

Iklim di Indonesia yang lebih banyak didominasi oleh musim kemarau menjadikan tempat wisata alam ini sangatlah diminati oleh banyak orang. Sumber Penganten adalah tempat wisata yang memungkinkan pengunjungnya untuk bermain air. Sumber Penganten juga semakin eksis setelah kehadiran media sosial. Banyak orang yang memperlihatkan keseruannya bermain air di Sumber Penganten sehingga menarik perhatian orang lain. Menurut mitos yang beredar, bila bermain air saat malam hari di kolam air alami yang ada di Kecamatan Jogoroto ini rezeki dan berkah yang akan diterima akan berlimpah ruah.

8. Tirta Wisata Keplaksari

Tempat wisata kali ini juga masih berhubungan dengan air. Tirta Wisata Keplaksari berada di Kecamatan Peterongan. Ada banyak jenis permainan air yang bisa digunakan dalam tempat wisata ini. Bagi yang memiliki hobi memancing juga bisa dilakukan di Tirta Wisata Keplaksari. Selain itu, bagi pengunjung yang hanya ingin menikmati suasana bisa dengan melihat keindahan danau dan taman yang ditata sedemikian rupa hingga menyajikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Tidak lupa sarana olah raga seperti lapangan tenis juga bisa ditemukan di tempat wisata air ini.

9. Kampoeng Djawi

Kampoeng Djawi merupakan pilihan objek wisata keluarga yang tepat karena memiliki berbagai macam wahana yang bisa dicoba seluruh keluarga. Pada dasarnya Kampoeng Djawi merupakan sebuah villa. Villa ini memiliki konsep bangunan jawa kuno yang bisa bebas diakses oleh keluarga yang memutuskan untuk menginap di villa tersebut. Selain menyediakan penginapan, Kampoeng Djawi juga menyediakan berbagai wahana permainan yang bisa dicoba oleh anak-anak. Tidak hanya itu, konsep unik berupa mengelilingi kawasan Kampoeng Djawi menggunakan perahu sampan juga bisa dicoba di penginapan ini. Kampoeng Djawi berada di Desa Godang, Kecamatan Wonosalam.

10. Kampung Durian

Kampung durian adalah tempat wisata alam yang memang ditujukan bagi orang-orang yang menyukai buah durian. Buah dengan kulit berduri dan aroma yang khas sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Kampung Durian terletak di Desa Sumber, Kecamatan Wonosalam. Pengunjung yang datang ke kampung durian bisa bebas menyantap buah durian yang bisa langsung dipetik dari pohonnya. Tentu saja kesegaran buah durian akan langsung bisa dirasakan oleh pengunjung.

10 tempat wisata yang ada di Jombang merupakan referensi yang bisa langsung dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.