Tugu Jogja

Tempat Wisata di Jogja yang Paling Banyak di Kunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Jogja – Jogja pasti memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat yang sudah pernah berkunjung ke kota pelajar ini. Baik itu hanya kunjungan singkat maupun menetap di sana dalam waktu lama misalnya untuk menempuh pendidikan di sana. Kotanya yang terkenal hangat dengan warganya yang ramah-ramah pun menjadi nilai tambah tersendiri.

Wisatawan yang sudah atau belum pernah berkunjung ke Jogja tentu mengetahui salah satu lokasi yang menjadi ikon untuk kota Jogja, yaitu Malioboro. Namun selain Malioboro tentunya masih banyak tempat wisata lain yang bisa anda kunjungi. Berikut adalah tempat wisata di Jogja yang bisa menjadi pertimbangan anda untuk menghabiskan waktu liburan di Jogja.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja

1. Tugu Jogja

Tugu Jogja
Ikon Jogja lain selain Malioboro ini memiliki nama tugu Pal Putih atau Tugu Golong Gilig. Tugu ini dibangun pada tahun 1755 oleh Sultan Hamengkubuwono I sebagai lambang persatuan guna melawan penjajahan belanda. Meskipun berada di tengah jalan raya, tugu ini tetap ramai dikunjungi baik siang maupun malam. Untuk berkunjung disini tentunya tidak perlu untuk mengeluarkan biaya.

2. Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer
Lokasi ini merupakan penanda nol kilometer di Jogja. Bangunan kolonial Belanda banyak menghiasi lokasi ini yang menjadikannya spot wisatawan untuk berfoto. Pada malam hari, lokasi ini menjadi lebih ramai dengan banyaknya kesenian yang ditampilkan oleh komunitas-komunitas di Jogja. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

3. Taman Sari

Taman Sari
Taman Sari Water Castle ini dahulunya digunakan oleh raja dan ratu untuk lokasi mandi. Kini digunakan sebagai tempat wisata karena bangunan kunonya yang sarat akan nilai sejarah dan tentunya bagus untuk menghiasi instagram anda. Terdapat pula Masjid bawah tanah dengan tangga penghubungnya yang ikonik dan menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Taman Sari Water Castle ini buka setiap hari. Jam bukanya adalah dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tiket masuk yang perlu dibayarkan adalah sebesar Rp5.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp12.000,- untuk wisatawan asing. Sedangkan harga tiket untuk membawa kamera adalah Rp2.000,-.

4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo
Lokasi ini tentunya menjadi favorit para wisatawan untuk memenuhi hasrat berbelanja. Aneka benda tradisional maupun kekinian seperti pakaian batik, topeng, aksesori, maupun cenderamata lainnya dapat ditemukan di Pasar Beringharjo. Parkirnya yang luas pun menjadi nilai tambah tersendiri. Pasar ini lokasinya berada di sebelah selatan jalan Malioboro.

5. Taman Pintar

Taman Pintar
Apabila kita ke sebelah timur titik nol kilometer, maka akan ditemui tempat wisata yang bernama Taman Pintar. Lokasi ini merupakan wisata edukasi kota Jogja, yang dilengkapi dengan wahana dan teknologi untuk menambah wawasan buah hati anda. Jangan lupa untuk mengunjungi Taman Pintar ini bersama keluarga, selain untuk tujuan edukasi, tentunya lokasi ini juga menyenangkan untuk dijadikan destinasi wisata.

Tiket masuk ke Taman Pintar sendiri adalah Rp10.000,- untuk anak-anak. Sedangkan untuk pengunjung dewasa adalah Rp18.000,-. Namun untuk mencoba wahana disana akan dikenakan tarif lagi, misalnya planetarium yang seharga Rp15.000,-. Taman pintar sendiri buka hari Selasa sampai Minggu. Buka pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

6. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg
Bangunan ini merupakan bangunan peninggalan penjajahan Belanda yang beralamatkan Jl. A. Yani No.6, Ngupasan, Gondomanan. Museum Benteng Vredeburg ini buka dari hari Selasa sampai Minggu. Bangunannya yang unik berupa bangunan kuno menjadikan lokasi ini banyak diburu untuk menjadikannya spot foto.

Untuk memasuki Museum Benteng Vredeburg sendiri wisatawan memerlukan biaya sebesar Rp3.000,- untuk tiket masuk wisatawan domestik dewasa. untuk rombongan yang terdiri minimal 20 orang perorangnya membutuhkan biaya sebesar Rp2.000,-. Wisatawan anak-anak perorang membayar tiket sebesar Rp2.000,-, dan rombongan minimal 20 orang perorangnya adalah Rp1.000,-. Sedangkan untuk wisatawan asing adalah Rp10.000,- .

7. Keraton Yogyakarta

Keraton Jogja
Tempat wisata di Jogja selanjutnya adalah keraton Yogyakarta yang dapat dicapai dengan hanya berjalan kaki dari Malioboro. Bangunannya yang kuno menjadikan lokasi ini bagus untuk menjadi objek foto para wisatawan. Selain untuk itu, wisatawan juga dapat berkunjung untuk menikmati pementasan tarian yang digelar di Keraton Yogyakarta tersebut.

Keraton ini dibuka pada jam 09.00 sampai 14.00 dengan harga tiket Rp7.500,- untuk wisatawan lokal dan Rp15.000,- untuk wisatawan asing. Sedangkan harga tiker kamera adalah Rp1.000,0 dan untuk menyewa guide anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp25.000,- sampai Rp50.000,-. Harga tersebut dirasa cukup terjangkau untuk menikmati suasana kuno di dalam Keraton Yogyakarta.

8. Alun Alun Kidul

Alun Alun Kidul
Kidul artinya adalah selatan dalam bahasa Jawa, atau alun alun selatan Kraton.Menjadi tempat bersantai yang cukup diminati oleh wisatawan maupun warga Jogja sendiri. Disana anda dapat bersantai menikmati malam sambil mencoba jagung bakar maupun wedang ronde yang banyak dijual. Anda juga bisa menaiki odong-odong untuk mengelilingi alkid. Selain itu terdapat kepercayaan apabila mampu melewati dua beringin kembar disana dengan mata tertutup, maka permintaannya akan terwujud.

9. Kebun Binatang gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun binatang ini terletak di Kotagede, Kota Yogyakarta. Lokasinya yang berada di tengah kota ini membuatnya mudah untuk di akses oleh kendaraan umum maupun pribadi. Memiliki luas mencapai 20 hektar dan memiliki koleksi lebih dari 100 satwa dan 61 flora. Selain itu terdapat pula wahana permainan untuk buah hati anda.

Harga tiket masuk kebun binatang Gembira Loka ini adalah Rp25.000,- perorangnya untuk hari Senin sampai Jumat. Sedangkan untuk hari libur yaitu Sabtu, Minggu, dan tanggal merah, maka harga tiket masuk perorangnya adalah Rp30.000,-. Anak di bawah tiga tahun tidak dikenakan biaya tiket masuk. Anda bisa mendapatkan diskon tiket masuk apabila membawa rombongan minimal 25 orang.

10. Pusat Kerajinan Perak

Pusat Kerajinan Perak
Pusat kerajinan perak ini letaknya ada di Kotagede, Yogyakarta. Objek wisata dengan oleh-oleh serta keseniannya yang menjadi ciri khas ini sudah eksis sejak dahulu. Anda bisa mencapai pusat kerajinan perak ini dengan menggunakan becak atau ingin yang lebih praktis menggunakan Trans Jogja. Berbagai perhiasan perak mulai dari kalung, gelang, anting, maupun liontin berbagai bentuk dapat ditemukan disini. Namun harga yang harus dibayarkan tentu cukup tinggi untuk mendapatkannya.

11. Museum Kereta

Museum Kereta
Museum ini letaknya tidak jauh dari Malioboro. Museum ini berisikan kurang lebih 18 kereta yang sarat akan sejarahnya. Dalam museum berisikan kereta-kereta serta pakaian dan topi yang pernah digunakan oleh Sultan-sultan terdahulu. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Harga tiket masuknya sendiri adalah Rp5.000,- dan biaya untuk kamera adalah Rp1.000,-.

Itulah beberapa tempat wisata di Jogja yang dapat anda kunjungi. Masih banyak tempat wisata lain tentunya yang dapat anda kunjungi di kota pelajar ini. Tempat wisata diatas memang kebanyakan terletak di sekitar Malioboro. Sehingga anda tidak memerlukan waktu serta biaya lagi untuk mengunjungi wisata yang lebih jauh.

Tetapi apabila anda ingin mengunjungi tempat wisata yang berbau alam di Jogja, anda dapat mengeksplor lebih jauh dengan mengunjungi Gunung Kidul, Sleman, maupun Bantul. Misalnya saja anda berkunjung ke Gunung Kidul, maka anda dapat menemukan berbagai pantai yang cantik maupun berwisata di goa yang banyak terdapat disana.